15 Khasiat dan Manfaat Buah Pinang Untuk Laki-Laki dan Wanita

Advertisment

XASXUS.com - Pernah dengar tentang buah pinang? Buah yang kerap digunakan untuk menyirih ini ternyata tidak pernah dikonsumsi secara langsung dan lebih sering dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan jamu tradisional. Bahkan tidak jarang pula buah pinang muda dikonsumsi dengan cara di Jus.

Berbicara mengenai buah pinang, ternyata masih banyak lho yang belum mengetahui tentang apa saja khasiat dan manfaat buah pinang untuk kecantikan dan kesehatan. Nah berikut ini adalah 15 manfaat buah pinang untuk pria dan wanita yang perlu kamu ketahui.

Daftar Isi

1. Manfaat buah pinang untuk kulit

Manfaat buah pinang untuk kecantikan - Menghaluskan kulit

Manfaat buah pinang yang ke-1 adalah menghaluskan kulit wajah. Untuk cara penggunannya, cukup menjadikannya sebagai masker wajah. Nah bagi kamu yang tertarik membuatnya, cukup menyediakan 2 biji pinang yang telah dikeringkan. Selanjutnya, tumbuk atau giling biji tersebut hingga halus.

Setelah itu, beri sedikit bubuk kunyit, lalu tuangkan air secukupnya, dan aduk sampai membentuk pasta. Jika sudah, kamu bisa langsung mengoleskan hasil campuran bahan tersebut ke wajah dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Terakhir, bilas wajah sampai benar-benar bersih.

10 Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan dan Kecantikan

2. Manfaat buah pinang untuk jerawat di wajah

Manfaat buah pinang untuk wajah - Menghilangkan jerawat

Manfaat buah pinang yang ke-2 adalah dapat menghilangkan jerawat di wajah. Apakah kamu mempunyai masalah dengan jerawat? Jika iya, pasti kamu akan bertanya-tanya bagaimana cara menghilangkannya dengan cepat. Nah tahukah kamu, jika penggunaan buah pinang muda ternyata sangat ampuh di dalam menghilangkan jerawat yang membandel.

Untuk caranya, kamu cukup menyiapkan 3-4 buah pinang, lalu mencucinya sampai bersih. Selanjutnya ambil daging buah pinang tersebut dan haluskan. Jika sudah, oleskan daging buah yang telah dihaluskan tersebut kebagian wajah yang berjerawat dan diamkan selama kurang lebih 20 menih. Jika dirasa sudah 20 menit, bilas dengan air sampai bersih. Agar jerawat hilang sepenuhnya, lakukan cara menghilangkan jerawat dengan buah pinang ini setiap menjelang tidur.

8 Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya

3. Manfaat buah pinang untuk pinggang

Manfaat buah pinang untuk tubuh - Mengatasi sakit pinggang

Manfaat buah pinang yang ke-3 adalah mengatasi sakit pinggang. Aktivitas yang melelahkan dan terlalu sering duduk terkadang membuat pinggang kita terasa sakit. Nah bagi kamu yang sering mengalaminya, cobalah mengatasinya dengan menggunakan ramuan dari pohon pinang, bisa dengan menggunakan buah pinang atau bisa juga menggunakan daun pinang.

Untuk kamu yang ingin menggunakan buahnya, cukup menyediakan 2 buah pinang yang telah dibelah. Selanjutnya, rebus buah pinang dengan 2 gelas air, lalu beri sedikit kunyit yang digempleng dan gula aren. Biarkan sampai mendidih dan menyusut hingga menjadi 1 gelas. Jika sudah, saring hasil rebusan tersebut, lalu minum setidaknya 2 kali sehari.

Sementara bagi kamu yang ingin memanfaatkan daunnya, cukup menghaluskan daun pinang dan balurkan kebagian pinggang sebelum tidur secara teratur.

15 Manfaat Buah Duku dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan dan Kecantikan

4. Manfaat buah pinang untuk mulut

Manfaat buah pinang untuk mulut - Sebagai obat kumur

Manfaat buah pinang yang ke-4 adalah bisa digunakan sebagai obat kumur. Meskipun saat ini sudah bermunculan obat kumur berbahan kimia, namun tidak ada salahnya untuk menggantinya dengan menggunakan obat kumur alami. Salah satu obat kumur alami yang banyak digunakan adalah obat kumur dari buah pinang.

Untuk cara membuatnya, cukup menyiapkan 2 buah pinang yang telah dibelah dua atau digempleng, 3 lembar daun sirih dan sedikit garam. Jika semua bahan sudah tersedia, selanjutnya rebus air sampai mendidih, lalu masukan buah pinang, daun sirih, dan garam. Setelah itu diamkan air sampai dingin dan obat kumur buah pinang bisa langsung digunakan setelah menggosok gigi.

