Sudah tahukan kamu tentang desainer yang didenda 12 Juta karena SALAH FONT?
Serius 12 Juta? Buat yang sering download asal-asalan nih. Kasus tersebut dapat menjadi pelajaran buat kalian yang ingin masuk ke dunia industri kreatif (terutama untuk para desainer). 

Lisensi bukanlah hal yang kaku, sangat beragam. Karena lisensi adalah pemberian izin dari si pemilik barang/jasa kepada pihal yang menerima lisensi.

Nah itu kan kalau lisensi font. Terus kalau di situs-situs penyedia images gimana caranya kita bisa tau soal lisensi dari gambar tersebut?

Tenang gaes, mimin bakal jelasin ada artikel kali ini, So, baca sampai babak penghabisan ya!

1. pixabay.com
Foto di pixabay bagus-bagus menurut mimin. Selain gratis, foto di pixabay dapat digunakan untuk keperluan komersial dan personal, atribusi juga tidak diperlukan.

Oh iyaa, kamu dilarang menjual foto yang di download di pixabay ya. Untuk lengkapnya, kamu bisa klik Pixabay License.

2. freepik.com
Siapasihh desainer grafis yang gak tau freepik, hampir semua harusnya tau ya. Untuk lihat lisensi di freepik, kamu bisa lihat di bawah tombol Download.


Lisensi freepik untuk source yang gratis adalah free for personal and commercial, tetapi kamu diwajibkan memberi atribusi pada desain yang akan dibuat.
Di freepik itu ada yang premium download dan ada juga yang free download. Bedanya adalah pada premium download kamu gak perlu memberi atribusi, sedangkan yang free kamu diwajibkan memberi atribusi.

Coba klik "How to attribute for other media"

Terus akan ada beberapa media macam Web, Printed Elements, Video, dan Apps/games. Nah setiap media itu bentuk atribusinya berbeda, seperti di Printed Element (Buku, baju, poster, dsb) contoh atribusinya seperti ini :

Image: freepik.com

Untuk posisinya bebas, sesuaikan dengan desain yang kamu buat. Dan jika kamu menaruhnya di medsos, jangan lupa juga cantumkan attribution-nya di caption ya.

3. unsplash.com
Semua foto yang ada di unsplash itu gratis dan dapat digunakan untuk keperluan komersial atau personal, kamu juga tidak diwajibkan memberi atribusi.
Perlu diingat bahwa kamu dilarang menjual foto yang kamu download di unsplash.com ini!

4. pexels.com
Semua foto di Pixeles gratis, kamu bisa gunakan untuk desain komersial atau personal. Atribusi juga tidak diperlukan. Sama seperti halnya penyedia images gratis lainnya, kamu dilarang menjual foto yang didownload.
Pixabay, unsplash, dan pexels memang tidak menyantumkan attribution. Tetapi jika kamu menyantumkan credit si pembuat, itu akan sangat berharga sekali untuk mereka.


Bermanfaat? Bantu share blog ini kepada lebih banyak desainer grafis atau temanmu yaa, Terima kasih 😊