Ganjar Jationo, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Lampung, mewakili Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, menghadiri acara Hari Pers Nasional (HPN) di Deli Serdang, Sumatera Utara. Dalam acara ini, Presiden RI Joko Widodo juga turut hadir.

Bersama Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik (PKP) Rudy Iwan Taruna, Kadis Kominfotik Ganjar Jationo memberikan dukungan kepada pelaku pers Provinsi Lampung. Ia mengatakan bahwa Pers adalah mitra dan sahabat Pemerintah untuk mewujudkan pembangunan Lampung yang Berjaya.

Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa tantangan bagi media saat ini bukan lagi tentang kebebasan pers, melainkan keberlangsungan media dan teknologi. Ia juga memperingatkan tentang arus informasi yang melimpah dan berita dari media sosial yang dapat mempengaruhi visi jurnalisme.

Jokowi mengatakan bahwa saat ini 60% belanja iklan dikuasai oleh platform asing, sehingga menyulitkan media digital nasional. Namun, pemerintah akan tetap mendukung keberlangsungan pers dan meminta seluruh pihak yang terkait untuk menyelesaikan aturan publisher rights secepatnya.