Siapa disini yang baru belajar desain? Terkhusus karena pandemi, lagi cari kesibukan malah kepincut sama desain
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Memang ngedesain itu asikk sih, kereen juga, bisa ngeliat banyak karya dari orang-orang hebat. Nahh, jika kamu pemula, cobaa ATM desain yang menginspirasimu. Itung-itung kamu juga belajar banyak kan, contohnya drop shadow, clipping mask, gradient, dll. Terus jangan takut dianggap plagiat, tohh kamu memodifikasi kan?

Btw Apasih ATM desain itu?
ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) bisa dibilang memodifikasi desain orang lain. Dengan cara ini, kamu akan mempelajari tool atau effect yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya.

Ketika membuat sebuah desain layout, mungkin kalian pernah bertanya-tanya, "Apa sih yang membuat sebuah layout desain tampak baik?”

Kurang sempurna rasanya mendesain serta mempublikasikan suatu desain layout namun tak melakukan apa-apa tetapi kelihatan keren. Mungkin yang kamu fikirkan  “Kalau gue membuatnya tampak bagus, mereka akan berminat” bukanlah hal yang tepat. Kalau kamu hendak membuat sebuah  desain  layout yang benar-benar membantu dalam mengasah serta menambah skill, skuy coba perhatikan hal-hal berikut.

Contoh Layout Desain
Sulit menemukan contoh layout yang bagus untuk model layout desainmu sendiri. Mustahil untuk mengetahui apakah desain layout itu bagus atau tidak, dengan selain melihat sebuah contoh desain layout majalah. Kecuali seandainya mereka memberitahumu secara langsung. Namun hal itu tak membuat Anda tak dapat menemukan desain layout majalah untuk dijadikan contoh.

Nah aku kasih beberapa tips untuk mencari contoh layout.

- Desain Yang Sesuai
Beberapa orang mungkin mempunyai pendapat bahwa desain berkualitas yang cocok tema adalah hal yang sangat penting. Maksudnya adalah apabila kamu memulai sebuah tema mengenai seni, maka grafisnya harus lebih modern dan desainnya harus dipertimbangkan dengan menyeluruh. 

- Kemudahan Penggunaan
Dapatkah kamu menemukan apa yang kamu cari? Contoh layout desain mana yang kamu sukai untuk ditiru? Kata kunci apa yang acap mereka manfaatkan untuk mencari salah satu desain layout majalah ketika surfing di internet? Seorang perancang desain layout cermat akan memiliki ide yang baik untuk tujuan memudahkan mereka mengaplikasikan idenya ke dalam sebuah aplikasi desain layout.

- Komunitas
Internet adalah semua hal tentang media sosial dan komunitas. Coba deh lihat pada contoh desain layout yang memberimu ide tentang bagaimana mengintegrasikan hasil desain orang lain dengan hasil desaimu sendiri.

Ada banyak ide: mengunjungi situs / blog desain, mengeksplor instagram. Pastikan bahwa kamu memilih suatu hal yang dapat bersaing dengan contoh desain layout lainnya. Memilih seluruh situs media sosial, namun tidak melakukan apapun tak akan mendukung keahlianmu dalam hal mendesain.

Pada saat membuat desain layoutmu sendiri, lebih baik untuk melihat contoh kreasi orang lain. Prinsip ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) masih berlaku. Namun pada akhirnya, kamu perlu untuk memunculkan stylemu sendiri dan membuat desain layout yang unik untuk menambah pengetahuan dan keahlian serta NILAI tentunya.

Berarti ini PLAGIAT dong?
BUKAN
Karena ada proses memodifikasi. Kecuali kamu memang cuma mengamati dan meniru desain tersebut, jelas kamu plagiat.


Desain yang kanan itu dibuat terinspirasi dari desain yang kiri. Tapi gak 100% sama kan? Karena ada proses modifikasinya.

Cara belajarnya, kamu bisa cari terlebih dahulu desain yang mau di ATM. Bisa cari di behance, pinterest, canva, dll. Kemudian tiru dan modifikasi.
Kalau ada kendala dalam menggunakan tool, kamu bisa cari titorial di Youtube yang sesuai dengan desain tersebut.

Selamat Berkarya!
Jika ini bermanfaat untukmu, ayoo bantu mimin share postingan ini, biar makin banyak orang yang bisa belajar 👍