9 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Mengolahnya

5. Manfaat buah pinang untuk cacingan

Manfaat buah pinang untuk tubuh - Mengobati cacingan

Manfaat buah pinang yang ke-5 adalah mengobati cacingan. Tahukah kamu, jika cacingan tidak hanya menyerang anak-anak, tapi juga bisa menyerang siapa saja, tidak terkecuali orang dewasa. Seseorang yang terkena cacingan biasanya dapat dilihat tubuhnya yang cenderung kurus dan kurang bertenaga.

Nah jika diantaranya, cobalah mengobatinya dengan menggunakan buah pinang. Untuk caranya, siapkan seperempat buah pinang, setengah jari kunyit yang digempleng, dan setengah jari temulawak. Rebuslah ketiga bahan tersebut sampai mendidih dan diamkan sampai dingin. Jika sudah minum ramuan ini secara rutin supaya cacing di dalam tubuh hilang.

15 Manfaat Buah Semangka dan Bahaya Semangka Bagi Kesehatan Tubuh

6. Manfaat buah pinang untuk gigi

Manfaat buah pinang untuk gigi - Menguatkan gigi

Manfaat buah pinang yang ke-6 adalah menguatkan gigi. Umumnya orang yang rutin menyirih cenderung mempunyai gigi yang kuat. Namun tahukah kamu, dalam menyirih ternyata terdapat buah pinang yang dikunyah bersamaan dengan daun sirih. Itulah mengapa, menguyah buah pinang muda setiap harinya juga dapat membuat gigi menjadi lebih kuat dan sehat. Untuk caranya, cukup mengiris buah pinang saja dan kemudian mengunyahnya.

12 Manfaat Buah Zuriat Arab Untuk Kesehatan dan Program Hamil

7. Manfaat buah pinang untuk luka atau pendarahan

Manfaat buah pinang untuk tubuh - Mencegah pendarahan

Manfaat buah pinang yang ke-7 adalah mencegah pendarahan akibat adanya luka, mimisan, atau kudis. Nah bagi kamu sering mengalami hal tersebut, cobalah untuk memanfaatkan buah pinang. Hal ini dikarenakan buah pinang dipercaya dapat mencegah pendarahan sekaligus juga mengobati luka sampai mengering.

Untuk caranya, cukup menghaluskan buah pinang, lalu mengoleskannya ke area yang luka dan diamkan hingga beberapa jam. Supaya luka cepat sembuh, ganti pinang tersebut dengan yang baru setiap beberapa jam. Lakukan cara ini secara rutin supaya luka cepat mengering dan sembuh.

17 Manfaat Jus Tomat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

8. Manfaat buah pinang untuk rahim

Manfaat buah pinang untuk wanita - Mengecilkan rahim

Manfaat buah pinang yang ke-8 adalah dapat mengecilkan rahim pada wanita. Saat masa kehamilan, perut dan rahim wanita umumnya akan mejadi semakin membesar seiring dengan perkembangan janin. Namun saat sudah melahirkan, rahim yang telah membesar tersebut ternyata tidak langsung kembali mengecil dan kembali ke ukuran semula.

Nah untuk mengatasinya, kita dapat menggunakan buah pinang. Untuk caranya, cukup menumbuk satu buah pisang sampai halus, lalu seduh hasil tumbukan tersebut dengan air panas. Supaya rasanya menjadi lebih nikmat dan enak, bisa mencampurkan ramuan tersebut dengan 1 sendok madu. Lakukan cara ini secara rutin selama masa nipas.

18 Manfaat Jus Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

9. Manfaat buah pinang untuk gairah

Manfaat buah pinang untuk wanita dan pria - Meningkatkan gairah

Manfaat buah pinang yang ke-9 adalah meningkatkan gairah pada pria. Apakah kamu seorang pria dan mengalami kurang gairah? Jika iya, cobalah meningkatkannya dengan memanfaatkan kandungan senyawa arekolin pada buah pinang. Untuk caranya, cukup memakan 1 buah pinang namun dengan cara dikunyah.

Selain itu, kamu juga bisa merebusnya, lalu meminum air hasil rebusan tersebut. Untuk caranya, hancurkan terlebih dahulu buah pinang, dan kemudian merebusnya dengan 2 gelas air. Tunggu sampai menyusut dan menjadi 1 gelas, lalu minum air selagi hangat.

21 Khasiat dan Manfaat Lemon Untuk Wajah, Bibir, Mata, Beserta Cara Menggunakannya

10. Manfaat buah pinang untuk mata rabun

Manfaat buah pinang untuk mata - Mengatasi mata rabun

Manfaat buah pinang yang ke-10 adalah mengatasi mata rabun. Mempunyai masalah rabun mata memang sangat menyusahkan dan membutuhkan alat bantu berupa kacamata. Namun tahukah kamu, jika buah pinang ternyata dapat mengurangi rabun pada mata. Untuk caranya, cukup memakan 1 buah pinang muda. Saat memakan buah pinang, sebaiknya kunyah-kunyah dan hisap airnya. Setelah itu, ampasya bisa langsung dibuang. Supaya mata bisa kembali melihat dengan jelas, maka lakukan cara ini secara teratur dan rutin hingga sembuh.

