15 Manfaat VCO Untuk Wajah, Kecantikan, dan Kesehatan Tubuh

Advertisment

XASXUS.com - Pernah dengar apa itu VCO? Virgin Coconut Oil atau yang kerap disebut dengan VCO ini merupakan minyak kelapa murni yang sangat kaya akan vitamin dan zat bernutrisi. Menurut beberapa sumber, VCO awalnya dipromosikan karena mengandung berbagai macam manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh serta mampu menyembuhkan berbagai macam keluhan penyakit dikarenakan kandungan di dalamnya bersifat anti jamur, antibiotik, dan anti bakteri.

Namun tahukah kamu jika VCO ternyata tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja, melainkan juga mempunyai beberapa khasiat dan manfaat dalam bidang kecantikan. Lantas apa sajakah manfaat VCO secara keseluruhan? Nah berikut ini adalah 15 khasiat dan manfaat VCO untuk wajah, kesehatan, dan kecantikan.

Daftar Isi

Manfaat VCO untuk wajah

VCO memang sudah terkenal akan manfaatnya untuk untuk kecantikan, salah satunya untuk wajah. Namun tahukah kamu apa saja manfaat VCO untuk wajah tersebut? Nah berikut ini penjelasannya.

1. Melawan keriput di wajah

Manfaat VCO untuk wajah - Melawan keriput

Manfaat VCO untuk wajah yang ke-1 adalah melawan keriput. Tahukah kamu, jika kelapa murni (VCO) ternyata sangat bagus untuk perawatan kulit, salah satunya adalah dapat mempertahankan elastisitas kulit. Nah bagi kamu yang mulai mempunyai masalah dengan garis-garis keriput, maka VCO ini sangat direkomendasikan. Hal ini dikarenakan VCO mengandung antioksidan dan vitamin E yang dapat menghalau kerutan halus sebelum waktunya.

Untuk cara pemakaiannya sendiri sangatlah mudah, cukup usapkan VCO yang sudah dihangatkan dengan ke kedua telapak tangan sembari menggosoknya di wajah. Selain dengan mengusapkannya ke wajah, kamu juga bisa mengonsumsinya. Apakah VCO aman jika dikonsumsi? Ya, hal ini dikarenakan VCO merupakan minyak esensial yang sangat aman dikonsumsi.

15 Merk Sabun Muka Untuk Kulit Kering, Berminyak, dan Sensitif Yang Bagus

2. Melembabkan wajah

Manfaat VCO untuk wajah - Melembabkan wajah

Manfaat VCO untuk wajah yang ke-2 adalah melembabkan wajah. Tidak hanya dapat menghilngkan kerutan di wajah, penggunaan VCO ternyata juga dapat melembabkan kulit dikarenakan mengandung vitamin E yang tinggi. Meskipun saat ini sudah banyak produk pelembab wajah, namun tidak ada salahnya untuk menggunakan pelembab alami tanpa sentuhan bahan kimia yang kerap menimbulkan masalah bagi kulit.

Untuk caranya sama seperti dengan poin sebelumnya, yaitu mengusapkan VCO yang telah dihangatkan dengan menggosoknya di kedua telapak tangan terlebih dahulu ke wajah. Meskipun VCO sendiri minyak kelapa murni, namun penggunaannya dapat melembabkan wajah tanpa membuat kulit menjadi terlalu berminyak.

23 Manfaat dan Efek Samping Minyak Bulus Untuk Pria dan Wanita

3. Shaving oil yang menenangkan kulit

Manfaat VCO untuk wajah - Shaving oil yang menenangkan kulit

Manfaat VCO untuk wajah yang ke-3 adalah menenangkan kulit. Alih-alih menggunakan shaving cream atau shaving oil, ternyata kita bisa lho menggunakan VCO sebagai shaving oil. Bahkan penggunaan VCO untuk mencukur bulu-bulu halus terbilang aman dan bebas dari iritasi. Untuk caranya, cukup mengusapkan VCO terlebih dahulu ke bagian yang ingin dicukur sebelum memulainya.

