Hallo sobat xasxus, tahukah kalian? Bahwa dalam minat baca, negara kita ternyata peringkat dua dunia lho! Tapi dari belakang awkawkawk

Pasti kalian mikir kalau alasanya karena buku itu membosankan dibandingkan dengan ngescroll FYP TikTok kan? Ngaku deh. Tapi ternyata, kalian salah. Berikut inilah alasan sebenarnya orang Indonesia males baca buku. Lesgooo!!

Siap-siap terkejut karena ternyata masalah terbesar itu adalah JUMLAH BUKU!

Nyatanya dengan penduduk sebanyak 270,27 Juta Jiwa, total buku yang ada saat ini cuma 22.318.083 Eksemplar. Jadi, Rasio Nasional Buku terhadap Penduduk = 0,09. (Sumber: kokbisa.id)

Sehingga angka ini tuh sangat sangat sangat kecil, udah kayak uang jajan kita pas pandemi yahh hihi


Ibaratnya tuh kayak satu buku yang dibaca itu ditungguin sama 11 orang.

Hmm kebayang gak? Buku bukan kayak makanan ya. Kalau makanan mah bisa dibagi-bagi, tapi buku kan gak bisa dipotong-potong.

Padahal kata organisasi dunia UNESCO, setiap orang itu harus baca minimal 3 buku tiap tahunnya. Sekarang coba deh inget-inget, udah baca berapa banyak buku di tahun ini?

Tapi faktanya kalau lagi ada diskon besar-besaran, peminat buku di Indonesia memang banyak banget! Kamu satu di antaranya kan?

Apalagi kalau dibandingkan sama negara lain yang bisa baca rata-rata 15-30 buku tiap tahun. Atau mungkin kayak negara Jepang di mana baca sudah menjadi tradisi. 


Sampai-sampai ada istilah untuk orang yang baca buku sambil berdiri, Tachiyomi.

Males baca buku, sekilas udah jadi masalah yang semua orang udah tau. Tapi ternyata penyebabnya lebih dari sekedar males, apalagi kalau bukunya belum banyak tersedia. Padahal dari membaca buku lah kita bisa menjelajahi dunia.

Baca buku atau literasi itu penting banget. Bahkan saking pentingnya, UNESCO memperingati International Literacy Day pada 8 September sejak 1967.

Gimana? Udah tau kan alasan sebenarnya kenapa orang Indonesia bisa males banget baca buku, kayak kamu hehe.

Yuk, bantu share blog ini. Agar lebih banyak temanmu yang tau informasi keren ini. Terima kasih 😊

Tulisan Menarik Lainnya!