Cara Hentikan Panggilan Spam di Android dan iOS
Cara hentikan panggilan spam di Android dan iOS (Foto: Shutterstock/Ronstik)

Panggilan spam yang membombardir sangat menjengkelkan. Mulai dari tawaran pinjaman online, kartu kredit, asuransi mobil, teror orang tidak dikenal, hingga penipuan semuanya sama-sama mengganggu.

Untuk bisa memblokir panggilan spam ini, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Kalian harus mengubah pengaturan di smartphone dengan langkah-langkah sebagai berikut, seperti dilansir dari BGR, Kamis (6/10/2022).

Pertama-tama adalah masuk ke menu “Pengaturan” di smartphone, kemudian gulir hingga menemukan opsi “Preferensi Telepon”. Setelah itu, aktifkan fitur “Diamkan Penelepon Tidak Dikenal” untuk memblokir semua nomor tidak dikenal.

Dengan begitu, jika nomor yang tidak dikenal mencoba menghubungi, maka akan langsung masuk ke pesan suara. Nantinya akan muncul notifikasi adanya pesan suara tanpa harus terganggu dengan notifikasi panggilan masuk.

Cara hentikan panggilan spam ini berlaku untuk umum baik platform iOS maupun Android. Secara garis besar langkah-langkahnya sama, hanya saja mungkin pada beberapa smartphone memiliki bahasa pengaturan yang berbeda.

Selain cara tersebut, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi panggilan spam. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi pemblokir panggilan spam gratis yang tersedia toko aplikasi App Store dan Play Store.

Adapun Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membuka layanan pengaduan panggilan spam, masyarakat bisa melapor via Twitter @aduanPPI.