Lampung – Insiden tabrakan enam kendaraan terjadi di jalan Desa Ulak Rengas-Pulau Panggung, Kecamatan Abung Tinggi, Lampung Utara pada Kamis, 9 Februari 2023. Dua mobil bus dan sebuah truk fuso terlibat dalam insiden tersebut.

Menurut salah seorang warga yang melintas, insiden ini diduga akibat truk pengangkut batu bara yang berhenti secara sembarangan di jalan menikung dan turunan. Kedua mobil bus yang sedang melintas terperosok menabrak truk tersebut.

“Dua kendaraan pengangkut penumpang (AKAP) mengalami kecelakaan dengan truk batu bara. Truk itu diduga berhenti secara sembarangan, sehingga menyebabkan kedua kendaraan mengalami kerusakan parah,” ujar warga tersebut.

Beruntungnya, dalam insiden ini tidak ada korban jiwa. Hanya saja, salah satu kendaraan milik perusahaan angkutan penumpang jenis AKAP, PO Lembasung Jaya Express BG-7110-YA mengalami kerusakan parah.

Menurut sopir bus Basuma Jaya, insiden ini tak terelakkan lagi. Truk batu bara berhenti secara tiba-tiba di tikungan dan turunan, sehingga kendaraan tidak sempat mengerem. Akibatnya, bus Basuma Jaya menabrak sisi belakang bus Lembasung Jaya dan juga bus Harapan Jaya yang melintas.

“Saya tidak sempat mengerem karena terperosok, dan saat itu saya sudah menghidupkan lampu sein (peringatan bahaya). Namun, tabrakan tak bisa terelakkan lagi,” ujar Faisal, sopir bus Basuma Jaya.

Walaupun tidak ada korban jiwa, insiden ini menunjukkan betapa pentingnya menjaga keselamatan berkendara dan memperhatikan kondisi jalan saat melintas.