Lembaga Adat Tolaki Menyelenggarakan Prosesi Ritual Adat Mo’oli untuk Melestarikan Budaya Suku Tolaki dan Mengisi Gedung Baru

Balai Kota Kendari menjadi tempat pelaksanaan prosesi ritual adat Mo’oli yang diselenggarakan oleh Lembaga Adat Tolaki (LAT) dengan tujuan untuk melestarikan budaya suku Tolaki serta membuka gedung baru. Hadir dalam acara ini Penjabat Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, Sekretaris Daerah Kota Kendari, Ridwansyah Taridala, serta kepala OPD, camat, dan lurah.

Prosesi Mo’oli dipercayai berhubungan dengan keberadaan makhluk O wali atau jin yang ditempatkan pada beberapa tempat tertentu. Masyarakat Tolaki melakukan ritual Mo’oli saat ada pembangunan baru seperti gedung perkantoran, rumah, jembatan, jalan raya, dan sebagainya.

“Kita melakukan budaya adat-istiadat suku Tolaki ini untuk meminta kantor baru ini bermanfaat bagi semua, bukan hanya bagi warga Kota Kendari,” ujar pemuka adat Tolaki pada 9 Februari 2023.

Perlu diingat bahwa pelaksanaan ritual Mo’oli telah mengalami pergeseran dengan masuknya akulturasi agama, terutama Islam, dimana semua tindakan dilakukan atas kehendak dan persetujuan Allah. Meskipun prosesi masih dilakukan seperti ritual lama.