20 Cara Menghemat Air Bersih PDAM Dalam Kehidupan Sehari-hari

Advertisment

XASXUS.com - Kaget tiba-tiba mendapatkan tagihan PDAM yang membengkak? Hal ini tentunya akan membuat kita merasa kesal dikarenakan harus mengeluarkan uang yang tidak bisa diprediksi sebelumnya. Bahkan tidak jarang pula dari kita akan langsung bertanya-tanya tentang apa saja penyebab dan cara menghemat air PDAM dalam kehidupan sehari-hari.

Nah bagi kamu yang bingung apa saja penyebab air PDAM membengkak dan sedang mencari tahu bagaimana cara menghemat air PDAM yang efektif, berikut ini adalah 20 tips cara kreatif menghemat air PDAM yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Daftar Isi

1. Mengganti bak mandi dengan ember

Cara menghemat air bersih PDAM - Mengganti bak mandi dengan ember

Tips cara menghemat air dalam kehidupan sehari-hari yang ke-1 adalah mengganti bak mandi dengan ember. Meskipun saat ini banyak orang lebih sering menggunakan bak mandi ketimbang ember dalam menampung air. Namun tahukah kamu, jika penggunaan bak mandi untuk menampung air justru bisa membuat boros air.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan saat mengisi air ke dalam bak, sebagian orang kerap kali lupa untuk mematikannya saat penuh, sehingga air bersih yang seharusnya bisa dihemat justru terbuang percuma ke selokan. Maka dari itu, untuk menyiasatinya kamu bisa memanfaatkan ember ketika sedang mengisi air. Hal ini dikarenakan ukuran embernya yang lebih kecil ketimbang bak mandi, membuatnya mudah penuh dan bisa untuk menampung ketika sedang ingin mandi atau keperluan MCK lainnya.

2. Daur ulang air bekas cucian

Cara menghemat air bersih PDAM - Daur ulang air bekas cucian

Tips cara menghemat air dalam kehidupan sehari-hari yang ke-2 adalah mendaur ulang air bekas cucian. Mendaur ulang yang dimaksud disini adalah bukanlah mendaur ulang air kotor menjadi air bersih dengan menggunakan bantuan filter, melainkan lebih menggunakan air bekas untuk keperluan lain. Misalnya saja air bekas cucian baju yang bisa digunakan untuk menyiram toilet, dan lain sebagainya. Dengan begitu, maka secara tidak langsung kita sudah menghemat air bersih.

3. Matikan keran saat mencuci tangan

Cara menghemat air bersih PDAM - Matikan keran saat mencuci tangan

Tips cara menghemat air dalam kehidupan sehari-hari yang ke-3 adalah memastikan keran mati ketika sedang mencuci tangan. Maksudnya disini adalah matikan keran air saat sedang menggosok tangan dengan sabun. Bukankah saat sedang menggosok tangan dengan menggunakan sabun kita tidak memerlukan air? Oleh sebab itu, lakukan kebiasaan menutup keran ini setiap ingin menyabuni tangan, dan membukanya kembali saat ingin membilas.

4. Gunakan gayung untuk menyiram

Cara menghemat air bersih PDAM - Gunakan gayung untuk menyiram

Tips cara menghemat air dalam kehidupan sehari-hari yang ke-4 adalah menggunakan gayung ketika akan menyiram. Tahukah kamu, menekan tombol flush pada toilet duduk, ternyata volume air yang dikeluarkan jauh lebih banyak dari pada apa yang dibutuhkan. Tentu jika kebiasaan ini terus dilakukan, maka sama saja kita sudah membuat boros air. Nah untuk menyiasatinya, cobalah mulai sekarang menggunakan gayung untuk menyiram dan pakailah tombol flush ketika sedang terburu-buru saja.

5. Matikan keran saat menyikat gigi

Cara menghemat air bersih PDAM - Matikan keran saat menyikat gigi

Tips cara menghemat air dalam kehidupan sehari-hari yang ke-5 adalah memastikan keran mati ketika sedang menyikat gigi. Fakta membuktikan, saat sedang menggosok gigi kebanyakan orang justru tetap memposisikan keran dalam keadaan terbuka. Padahal saat sedang menggosokan gigi kita tidak memerlukan air sama sekali. Itulah mengapa, saat sedang menggosok gigi sebaiknya jangan biarkan semua air mengalir sia-sia, pakailah seperlunya saja.

