18 Sifat, Karakter, dan Kebiasaan Orang Betawi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Advertisment

XASXUS.com - Indonesia memang terdiri dari berbagai macam suku dan budaya dengan kebiasaannya yang berbeda-beda satu sama lain. Misalnya saja orang betawi, tentu kebiasaanya berbeda dengan kebiasaan orang Jawa, orang Sunda, orang Bali, orang Maluku, dan suku lainnya. Meskipun begitu, tentu saja ada beberapa kebiasaan yang sama seperti suku lainnya di Indonesia.

Nah berbicara mengenai kebiasaan orang betawi, tahukah kamu apa saja kebiasaan mereka dalam kehidupan sehari-hari? Berikut ini adalah 18 sifat, karakter, tradisi, dan kebiasaan orang betawi dalam kehidupan sehari-hari yang perlu kamu ketahui.

Daftar Isi

1. Gaya bicaranya ceplas-ceplos

Sifat, karakter, dan kebiasaan orang betawi - Gaya bicaranya ceplas-ceplos

Kebiasaan orang betawi yang ke-1 adalah gaya bicaranya yang cenderung ceplas-ceplos. Pernahkah kamu melihat orang betawi berbicara? jika iya, pasti kamu akan beranggapan bahwa gaya bicara mereka cenderung ceplas-ceplos. Hal tersebut sebenarnya wajar saja dan memang sudah menjadi kebiasaan orang betawi sejak dahulu.

Sebagaimana yang diketahui jika orang betawi memang tidak suka basa-basi seperti halnya beberapa suku di Indonesia, sebut saja seperti suku Jawa yang lebih mengedepankan tata karma. Mereka lebih suka berbicara apa adanya dan lebih ke objek pembicaraan. Banyak yang beranggapan bahwa gaya bicara orang betawi tersebut agak kasar, namun memang begitulah gaya bicara mereka.

20 Karakter, Sifat, dan Kebiasaan Orang Bali Dalam Kehidupan Sehari Hari

2. Dialek bahasa betawi yang unik

Sifat, karakter, dan kebiasaan orang betawi - Dialek bahasa betawi yang unik

Kebiasaan orang betawi yang ke-2 adalah dialek bahasanya yang unik. Jika pada umumnya bahasa Indonesia terdengar lebih santai, maka hal tersebut tidak berlaku dalam bahasa betawi. Hal ini dikarenakan akhiran "a" pada bahasa Indonesia akan diganti dengan akhiran "e".

Misalnya saja kata "apa" dalam bahasa Indonesia, maka dalam bahasa betawi dibaca "ape", dan masih banyak lagi. Unik bukan bahasa betawi? Bahkan bisa dibilang bahasa betawi lebih mudah dipahami dan ditirukan, sebab dialek dan aturan tata bahasanya yang cenderung lebih sederhana.

14 Karakter, Sifat, dan Kebiasaan Orang Maluku Dalam Kehidupan Sehari Hari

3. Religius dan taat pada agama

Sifat, karakter, dan kebiasaan orang betawi - Religius dan taat pada agama

Kebiasaan orang betawi yang ke-3 adalah kehidupan sosialnya yang religius. Sama seperti beberapa suku di Indonesia lainnya, suku betawi juga sangat menjunjung nilai-nilai agama. Bahkan dalam kehidupan sehari-harinya, orang betawi sering melakukan berbagai macam kegiatan-kegiatan religius.

Hal tersebut terlihat dari kegiatan kesehari-harian mereka, seperti adanya pengajian rutin, baik itu pengajian mingguan, bulanan, dan berbagai kegiatan keagamaan lainnya. Bahkan kesenian mereka juga tidak jauh dari nilai-nilai islami, contohnya saja kesenian qasidah, hadroh, rebana, dan masih banyak lagi.

18 Karakter, Sifat, dan Kebiasaan Orang Sunda Dalam Kehidupan Sehari Hari

4. Bicara menggunakan bahasa betawi

Sifat, karakter, dan kebiasaan orang betawi - Bicara menggunakan bahasa betawi

Kebiasaan orang betawi yang ke-4 adalah masih menggunakan bahasa betawi dalam kehidupan sehari-harinya. Meskipun zaman sudah berkembang, ternyata masih banyak orang betawi yang memakai bahasa betawi dalam aktivitas sehari-harinya, sehingga sangat memudahkan bagi kita dalam membedakan mana orang betawi dan mana orang pendatang.

