15 Cara Menghadapi Suami Yang Cuek, Tidak Perhatian, dan Pendiam

Advertisment

XASXUS.com - Suami cuek dan tidak perhatian? Ya, kondisi ini memang sering dialami sebagian istri seiring dengan berjalannya waktu setelah pernikahan. Bahkan tidak jarang pula, sebagian istri merasa suaminya berubah drastis, seperti sikap romantisnya terkesan tidak ada, cenderung diam dihadapan istri, dan lain sebagainya yang terkadang membuat istri beranggapan bahwa dirinya hanya sebagai pelengkap dalam hidup.

Nah jika kondisi demikian terjadi pada kehidupan kamu, sebaiknya segera perbaiki hubungan antara suami dan istri. Sebab pada kondisi inilah godaan setan semakin kuat, sehingga tidak jarang pula istri mencari perhatian kepada orang lain dikarenakan merasa lelah di dalam mendapatkan perhatian suami.

Maka dari itu, demi keutuhan rumah tangga alangkah baiknya istri tetap berusaha supaya suami kembali perhatian dan romantis seperti masa-masa di awal pernikahan. Memang tidak instan dan membutuhkan proses, namun hal tersebut jauh lebih penting ketimbang suami nantinya menjadi terlalu bosan dan menjalin hubungan dengan wanita lain.

Nah agar hubungan kembali normal, berikut ini adalah 15 penyebab dan cara mengatasi suami yang cuek dan tidak perhatian yang perlu diketahui.

Daftar Isi

1. Ciptakan suasana yang romantis

Cara menghadapi suami yang cuek - Ciptakan suasana yang romantis

Cara menghadapi suami cuek yang ke-1 adalah menciptakan suasana yang romantis dengan suami. Nah jika saat ini kamu jarang bersikap romantis dengan suami, cobalah mulai saat ini untuk selalu menciptakan suasana yang romantis dengan suami. Suasana romantis tersebut bisa di mulai dari menghiasai kamar tidur dengan barang-barang yang disukai suami, mengubah tata letak kamar tidur menjadi lebih indah, dan lain sebagainya yang tentunya bisa menciptakan kesan romantis. Dengan begitu, secara tidak langsung suami akan berpikir bahwa suasana tersebut sangat cocok untuk melakukan hal romantis.

2. Mulailah terlebih dahulu

Cara menghadapi suami yang cuek - Mulailah terlebih dahulu

Cara menghadapi suami cuek yang ke-2 adalah cobalah untuk selalu memulainya terlebih dahulu. Mempunyai suami yang cuek memang membuat kita dituntut untuk menjadi lebih aktif, terutama dalam hal perhatian. Oleh sebab itu, agar suami menjadi tidak cuek, cobalah untuk selalu memulainya terlebih dahulu, seperti merangkul suami saat sedang sangat, tanyakan tentang apa yang menjadi impiannya selama ini, membuatkannya minum dan lain sebagainya. Dengan begitu, tentu saja kehangatan antara suami dan istri akan tercipta secara bertahap.

3. Beri hubungan malam yang lebih baik

Cara menghadapi suami yang cuek - Beri hubungan malam yang lebih baik

Cara menghadapi suami cuek yang ke-3 adalah memberikan pelayanan terbaik di malam hari. Nah jika saat hubungan di malam hari dengan suami selama ini cenderung monoton dan bersikap pasrah, maka cobalah belajar lebih banyak lagi serta memahami kembali apa saja yang membuat suami merasakan sensasi lebih. Meskipun terlihat sepele, namun hal ini penting. Sebagaimana yang diketahui, selain sebagai kewajian, suami tentunya juga ingin memenuhi hasratnya. Itulah mengapa, kesan terakhir dalam hubungan di malam hari memang menjadi hal yang sangat penting bagi suami, terutama dalam hal mendapatkan rasa puas.

4. Selalu tampil berbeda dari waktu ke waktu

Cara menghadapi suami yang cuek - Selalu tampil berbeda dari waktu ke waktu

Cara menghadapi suami cuek yang ke-4 adalah cobalah untuk merubah penampilan dari waktu ke waktu yang selalu berbeda. Tahukah kamu, jika sebagian besar wanita yang sudah menikah cenderung tidak melakukan perubahan dalam hal penampilan dikarenakan menganggap dirinya sudah laku. Jika pemikiran ini terjadi pada diri kamu, bisa jadi itulah penyebab mengapa suami cuek selama ini. Oleh sebab itu, selalu tampil berbeda dari waktu ke waktu secara tidak langsung akan membuat suami kembali perhatian seperti halnya masa-masa pacaran dahulu.