6. Cek dan perbaiki pipa yang bocor

Cara menghemat air bersih PDAM - Cek dan perbaiki pipa yang bocor

Tips cara menghemat air dalam kehidupan sehari-hari yang ke-6 adalah mengecek pipa. Apakah kamu sudah berusaha menghemat air PDAM namun tagihannya tetap tinggi? Jika iya, bisa jadi ada pipa saluran air yang bocor. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk memanggil tukang ledeng guna memeriksa keseluruh pipa air apakah ada yang bocor atau tidak. Jika terdapat pipa yang bocor, sebaiknya segera perbaiki supaya dapat banyak menghemat air.

7. Gunakan air sisa masak untuk menyiram tanaman

Cara menghemat air bersih PDAM - Gunakan air sisa masak untuk menyiram tanaman

Tips cara menghemat air dalam kehidupan sehari-hari yang ke-7 adalah menggunakan air sisa masak untuk tanaman. Apakah kamu mempunyai tanaman disekitar rumah? Jika iya, sebaiknya mulai sekarng hentikan kebiasaan menyiram tanaman dengan air bersih. Untuk menyiasatinya, kamu bisa menggunakan air sisa masakan yang tidak terpakai. Dengan melakukan kebiasaan ini, maka secara tidak langsung sudah menghemat air bersih.

8. Pilih perlengkapan rumah tangga hemat air

Cara menghemat air bersih PDAM - Pilih perlengkapan rumah tangga hemat air

Tips cara menghemat air dalam kehidupan sehari-hari yang ke-8 adalah memilih berbagai macam peralatan rumah tangga hemat air. Seperti yang diketahui, jika saat ini sudah banyak sekali peralatan rumah yang dapat menghemat penggunaan air, seperti mesin cuci, pipa air dengan kualitas lebih baik, dan lain sebagainya. Meskipun akan mengeluarkan uang yang lebih banyak, namun secara tidak langsug akan menghemat pengeluaran dikemudian hari.

9. Pergi ke tempat cuci mobil

Cara menghemat air bersih PDAM - Pergi ke tempat cuci mobil

Tips cara menghemat air dalam kehidupan sehari-hari yang ke-9 adalah mencuci mobil di tempat cuci mobil. Apakah kamu mempunyai kendaraan mobil? Jika iya, saat ingin mencucinya sebaiknya bawalah ke tempat cuci mobil. Hal ini justru jauh lebih hemat jika mencucinya dengan menggunakan selang air di rumah. Sebagaimana yang diketahui jika PDAM tergolong cukup mahal, sehingga dengan mencucinya di khusus tempat pencucian mobil, kamu akan menghemat pengeluaran.

10. Panen air hujan

Cara menghemat air bersih PDAM - Panen air hujan

Tips cara menghemat air dalam kehidupan sehari-hari yang ke-10 adalah memanfaatkan air hujan. Sebagaimana yang diketahui jika Indonesia termasuk negara dengan curah hujan yang sangat baik. Oleh sebab itu, saat musim penghujan tiba, maka kita bisa memanfaatkan air hujan untuk keperluan diluar mandi, seperti untuk menyiram tanaman, mencuci kendaraan, dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa memanennya dengan menggunakan tong berukuran besar yang ditaruh dihalaman. Saat hujan sudah reda, tong berukuran besar tersebut sebaiknya di tutup rapat supaya tidak digunakan nyamuk untuk bertelur.

11. Siram tanaman di pagi hari

Cara menghemat air bersih PDAM - Siram tanaman di pagi hari

Tips cara menghemat air dalam kehidupan sehari-hari yang ke-11 adalah menyiram tanaman di pagi hari. Mengapa demikian? Tahukah kamu, jika tanaman di pagi hari ternyata hanya membutuhkan sedikit air. Hal ini dikarenakan suhu udara di pagi hari cenderung dingin, sehingga air tidak akan cepat menguap. Meskipun suhu udara di malam hari juga rendah, namun sangat tidak disarankan untuk menyiram tanaman di malam hari. Jika hal tersebut dilakukan, justru bisa merangsang pertumbuhan jamur.

12. Jangan berlebihan menggunakan deterjen

Cara menghemat air bersih PDAM - Jangan berlebihan menggunakan deterjen

Tips cara menghemat air dalam kehidupan sehari-hari yang ke-12 adalah tidak menggunakan deterjen secara berlebihan. Sebagaimana yang diketahui, memakai deterjen atau cairan pembersih secara berlebihan justru akan memperbanyak busa. Dengan semakin banyaknya busa, tentunya akan semakin banyak menggunakan air untuk memberiskna busa tersebut.

13. Jangan sering menggunakan bathtub

Cara menghemat air bersih PDAM - Jangan sering menggunakan bathtub

Tips cara menghemat air dalam kehidupan sehari-hari yang ke-13 adalah jangan sering menggunakan bathtub saat mandi. Sebagaimana yang diketahui, jika mandi menggunakan bathtub justru memperboros penggunaan air. Oleh sebab itu, jika ingin benar-benar menghemat air, maka alangkah baiknya untuk mengurangi penggunaan bathtub saat mandi. Untuk menyiasatinya, kamu bisa menggunakan gayung atau shower dikarenakan jauh lebih hemat.

