18 Manfaat Dan Efek Samping Daun Karet Kebo Untuk Kesehatan Tubuh

Advertisment

XASXUS.com - Pernah dengar tentang daun karet kebo? Ya, daun herbal asal India ini memang banyak tumbuh di Indonesia. Umumnya, daun karet kebo ini banyak ditemukan di pekarangan yang luas dan tidak jarang pula dijadikan sebagai tanaman hias. Mengapa dinamakan daun karet kebo, sebab daun dari tanaman ini mempunyai bentuk yang unik, yaitu lebar dan menyerupai kebo, itulah mengapa daun herbal yang satu ini dinamakan daun karet kebo.

Berbicara mengenai daun karet kebo, tahukah kamu apa saja manfaat daun karet kebo untuk kesehatan? Nah berikut ini adalah 18 khasiat dan manfaat daun karet kebo beserta efek sampingnya apabila dikonsumsi secara belebihan.

1. Manfaat daun karet kebo untuk peredaran darah

Manfaat daun karet kebo untuk peredaran darah

Manfaat daun karet kebo yang ke-1 adalah melancarkan peredaran darah. Mengapa demikian? Sebab daun karet kebo mengandung beberapa zat aktif yang berguna di dalam melancarkan peredaran darah. Oleh sebab itu, daun herbal yang satu ini sangat cocok sekali bagi kamu yang mempunyai masalah dengan kolestrol tinggi.

Dengan mengonsumsi daun karet kebo, maka secara tidak langsung akan membuat penumpukan plak (lemak dan kolestrol) di dalam pembuluh darah berkurang, sehingga penggunaannya bisa membuat peredarah darah menjadi lebih lancar dan membuat tubuh terhidar dari berbagai macam penyakit yang berbahaya, salah satunya penyakit jantung.

15 Manfaat Daun Sambiloto Untuk Wajah, Kesehatan, dan Kecantikan

2. Manfaat daun karet kebo untuk penderita stroke

Manfaat daun karet kebo untuk penderita stroke

Manfaat daun karet kebo yang ke-2 adalah mengobati stroke. Tidak hanya organ jantung saja yang mendapatkan manfaat dari daun karet kebo, organ otak pun juga akan mendapatkan manfaat dari daun karet kebo ini, yaitu mengobati stroke. Sebagaimana yang diketahui jika penyakit stroke umumnya disebabkan oleh pola makan yang buruk, seperti suka mengonsumsi berbagai macam makanan berlemak yang berakibat pada menumpuknya lemak di dalam peredaran darah dan dapat menyebabkan terhambatnya aliran darah ke otak.

Jika hal tersebut menyerang tubuh, tentunya dapat berakibat fatal bagi tubuh apabila tidak diatasi dengan cepat, yaitu bisa menyebabkan seseorang menjadi lumpuh. Nah untuk mengatasi hal tersebut, ternyata daun karet kebo ini sangat ampuh untuk mengatasi stroke dikarenakan mengandung zat aktif yang dapat melancarkan peredaran darah.

Untuk cara membuatnya sendiri sangatlah mudah, cukup menyiapkan daun karet kebo secukupnya dan rebus dengan air. Pastikan sebelum merebus, bagian yang bergetah pada daun karet kebo dibuang terlebih dahulu, seperti dibagian pangkal daun dan bagian ujung daun. Selanjutnya minum air rebusan daun karet kebo tersebut setidaknya 1-2 kali dalam sehari supaya peredarah darah ke otak menjadi lancar.

9 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh Dan Cara Mengolahnya

3. Manfaat daun karet kebo untuk keputihan

Manfaat daun karet kebo untuk keputihan

Manfaat daun karet kebo yang ke-3 adalah mengatasi keputihan. Keputihan bagi wanita memang tidak dapat dipisahkan. Sebagaimana yang diketahui jika kondisi ini memang hampir dialami oleh setiap wanita. Meskipun terlihat sepele, namun keputihan yang berlebihan bisa berdampak buruk pada organ kewanitaan tersebut.

