Siapa nih yang disini belajar desain otodidak? Hayoo ngakuuu
Emang Bisa?


Bisa kok! Ini Caranya

1. Tanamkan Niat
Segala sesuatu memang harus didasari dengan niat dan hati, gak cuma pada dunia perdesain-grafisan, tapi pada bidang lain pasti juga. Kalau kamu belajar dengan niat yang setengah-setengah, ya hasilnya juga gak akan maksimal. Betul apa betul?

2. Eksplorasi
Eksplorasi dengan membaca artikel desain pada blog atau microblog di blogger atau instagram seperti yang sedang kamu baca sekarang, atau nonton video vlog desain di youtube agar wawasan kamu terus bertambah. Pahami dasar-dasar desain, kesalahan yang harus kamu jauhi, dan sebagainya.

3. Pilih Software Desain

Pada tahap ini, silahkan kamu memilih software desain apa yang akan digunakan. Saran mimin sih pakai yang mudah dulu aja, seperti Adobe Photoshop. Soalnya mimin pertama kali belajar desain ya pakai Adobe Photoshop.

4. Praktek!!
Awali dengan belajar tools yang ada pada software yang kamu gunakan. Kemudian lakukan praktek dari tutorial desain yang ada di youtube atau konten mocroblog di instagram.
Jangan malas untuk sering praktek, karena dengan terbiasanya kita mendesain, ini akan menciptakan style desain kita sendiri.

Tapi gimana cara desain saya jadi bagus?
Soalnya desain saya kayak masih kurang gitu.

Nah mimin punya cara nih, dan cara ini juga sering mimin praktekin sampai sekarang.
Gunakan Prinsip ATM
Amati, Tiru, Modifikasi suatu desain yag menginspirasi kamu. Kamu bisa temukan di behance, pinterest, atau instagram. Cara ini juga bisa membantu kamu menemukan style desain.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Siapa saja bisa jadi desainer grafis asalkenn ada niat dan mau belajar. Otodidak tanpa ikut komunitas, tanpa ikut kelas desain, apa bisa jadi desainer grafis? Tentu bisaa dong
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Simple kok,
1. Perbanyak eksplorasi, macam white space, tipografi, warna dll, untuk menambah wawasan kamu
2. Praktek tutorial desain, untuk mengasah skill desain kamu
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Ini yang mimin lakukan sampai bisa kaya gini sekarang, yahh walau revisi tetap melanda 😭
Kalau desainmu jelek, ya tetap belajar terus, pelajari apa kesalahannya. Oke?

Semangat! Kuncinya adalah Praktek, praktek, dan praktek!ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Bermanfaat? Bantu share blog ini kepada lebih banyak desainer grafis atau temanmu yaa, Terima kasih 😊