Putus cinta terkadang menyakitkan terutama bagi mereka yang sudah lama menjalin hubungan. Tak jarang beberapa dari mereka gagal move on atau sulit melupakan hubungan masa lalu.

Ekonom Chatib Basri menjelaskan alasan kegagalan move on dari sisi ekonomi. Pria yang juga Menteri Keuangan periode 2013-2014 ini menjelaskan bahwa pacaran adalah sebuah investasi, dimana ada biaya dan pengorbanan yang harus ditanggung.

“Baik itu berupa pengorbanan waktu, pengorbanan rasa atau mungkin pengorbanan uang,” ujarnya dalam unggahan di Instagram resmi @chatibbasri, dikutip Minggu (8/1/2023).

Semakin lama masa pacaran, semakin besar pula biaya yang telah dipenuhi. Apalagi uang yang sudah dikeluarkan tidak bisa ditarik kembali (sunk cost), sehingga banyak yang menyesal jika harus menghabiskannya.

“Dalam perekonomian dikenal sebagai fenomena sunk cost. Semakin besar sunk cost maka semakin tinggi barrier to exit atau hambatan keluar dari aktivitas tersebut,” jelasnya.

Fenomena ini menjelaskan kegagalan untuk melanjutkan. Jadi semakin lama hubungan pacaran, semakin sulit bagi seseorang untuk putus.

"Kenapa pacaran itu lama, banyak investasi, banyak pengorbanan, biayanya sangat mahal, sehingga sulit memutuskan hubungan," ujar Chatib Basri.