Kondisi ini umumnya dapat menimbulkan aroma yang tidak sedap, dan parahnya bisa jadi merupakan pertanda adanya penyakit serius. Nah bagi kamu yang mengalami hal tersebut, jangan khawatir sebab kamu bisa mengatasinya dengan daun karet kebo. Daun yang satu ini memang sudah dipercaya di dalam membuat daerah kewanitaan menjadi lebih sehat, salah satunya mengurangi keputihan.

13 Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan dan Cara Mengolahnya

4. Manfaat daun karet kebo untuk wanita

Manfaat daun karet kebo untuk wanita

Manfaat daun karet kebo yang ke-4 adalah mengatasi terlambat datang bulan. Apakah kamu mempunyai masalah dengan siklus menstruasi yang cenderung terlambat? Kondisi ini umumnya disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari merasakan lelah yang berlebihan, kurangnya asupan nutrisi, sampai hormon yang tidak stabil.

Nah untuk mengatasi terlambatnya datang bulan tersebut, cobalah mengonsumsi daun karet kebo. Untuk caranya, cukup merebus daun karet kebo dengan air, lalu minum hasil rebusan tersebut 3 kali dalam sehari. Dengan begitu, senyawa yang ada di dalam daun karet kebo akan membantu siklus menstruasi menjadi lebih lancar.

12 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

5. Manfaat daun karet kebo untuk hipertensi

Manfaat daun karet kebo untuk hipertensi

Manfaat daun karet kebo yang ke-5 adalah mengatasi hipertensi. Hipertensi atau yang lebih sering disebut dengan darah tinggi ini memang kerap membuat kepala menjadi pusing mendadak. Bahkan tidak jarang pula hipertensi bisa juga menyebabkan pingsan. Nah bagi kamu yang mempunyai riwayat penyakit darah tinggi dan tidak ingin kondisi tersebut menimpa, sebaiknya mengonsumsi daun daret kebo. Dengan mengonsumsi air hasil rebusan daun karet kebo, maka secara tidak langsung akan menstabilkan tekanan darah.

16 Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan dan Kecantikan

6. Manfaat daun karet kebo untuk kulit gatal

Manfaat daun karet kebo untuk kulit gatal

Manfaat daun karet kebo yang ke-6 adalah mengatasi gatal pada kulit. Apakah kamu mempunyai masalah dengan kulit gatal akibat penyakit kulit? Jika iya, ternyata kamu bisa lho mengatasinya dengan daun karet kebo. Sebagaimana yang diketahui jika beberapa kandungan pada daun karet kebo dapat mengatasi bengkak dan kemerahan pada kulit. Untuk caranya, cukup menyiapkan daun karet kebo secukupnya, lalu tumbuk hingga halus dan oleskan hasil tumbukan tersebut ke kulit yang bermasalah.

15 Manfaat Daun Binahong Untuk Wajah, Kesehatan, Kecantikan, dan Efek Sampingnya

7. Manfaat daun karet kebo untuk pembengkakan ditubuh

Manfaat daun karet kebo untuk pembengkakan ditubuh

Manfaat daun karet kebo yang ke-7 adalah mengatasi pembengkakan di tubuh. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan daun karet kebo mengandung zat anti inflamsi yang dapat mempercepat pemulihan radang kulit. Oleh sebab itu, saat tubuh kamu mengalami pembengkakan, maka tidak ada salahnya untuk mengobatinya dengan daun karet kebo. Untuk caranya sendiri sama seperti point sebelumnya, yaitu cukup menyiapkan daun karet kebo secukupnya, lalu tumbuk hingga halus dan oleskan hasil tumbukan tersebut ke bagian tubuh yang mengalami pembengkakan.

12 Manfaat Buah Zuriat Arab Untuk Kesehatan dan Program Hamil

8. Manfaat daun karet kebo untuk nyeri

Manfaat daun karet kebo untuk nyeri

Manfaat daun karet kebo yang ke-8 adalah mengatasi nyeri. Selain dapat mengatasi pembengkakan di tubuh, daun karet kebo ternyata juga dapat mengatasi nyeri lho. Hal ini dikarenakan daun karet kebo mengandung zat analgetik yang berguna untuk menghilagkan rasa nyeri, baik itu nyeri peradangan maupun nyeri yang diakibatkan oleh luka.

