Review Samsung Galaxy Watch 5: Makin Disempurnakan, Tapi...
Review Samsung Galaxy Watch 5: Semakin Disempurnakan, Tapi... Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Samsung Galaxy Watch 5 diluncurkan di Indonesia bersama dengan duo ponsel layar lipat Samsung belum lama ini. Secara kasat mata smartwatch ini terlihat sama persis seperti pendahulunya, tapi diam-diam peningkatan yang dibawa cukup signifikan.

Pengguna Galaxy Watch 4 mungkin akan merasa deja vu saat menjajal Galaxy Watch 5. Kesamaan antara keduanya memang sangat kentara, mulai dari fitur, software, dimensi, hingga eksteriornya.

Tapi setelah mendalami Galaxy Watch 5 selama beberapa minggu, terlihat sederet peningkatan yang membuat pengalaman menggunakan smartwatch ini jadi lebih optimal. Apa saja peningkatannya? Yuk simak ulasan Samsung Galaxy Watch 5 berikut ini.

Desain

Samsung Galaxy Watch 5 masih memiliki desain yang sama seperti pendahulunya, tapi beberapa aspeknya disempurnakan untuk membuat jam terasa lebih nyaman saat dikenakan.

Sama seperti Galaxy Watch 4, Galaxy Watch 5 hadir dalam dua ukuran yaitu 40 mm dan 44 mm. Varian 40 mm hadir dalam tiga pilihan warna case yaitu Graphite, Silver, dan Pink Gold sedangkan varian 44 mm hadir dalam warna Graphite, Sapphire, dan Silver.

Samsung juga menyediakan layanan Bespoke Studio yang memungkinkan calon pembeli merancang Galaxy Watch 5 sesuai keinginannya, mulai dari ukuran jam, warna case, hingga jenis dan warna tali.

Varian yang berkunjung ke redaksi detikINET adalah Galaxy Watch 5 40 mm dengan balutan warna Graphite. Strap bawaannya menggunakan material silikon dengan finish matte yang terlihat selaras dengan bingkai aluminiumnya.

Secara fisik tidak ada perubahan antara desain Galaxy Watch 4 dan Galaxy Watch 5. Jamnya masih berbentuk bulat dengan layar yang glossy. Di bagian kanan jam terdapat dua tombol untuk mengontrol fitur-fitur di jam.

Bagian belakangnya masih diisi beragam sensor kesehatan seperti monitor detak jantung, SpO2, EKG, BIA, dan lain-lain. Dibandingkan dengan Galaxy Watch 4, bagian belakang Galaxy Watch 5 dibuat lebih menonjol untuk mengakomodasi baterai yang lebih besar dan memberikan hasil pembacaan yang lebih akurat.

Desain yang sedikit lebih tebal juga membuat Galaxy Watch 5 lebih nyaman digunakan selama berjam-jam karena posisinya terasa lebih pas di pergelangan tangan.

Dengan hadirnya Galaxy Watch 5 dan Galaxy Watch 5 Pro, usai sudah era bezel berputar fisik ikonik yang dikenalkan Samsung. Bagian bezel Galaxy Watch 5 masih bisa digunakan untuk navigasi dengan sentuhan, yang untungnya masih intuitif berkat feedback dalam bentuk klik.