15 Cara Efektif Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi Secara Alami

Advertisment

XASXUS.com - Dalam kehidupan manusia, otak memang sangat berperan penting dalam banyak hal, salah satunya adalah untuk berpikir. Namun semakin berlanjutnya usia, ternyata funggsi kinerja otak justru semakin menurun. Itulah sebabnya, penurunan daya ingat atau pikun kerap di alami oleh para lansia.

Tidak hanya para lansia saja, penurunan daya ingat dan konsentrasi juga kerap di alami oleh orang muda, sehingga banyak dari mereka yang kemudian bertanya-tanya bagaimana cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Apakah kamu diantaranya? Jika iya, berikut ini adalah 15 cara efektif meningkatkan daya ingat dan konsentrasi secara alami.

Daftar Isi

1. Berolahraga teratur

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi - Berolahraga teratur

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi yang ke-1 adalah berolahraga secara teratur. Meskipun berolahraga yang digerakan umumnya adalah fisiknya, namun aktivitas ini ternyata dapat meningkatkan kemampuan otak. Mengapa demikian? Sebagaimana yang diketahui jika otak akan bekerja pada kapasitas maksimalnya saat sedang berolahraga, sehingga kegiatan berolahraga ini dapat memicu perbanyakan sel saraf yang kemudian menjaganya dari kerusakan dan memperkuat ikatan antar sel otak.

Tidak hanya itu saja, sel saraf tersebut juga akan mengeluarkan fakto neurotropis, yaitu protein yang dapat memicu berbagai zat kimia untuk otak yang lebih sehat dan meningkatkan kemampuan kognitif, termasuk juga dalam hal kemampuan belajar. Bahkan menurut penelitian yang dilakukan ditahun 2010, hasil membuktikan bahwa olahraga secara rutin juga bisa membuat penyelesaian pekerjaan 2 kali lebih cepat jika dibanding orang yang tidak berolahraga.

Lantas olahraga apa saja yang dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi? Olahraga dalam bentuk apapun umumnya dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, seperti renang, bersepeda, nge-gym, lari pagi, dan lain sebagainya serta dilakukan setidaknya 3 kali dalam seminggu.

2. Perhatikan asupan makanan

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi - Perhatikan asupan makanan

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi yang ke-2 adalah memperhatikan asupan makanan. Tidak hanya olahraga saja yang dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, asupan makan yang tepat pun juga dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Asupan makanan untuk otak umumnya sangat sederhana dan mudah, yaitu hanya dengan banyak mengonsumsi berbagai macam sayur-sayuran serta mengurangi makanan yang manis atau yang banyak mengandung gula.

Selain itu, beberapa zat tambahan lain seperti omega-3 dan MCT (medium-chain triglycerides) juga sangat baik bagi otak, terutama untuk perkembangan otak. Untuk kandungan omega-3 sendiri banyak di dapatkan pada ikan salmon, makanan laut, minyak ikan, bayam, dan kedelai. Sementara asupan yang banyak mengandung MCT (medium-chain triglycerides) adalah minyak kelapa.

3. Terus mempelajari hal baru

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi - Terus mempelajari hal baru

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi yang ke-3 adalah terus mempelajari hal baru. Mengapa harus mempelajari hal baru? Hal ini dilakukan supaya sel-sel dalam otak tetap bekerja dan saling terhubung. Bahkan menurut beberapa penelitian, seseorang mempelajari hal baru yang membutuhkan kemampuan kognitif cukup berhasil dalam menjaga daya ingat pada para lansia, seperti halnya belajar menjahit atau merajut.

Nah agar cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi dapat berhasil, maka kuncinya cukup mencari aktivitas yang disukai dan yang dapat menstimulasi otak, misalnya seperti merakit puzzle, mempelajari instrument musik, membaca buku, berkebun, membuat kerajinan tangan, dan lain sebagainya.

4. Hindari multitasking

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi - Hindari multitasking

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi yang ke-4 adalah hindari kegiatan multitasking. Dalam kegiatan sehari-hari, multitasking memang tidak dapat dipisahkan, terutama bagi ibu rumah tangga yang selalu sibuk setiap harinya di rumah. Meskipun terlihat sepele, terlalu sering menyelesaikan pekerjaan secara multitasking atau ganda ternyata bisa berdampak kurang baik bagi otak, terutama pada konsentrasi dan daya ingat.

