Semilir angin berhembus menyejukkan tubuh disaat aku sedang duduk terdiam menatapi langit biru yang begitu cerah, diiringi burung yang terbang bebas di angkasa raya menikmati semilirnya angin yang membantu mengayunkan sayap indah mereka. Saat itu ku tatap langit kulihat ada pesawat yang melintas diatas sana, terbesit dihati ini apa rasanya bisa duduk dan ikut terbang mengintari langit dan melihat dunia dan isinya.

Seketika aku membuka hp yang berdering, memberitahukan ada notif dari gmail. Saat aku membaca nya, disitu aku tak sadar aku terdiam aku merenung menatapi kata demi kata yang tertulis dig mail yang masuk. Isi gmail tersebut ucapan selamat kepada ku untuk mewakili Politeknik Negeri Lampung di acara Asia Youth Cultural Exposure 2019 di Malaysia. Disini aku terdiam “ Apakah ini nyata ?”. Subahaallah aku akan membawa nama lampung ke acara tersebut. Sungguh air mata bahagia tak dapat ku tamping, tangisan bahagia membuat aku bersujud syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang ia berikan.

Segera aku mengurus segala keperluan di kampus dan mengkonfirmasi semua nya dengan pihak kampus. Acara tersebut dilaksanakan di Kuala Lumpur 20-23 Maret 2019. Prepare ku siapkan kurang lebih 1 bulan untuk acara tersebut. Mulai dari persiapan presentasi budaya yang ada di Indonesia seperti Lampung, Yogyakarta, Palembang dan Raja Ampat.

Sampai tibanya H-1 sebelum keberangkatan ku ucap syukur kepada Tuhan yang maha esa bahwa semua akan terjadi atas kehendaknya, dan tak lupa do’a dan dukungan dari orang tua sahabat dan teman-teman.

Saat hari itu tiba dan saat itu lah aku merasakan duduk di atas awan indah melihat dari ketinggian yang begitu indah, dulu aku berharap bisa membawa Lampung ke negeri orang, dan sekarang mimpi itu terwujud, masya Allah sungguh besar nikmat Tuhanku ini. Dan ini merupakan pengalaman pertama ku berangkat sendiri ke negeri orang bermodalkan keberanian, demi ku membanggakan budaya lampung kota kelahiranku. Ini semua akan menjadi cerita terindah sepanjang hidupku, aku harap kita generasi muda bisa terus menggoreskan prestasi yang indah untuk negeri tercinta.

Dihari pertama kami melakukan kunjungan ke KBRI Malaysia dengan menggunakan batik khas Yogyakarta. Disana kami melakukan pertemuan dengan Bapak Abdul Razak dan berdiskusi mengenai perkembangan budaya dan system pemerintahan di Malaysia. Budaya di Indonesia dan Malaysia semua nya hampir sama dan memiliki ciri khas masing-masing.

Selama berkunjung kami disambut dengan baik, saat masuk ke KBRI berisikan barang antik peninggalan – peninggalan sejarah Malaysia, mulai dari arsitektur tulisan bahkan ukiran patung kayu seperti yang ada di foto tersebut.

Ukiran sejarah yang tersusun rapi dan berbaris dengan sendirinya memberikan kesan klasik di dalam gedung yang berdiri kokoh tersebut, setiap ukiran sejarah nya memiliki cerita tersendiri untuk para penikmat literature sejarah itu. Budaya yang dikenal dengan susunan sejarah yang menyamai Indonesia membuat diri ini sudah merindukan Negara tercinta.

Cerita sejarah- demi sejarah ku dapatkan, memberikan sebuah pengetahuan yang begitu berharga untuk kami, mulai dari peperangan,ukiran dan senajata-senjata berharga yang simpan rapi saat itu.

Sampai lah saat yang ku tunggu-tunggu yaitu mengenalkan budaya Lampung, lampung merupakan kota besar yang berada di bagian Sumatra, sejarah yang begitu berlimpah memberikan banyak sekali cerita tersimpan di dalamnya. Mulai dari kisah rumah adat berbagai tarian tradisional dan juga berbagai kuliner lampung dan masih banyak sekali cerita berkesan provinsi Lampung dengan perpaduan kebudayaan Arab, China dan India.