5. Berikan senyum ketika suami pulang

Cara menghadapi suami yang cuek - Berikan senyum ketika suami pulang

Cara menghadapi suami cuek yang ke-5 adalah selalu memberikan senyuman saat suami pulang kerja. Siapa sih yang tidak suka disambut dengan senyuman? Begitu pula dengan suami saat pulang kerja. Kondisi yang melelahkan dan emosi yang belum stabil memang kerap dialami oleh sebagian suami ketika pulang kerja

Oleh sebab itu, saat suami pulang kerja sebaiknya biasakan untuk selalu memberikan senyum dan tidak memasang muka cemberut. Dengan melakukan hal tersebut, maka secara tidak langsung sudah membuat suami senang. Bahkan jika ada masalah di dalam rumah, alangkah baiknya untuk tetap memberikan senyuman dengan penuh ketulusan.

6. Menciptakan kebiasaan makan sekeluarga

Cara menghadapi suami yang cuek - Menciptakan kebiasaan makan sekeluarga

Cara menghadapi suami cuek yang ke-6 adalah cobalah untuk menciptakan kebiasaan makan sekeluarga. Kapan terakhir kalian melakukan makan bersama dengan suami? Jika sudah lama, cobalah mulai saat ini menciptakan kembali kebiasaan makan bersama tersebut. Memang terdengar sepele dan kurang efektif, namun tahukah kamu jika kebiasaan kecil ini justru dapat mendekatkan diri dengan suami dan tentunya menciptakan kembali keakraban yang sempat hilang.

7. Hilangkan sifat cerewet

Cara menghadapi suami yang cuek - Hilangkan sifat cerewet

Cara menghadapi suami cuek yang ke-7 adalah hilangkan sifat cerewet. Banyak wanita beranggapan bahwa sifat cerewet yang dimilikinya merupakan bentuk perhatian mereka kepada suaminya. Anggapan tersebut memang tidak sepenuhnya salah, namun untuk mendapatkan perhatian dari suami, terutama dengan suami yang cuek, maka sifat tersebut sebaiknya dikurangi. Maksudnya disini adalah sebaiknya jangan terlalu cerewet dengan suami, hal ini dilakukan supaya suami tetap merasa nyaman dan perhatian pun akan kamu dapatkan.

8. Biarkan suami istirahat sejenak sebelum menyampaikan sesuatu

Cara menghadapi suami yang cuek - Biarkan suami istirahat sejenak sebelum menyampaikan sesuatu

Cara menghadapi suami cuek yang ke-8 adalah membiarkan suami istirahat sejenak sebelum menyampaikan sesuatu. Apakah kamu sedang mempunyai masalah yang berat dan harus menyampaikannya kepada suami? Jika iya, sebaiknya perhatikan dahulu kondisi sang suami. Jika suami sedang dalam kondisi pulang kerja, maka sebaiknya biarkan suami istirahat terlebih dahulu dan jangan langsung menyodori masalah kepadanya, seperti membiarkan suami mandi atau makan terlebih dahulu, memberikan teh kepada suami, barulah sampaikan apa yang menjadi pokok masalah.

9. Ajak untuk bulan madu hanya berdua

Cara menghadapi suami yang cuek - Ajak untuk bulan madu hanya berdua

Cara menghadapi suami cuek yang ke-9 adalah cobalah mengajaknya berbulan madu berdua. Meskipun usia pernikahan tidak muda lagi, namun tidak ada salahnya untuk mengajak suami berbulan madu kembali. Carilah tempat penginapan yang dapat memberikan ketenangan suami dan luangkan hingga beberapa hari atau hanya sehari saja. Dalam berbulan madu, bawalah suami untuk tidak memikirkan masalah lain dan fokuskan pikirannya hanya dengan kegiatan berdua. Dengan begitu, maka hubungan suami istri akan kembali lagi seperti dahulu.

10. Jangan biarkan suami merasa terpaksa ketika disuruh membantu tugas istri

Cara menghadapi suami yang cuek - Jangan biarkan suami merasa terpaksa ketika disuruh membantu tugas istri

Cara menghadapi suami cuek yang ke-10 adalah jangan biarkan suami merasa terpaksa ketika disuruh membantu tugas istri. Jika memang suami sedang tidak ingin membantu, sebaiknya jangan pernah memaksannya. Cukup memintanya sekali saja dan liatkah reaksinya apakah akan ikut membantu atau tidak. Namun jika suami sudah terbiasa membantu tugas istri, tanpa diminta pun biasanya suami akan ikut membantu.

