10 Fungsi dan Manfaat Nikel Dalam Kehidupan Manusia

Advertisment

XASXUS.com - Apa saja sih yang kamu ketahui tentang nikel? Ya, sebagian dari kita memang masih belum banyak mengetahui tentang nikel, sehingga masih banyak yang bertanya-tanya tentang fungsi dan manfaat nikel dalam kehidupan manusia. Kondisi ini sebenarnya wajar saja, sebab pamor nikel jika dibandingkan dengan beberapa hasil tambang lainnya memang tidaklah sepopuler batu bara, minyak bumi, dan bijih besi.

Di Indonesia sendiri, tambang nikel terbilang cukup besar, seperti di daerah Soroako, Sulawesi Selatan dan Pomala, Sulawesi Tenggara. Nah berbicara mengenai manfaat nikel dalam kehidupan manusia, berikut ini adalah 10 fungsi dan manfaat nikel dalam kehidupan manusia yang perlu kamu ketahui.

Daftar Isi

1. Campuran besi baja

Manfaat nikel dalam kehidupan manusia - Campuran besi baja

Manfaat nikel dalam kehidupan manusia yang ke-1 adalah sebagai bahan campuran besi baja. Secara umum, besi baja adalah campuran dari berbagai unsur logam, seperti nikel, alumunium, dan besi. Campuran berbagai macam unsur logam tersebut bertujuan untuk meningkatkan kekuatan sekaligus juga kekerasan logam. Manfaat nikel dalam pembuatan besi baja yaitu untuk membuat campuran logam tersebut menjadi lebih keras. Oleh sebab itu, besi baja kerap digunakan sebagai bahan bangunan dan rel kereta api.

10 Manfaat Keanekaragaman Hayati Bagi Kehidupan Manusia di Indonesia

2. Pembuatan stainless steel

Manfaat nikel dalam kehidupan manusia - Pembuatan stainless steel

Manfaat nikel dalam kehidupan manusia yang ke-2 adalah sebagai bahan pembuatan stainless steel. Salah satu bahan utama dalam pembuatan stainless steel adalah bijih besi. Namun karena unsur yang satu ini terbilang sangat mudah teroksidasi oleh udara dan air, maka dalam pembuatan stainless steel lebih banyak menggunakan krom dan nikel. Kelebihan dari stainless steel ini adalah tidak mudah berkarat seperti halnya besi biasa. Itulah mengapa banyak peralatan makanan seperti sendok dan garpu memanfaatkan stainless steel ini.

10 Manfaat Internet Secara Umum di Dalam Berbagai Bidang

3. Pembuatan rangka otomotif

Manfaat nikel dalam kehidupan manusia - Pembuatan rangka otomotif

Manfaat nikel dalam kehidupan manusia yang ke-3 adalah sebagai bahan pembuatan rangka otomotif. Selain kerap dijadikan bahan dasar pembuatan besi baja dan stainless steel, ternyta nikel juga kerap digunakan sebagai bahan pembuatan rangka otomotif, seperti bumper, velg, knalpot, dan lain sebagainya. Selain tidak mudah cepat berkarat, campuran nikel dalam pembuatan rangka otomotif juga difungsikan agar rangka tidak mudah cepat rusak dan tentunya membuat rangka otomotif menjadi lebih shinny.

7 Fungsi Akar Pada Tumbuhan Dan Penjelasannya

4. Pembuatan koin

Manfaat nikel dalam kehidupan manusia - Pembuatan koin

Manfaat nikel dalam kehidupan manusia yang ke-4 adalah sebagai bahan pembuatan koin. Tahukah kamu apa itu koin? Ya, salah satu dari 2 jenis uang di Indonesia ini memang masih banyak beredar dan masih kerap digunakan sebagai alat tukar. Namun tahukah kamu, jika uang koin yang banyak beredar di Indonesia tersebut ternyata menggunakan bahan nikel dalam pembuatannya, salah satunya diantaranya adalah koin pecahan 1000 rupiah tahun 2010.

7 Fungsi Batang Pada Tumbuhan dan Penjelasannya

5. Pembuatan kawat

Manfaat nikel dalam kehidupan manusia - Pembuatan kawat

Manfaat nikel dalam kehidupan manusia yang ke-5 adalah sebagai bahan pembuatan kawat. Selain sebagai bahan dasar pembuatan koin, nikel juga kerap dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kawat dikarenakan mempunyai sifat anti karat dan ketahanan yang dapat dimanfaatkan untuk membuat turbin pesawat. Tidak hanya itu saja, kawat dari bahan dasar nikel juga kerap dipakai pada alat-alat laboratorium, khususnya untuk alat-alat penghantar panas dikarenakan nikel merupakan penghantar panas yang baik.