18 Kebiasaan Orang Jawa (Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur) Dalam Kehidupan Sehari-hari

5. Selalu menggunakan pakaian adat khas betawi

Sifat, karakter, dan kebiasaan orang betawi - Selalu menggunakan pakaian adat khas betawi

Kebiasaan orang betawi yang ke-5 adalah menggunakan pakaian adat khas betawi dalam kehidupan sehari-harinya. Pakaian yang dimaksud disini bukanlah pakaian adat betawi yang kerap dipakai oleh para pengantin betawi, melain pakaian adat yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti menggunakan kopiah berwarna hitam atau merah dan menggunakan baju koko. Meskipun begitu, hanya sebagian besar masyarakat Betawi saja yang masih melakukan kebiasaan tersebut.

15 Fakta Menarik Tentang Wanita Jawa Yang Belum Banyak Diketahui

6. Nyambat atau bergotong-royong

Sifat, karakter, dan kebiasaan orang betawi - Nyambat atau bergotong-royong

Kebiasaan orang betawi yang ke-6 adalah sering mengajak orang lain untuk ikut bergotong royong. Kebiasaan orang betawi yang satu ini bisa dibilang sudah kebiasaan yang menjadi turun-temurun hingga saat ini. Nyambat atau bergotong-royong dilakukan saat ingin mengerjakan sesuatu yang berat bersama-sama, mulai dari membajak sawah, membangung rumah, dan lainnya.

Kebiasaan nyambat ini umumnya dilakukan secara sukarela tanpa meminta imbalan. Akan tetapi, pihak yang mengajak nyambat biasanya akan menyediakan berbagai macam minuman dan makanan. Bahkan tidak jarang pula, orang yang membantu nyambat akan ikut menyumbang konsumsi dalam kegiatan tersebut.

18 Tarian Jawa Tengah Beserta Gambar, Nama, Sejarah, Fungsi, Ciri Khas, dan Penjelasannya

7. Nganter makanan atau sesuatu

Sifat, karakter, dan kebiasaan orang betawi - Nganter makanan atau sesuatu

Kebiasaan orang betawi yang ke-7 adalah nganter (mengantarkan) makanan atau sesuatu. Kebiasaan orang betawi yang satu ini bisa dibilang sudah menjadi tradisi mereka, terutama saat bulan puasa. Mereka akan sering membuat masakan tertentu yang nantinya akan diantarkan kepada kerabat ataupun tetangga terdekat.

Uniknya, seseorang yang mendapatkan makanan tersebut akan nganter (mengantarkan) makanan kembali berupa makanan kepada si pengirim. Saat indul Fitri pun, orang betawi yang berkunjung kerumah orang lain akan membawa gegawan, entah itu dalam bentuk kue dan lain sebagainya. Begitupun sebaliknya, orang yang memberikan gegawan tersebut juga akan menerima balesan dari orang yang dikunjungi.

20 Upacara Adat Indonesia Beserta Gambar, Nama, Asal Daerah, Tujuan, dan Penjelasannya

8. Ngasih duit

Sifat, karakter, dan kebiasaan orang betawi - Ngasih duit

Kebiasaan orang betawi yang ke-8 adalah ngasih duit. Kebiasaan ini biasanya dilakukan saat hari raya Idul Fitri, dimana para orang tua akan memberikan uang kepada anak-anak kecil yang datang kerumah. Tujuan kebiasaan ini adalah untuk membuat para anak-anak senang. Bahkan tidak jarang pula uang yang diberikan kepada anak-anak adalah uang baru, yaitu uang yang baru ditukarkan ke bank.

15 Contoh Teater Tradisional Nusantara Beserta Asal Daerah dan Penjelasannya

9. Sering berkumpul di Masjid

Sifat, karakter, dan kebiasaan orang betawi - Sering berkumpul di Masjid

Kebiasaan orang betawi yang ke-9 adalah berkumpul di Masjid. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika orang betawi memang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai religius, sehingga tidak mengherankan apabila kita sedang berada di lingkukan orang betawi melihat mereka banyak berkumpul di Masjid. Bagi orang betawi sendiri, Masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah, melainkan juga sebagai tempat untuk bersilaturahim, menuntut ilmu, dan bahkan bermusyawarah.