11. Menahan diri untuk tidak menceritakan beban keluarga kepada suami

Cara menghadapi suami yang cuek - Menahan diri untuk tidak menceritakan beban keluarga kepada suami

Cara menghadapi suami cuek yang ke-11 adalah menahan diri untuk tidak menceritakan beban keluarga kepada suami. Dalam berkeluarga, masalah itu pasti ada. Namun jika masalah dalam keluarga tersebut tidak melibatkan suami, maka alangkah baiknya untuk mengatasinya sendiri tanpa melibatkan suami, sehingga beban suami tidak semakin bertambah. Akan tetapi jika memang benar-benar tidak dapat mengatasinya meskipun sudah mencobanya secara maksimal, maka bisa menceritakannya kepada suami. Pastikan juga suami tidak menjaga jarak saat mengetahui permasalahan tersebut nantinya.

12. Membuka kenangan lama yang dianggap indah oleh suami

Cara menghadapi suami yang cuek - Membuka kenangan lama yang dianggap indah oleh suami

Cara menghadapi suami cuek yang ke-12 adalah membuka cerita lama untuk saat-saat yang dianggap indah oleh suami. Setiap pasangan suami istri pastinya mempunyai kenangan bersama yang indah bukan? Ya, cobalah sesekali menceritakan kembali peristiwa-peristiwa indah tersebut namun yang dianggap indah oleh suami, seperti kenangan saat dahulu pertama kali bertemu, menceritakan tentang masa-masa indah saat pacaran, dan lain sebagainya. Ajaklah suami larut dengan kenangan-kenangan indah tersebut, sehingga membuat suami akan melihat istri dari sudut pandang yang berbeda dan membuat hasratnya menjadi lebih besar dari sebelumnya.

13. Hilangkan kebiasaan buruk yang membuat suami tidak nyaman

Cara menghadapi suami yang cuek - Hilangkan kebiasaan buruk yang membuat suami tidak nyaman

Cara menghadapi suami cuek yang ke-13 adalah cobalah untuk mulai menghilangkan kebiasaan buruk yang membuat suami tidak nyaman. Apakah kamu mempunyai kebiasaan buruk yang terkadang membuat suami merasa tidak nyaman? Jika iya, bisa jadi itulah salah satu penyebab suami cuek dengan istri.

Mengapa demikian? Jangankan untuk memberi perhatian dan menunjukkan kasih sayang, hanya untuk bicara berdua saja pun malas. Oleh sebab itu, agar suami tidak cuek dan kembali perhatian, hilangkanlah kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut. Memang menjadi diri sendiri itu jauh lebih bagus ketimbang berpura-pura menjadi orang lain, namun berusaha menjadi lebih baik juga hal yang perlu dilakukan.

14. Berkorban untuk kepentingan suami yang menyangkut hobi

Cara menghadapi suami yang cuek - Berkorban untuk kepentingan suami yang menyangkut hobi

Cara menghadapi suami cuek yang ke-14 adalah berkorban untuk kepentingan suami yang menyangkut hobi. Setiap orang pastinya mempunyai hobinya tersendiri bukan? Begitupun dengan suami. Meskipun beberapa istri tidak menyukai hobi sang suami, namun tidak ada salahnya untuk mendukungnya dengan beberapa cara. Misalnya saja suami hobi dengan game, cobalah inisiatif untuk ikut bermain game bersamanya. Dengan begitu, keakraban dengan suami akan semakin terjalin.

15. Tampil terbaik hanya untuk suami

Cara menghadapi suami yang cuek - Tampil terbaik hanya untuk suami

Cara menghadapi suami cuek yang ke-15 adalah tampil terbaik hanya untuk suami. Banyak istri yang salah dalam berpenampilan, dimana mereka lebih sering berpenampilan cantik saat keluar rumah dan berpenampilan apa adanya saat dirumah. Nah jika selami ini cara berpenampilan kamu begitu, bisa jadi itu merupakan salah satu penyebab mengapa suami cuek dengan kamu.

Mengapa demikian? Sebab banyak suami yang beranggapan bahwa istri yang lebih mengedepankan tampil cantik saat hanya akan keluar rumah cenderung lebih perhatian dengan pria lain ketimbang dirinya. Maka dari itu, sebaiknya ubahlah kebiasaan tersebut. Meskipun demikian, bukan berarti istri harus berpenampilan jelek ketika akan keluar rumah.