15 Cara Menghadapi Orang Sombong, Egois, Angkuh, dan Keras Kepala

Advertisment

XASXUS.com - Punya teman, sahabat, atau saudara yang sombong? Ya, tipe orang seperti ini memang tidak bisa sembarangan dalam menghadapinya. Bahkan jika salah dalam menghadapinya, justru bisa membuat diri sendiri menjadi kesal ketika berhadapan dengannya. Maka dari itu, supaya kamu tidak kesal yang kemudian membuatnya merasa menang dengan kesombongannya tersebut, cobalah ikuti 15 tips dan cara menghadapi orang sombong di bawah ini.

Daftar Isi

1. Cuek saja

Cara menghadapi orang sombong - Cuek saja

Cara menghadapi orang sombong yang ke-1 adalah bersikap cuek. Saat mengobrol dengannya, sebaiknya usahakan untuk bersikap cuek dan anggap dirinya tidak ada. Mengapa demikian? Sebab jika kamu terlalu antusias dengan apa yang dibicarakannya, justru akan membuatnya semakin sombong dengan apa yang dimilikinya. Memang terlihat sedikit menyakitinya, namun cara ini sangat efektif sehingga membuatnya sedikit sadar tentang apa yang dikatakannya hanyalah kesombongan semata.

2. Dengarkan lebih banyak

Cara menghadapi orang sombong - Dengarkan lebih banyak

Cara menghadapi orang sombong yang ke-2 adalah dengarkan apa saja yang dia katakan. Ketika berbicara dengan orang sombong, banyak mendengarkan memang bisa menjadi pilihan yang masuk akal. Mengapa demikian? Sebab jika kita ikut berbicara dengannya, maka kemungkinan besar kata-katamu akan dibantah dengan kesombongannya. Maka dari itu, agar tidak makan hati sebaiknya dengarkan lebih banyak apa yang dikatakan. Bahkan jika ingin menimpali, maka sebaiknya cukup sesekali saja dan tidak perlu membalas setiap kesombongannya.

3. Jangan mudah terpancing emosi

Cara menghadapi orang sombong - Jangan mudah terpancing emosi

Cara menghadapi orang sombong yang ke-3 adalah jangan mudah terpancing emosi. Saat mengobrol dengan orang yang sombong memang secara tidak langsung akan membuat diri kita mudah emosi. Memang tidak mudah, namun sebaiknya kontrolah emosi tersebut dan semaksimal mungkin untuk tetap bersabar. Mengapa demikian? Sebab jika kita terpancing dan justru emosi di hadapannya, maka secara tidak langsung akan membuat dia merasa besar kepala.

4. Jangan membalas orang sombong

Cara menghadapi orang sombong - Jangan membalas orang sombong

Cara menghadapi orang sombong yang ke-4 adalah jangan pernah membalasnya. Meskipun tidak dipungkiri lagi bahwa kita ingin sekali membalas kesombongan orang lain, namun alangkah baiknya untuk tetap tenang dan tidak terpancing dengan kesombongannya. Cobalah tetap menjadi diri sendiri dan tidak membalas kesombongannya. Tentu jika hal ini dilakukan, maka hal positif yang ada di diri kamu adalah tidak mempunyai sifat buruk seperti dia, yaitu sifat sombong.

5. Hadapi mereka dengan santai

Cara menghadapi orang sombong - Hadapi mereka dengan santai

Cara menghadapi orang sombong yang ke-5 adalah hadapi dengan santai. Cara ini bisa dibilang sangat efektif di dalam menghadapi orang sombong. Mengapa demikian? Sebab jika suasana hati dan pikiran kita dibuat sesantai mungkin dalam menghadapi orang sombong, maka secara tidak langsung kita tidak perlu pusing memikirkan bagaimana cara membalas kesombongan mereka.

Bahkan dengan kita selalu bersikap santai, orang sombong tersebut justru akan semakin pusing tujuh keliling memikirkan bagaimana caranya agar kita terbawa arus kesombongannya. Itulah mengapa, cuek dan santai kerap kali digunakan di dalam menghadapi toxic people yang dapat menganggu kesehatan jasmani dan rohani.

