Asus ROG Strix GT15, PC Gaming dengan Spek Mumpuni
Foto: Dok. Asus

Dunia PC gaming menggeliat setelah harga komponen PC mulai masuk akal. Tak cuma PC rakitan, namun juga PC gaming built up. Salah satunya Asus ROG Strix GT15 yang baru dirilis.

Asus ROG Strix GT15 punya spek yang mumpuni dan kekinian, memakai prosesor Intel Core generasi ke-12 dan GPU seri RTX 3000. Salah satu variannya adalah GT15 G15CF, yang memakai Intel Core i7-12700KF dengan kecepatan standar 3,6GHz yang bisa ditingkatkan sampai 5GHz.

Dari sisi grafis, ROG Strix GT15 G15CF hadir dengan pilihan GPU Nvidia GeForce GTX1650 4GB atau GeForce RTX 3070 8GB DDR6. Varian RTX 3070 ini mempunyai output 3x DisplayPort dan 2 HDMI.

Asus menggunakan stealth style design yang tampak misterius dari depan, namun menampilkan seluruh komponen lengkap dengan RGB yang menjadi ciri khas ROG di panel kirinya.

EMI-shielded glass, material panel kiri chassis memungkinkan pengguna melihat ke dalam chassis dan memperhatikan komponen bertenaga yang sedang bekerja di dalam PC.

PC gaming ini juga hadir dengan cooling yang inovatif yang mampu meningkatkan performa di area-area tertentu sesuai dengan desain thermal GT15 ini.

Dibanding sebelumnya, casing aerodinamis yang digunakan sudah memiliki ventilasi yang diperlebar yang sanggup menghadirkan aliran udara sejuk yang lebih stabil ke perangkat pendinginan internalnya.

Bagi pengguna yang sering bertanding dalam kompetisi e-sport atau LAN dengan teman-temannya, di bagian atas chassis juga tersedia carrying handle yang memudahkan PC ini untuk dipindahtempatkan. Handle ini mampu menopang bobot hingga 20 kilogram.

Di saat yang sama, prosesor mutakhir Intel Core i7-12700KF sanggup menghadirkan tenaga yang dibutuhkan untuk pekerjaan kreatif lainnya di luar bermain game. Mulai dari streaming sampai video editing pada sistem operasi Windows 11 yang include di dalamnya.

CPU cooler bawaannya sendiri masih stock air cooler biasa, namun sudah cukup mumpuni untuk mendinginkan prosesor saat bekerja. Namun buat Anda yang doyan custom, Anda bisa mengganti stock cooling tersebut dengan heatsink fan third party yang lebih bertenaga atau bahkan watercooling untuk pendinginan yang lebih mumpuni.

Dipasangkan dengan memori DDR4-3200MHz sebesar 16GB yang dapat ditingkatkan hingga 64GB, PC ini sanggup untuk menjalankan game dan aplikasi kreatif secara multitasking. Penggunaan memori DDR4 juga menawarkan kemudahan upgrade karena modul DDR4 DIMM masih sangat mudah ditemukan dibandingkan dengan DDR5 dan harganya jauh lebih terjangkau.

Selain menyediakan 4 buah slot DDR4 DIMM, untuk upgrade, Asus juga masih menyediakan sebuah slot PCI Express x16 di motherboard dan 3 port SATA 6G untuk storage expansion. Padahal, PC desktop yang satu ini sudah menggunakan 512GB SSD NVMe dan 1TB harddisk.

Untuk konektivitas, selain koneksi LAN gigabit ethernet, ada juga WiFi 6 dual band. Soal harga, Asus ROG Strix GT15 G15CF dengan RTX 3070 ini dijual dengan harga Rp 33.699.000 tanpa monitor dan dilengkapi garansi selama dua tahun.