15 Produk Pelembab Wardah Untuk Kulit Wajah Berminyak Dan Berjerawat

4. Make up remover

Manfaat VCO untuk wajah - Bisa digunakan sebagai make up remover

Manfaat VCO untuk wajah yang ke-4 adalah bisa digunakan sebagai make up remover. Bagi wanita, make up remover atau penghapus riasan bisa dibilang sudah jadi barang yang wajib dimiliki, terutama bagi wanita yang suka bersolek. Namun tahukah kamu, jika make up remover yang tidak cocok dengan kulit wajah ternyata bisa menimbulkan masalah di wajah, seperti timbulnya jerawat, alergi, dan lain sebagainya.

Nah bagi kamu yang khawatir akan hal tersebut, penggunaan VCO ini ternyata bisa dijadikan sebagai make up remover lho. Untuk caranya, cukup menuangkan VCO cukup banyak ke telapak tangan, lalu usapkan ke wajah sembari memijat dengan gerakan memutar. Lakukan cara ini selama kurang lebih 5 menit, lalu bilas menggunakan air.

30 Cream Pemutih Wajah Yang Aman dan Bagus Bersertifikat BPOM

5. Mengatasi jerawat di wajah

Manfaat VCO untuk wajah - Mengatasi jerawat di wajah

Manfaat VCO untuk wajah yang ke-5 adalah mengatasi jerawat. Manfaat VCO yang satu ini bisa dibilang sudah banyak yang mengetahuinya. Lantas bagaimana bisa VCO menghilangkan jerawat? Hal ini dikarenakan VCO mempunyai kandungan asam laurat bersifat antibakteri yang dapat mencegah dan sekaligus juga mengatasi jerawat. Bahkan penggunaan VCO untuk jerawat terbilang ringan dan mudah diserap serta tidak akan menimbulkan jerawat baru. Untuk cara penggunannya, cukup mengusapkannya kebagian berjerawat sebelum tidur.

15 Rekomendasi Sabun Pemutih Wajah Pria dan Wanita Yang Aman

Manfaat VCO untuk kesehatan

Selain bermanfaat untuk wajah, minyak kelapa murni (VCO) ternyata juga mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan lho. Apa sajakah manfaat tersebut? berikut ini penjelasannya.

1. Manfaat VCO untuk otak

Manfaat VCO untuk kesehatan - Mempertajam fungsi kognitif otak

Manfaat VCO untuk kesehatan yang ke-1 adalah mempertajam fungsi kognitif otak. Manfaat VCO yang satu ini bisa dibilang paling menguntukan bagi tubuh. Hal ini dikarenakan VCO mengandung asam lemak rantai sedang (MCT) yang lebih mudah diserap oleh hati dan juga membuat metabolisme menjadi lebih cepat.

Oleh sebab itu, asam lemak sehat ini bisa diolah lebih lanjut guna menjadi keton yang bisa dimanfaatkan oleh otak sebagai sumber energi utamanya. Bahkan jika dibarengi oleh pola diet rendah karbohidrat, maka asupan ketonnya mampu menyediakan sampai 70% dari kebutuhan energi otak, sehingga penggunannya bisa menjadi terapi pada orang yang tengah menderita kehilangan memori, seperti halnya dalam kasus penyakit Alzheimer.

12 Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

2. Membunuh bakteri dan virus penyebab infeksi

Manfaat VCO untuk kesehatan - Membunuh bakteri dan virus penyebab infeksi

Manfaat VCO untuk kesehatan yang ke-2 adalah membunuh bakteri dan virus penyebab infeksi. Tahukah kamu, jika hampir 50% asam lemak yang ada di dalam VCO adalah asam laurat yang pada saat dicerna akan berubah menjadi zat yang disebut monolaurin. Nah kandungan inilah yang dketahui bisa patogen berbahaya penyebab infeksi, seperti halnya virus, bakteri, dan jamur.