Nah jika kamu mengalami nyeri tersebut terjadi dibagian kulit, maka cara mengatasinya yaitu dengan mengoleskan tumbukan daun karet kebo ke bagian yang dirasa nyeri. Sedangkan jika nyeri tersebut terjadi di gigi, maka cara mengatasinya cukup dengan menjadikan air hasil rebusan daun karet kebo tersebut sebagai obat kumur-kumur.

21 Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan Tubuh Kita

9. Manfaat daun karet kebo untuk usus

Manfaat daun karet kebo untuk usus

Manfaat daun karet kebo yang ke-9 adalah menjaga kesehatan usus dan melancarkan sistem pencernaan. Apakah kamu mempunyai masalah dengan pencernaan? Jika iya, maka cobalah mengatasinya dengan daun karet kebo ini. Hal ini dikarenakan kandungan di dalamnya dapat membuat proses pencernaan menjadi lebih optimal. Meskipun demikian, alangkah lebih baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya. Sebab belum ada studi ilmiah yang menjelaskan tentang manfaat daun karet kebo untuk pencernaan.

15 Manfaat Buah Duku dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan dan Kecantikan

10. Manfaat daun karet kebo untuk maag

Manfaat daun karet kebo untuk maag

Manfaat daun karet kebo yang ke-10 adalah mengatasi maag. Tidak hanya dapat menjad kesehatan usus, penggunaan daun karet kebo juga dapat mengatasi penyakit maag. Banyak orang berpendapat, bahwa bagian akar dari tanaman ini bisa digunakan untuk mengurangi gejala maag. Namun sebagian orang juga berpendapat, bahwa daun karet kebo juga bisa mengurangi gejala maag. Oleh sebab itu, sebelum mengonsumsinya, sebagiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

15 Khasiat dan Manfaat Susu Milo Untuk Kesehatan Tubuh

11. Manfaat daun karet kebo untuk bisul di kulit

Manfaat daun karet kebo untuk bisul di kulit

Manfaat daun karet kebo yang ke-11 adalah mengatasi bisul pada kulit. Apakah kamu mempunyai masalah dengan bisul? Jika iya, cobalah mengatasinya dengan daun karet kebo. Seperti yang telah dijelaskan beberapa point sebelumnya, jika kandungan dari daun karet kebo mengandung zat-zat yang sangat ampuh di dalam mengatasi kulit kemerahan dan bengkak, termasuk bisul.

Untuk caranya, cukup menyiapkan daun karet kebo secukupnya, lalu tumbuk hingga halus dan oleskan hasil tumbukan tersebut ke bagian tubuh yang mengalami bisul. Lakukan cara ini secara rutin sampai bisul benar-benar kempes dan warna kemerahannya memudar.

6 Khasiat dan Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan Tubuh

12. Sebagai anti peradangan

Sebagai anti peradangan

Manfaat daun karet kebo yang ke-12 adalah sebagai anti peradangan. Tahukah kamu, jika daun karet kebo ternyata mempunyai kandungan anti peradangan dan anti inflamasi. Oleh sebab itu, saat tubuh mengalami masalah seperti pembengkakan di bagian tubuh tertentu, daun karet kebo ini sangat ampuh di dalam mempercepat pemulihan. Untuk caranya umumnya sama seperti pemakaian luar, yaitu cukup mengoleskan bubuk daun karet kebo yang telah dihancurkan ke bagian tubuh yang bermasalah.

12 Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

13. Manfaat daun karet kebo untuk penderita asma

Manfaat daun karet kebo untuk penderita asma

Manfaat daun karet kebo yang ke-13 adalah meringankan gejala asma. Apakah kamu mempunyai masalah dengan asma? Kondisi ini umumnya disebabkan oleh alergi tubuh, infeksi paru-paru, lingkungan yang kurang sehat, dan lain sebagainya. Bahkan apabila asma tida ditangangi dengan cepat, maka kondisi ini akan membahayakan tubuh, seperti menyebabkan kematian. Nah untuk mengatasinya, tidak ada salahnya menggunakan cara alami, yaitu dengan menggunakan daun karet kebo.