35 Nama Senjata Tradisional Indonesia Beserta Gambar, Asal Provinsi, dan Penjelasannya

10. Sekolahkan anak di 2 tempat

Sifat, karakter, dan kebiasaan orang betawi - Sekolahkan anak di 2 tempat

Kebiasaan orang betawi yang ke-10 adalah menyekolahkan anak di 2 tempat, yaitu SD dan MI (Madrasah Ibtidaiyah). Meskipun banyak orang beranggapan bahwa orang betawi itu tidak peduli dengan pendidikan, namun faktanya orang betawi sangat peduli akan pendidikan, terutama dalam hal pendidikan agama. Oleh sebab itu, banyak dari orang betawi yang menyekolahkan anaknya ke dua tempat, yaitu pagi di sekolah umum (SD) dan sore harinya do sekolah agama (Madrasah Ibtidaiyah).

17 Tarian Maluku Beserta Gambar, Nama, Fungsi, dan Penjelasannya

11. Malu jika mempunyai anak yang tidak pandai mengaji

Sifat, karakter, dan kebiasaan orang betawi - Malu jika mempunyai anak yang tidak pandai mengaji

Kebiasaan orang betawi yang ke-10 adalah mempunyai rasa malu apabila anaknya tidak bisa membaca Al-Quran. Hal tersebut sebenarnya wajar saja, sebab sifat orang betawi memang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai religius. Maka dari itu, orang betawi cenderung menyekolahkan anaknya ke MI (Madrasah Ibtidaiyah) supaya anaknya pandai dalam membaca Al-Quran. Sebab bagi orang betawi, ada hukuman sosial yang berlaku jika anaknya tidak bisa membaca Al-Quran dan hal tersebut dilakukan sebagai antisipasi.

35 Rumah Adat Indonesia Beserta Gambar, Nama, Provinsi, Lengkap Dengan Penjelasannya

12. Ngored atau membersihkan

Sifat, karakter, dan kebiasaan orang betawi - Ngored atau membersihkan

Kebiasaan orang betawi yang ke-12 adalah membersihkan (ngored) makan keluarga sebelum bulan ramadhan tiba. Tidak hanya sekedar ngored atau membersihkan makan saja saja, mereka pada umumnya juga akan mendoakan keluarganya yang sudah meninggal tersebut supaya diberikan keselamatan di dalam kubur.

Kebiasaan yang satu ini tentu berbeda dengan kegiatan nyekar yang umumnya dilakukan oleh orang Jawa. Dalam ngored, mereka tidak disertai penyebaran bunga. Namun dalam pekembangannya, saat ini sebagian orang betawi justru melakukan hal tersebut. Nah tradisi ini bukanlah tradisi orang betawi asli, melainkan tradisi orang betawi yang telah mengalami alkulturasi atau percampuran kebudayaan dengan suku Jawa.

16 Tarian Betawi (Jakarta) Beserta Sejarah, Fungsi, dan Penjelasannya

13. Nyelengin atau menabung

Sifat, karakter, dan kebiasaan orang betawi - Nyelengin atau menabung

Kebiasaan orang betawi yang ke-13 adalah rajin menabung. Mengapa orang betawi suka nyelengin atau menabung? Sebab orang betawi memiliki motivasi untuk pergi haji. Itulah mengapa kebiasaan orang betawi yang satu ini sudah ada sejak dahulu. Bahkan kebiasaan ini sudah ditanamkan sejak kecil oleh orang tua.

Uniknya, celengan yang digunakan biasanya masih berupa celengan-celengan yang terbuat dari tanah liat dan berbentuk ayam atau semar atau terkadang menggunakan bambu yang telah diberi lubang. Sedangkan untuk orang tua, mereka biasanya akan menabung di dalam celengan yang terbuat dari kaleng.

Bahkan tidak jarang juga mereka menggunakan bambu sebagai celengannya yang rangka dari dinding rumah yang telah diberi lubang. Dan jika celengan sudah penuh, maka biasa mereka akan pindah keruas bambu lainnya dan tentunya tetap berada di dinding tersebut. Menarik bukan cara menabung orang betawi?