Hampir semua adat dan istiadat dari provinsi lampung sudah di kenal hingga tingkat Internasional. Berbagai warisan yang di berikan oleh leluhur selalu di lestarikan oleh masyarakat lampung itu sendiri. Tempat tempat wisata yang begutu fenomenal dan menjadi destinasi wisata para turis manca Negara membuat provinsi Lampung semakin dikenal. Lampung juga mempunyai potensi kekayaan laut yang begitu melimpah, letaknya yang berbatasan langsung dengan lautan membuat Lampung memiliki kekayaan alam yang begitu melimpah. Selain itu Lampung juga memiliki kekayaan budaya yang tidak kalah tersohornya bida di bandingkan dengan provinsi-provinsi lain di pulau Sumatera.

1. Rumah adat Lampung

Lampung memiliki rumah adat tradisional yang di sebut dengan Nawo Sesat. Rumah adat yang memiliki bnetuk arsitektur yang umum digunakan pada rumah-rumah panggung , bentuk rumah panggung tersebut tidak lepas dari kegunaanya untuk mencegah jika sewaktu-waktu serangan hewan buas datang. Rumah adat Nawo sesat dibangun dengan menggunakan kayu. Sedangkan bagian atap dibuat menggunakan dual ilalang. Penggunaan kayu sebagai bahan baku pembuatan rumah tersebut untuk warisan dari nenek moyang masyarakat Lampung.

2. Pakaian adat Lampung

Lampung memiliki pakaian adat yang begitu indah yang biasa disebut dengan kain tapis. Kain yang memiliki kesan sangat mewah karena pembuatannya dipadupadankan dengan penggunaan benang emas sehingga menimbulkan warna yang berkilau indah. Biasanya kain tapis ini banyak digunakan oleh masyarakat lampung di acara adat seperti upacara adat dan penikahan.

3. Tarian adat Lampung

Lampung memiliki lebih dari satu tarian adat, banyak sekali jenis tarian yang dimiliki provinsi lampung, seperti :

  • Tari Sembah atau Tari Sigeh Pengunten
  • Tari Melintang
  • Makanan khas

Dan masih banyak lagi budaya-budaya yang dimiliki oleh provinsi lampung ini.

Itulah beberapa paparan presentasi yang aku sampaikan saat ajang AYCE 2019 ini, sungguh hal yang tiada terkira, bagaikan pelangi yang datang setelah hujan lebat pergi.

Alhamdulillah dari ajang tersebut aku mendapatkan reward menjadi Best Presentantion bersama team dari daerah lain .

Ini adalah sebuah mimpi yang pernah ku tulis dibuku ungu ku, mimpi yang kutulis terakhir sekali, yaitu mimpi ke 23 , yang berisikan bisa membanggakan Negara di kancah internasional. Dan Alhamdulillah itu semua bisa menjadi nyata, bersama dengan sholawat rutin yang ku lantunkan memberikan kekuasaan terhebat Tuhan kepadaku.

Terima kasih untuk semua cerita untuk semua yang memberikan kesan tersendiri. Budaya adalah hal yang sangat berharga, kita selaku generasi penerus bangsa harus bisa memberikan yang terbaik dan selalu menjaga keutuhan tradisional budaya kita khususnya budaya Lampung. Semoga melalui cerita ini akan memberikan kesan dan inspirasi buat kita semua. Karena semua bisa terwujud dengan mulai Bermimpi


Karya Watini Hefri Jayanti

Assalamualiakum wr.wb.

Tabik Pun....

Salam Budaya Lampung.

Perkenalkan nama saya Watini Hefri Jayanti lahir di Lampung, 14 Juni 2001, anak pertama dari dua bersaudara. Saat ini saya sedang berdomisili di provinsi lampung karena saya sedang mengenyam pendidikan di perguruan tinggi yang ada di Lampung.

Selama saya kembali menetap di lampung, saya selalu merasakan kenyamanan kota lampung yang masih banyak ke arsiannya, kenikmatan budaya serta wisata lampung yang sudah phenomenal membuat saya sangat mencintai daerah ini.

Saya menuliskan cerita ini benar-benar nyata apa yang pernah saya alami. Sungguh benar mimpi tak pernah bohong, mimpi bisa menjadi nyata.

Semoga cerita ini bisa menginpirasi anak bangsa, bahwa kita harus yakin, kita bisa mengenalkan budaya-budaya yang ada di Indonesia ini kepada Negara lain.

Intinya jangan pernah takut untuk mencoba.

Berikut media social yang saya gunakan :

  • WhatApps : +6285832309031
  • Facebook : Watini Hefri Jayanti
  • Instagram : @wtinihfjyti
  • IdLine :Watinihefrijayanti

Okey sekian cerita dari saya. Wassalamulaiakum wr.wb