Jujur mimin paling kesusahan kalau bikin-bikin logo, sebenarnya yang susah daridesain itu bukan proses desainnya saja, tapi ide atau brandingnya sih menurut mimin. Gak percaya? Coba lihat aja desain-desain di bawah ini, simpel banget logonya, tapi harganya woww. Logo hanyalah part of branding.

Jadi perusahaan-perusahaan besar tidak menilai logo hanya dari bentuknya saja ya, kalian juga perlu belajar branding. Oke let's chech it out

1. Pertamina
Pada tahun 2005, Pertaminamengganti logonya yang sudah digunakan 35 tahun. Pembuatan logo baru perusahaan minyak di Indonesia ini merogoh dana sebesar USD 350.000 atau Rp. 4,6 milyar.

2. Logo Olimpiade London 2012

Olimpiade London 2012 merupakan salah satu event olahraga internasional yang dilaksanakan di London, Inggris. Logo tersebut dirancang oleh perusahaan brand consultant, Wolf Olins. Total biaya pembuatan logo ini adalah USD 625.000 atau Rp. 8,27 milyar.

3. Pepsi
Pepsi merupakan perusahaan miinuman bersoda terbesar di dunia. Tahun 2008 mereka mendesain ulang logo dengan total biaya USD 1 Juta atau Rp. 13,2 milyar.

4. Bank Mandiri

Bank Mandiri merupakan salah satu bank nasional tersebar di Indonesia. Pada tahun 2008 Bank Mandiri mengganti logo mereka yang sudah 10 tahun lebih telah digunakan dengandana sekitar Rp. 15 milyar.

5. British Broadcasting Corporation

BBC atau British Broadcasting Corporation merupakan perusahaan brodcasting asal Britania Raya yang didirikan tahun 1927. Mereka mendesain ulang logo pada tahun 1997 dengan total biaya USD 1,8 Juta atau Rp. 23,8 milyar. 

6. ANZ

Bank ANZ merupakan bank terbesar keempat yang ada di Australia, bank ini didirikan pada tahun 1835 dan sudah tersebar ke seluruh penjuru dunia. Mereka menghabiskan biaya USD 15 Juta atau Rp. 198 milyar untuk mengganti logonya.

7. Posten Norge

Posten Norge atau Norway Post adala nama institusi layanan pos Norwegia yang berdiri sejak 1647. Dalam perantian logo barunya, total biaya yang mereka keluarkan sebesar USD 55 Juta atau pada saat ini setara dengan Rp. 729 milyar.

8. Accenture

Accenture adalah perusahaan konsultan manajemen global, outsourching, dan servis teknologi yang berada di Irlandia. Sebanyak USD 100 Juta atau kurang lebih setara dengan Rp. 1,32 triliun mereka keluarkan untuk rebranding logo baru.

9. Britist Peroleum

Britist Peroleum atau lebih dikenal dengan BP meruoakan salah satu perusahaan terbaik yang bergerak di bidang oli dan gas yang berasal dari Inggris. Pada tahun 2000, BP mengganti logonya dengan menghabiskan total biaya USD 211 Juta atau Rp. 2,79 triliun.

10. Symantec
Symantec adalah perusahaan asal Amrika yang memproduksi software pengaman data. Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan software terbesar di dunia. Pada tahun 2010, Symantec melakukan rebranding terhadap logo dengan menghabiskan dana sebesar 1.2 milyar dollar atau sekitar Rp. 17 triliun.

Gimana? Punya ide untuk bikin logo-logo mahal?
Yang bikin mahal itu karena risetnya. Makanya consultant projectnya buka hanya mendesain logo, tapi rebranding beserta report analisisnya. Simpel bukan berarti murahan ya gaes.

Bermanfaat? Bantu share blog ini kepada lebih banyak desainer grafis atau temanmu yaa, Terima kasih 😊