Usai Kamera Getar, iPhone 14 Pro Sering Restart Saat Dicas
iPhone 14 Pro Kembali Bermasalah, Sering Restart Saat Sedang Dicas Foto: Getty Images

Pengguna iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max mengeluhkan masalah baru yang dihadapi ponselnya. Kali ini beberapa pengguna melaporkan iPhone 14 Pro dan iPhone Pro Max jadi sering restart saat sedang dicas menggunakan MagSafe atau Lightning.

Keluhan ini banyak ditemukan di Reddit, di mana postingan pertama muncul sepekan yang lalu. Seperti pengguna Reddit u/Ok-Investigator2075 yang mengaku iPhone 14 Pro miliknya sering mengalami restart secara random saat sedang dicas.

“Saya baru saja mendapatkan iPhone 14 Pro dan sejak saat itu saya perhatikan (perangkat) itu restart saat mengisi daya (magsafe/kabel),” tulis u/Ok-Investigator2075 di forum AppleHelp, seperti dikutip dari 9to5Mac, Kamis (29/9/2022).

“Saya tidak dapat menemukan apapun secara online dan selain itu (iPhone 14 Pro) berfungsi seperti biasa. Ponsel itu tidak restart sama sekali saat tidak dicas,” sambungnya.

Pengguna lainnya yang memiliki iPhone 14 Pro Max mengatakan ponsel mengalami restart setiap 10-20 menit saat dicas. iPhone 14 Pro Max itu menjalankan iOS 16.0.1 tapi masalah yang sama juga ditemukan di iOS 16.0.2 dan iOS 16.1 beta.

Apple belum memberikan keterangan resmi soal masalah ini, tapi Apple Support memberikan beberapa instruksi untuk menyelesaikan masalah ini kepada pengguna lain u/zeceajnv:

  • Restore penuh dari backup dengan DFU
  • Restore penuh dari backup dengan Recovery Mode
  • Matikan optimized charging
  • Uninstal aplikasi Eufy

Sayangnya, pengguna yang menerima instruksi itu mengatakan cara tersebut tidak berhasil menyelesaikan masalah restart di iPhone 14 Pro miliknya. Ia mengatakan satu-satunya cara yang berhasil mencegah restart adalah dengan mematikan backgroun app refresh.

“Setelah beberapa hari frustrasi saya juga melihat semacam pola, itu (restart) hanya terjadi saat baterai sedang diisi sekitar 90-95% (khususnya 93%) dan ponsel dalam keadaan idle,” kata u/zeceajnv.

“Dan sejauh ini satu-satunya hal yang berhasil buat saya (sampai sekarang sudah dua malam tanpa reboot) adalah dengan menonaktifkan background app refresh,” sambungnya.

Apple biasanya cepat dalam memperbaiki bug setelah merilis ponsel atau software baru. Ini juga bukan masalah besar pertama yang dihadapi Apple setelah meluncurkan iPhone 14 series.

Salah satu masalah yang paling banyak dikeluhkan pengguna adalah kamera bergetar di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max saat membuka aplikasi pihak ketiga seperti Instagram dan TikTok. Masalah ini sudah diperbaiki lewat update iOS 16.0.2.