Sebagaimana yang diketahui, jika setiap manusia rata-rata membutuhkan waktu sekitar 8 detik untuk menyimpannya ke dalam memori otak, sehingga sering melakukan pekerjaan secara ganda atau multitasking justru akan membuat kita menjadi tidak fokus pada kerjaan tersebut dan berdampak pada hilangnya salah satu ingatan tersebut.

Namun hal tersebut berbeda apabila tidak melakukan pekerjaan secara multitasking dan lebih berfokus pada satu pekerjaan, maka daya ingatnya cenderung lebih baik. Itulah mengapa menghindari kegiatan multitasking atau kegiatan ganda dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

5. Melatih konsep mnemonik

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi - Melatih konsep mnemonik

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi yang ke-5 adalah dengan melatih konsep mnemonik. Apa itu konsep mnemonik? Secara umum konsep mnemonik atau yang lebih dikenal dengan jembatan keledai adalah teknik untuk memudahkan mengingat sesuatu. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan pada konsep ini, seperti memvisualisasikan suatu benda untuk mengingat hal yang harus dilakukan, membuat akronim atau singkatan, memotong-motong informasi sehingga menjadi lebih mudah diingat, misalnya saja mencoba mengingat nomor telepon.

6. Tidur cukup di malam hari

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi - Tidur cukup di malam hari

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi yang ke-6 adalah tidur yang cukup di malam hari. Berdasarkan studi yang dilakukan di Harvard University, hasil membuktikan bahwa mendapatkan tidur yang cukup di malam hari ternyata dapat membuat otak menjadi lebih kuat, terutama dalam hal daya ingat.

Tidak hanya untuk orang dewasa saja, manfaat tidur cukup tersebut juga mempunyai manfaat yang sama untuk balita, yaitu dapat membantu pekembangan otak balita. Bahkan balita yang tekah dibiasakan tidur cukup disiang hari terbukti mempunyai kemampuan kognitif yang jauh lebih baik saat dewasa nantinya.

7. Melakukan permainan otak

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi - Melakukan permainan otak

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi yang ke-7 adalah melakukan permainan otak. Sebagaimana yang diketahui jika seseorang yang jarang atau tidak mengasah kemampuan otaknya justru membuat sel-sel dalam otak menjadi terdegenerasi, sehingga meyebabkan daya ingat menjadi lemah dan menjadi mudah lupa.

Berbeda dengan seseorang yang terus mengasah kemampuan otaknya, seperti memainkan permainan otak yang membutuhkan fokus untuk memikirkan beberapa langkah ke depan, sehingga mmbuat sel-sel otak di dalamnya tetap terhubung. Oleh sebab itu, agar daya ingat dan konsentrasi semakin meningkat, maka alangkah baiknya untuk rutin memainkan permainan otak setidaknya 20 menit dalam sehari. Namun jika kurang menyukai permainan otak, maka bisa menggantinya dengan mengembangkan hobi dan kemampuan baru.

8. Repetisi ingatan

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi - Repetisi ingatan

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi yang ke-8 adalah melakukan repetisi ingatan. Repetisi atau pengulangan memang sangat dianjurkan bagi kamu yang ingin meningkatkan kemampuan otak dan meningkatkan daya ingat. Bahkan seorang penghafal yang baik juga akan melakukan hal ini guna membuat hafalannya menjadi lebih sempurna.

Dalam melakukan repetisi ingatan, sebaiknya berikan jeda hingga beberapa saat, kemudian kembali review tentang apa saja yang telah dipelajari tadi. Dengan melakukan hal tersebut, maka secara tidak langsung sudah melatih otak untuk membuka ingatan masa lalu, sehingga daya ingat menjadi lebih baik.

9. Hidup terorganisir

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi - Hidup terorganisir

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi yang ke-9 adalah mulailah untuk hidup lebih terorganisir. Apakah kamu seorang yang sering lupa dengan hari ulang tahun, suatu acara, atau janji dengan seseorang? Jika iya, sebaiknya mulailah hidup secara terorganisir guna mengurangi pikun dan kecerobohan tersebut.

Buatlah agenda harian yang bisa dibawa kemana saja, bisa dengan menginstall aplikasi di smartphone yang banyak tersedia di playstore dan semacamnya. Dengan cara tersebut maka secara tidak langsung dapat membuat kamu menjadi lebih fokus dan meningkatkan daya ingat. Bahkan jika ada agenda baru, maka kamu bisa dengan mudah mencatatnya, sehingga masalah lupa tersebut dapat teratasi.