Jadi lebih spesifiknya, kandungan yang ada di dalam VCO tersebut dapat membunuh bakteri patogen yang sangat berbahaya (Staphylococcus Aureus) dan ragi Candida Albicans yang merupakan penyebab utama di dalam berbagai infeksi jamur. Bahkan VCO juga sudah terbukti di dalam mengobati dan mencegah keracunan makanan, gigi berlubang, tukak lambung, dan lain sebagainya.

18 Manfaat Jus Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

3. Manfaat VCO untuk anak

Manfaat VCO untuk kesehatan - Mengurangi frekuensi kejang anak

Manfaat VCO untuk kesehatan yang ke-3 adalah mengurangi frekuensi kejang anak. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika VCO mengandung MCT yang dikirim langsung ke hati guna diproses menjadi keton yang dikirim ke otak sebagai sumber energi utama. Nah jika VCO ini dikonsumsi dengan didampingi diet rendah karbohidrat, maka penggunannya dapat mengurangi kejadian kejang pada anak yang mempunyai epilepsi. Bahkan tahukah kamu, jika VCO ternyata juga dapat mengurangi kejangnya tidak dapat dikendalikan oleh obat-obatan.

11 Manfaat Air Zam-Zam Untuk Kesehatan dan Kecantikan

4. Manfaat VCO untuk pencernaan

Manfaat VCO untuk kesehatan - Melancarkan pencernaan

Manfaat VCO untuk kesehatan yang ke-4 adalah melancarkan pencernaan. Apakah kamu mempunyai masalah dengan pencernaan? Jika iya, maka tidak ada salahnya untuk mengatasinya dengan VCO. Sebagaimana yang diketahui jika VCO berperan besar di dalam membuat sistem pencernaan menjadi lebih baik, terutama dalam menyerap mineral dan vitamin yang larut dalam lemak, seperti kalsium dan magnesium. Bahkan beberapa studi sudah menunjukan bahwa MCT dalam VCO terbukti ampuh di dalam mempromosikan pemecahan dan pencernaan lipid seutuhnya dengan cara meningkatkan efisiensi enzim yang berhubungan langsung dengan metabolisme.

10 Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan dan Kecantikan

5. Manfaat VCO untuk diet

Manfaat VCO untuk kesehatan - Membantu menurunkan berat badan

Manfaat VCO untuk kesehatan yang ke-5 adalah membantu menurunkan berat badan. Nah bagi kamu yang sedang menjalankan program diet, maka VCO ini sangat direkomendasikan. Sebagaimana yang diketahui jika VCO dapat dengan mudah mengubah lemak menjadi energi. Bahkan keton, yaitu salah satu bentuk energi hasil metabolisme lemak diketahui mampu mengurangi nafsu makan, sehingga VCO ini sangat cocok untuk untuk kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Bahkan menurut beberapa studi, asupan 15-30 gram MCT pada VCO setiap harinya meningkatkan pengeluaran energi dalam 24 jam samapi 5 persen, yaitu sekitar 120 kalori perhari.

14 Daftar Minuman Untuk Diet Alami Yang Cepat Menurunkan Berat Badan

Manfaat VCO untuk kecantikan

Tahukah kamu, jika penggunaan minyak kelapa murni (VCO) tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan wajah saja, melainkan juga bermanfaat untuk kecantikan lainnya. Nah berikut ini adalah beberapa manfaat VCO untuk kecantikan, diantaranya.

1. Manfaat VCO untuk gigi

Manfaat VCO untuk kecantikan - Untuk kecantikan gigi

Manfaat VCO untuk kecantikan yang ke-1 adalah untuk kecantikan gigi. Siapa sih yang tidak ingin mempunyai gigi cantik dan sehat? Setiap wanita tentunya menginginkan hal tersebut. Namun tahukah kamu jika pasta gigi yang sering kita gunakan ternyata mengandung deterjen yang bisa berdampak buruk bagi kecantikan gigi. Nah sebagai penggantinya, maka kamu bisa menggunakan campuran kelapa murni (VCO) dan soda kue. Seiring dengan pemakaian secara teratur, maka akan membuat gigi menjadi semakin putih dan bersih.