8 Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya

Efek samping daun karet kebo

Meskipun daun karet kebo mempunyai berbagai macam manfaat yang sangat baik bagi tubuh, ternyata ada juga lho efek samping penggunaan daun karet kebo. Nah apa sajakah efek samping karet kebo? berikut ini penjelasannya.

1. Efek samping daun karet kebo untuk jantung

Efek samping daun karet kebo untuk jantung

Efek samping daun karet kebo yang ke-1 adalah terjadinya masalah kesehatan jantung. Meskipun daun karet kebo dapat melancarkan peredaran darah dan membuat jantung terhindar dari berbagai penyakit, namun tahukah kamu jika menurut The Michigan Journal Of Medicine (MJM) pada tahun 2012, mengonsumsi daun karet kebo secara berlebihan ternyata bisa berdampak buruk bagi jantung, yaitu dapat memicu pentakit jantung yang sangat berbahaya.

21 Khasiat dan Manfaat Lemon Untuk Wajah, Bibir, Mata, Beserta Cara Menggunakannya

2. Efek samping daun karet kebo untuk otak

Efek samping daun karet kebo untuk otak

Efek samping daun karet kebo yang ke-2 adalah mengalami pikun atau hilang ingatan. Selain berdampak buruk bagi jantung, mengonsumsi daun karet kebo secara belebihan juga berakibat buruk bagi otak. Sebagaimana yang diketahui, menurut Dr. David P. Huston M.D, yaitu pakar kesehatan dari Texas A&M college of Medicine, daun karet kebo dapat membuat pikun atau hilang ingatan sesaat, terutama bagi para lansia.

15 Khasiat dan Manfaat Buah Pinang Untuk Laki-Laki dan Wanita

3. Efek samping daun karet kebo untuk liver

Efek samping daun karet kebo untuk liver

Efek samping daun karet kebo yang ke-3 adalah rusaknya jaringan liver. Selain otak dan jantung, ternyata penggunaan daun karet kebo ternyata juga berakibat buruk bagi organ hati. Seperti yang dijelaskan oleh pakar kesehatan Dr.Christiani Jeyakumar Ph,d, M.D, seseorang mengonsumsi daun karet kebo melebihi 800 gr, maka dapat membuat sistem produktifitas jaringan liver dan empedu rusak.

23 Manfaat dan Efek Samping Minyak Bulus Untuk Pria dan Wanita

4. Efek samping daun karet kebo untuk tulang

Efek samping daun karet kebo untuk tulang

Efek samping daun karet kebo yang ke-4 adalah terkena osteoporosis atau tulang keropos. Tahukah kamu, jika daun karet kebo mengandung betain dan asam pantotenat yang cukup tinggi yang apabila dikonsumsi secara berlebihan justru menyebabkan penyakit osteoporosis atau tulang keropos. Bahkan menurut riset dari International Journal Of Food Science and Nutrition pada tahun 2013, mengonsumsi daun karet kebo secara berlebihan bisa merusak jaringan sel-sel tulang sehingga dapat menyebabkan tulang mudah keropos.

15 Manfaat Kol atau Kubis Bagi Kesehatan Tubuh

5. Efek samping daun karet kebo untuk pencernaan

Efek samping daun karet kebo untuk pencernaan

Efek samping daun karet kebo yang ke-5 adalah diare. Meskipun penggunaan daun karet kebo mempunyai manfaat di dalam melancarkan sistem pencernaan, namun apabila dikonsumsi secara berlebihan justru bisa mengakibatkan diare. Nah agar terhidar dari efek samping tersebut, sebaiknya konsumsi daun karet kebo secukupnya saja dan berlebihan.

10 Manfaat dan Bahaya Susu Beruang (Bear Brand) Untuk Kesehatan Tubuh