Twitter Rilis Fitur Video Vertikal Serupa TikTok
Ilustrasi Twitter(businessinsider.com)

Platform microblogging, Twitter mengumumkan fitur baru bernama “Immersive media viewer”. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memutar video vertikal (rasio 9:16) yang mirip TikTok dan Instagram Stories.

Sebagai gambaran, fitur ini bisa ditemukan saat pengguna melihat video di laman Explore. Ketika video tersebut disentuh, maka video akan muncul satu layar penuh. Bila ingin beralih ke konten video lainnya, pengguna tinggal menggulir layar ke atas (swipe up).

Fitur ini baru akan digulirkan untuk pengguna iOS dalam beberapa hari ke depan, dan diutamakan bagi mereka yang menggunakan setelan bahasa Inggris di Twitter.

Ilustrasi fitur baru Twitter

Ilustrasi fitur baru Twitter(Twitter)

Dalam pengumuman di blog resmi Twitter, Sabtu (1/10/2022), Twitter juga mengumumkan kolom khusus “Videos for you” di laman/tab Explore.

Kolom tersebut bakal menampilkan sejumlah konten video yang paling populer dan dianggap menarik bagi pengguna.

Nah, berbeda dengan video imersif di atas, penambahan kolom “Videos for you” tersebut bakal digulirkan ke seluruh pengguna iOS ataupun Android di negara tertentu saja, dan bagi mereka yang menggunakan setting bahasa Inggris di Twitter,

Keputusan Twitter menggelontorkan fitur baru video ini membawa perubahan yang cukup besar bagi Twitter. Bila selama ini Twitter memiliki ciri khas konten berbasis teks, maka seolah beralih fokus pada konten video.

Selain Twitter, platform lain juga mengikuti tren video vertikal dari TikTok. Sebut saja Instagram Reels yang bahkan meniru sistem algoritma dari TikTok, hingga YouTube yang memiliki fitur “Shorts”.