10. Visualisasikan

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi - Visualisasikan

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi yang ke-10 adalah memvisualisasikan segala kegiatan. Bagi seseorang yang tidak mempunyai photographic memory atau ingatan fotografis, mengingat wajah atau nama dari seseorang tentu akan sangat menyulitkan. Bahkan dilain waktu, tidak jarang pula orang lebih mengenali wajahnya namun lupa dengan namanya. Begitupun sebaliknya, yaitu hanya sanggup mengigat namanya dan lupa dengan wajahnya.

Nah untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa melakukan visualisasi supaya ingatan tentang orang lain menjadi lebih baik, yaitu bisa dengan mengambil foto dengannya dan menyimpannya di ponsel sebagai foto kontak. Dengan begitu, maka saat menghubunginya lain waktu kita sudah dapat mengenali wajah dan namanya.

Selain itu, visualisasi juga bisa dilakukan dengan mengibaratkan nama seseorang dengan suatu hal lainnya, seperti misalnya si A yang divisualisasikan mempunyai alis yang tebal, atau si B yang divisualisasikan mempunyai hidung mancung, sehingga saat bertemu dengannya langsung mengingatnya dikarenakan langsung berfokus pada yang divisualisasikan sebelumnya.

11. Jangan memikirkan hal yang tidak penting

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi - Jangan memikirkan hal yang tidak penting

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi yang ke-11 adalah hindari memikirkan hal yang tidak penting. Apakah kamu merupakan seseorang yang terlalu sering memikirkan hal yang tidak penting? Jika iya, bisa jadi itulah penyebab mengapa kamu menjadi pelupa. Lantas mengapa bisa begitu? Sebab memikirkan hal yang tidak penting akan membuat otak berusaha keras memikirkan dan memperhatikan banyak hal dalam waktu yang bersamaan, sehingga secara tidak langsung akan membuat kinerja otak menjadi berkurang dan membuat konsentrasi cenderung menurun.

12. Mengembangkan kebiasaan baru

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi - Mengembangkan kebiasaan baru

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi yang ke-12 adalah mulailah mengembangkan kebiasaan baru. Mengapa harus mengembangkan kebiasaan baru? Sebab melakukan hal-hal baru dapat memicu tujuan yang telah ditetapkan, sehingga otak akan dilatih memikirkan berbagai macam ide dan cara untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan begitu, secara tidak langsung sudah mebantu meningkatkan daya ingat.

13. Menulis

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi - Menulis

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi yang ke-13 adalah melakukan aktivitas menulis. Meskipun terlihat sepele, namun aktivitas menulis memang sangat efektif sekali dalam meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Oleh sebab itu, jika kamu khawatir lupa akan sesuatu, maka mulailah dari sekarang menulis kegiatan apapun di buku harian atau di kertas.

Dengan begitu, maka secara tidak langsung akan menciptakan aliran oksigen yang menuju area otak, sehingga apa saja yang ditulis dibuku harian atau dikertas tadi cenderung akan mudah diingat jika dibandingkan dengan tidak menulis. Tidak hanya itu saja, bahkan aktivitas menulis juga dapat meningkatkan kapasitas memori otak, sehingga secara tidak langsung juga akan memudahkan kita untuk mengingat dan menghaafal.

14. Menjalin hubungan sosial

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi - Menjalin hubungan sosial

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi yang ke-14 adalah menjalin hubungan sosial. Menurut beberapa penelitian, seseorang yang mempunyai hubungan keluarga dan sosial yang baik secara tidak langsung membuat otak dan juga jantung semakin baik. Oleh sebab itu, supaya daya ingat dan konsentrasi semakin meningkat, maka tidak ada salahnya untuk mencoba menjalin hubungan sosial, seperti menjadi relawan dengan memberikan bantuan bagi masyarakat yang membutuhkan, berpartisipasi dengan kelompok yang sesuai dengan kepentingan, dan lain sebagainya.

15. Jangan lupa sarapan di pagi hari

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi - Jangan lupa sarapan di pagi hari

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi yang ke-15 adalah sarapan pagi. Menurut Larry McCleary, sarapan yang cukup dipagi hari ternyata dapat meningkatkan kapasitas kerja seseorang. Apalagi jika mengonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi seperti telur, tentu sangat bermanfaat bagi sel syaraf-syaraf otak, salah satunya adalah membantu kerja neuron lebih optimal dan juga mencegah kerusakan neuron.