18 Manfaat Timun Untuk Wajah, Bibir, dan Mata Beserta Cara Menggunakannya

11. Manfaat buah pinang untuk organ intim

Manfaat buah pinang untuk wanita - Mengencangkan organ intim

Manfaat buah pinang yang ke-11 adalah mengencangkan organ intim pada wanita. Selain dapat mengecilkan rahim, ternyata buah pinang juga dapat mengencangkan organ intim wanita setelah melahirkan. Untuk caranya, cukup menyiapkan 1 buah pinang muda dan tumbuk sampai halus. Ambilah cairan dari hasil tumbukan tadi, lalu oleskan kebagian intim. Tidak hanya dioleskan, meminum air rebusan buah pinang ternyata juga dapat mengencangkan organ intim.

15 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

12. Manfaat buah pinang untuk difteri

Manfaat buah pinang untuk kesehatan tubuh - Mengobati difteri

Manfaat buah pinang yang ke-12 adalah mengobati difteri. Penyakit yang menyerang saluran pernapasan atas ini bisa dibilang sangat berbahaya dan banyak meyerang anak-anak. Meskipun setiap anak sudah mendapatkan vaksin untuk mencegah penyakit difteri, namun bagaimana jika sudah terlanjur terkena difteri?

Nah tahukah kamu, jika rebusan dari buah pinang muda ternyata dapat mengobati penyakit difteri. Untuk cara membuatnya, cukup gempleng 2 buah pinang muda, lalu rebus sampai mendirih. Jika sudah, saring dan beri 1 sendok makan madu. Minum ramuan ini secara teratur sampai sembuh.

16 Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan dan Kecantikan

13. Manfaat buah pinang untuk penuaan dini

Manfaat buah pinang untuk kecantikan - Menghilangkan tanda-tanda penuaan dini

Manfaat buah pinang yang ke-13 adalah menghilangkan tanda-tanda penuaan dini. Secara umum, penuaan dini terjadi disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah tubuh terlalu sering terpapar polusi dan bahan kimia makanan. Tanda-tanda penuaan dini biasanya adalah seperti munculnya garis-garis halus di wajah.

Nah untuk mengatasinya, buah pinang ternyata dapat menghilangkannya. Untuk caranya, siapkan buah piang tua, lalu iris-iris, dan jemur hingga benar-benar kering. Jika sudah kering, tumbuk atau blender buah sampai benar-benar halus seperti tepung. Selanjutnya, campurkan hasil tumbukan dengan sedikit air, lalu oleskan ke bagian yang keriput dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.

15 Manfaat Kentang Untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah

14. Manfaat buah pinang untuk kulit kusam dan berminyak

Manfaat buah pinang untuk kecantikan - Mengatasi kulit kusam dan berminyak

Manfaat buah pinang yang ke-14 adalah mengatasi kulit kusam dan berminyak. Saat kulit wajah menghasilkan minyak berlebih, tentu secara tidak langsung akan membuat penampilan menjadi kusam. Seperti yang kita ketahui jika minyak berlebih di wajah dapat membuat kotoran dan debu mudah menempel, sehingga kulit tampak menjadi lebih kusam. Nah agar kondisi tersebut teratasi, kita bisa memanfaatkan buah pinang. Untuk caranya pembuatanya umumnya sama seperti point sebelumnya.

15 Manfaat Daun Binahong Untuk Wajah, Kesehatan, Kecantikan, dan Efek Sampingnya

15. Manfaat buah pinang untuk mulut kering

Manfaat buah pinang untuk mulut - Mengatasi mulut kering

Manfaat buah pinang yang ke-15 adalah mengatasi mulut kering. Tahukah kamu, saat mulut kering, membuat proses pencernaan menjadi terganggu. Hal ini dikarenakan saat melumat makanan di dalam mulut jumlah air liur tidak mencukupi. Nah untuk mengatasi hal tersebut, cobalah mengunyah buah pinang secara teratur supaya produksi air liur kembali menjadi lebih banyak. Sebagaiaman yang diketahui jika senyawa kimia pada buah pinang bisa merangsang kelenjar air liur untuk menjadi lebih aktif.

23 Manfaat dan Efek Samping Minyak Bulus Untuk Pria dan Wanita

Nah itulah 15 khasiat dan manfaat buah pinang bagi pria dan wanita. Bagaimana? banyak sekali kan manfaatnya. Yuk mulai dari sekarang hidup sehat!