11 Senjata Tradisional Jawa Barat Beserta Gambar, Nama, Fungsi, Jenis, dan Penjelasannya

14. Menjunjung tinggi sopan santun

Sifat, karakter, dan kebiasaan orang betawi - Menjunjung tinggi sopan santun

Kebiasaan orang betawi yang ke-14 adalah sangat menjunjung tinggi sopan santun. Cobalah perhatikan anak-anak betawi saat pulang ataupun berpergian dari rumah! Mereka biasanya akan mencium tangan orang tuanya. Bahkan saat berkunjung ke rumah saudaranya, mereke juga selalu mengedepankan nilai sopan santun. Bagi mereka, sopan santun adalah suatu hal yang selalu mereka emban.

14 Alat Musik Jawa Tengah Beserta Gambar, Nama, Sejarah, Fungsi, dan Penjelasannya

15. Tidak suka merantau

Sifat, karakter, dan kebiasaan orang betawi - Tidak suka merantau

Kebiasaan orang betawi yang ke-15 adalah tidak suka merantau. Mengapa tidak suka merantau? Sebenarnya ada beberapa faktor yang memengaruhi mengapa mereka tidak suka merantau layaknya beberapa suku di Indonesia, seperti suku Jawa, suku Padang, dan lain sebagainya. Pertama adalah ekonomi sampai rasa kekeluargaannya yang erat. Selanjutnya mereka cenderung lebih menyukai kerja di wilayahnya sendiri. Terkahir, Jakarta merupakan ibu kota negara.

14 Alat Musik Sunda Jawa Barat Beserta Gambar, Nama, Sejarah, Fungsi, dan Penjelasannya

16. Mempuyai jiwa toleransi tinggi

Sifat, karakter, dan kebiasaan orang betawi - Mempuyai jiwa toleransi tinggi

Kebiasaan orang betawi yang ke-16 adalah mempuyai jiwa toleransi yang sangat tinggi. Tahukah kamu, jika kebudayaan betawi tersendiri merupakan campuran dari berbagai macam kebudayaan dari bangsa lain, mulai dari kebudayaan cina, melayu, Arab, dan Eropa yang terserap dalam satu budaya, yaitu budaya Betawi.

Bahkan hal tersebut juga bisa dilihat dari segi rumah adat, pakaian adat, dan keseniannya. Hal tersebut tentunya semakin memperjelas bahwa orang betawi mempunyai toleransi yang tinggi dan tentunya membuat kerukunan antar masyarakat terutama di Jakarta dapat terjalin.

6 Senjata Tradisional Jawa Timur Beserta Gambar, Nama, Sejarah, dan Penjelasannya

17. Selain tegas juga penyayang

Sifat, karakter, dan kebiasaan orang betawi - Selain tegas juga penyayang

Kebiasaan orang betawi yang ke-17 adalah penyayang. Meskipun orang betawi merupakan orang tegas dan galak sekaligus juga berpendirian kuat, namun mereka sebenarnya mempunyai hati yang sangat penyayang, terutama kepada orang-orang yang ada disekitarnya. Sifat yang satu ini memang sudah sangat melekat oleh jati diri masyarakat Betawi itu sendiri.

8 Cara Memainkan Angklung Dengan Benar Dan Penjelasannya

18. Identik dengan kopyah dan peci

Sifat, karakter, dan kebiasaan orang betawi - Identik dengan kopyah dan peci

Kebiasaan orang betawi yang ke-18 adalah identik dengan kopyah dan peci. Kebiasaan orang betawi yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi. Dalam melakukan aktivitas kesehariannya, orang betawi terutama laki-laki tidak lepas dari yang namanya kopyah atau peci. Meskipun dahulu dipakai hanya pada saat sholat, namun kebiasaan memakai kopyah atau peci tersebut berlangsung hingga saat beraktivitas diluar sholat.

15 Peninggalan Kerajaan Kutai Beserta Fungsi dan Penjelasannya

Nah itulah 18 sifat, tradisi, dan kebiasaan orang betawi dalam kehidupan sehari-hari. Menarik bukan?

1 2 3 4 5 6 7