11 Manfaat dan Efek Samping Cream HN Untuk Wajah

2. Manfaat VCO untuk rambut

Manfaat VCO untuk kecantikan - Sebagai conditioner rambut

Manfaat VCO untuk kecantikan yang ke-2 adalah sebagai conditioner rambut. Dalam merawat rambur, conditioner tentunya tidak boleh ketinggalan bukan? Nah tahukah kamu jika penggunaan kelapa murni (VCO) ternyata bisa lho digunakan sebagai conditioner. Kandungan di dalamnya ternyata mempunyai beberapa manfaat bagi rambut, mulai dari menghaluskan rambut, melembabkan rambut, bahkan bisa juga menghilangka ketombe.

Untuk cara penggunannya sendiri, cukup mengoleskan kelapa murni (VCO) ke kulit kepala setengah jam sebelum keramas. Dengan melakukan cara ini secara rutin, maka secara tidak langsung akan membuat rambut menjadi lebih bercahaya dan bebas dari ketome. Bagiamana? selain mudah kamu juga akan mendapatkannya.

20 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah Dengan Cepat dan Alami

3. Manfaat VCO untuk mata panda

Manfaat VCO untuk kecantikan - Menghilangkan mata panda

Manfaat VCO untuk kecantikan yang ke-3 adalah menghilangkan mata panda. Apakah kamu mempunyai masalah dengan kantung mata hitam yang terlihat seperti panda? Jika iya, tentu hal ini akan membuat kita semakin tidak percaya diri. Nah untuk melenyapkan kantung mata hitam tersebut, maka kelapa murni (VCO) ini bisa menjadi pilihannya.

Namun dalam penggunannya sangat disarankan sekali untuk emakai VCO yang tersedia dalam bentuk cold press. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan VCO cold press bisa menghilangkan kantung mata hitam lebih cepat dibandingkan dengan VCO cair, yaitu hanya memerlukan waktu sekitar 1 minggu saja. Untuk caranya, cukup mengoleskan diarea kantung mata secara rutin.

20 Cara Membuat Masker Kopi Untuk Wajah dan Manfaatnya

4. Manfaat VCO untuk bibir

Manfaat VCO untuk kecantikan - Melembabkan bibir secara alami

Manfaat VCO untuk kecantikan yang ke-4 adalah melembabkan bibir secara alami. Mengalami bibir pecah-pecah dan kering tentunya akan membuat diri kita menjadi tidak percaya diri dikarenakan dapat mengganggu penampilan. Meskipun saat ini sudah banyak produk pelembab bibir, namun tidak ada salahnya untuk menggunakan pelembab bibir alami yang terhidar dari zat kimia, yaitu menggunakan VCO. Untuk cara penggunannya sendiri, cukup mengoleskan VCO ke bibir setiap menjelang tidur. Rasakan bibir dipagi harinya, dimana biasanya bibir akan menjadi lebih lembut sekaligus juga mengembalikan warna alami bibir.

7 Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami dan Cepat

5. Manfaat VCO untuk bulu mata dan alis

Manfaat VCO untuk kecantikan - Menebalkan bulu mata dan alis

Manfaat VCO untuk kecantikan yang ke-5 adalah menebalkan bulu mata dan alis. Siapa sih yang tidak ingin mempunyai alis dan bulu mata yang tebal? Setiap wanita saat ini tentunya menginginkan hal tersebut. Namun bagi kamu yang justru mempunyai alis dan bulu mata yang tipis, cobalah menggunakan VCO ini.

Selain mudah, kamu juga tidak perlu repot-repot lagi melakukan prosedur kecantikan yang menelan biaya cukup mahal. Untuk caranya, cukup mengoleskan VCO ke alis dan bulu mata sebelum tidur. Agar mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya lakukan cara ini secara rutin. Meskipun begitu, hasil yang di dapatkan secara alami tidaklah instan. Namun kelebihannya kamu tidak perlu menanggung risiko prosedur kecantikan dan tentunya aman.

15 Cara Membuat Masker Beras Untuk Kulit Wajah dan Manfaatnya