Tips Agar Data Pribadi Kamu Aman di Telegram, Salah Satunya Sembunyikan Nomor
telegram. ©REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

Di era digital di mana sebagian besar hidup kita dihabiskan secara online, perlindungan data yang memadai menjadi sangat penting untuk mencegah pelanggaran dan penyalahgunaan data pribadi. Berdasarkan laporan Databoks oleh Katadata, telah terjadi peningkatan persentase kasus kebocoran data di Indonesia sebesar 143 persen pada kuartal kedua tahun 2022.

Ancaman siber telah menjadi masalah yang dihadapi oleh banyak orang, karena data pribadi secara terus-menerus dikumpulkan untuk keperluan iklan atau bahkan dijual. Maka dari itu, perlindungan data menjadi sesuatu yang membutuhkan upaya kolektif.

Di Telegram, dapat memilih di antara berbagai fitur yang tersedia untuk mendapat tingkat keamanan yang diinginkan. Berikut adalah beberapa fitur yang dapat diaktifkan dan sesuaikan dengan keinginan Anda:

1. Lock Chats
Kamu dapat mengunci obrolan dengan mengatur kode sandi. Untuk melakukan hal ini, kamu bisa klik Settings – Privacy and Security – Passcode & Face ID – dan Turn Pascode On. Kamu juga dapat mengaktifkan fitur ini kapan saja.

2. Self-Destruct Chats
Aktifkan fitur ini untuk menghancurkan pesan secara otomatis dalam jangka waktu tertentu

3. Auto-Delete Mode
Atur pesan kamu dalam mode Auto-Delete sehingga riwayat obrolan kamu dapat dihapus secara berkala dan teratur.

2 dari 2 halaman

4. Sembunyikan Nomor Teleponmu

Secara default, orang yang tidak memiliki nomor kontakmu pada ponselnya tidak dapat melihat nomor telepon kamu di Telegram. Akan tetapi, kamu juga dapat mengatur pengaturannya sehingga tidak ada orang yang dapat melihatnya.

5. Batasi Undangan untuk Masuk Grup
Melalui fitur ini, kamu dapat mengatur siapa saja yang dapat mengundang kamu ke grup. Dengan cara ini, kamu dapat terhindar dari undangan ke grup yang tidak diketahui

6. Aktifkan Protected Content di Grup dan Channel
Melalui fitur ini, pemilik Grup dan Channel dapat menyimpan konten mereka hanya untuk para anggota. Fitur ini dapat membatasi kamu untuk meneruskan pesan dari obrolan, mencegah tangkapan layar, dan membatasi kemampuan anggota Grup untuk download media dari pesan di Grup.

Ini hanyalah beberapa dari berbagai fitur yang dirancang oleh Telegram agar kamu dapat menyesuaikan pengalamanmu dan meningkatkan keamananmu.

Beberapa pembaruan terbaru memungkinkan pengguna Telegram Premium untuk dapat mengontrol siapa yang mengirimi mereka pesan suara dan video, serta alur masuk yang lebih lancar bagi semua pengguna untuk memudahkan mereka yang suka log in dan sign out secara berkala sebagai tambahan keamanan.