6. Perlakukan dia dengan baik dan tulus

Cara menghadapi orang sombong - Perlakukan dia dengan baik dan tulus

Cara menghadapi orang sombong yang ke-6 adalah perlakukan dia dengan baik dan tulus. Meskipun sikap sombong yang ditunjukan terkadang membuat kita tidak suka, namun jangan sampai kita ikut terbawa perilakunya. Justru dengan memperlakukan dia dengan tulus dan baik, maka secara tidak langsung membuat dirinya sadar bahwa apa yang dia lakukan selama ini adalah salah dan tidak seharusnya bersikap sombong.

7. Dekati mereka dengan kesederhanaan

Cara menghadapi orang sombong - Dekati mereka dengan kesederhanaan

Cara menghadapi orang sombong yang ke-7 adalah cobalah dekati dengan kesederhanaan. Mungkin terdengar suatu hal tidak efektif, namun tahukah kamu jika cara ini ternyata bisa sangat efektif apabila dilakukan dengan benar. Maksudnya disini adalah cobalah untuk melakukan hal-hal yang sederhana dan tidak bernilai mahal terhadapnya. Buktikan bahwa segala sesuatu yang dianggapnya murah atau rendah tidak selamanya bernilai buruk. Dengan begitu, maka secara tidak langsung akan membuka matanya dan akan menerima sesuatu yang tadinya tidak dia percaya.

8. Tempatkan mereka di posisi yang tidak biasa

Cara menghadapi orang sombong - Tempatkan mereka di posisi yang tidak biasa

Cara menghadapi orang sombong yang ke-8 adalah posisikan dia di tempat yang tidak biasa. Hampir sama seperti point sebelumnya, namun lebih dalam skala lebih besar. Maksudnya disini adalah cobalah mengajaknya ke suatu tempat atau situasi yang tidak biasa dia hadapi. Misalnya saja kamu mengajaknya untuk terlibat di dalam kegiatan sosial yang kemudian membuatnya merasakan kebahagiaan sekalipun walaupun dalam kondisi yang terbatas. Dengan begitu, maka secara tidak langsung sudah menyadarkan dia bahwa apa yang selami ini disombongkannya tidak sebanding dengan arti kebahagiaan yang sebenarnya.

9. Selalu tersenyum saat menghadapi mereka

Cara menghadapi orang sombong - Selalu tersenyum saat menghadapi mereka

Cara menghadapi orang sombong yang ke-9 adalah selalu tersenyum saat menghadapinya. Orang sombong memang sangat menginginkan sekali pengakuan tinggi atas dirinya dimata orang lain. Itulah mengapa, selalu tersenyum saat menghadapinya merupakan cara efektif dalam menghadapi orang sombong.

Mengapa efektif? Sebab dengan selalu tersenyum saat menghadapinya, secara tidak langsung sudah membuat dia bingung dan kesal dikarenakan orang yang diperlakukan tidak baik tersebut justru memberinya senyuman. Tunjukan pula kepada dia bahwa kamu tidak terpengaruh sama sekali dengan segala perkataannya, entah itu perkataan bualan atau nyata.

10. Jangan tersinggung

Cara menghadapi orang sombong - Jangan tersinggung

Cara menghadapi orang sombong yang ke-10 adalah jangan tersinggung dengan apa yang dikatakannya. Merasa tersinggung dan terpancing setiap perkataan dari orang sombong memang suatu hal yang tidak dapat dipisahkan. Namun tahukah kamu, menjadi pribadi yang tidak mudah tersinggung dan penyabar ternyata sangat efektif dalam menghadapi orang sombong.

