Kamu punya skill desain dan kreativitas tinggi? Jangan ragu untuk terus mengasah. Karena, sekarang banyak banget lapangan pekerjaan yang tersedia untuk para desainer-desainer muda Indonesia.

Sebelum kita membahas berbagai profesi desainer, kamu juga perlu tahu bahwa ada banyak juga jenis dan bidang ilmu dalam desain. Dari mulai desain komunikasi visual (DKV), interior design, produk desain, fashion design, sampai ada juga jurusan yang mempelajari desain otomotif. Eitss, walaupun temanya sama-sama desain, tapi bidang-bidang tersebut memiliki fokus ilmu yang berbeda untuk dipelajari, sehingga nanti pekerjaannya pun belum tentu sama.

Jika kamu sudah mantap ingin mengasah ilmu di bidang desain namun masih suka bingung soal pekerjaan, jangan khawatir gaes. Semakin berkembangnya industri kreatif Indonesia menjadikan berbagai perusahaan membutuhkan kemampuan anak desain lho. Let's check beberapa contoh profesi yang bisa diambil para desainer, yuk disimak!

1. Arsitek

Seorang arsitek tidak sekedar merancang dan menggambar secara estetik, tetapi juga harus bisa mempertimbangkan keadaan sosial, iklim, dan keadaan sekitar gedung/bangunan yang akan dirancang. Mereka juga harus mempertimbangkan nilai fungsional suatu bangunan di suatu tempat.

2. Ilustrator

Seorang illustrator bertugas untuk menyampaikan atau menjelaskan sebuah pesan/komunikasi dalam bentuk visual supaya dapat menarik dan dimengerti pembaca. Ilustrasi juga banyak bentuknya, contohnya iklan poster,cover buku atau novel,  desain majalah, dan masih banyak lagi. Banyak illustrator yang juga bekerja secara independen, ataupun sebagai pekerja full time di sebuah perusahaan.

3. Graphic Desainer (Perancang Grafis)

Profesi ini memiliki banyak peminat karena prospek kerjanya yang bagus. Seorang desainer grafis tidak hanya sebatas mendesain logo, prosur, poster, atau media promosi lainnya tetapi juga harus bisa memecahkan permasalahan yang dihadapi kliennya dengan menghadirkan rancangan komunikasi visual. Sebenarnya graphic designer tidak jauh berbeda dengan illustrator, bahkan pada beberapa perusahaan keduanya digabung menjadi satu.

4. Product Desainer (Perancang Produk)

Gelas cangkir diberi pegangan agar kita bisa menikmati minuman yang panas, sendok sup dan sendok makan memiliki fungsi yang berbeda pula. Procust designer yang menyelesaikan permasalahan tersebut. Aneka produk yang sering kita gunakan mulai dari kursi, tas, botol minuman, itu telah direncanakan dan didesain sedemikian rupa sehingga mudah dipakai dan membantu manusia dalam melakukan kegiatan.

5. Interior Desainer (Perancang Interior)

Menata suatu ruangan sehingga terasa nyaman, enak dilihat, dan estetik merupakan tugas seorang desainer interior. Mereka nantinya akan bekerja langsung bersama klien ataupun dengan arsitek. Lulusan dari arsitek juga banya yang menekuni bidang ini.

6. Fashion Desainer (Perancang Busana)

Bagi kalian yang menyukai model-model pakaian mungkin profesi ini cocok untuk kamu. Mereka bertugas membuat rancangan busana mulai dari sepatu, baju, celana, perhiasan, dsb. Selain bisa ketsa, desainer fashion juga perlu memiliki kemampuan menjahit, pengetahuan tentang bahan, warna, dan ide untuk membangkitkan trend fashion.

7. Web Desainer (Perancang Web)

Desainer website atau bisa disebut Interactive Designer bertugas untuk membuat tampilan utama suatu website menjadi menarik dan tertata. Kalian harus dibekali ilmu coding seperti HTML5, JavaScript, CSS. Kalian juga harus memahami tentang UI/UX untuk menciptakan sebuah website yang menarik dan user friendly.

8. Game Desainer (Perancang Game)

Apakah kamu sering bermain games? Ada kabar baik buat kamu. Nah, game itu selalu banyak mengandung animasi. Entah itu berupa 2D ataupun berupa 3D. Sebuah game tak cuma membutuhkan seorang programmer saja, tetapi juga membutuhkan seorang desainer. Di sini kamu akan bekerja merancang karakter games, mendesain senjata yang akan dipakai pemain, hingga membuat latar tempat games. Seru kan? Di sinilah potensi desainmu dibutuhkan!

9. UI/UX Desainer

User Interface/User Experience (UI/UX) merupakan desainer yang membuat interface suatu website, aplikasi mobile, dan software lainnya. Tidak hanya menciptakan desain yang menarik saja, tetapi mereka juga harus mempertimbangkan dari segi kenyamanan user yang berinteraksi dengan program yang didesainnya.

10. Animator

Animator merupakan seniman yang menciptakan beragam gambar yang akan membentuk ilusi seolah-olah bergerak ketika ditayangkan dengan cepat yang disebut dengan frame. Taukah kamu bahwa mereka adalah orang-orang di balik film-film box office yang menampilkan efek CGI (Computer-Generated Imagery) tampak seperti asli dan nyata, keren kan! Nah, animator dapat bekerja dalam berbagai bidang seperti film, video games, televisi, dan Internet.

Gimana, banyak banget kan bidang pekerjaan yang bisa kamu pilih jika menjadi seorang desainer? Jadi, profesi mana yang ingin kamu tekuni?

Bermanfaat? Bantu share blog ini kepada lebih banyak desainer grafis atau temanmu yaa, Terima kasih 😊

Tulisan Menarik Lainnya!