14. Saling mengingatkan anggota keluarga

Cara menghemat air bersih PDAM - Saling mengingatkan anggota keluarga

Tips cara menghemat air dalam kehidupan sehari-hari yang ke-14 adalah saling mengingatkan satu sama lain dalam anggota keluarga. Tentu kita tidak ingin tagihan air PDAM meningkat bukan? Itulah mengapa, mulailah saat ini untuk saling mengingatkan dalam anggota keluarga dan beritahu bagaimana cara menghemat air bersih yang benar. Dengan begitu, maka secara tidak langsung sudah menghemat air PDAM.

15. Menggunakan filter air

Cara menghemat air bersih PDAM - Menggunakan filter air

Tips cara menghemat air dalam kehidupan sehari-hari yang ke-15 adalah memakai filter air. Cara yang satu ini sebenarnya tidak ada kaitannya dengan tagihan PDAM yang meningkat, akan tetapi trik yang satu ini bisa mengurangi pengeluaran uang untuk kebutuhan air. Seperti yang diketahui, jika menggunakan filter air dapat menghemat berbagai macam keperluan memasak dan minum. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menggunakan filter air di dalam menghemat pengeluaran.

16. Jangan mandi terlalu lama

Cara menghemat air bersih PDAM - Jangan mandi terlalu lama

Tips cara menghemat air dalam kehidupan sehari-hari yang ke-16 adalah jangan mandi terlalu lama. Mengapa demikian? Sebagaimana yang diketahui, jika semakin lama waktu dikamar mandi, maka secara tidak langsung akan semakin banyak juga menggunakan air. Itulah mengapa, sebaiknya kurangi waktu mandi supaya bisa menghemat air, dan tagihana PDAM pun stabil.

17. Pasang aerator keran

Cara menghemat air bersih PDAM - Pasang aerator keran

Tips cara menghemat air dalam kehidupan sehari-hari yang ke-17 adalah dengan memasang aerator keran. Mengapa menggunakan aerator keran? Sebab pemasangan aerator pada keran dapat memberikan udara ke dalam aliran air, sehingga penggunannya membuat arus menjadi lebih stabil walaupun memakai lebih sedikit air.

18. Tampung air saat cuci piring

Cara menghemat air bersih PDAM - Tampung air saat cuci piring

Tips cara menghemat air dalam kehidupan sehari-hari yang ke-18 adalah menampung air saat mencuci piring. Nah saat mencuci piring, sebaiknya siapkan ember kecil untuk menampung air. Pakailah cedok untuk membilas piring dan gelas setelah menyabuni. Trik yang satu ini jauh lebih hemat jika dibandingkan dengan menyalakan air sepanjang waktu ketika mencuci piring.

19. Buat sumur air

Cara menghemat air bersih PDAM - Buat sumur air

Tips cara menghemat air dalam kehidupan sehari-hari yang ke-19 adalah membuat sumur air. Jika saat ini kamu lebih sering menggunakan PDAM dalam aktivitas sehari-hari. Namun cobalah mengkombinasikannya dengan sumur air. Memang akan mengeluarkan biaya yang tidak murah, akan tetapi cara ini efektif untuk menghemat air PDAM. Dengan menggunakan cara ini, maka kamu bisa menggunakan air PDAM untuk kebutuhan primer, dan air sumur untuk kebutuhan sekunder, seperti untuk mengepel lantai, mencuci kendaraan, menyiram tanaman, dan lain sebagainya.

20. Membuat lubang biopori

Cara menghemat air bersih PDAM - Membuat lubang biopori

Tips cara menghemat air dalam kehidupan sehari-hari yang ke-20 adalah membuat biopori di sekitar rumah. Nah bagi kamu yang ingin menggunakan air sumur untuk kebutuhan sehari-hari, cobalah membuat biopori disekitar rumah. Hal ini dilakukan untuk menjamin pasokan air tanah yang berkualitas. Untuk cara membuatnya sendiri sangatlah mudah, cukup membuat lubang berdiameter 10 cm dan mengisinya dengan ampah organik. Saat musim hujan tiba, maka lubang akan terisi air dan meresap ke dalam tanah.

Nah itulah 20 tips cara menghemat air PDAM dalam kehidupan sehari-hari. Dengan melakukan cara diatas, maka kamu tidak perlu khawatir lagi akan tagihan air PDAM yang membengkak. Selamat mencoba!