4 Jenis APAR (Alat Pemadam Api Ringan) Beserta Gambar, Fungsi, dan Cara Penggunaanya

6. Pembuatan monel

Manfaat nikel dalam kehidupan manusia - Pembuatan monel

Manfaat nikel dalam kehidupan manusia yang ke-6 adalah sebagai bahan pembuatan monel. Tahukah kamu apa itu monel? Monel sendiri merupakan logam hasil campuran dari beberapa unsur logam dalam jumlah yang sedikit, seperti nikel, tembaga, dan beberapa logam lainnya. Dalam kehidupan manusia, monel ini kerap digunakan untuk pembuatan perhiasan dikarenakan tidak berkarat, kualitasnya yang bagus, serta harganya yang lebih murah dibandingkan emas. Bahkan beberapa daerah di Indonesia seperti di Jepara, Jawa Tengah terdapat kerajinan monel yang sudah terkenal.

6 Macam-Macam HAM (Hak Asasi Manusia) Beserta Contoh dan Penjelasannya

7. Katalis

Manfaat nikel dalam kehidupan manusia - Katalis

Manfaat nikel dalam kehidupan manusia yang ke-7 adalah katalis. Selain monel, tahukah kamu apa itu katalis? Secara umum, katalis adalah sebuah istilah di dalam kimia, yaitu suatu zat yang mempercepat laju reaksi reaksi kimia terhadap suhu tertentu. Dalam kehidupan manusia, hal ini juga termasuk ke dalam salah satu manfaat nikel. Nikel biasanya akan menjadi katalis dalam proses hidrogenasi minyak. Minyak perlu diubah menjadi padat guna membentuk mentega atau margarin. Proses ini biasanya memakai gas hidrogen sebagai pereaksi. Nikel bisa mempercepat proses kimia ini, sehingga reaksi ini bisa berjalan lebih efisien.

10 Binatang Atau Hewan Buas Yang Ada di Indonesia

8. Pelapis

Manfaat nikel dalam kehidupan manusia - Pelapis

Manfaat nikel dalam kehidupan manusia yang ke-8 adalah sebagai campuran atau pelapis anti karat. Seperti yang telah dijelaskan pada beberapa point sebelumnya, jika unsur nikel mempunyai sifat anti karat sehingga penggunannya kerap dijadikan sebagai bahan campuran atau pelapis anti karat. Selain difungsikan sebagai pepapis logam agar tidak berkarat, penggunaan nikel sebagai bahan pelapis juga akan membuat tampilan menjadi lebih menarik dikarenakan memberikan efek mengkilap. Itulah mengapa unsur nikel kerap dipakai sebagai pelapis, khususnya pada industri makanan.

20 Gunung Tertinggi dan Terbesar di Dunia Beserta Negara, Benua, dan Letaknya

9. Baterai isi ulang

Manfaat nikel dalam kehidupan manusia - Baterai isi ulang

Manfaat nikel dalam kehidupan manusia yang ke-9 adalah sebagai bahan pembuatan baterai. Dalam penggunannya, umumnya tidak semua baterai menggunakan bahan nikel, hanya baterai isi ulang sajalah yang menggunakan bahan nikel sebagai bahan pembuatannya. Diantara banyak jenis baterai, yang paling banyak dikenal adalah seperti jenis baterai nikel metal hibrida (NiMH) dan nikel-kadmiun (Ni-Cd).

10 Urutan Jembatan Terpanjang di Indonesia Saat Ini

10. Elektroplating

Manfaat nikel dalam kehidupan manusia - Elektroplating

Manfaat nikel dalam kehidupan manusia yang ke-10 adalah berperan dalam proses elekroplating. Tahukah kamu apa itu elekroplating? Secara umum, elektroplating adalah pelapisan unsur logam yang memanfaatkan larutan elektrolit dan arus listrik. Nah pelapisan yang memakai nikel ini biasa dikenal dengan istilah nickel plating. Kelebihan dari nickel plating ini adalah daya gesek yang rendah, tampilannya yang sangat menarik, serta tidak mengganggu sifat elektromagnetik, sehingga kerap dipakai pada alat elektronik.

10 Air Terjun Tertinggi di Dunia Beserta Negara, Benua, dan Letaknya

Nah itulah 10 manfaat nikel bagi kehidupan manusia yang perlu kita ketahui. Di Indonesia sendiri, tambang nikel terbilang cukup besar. Akan tetapi pemanfaatan nikel dalam kehidupan manusia tergolong belum mkasimal dan hanya dieksport dalam bentuk mentahnya saja. Padahal nilai olahan nikel jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan nikel yang masih mentah.

1 2 3 4