Justru jika sebaliknya, yaitu terpancing dan tersinggung setiap perkataannya justru akan membuatnya semakin menjadi-jadi dan semakin sombong. Maka dari itu, apabila kesabaran sudah mencapai puncaknya, sebaiknya tinggalkan orang sombong tersebut guna berjaga-jaga supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

11. Sindir secara halus

Cara menghadapi orang sombong - Sindir secara halus

Cara menghadapi orang sombong yang ke-11 adalah cobalah menyindirnya secara halus. Nah jika kamu merupakan pribadi yang tidak suka dengan omong kosong, maka cobalah menyindirnya secara halus namun menusuk sampai ketulang-tulang. Menyindir orang sombong memang boleh saja, namun lakukan hal tersebut dalam kondisi dan waktu yang pas. Pastikan juga dalam menyindir tidak perlu menggebu-gebu hingga terbawa emosi, cukup menyindirnya dalam keadaan santai namun elegan, sehingga dapat membuat orang tersebut terdiam dan introspeksi diri.

12. Hindari persaingan

Cara menghadapi orang sombong - Hindari persaingan

Cara menghadapi orang sombong yang ke-12 adalah hindari persaingan dengannya. Mengapa demikian? Sebagaimana yang diketahui jika orang sombong sangat tidak suka di kalahkan dan merasa dirinya tidak akan pernah bisa dikalahkan. Bahkan jika sudah menceritakan kesombongannya, maka secara tidak langsung cerita kesombongan tersebut akan beranak-pinak dan justru semakin panjang.

Maka dari itu, hidari persaingan dengannya merupakan cara efektif dalam menghadapinya. Mengapa efektif? Sebab jika bersaing dengannya justru hanya akan menguras energi, fisik dan pikiran saja. Bahkan bersaing dengan orang sombong sama saja seperti menyiram bensin ke dalam api, sehingga membuatnya semakin parah dengan kesombongannya. Maka dari itu, alangkah baiknya hindari percakapan yang justru menimbulkan persaingan, mudah bukan?

13. Tegur dengan elegan

Cara menghadapi orang sombong - Tegur dengan elegan

Cara menghadapi orang sombong yang ke-13 adalah cobalah tegur dengan cara yang elegan. Nah jika orang sombong tersebut merupakan sahabat atau saudara kamu, mungkin cara ini jauh lebih efektif dalam menghadapinya. Cobalah tegur dia secara halus dan bicaralah dari hati ke hati. Katakan kepadanya bahwa apa yang selami ini dilakukannya justru dapat merugikannya dirinya sendiri, seperti dijauhi oleh orang-orang yang tidak ingin berteman dengannya, menjadi bahan pembicaraan, dan buruknya bisa terjadi tindakan yang tidak diinginkan. Pastikan pula dalam menegur tidak berada di depan umum atau saat sedang pertemuan keluarga ya.

14. Percaya diri saja

Cara menghadapi orang sombong - Percaya diri saja

Cara menghadapi orang sombong yang ke-14 adalah percaya diri saja. Menjadi orang yang suka pamer dan sombong memang dapat meningkatkan kepercayaan diri. Bahkan tidak jarang pula apa yang diceritakan orang sombong justru membuat diri kita merasa terintimidasi, sehingga membuat diri kita menjadi kurang percaya diri. Nah kondisi tersebut terjadi pada diri kamu, sebaiknya jangan biarkan rasa percaya diri kamu menjadi hilang atau turun. Cobalah tanamkan apa saja pencapaian positif yang ada pada dirimu, seperti mempunyai sifat baik dan tidak sombong yang justru dapat merugikan seperti dia.

15. Memberinya pujian

Cara menghadapi orang sombong - Memberinya pujian

Cara menghadapi orang sombong yang ke-15 adalah memberinya pujian kepadanya. Mengapa demikian? Sebagaimana yang diketahui jika orang sombong sangat suka dipuji. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bukan untuk memujinya ketimbang adanya pertengkaran. Cara ini sangat efektif dan paling aman dalam berhadapan dengan orang sombong. Bahkan kamu juga bisa menyelipkan sindiran disetiap sebuah pujian dengan artian dia bisa menyadari kesombongan tersebut. Bagaiamana sederhana bukan?

1 2 3 4 5