10 Cara Ampuh Membersihkan Kaca Aquarium Yang Berkerak, Kusam, dan Berjamur

Advertisment

XASXUS.com - Punya ikan hias dalam aquarium? Ya, salah satu masalah yang kerap di hadapi para pecinta ikan hias adalah munculnya kerak di kaca aquarium ataupun aquascape. Meskipun terlihat sepele, namun noda hitam atau kerak tersebut tidak jarang pula mengganggu pikiran kita. Membersihkan kaca aquarium sebenarnya sangatlah mudah, namun agar kerak tidak muncul lagi sebaiknya perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa penyebab timbulnya kerak di aquarium.

Nah salah satu penyebab munculnya kerak di aquarium adalah kurangnya perawatan dari pemiliknya, sehingga tidak jarang pula muncul jamur lumut yang susah dibersihkan meskipun telah disikat dan digosok dengan alat apapun. Bahkan kurangnya perawatan dari pemiliknya tidak jarang juga membuat kaca aquarium menjadi kusam.

Nah bagi kamu yang mengalami masalah-masalah tersebut, berikut ini adalah 10 cara menghilangkan kaca aquarium yang berkerak, kusam, dan berjamur dengan mudah.

Daftar Isi

1. Cara membersihkan kaca aquarium dengan cairan pembersih kaca

Cara membersihkan kaca aquarium dengan cairan pembersih kaca

Cara membersihkan kaca aquarium yang ke-1 adalah menggunakan cairan pembersih kaca. Cara yang satu ini bisa dibilang paling efektif dan ampuh diantara cara membersihkan kaca aquarium lainnya. Meskipun begitu, kekurangan dari cara ini adalah tidak gratis dan memerlukan biaya yang tidak murah untuk membelinya.

Harga dari cairan pembersih kaca aquarium ini umumnya sekitar 50.000-100.000 Rupiah, tergantung ukuran dan merknya, ada merk Super Glass Cleaner, Titanic, dan bahkan ada juga yang tidak mempunyai merek. Meskipun demikian, ada harga tentu ada rupa. Untuk cara penggunaannya sendiri umumnya sama seperti cara membersihkan kaca pada umumnya.

Cukup siapkan lap berupa spons, kuas bekas, sikat gigi, atau kain. Selanjutnya bersihkan aquarium dari dari benda-benda apapun, termasuk aksesoris yang ada di dalam aquarium. Jika sudah, siram fiber atau kaca dengan air dan olesi kaca dengan cairan pembersih kaca menggunakan kuas yang telah disiapkan.

Jika menggunakan cairan berkualitas bagus biasanya tidak sampai 1 menit kerak di kaca pun terangkat. Terakhir, sikat kaca dengan menggunakan spons dan bilaskah dengan menggunakan air hangat atau air dingin. Pastikan kaca aquarium benar-benar bersih dan terbebas dari residu cairan pembersih. Hal ini dilakukan supaya kesehatan ikan tetap terjaga dengan baik.

2. Cara membersihkan kaca aquarium dengan pasta gigi atau odol

Cara membersihkan kaca aquarium dengan pasta gigi atau odol

Cara membersihkan kaca aquarium yang ke-2 adalah menggunakan pasta gigi atau odol. Tahukah kamu, jika penggunaan pasta gigi atau odol juga dapat digunakan untuk membersihkan kaca aquarium. Meskipun harganya murah dan mudah di dapatkan, penggunan pasta gigi atau odol ternyata juga sangat efektif dan ampuh.

Yang membedakan penggunaan pasta gigi dan cairan pembersih kaca adalah waktunya. Hal ini dikarenakan penggunaan pasta gigi membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan cairan pembersih kaca. Untuk cara penggunannya pun sama seperti membersihkan kaca pada umumnya, yaitu hanya cukup menyiapkan beberapa alat pembersih, seperti sikat atau spons, pasta gigi, handuk lembut atau tisu, dan air bersih (kalau bisa air hangat).

Jika semua bahan sudah siap, selanjutnya siram kaca aquarium yang berkerak dengan air besih. Selanjutnya ambil pasta gigi dan lumuri kaca aquarium dengan pasta gigi. Ratakan pasta gigi tersebut dengan spons atau sikat gigi dan diamkan selama kurang lebih 15-30 menit. Jika dirasa sudah cukup, sikat lagi kaca aquarium dengan spons atau sikat gigi (jangan lupa di daerah pojokan) lalu siram dengan air hangat. Terakhir, bersihkan sisa-sisa pasta gigi dengan menggunakan handuk halus atau tisu.

3. Cara membersihkan kaca aquarium dengan pembersih lantai

Cara membersihkan kaca aquarium dengan pembersih lantai

Cara membersihkan kaca aquarium yang ke-3 adalah menggunakan pembersih lantai. Punya pembersih lantai seperti wipol, prostek, dan lain sebagainya? Jika iya, cobalah manfaatkannya sebagai pembersih kaca aquarium. Untuk caranya sendiri umumnya sama seperti cara membersihkan kaca lainnya, yaitu cukup menyiapkan beberapa alat pembersih, seperti sikat atau spons, pembersih lantai, handuk lembut atau tisu, dan air bersih.

Jika semua bahan sudah siap, selanjutnya siram kaca aquarium yang berkerak dengan air besih. Selanjutnya ambil pembersih lantai dan lumuri kaca aquarium dengan pembersih lantai. Ratakan pembersih lantai tersebut dengan spons atau sikat gigi dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Jika dirasa sudah cukup, sikat lagi kaca aquarium dengan spons atau sikat gigi lalu siram dengan air bersih hingga kaca aquarium benar-benar bersih. Karena bau dari pembersih lantai sangat tajam, sebaiknya gunakan air hangat dalam membilasnya.

4. Cara membersihkan kaca aquarium dengan pemutih pakaian

Cara membersihkan kaca aquarium dengan pemutih pakaian

Cara membersihkan kaca aquarium yang ke-4 adalah menggunakan pemutih pakaian. Selain pembersih lantai, beberapa merek pemutih pakaian seperti Bayclin dan Deterjen ternyata juga bisa digunakan untuk membersihkan kaca aquarium. Untuk caranya sendiri umumnya sama seperti cara membersihkan kaca aquarium sebelumnya, hanya saja menggunakan pemutih pakaian sebagai bahan utamanya. Agar bau sabunnya tidak menempel di kaca aquarium, sebaiknya gunakan air hangat saat membilasnya.

5. Cara membersihkan kaca aquarium dengan sitrun

Cara membersihkan kaca aquarium dengan sitrun

Cara membersihkan kaca aquarium yang ke-5 adalah menggunakan sitrun. Apakah kamu punya sitrun di rumah? Jika iya, maka tidak ada salahnya menggunakannya sebagai bahan utama untuk membersihkan kaca aquarium. Untuk caranya sendiri juga sama, yaitu hanya perlu menyiapkan alat pembersih seperti sikat atau spons, sitrun, handuk lembut atau tisu, dan air hangat.

Siram kaca aquarium yang berjamur dengan air besih, lalu ambil sitrun dan lumuri kaca aquarium dengan sitrun. Ratakan sitrun tersebut dengan spons atau sikat gigi dan diamkan selama beberapa menit. Jika dirasa sudah cukup, sikat lagi kaca aquarium dengan spons atau sikat gigi lalu siram dengan air hangat hingga kaca aquarium benar-benar bersih. Apabila masih terdapat kotoran atau noda, ulangi cara tersebut hingga benar-benar bersih.

6. Cara membersihkan kaca aquarium dengan cuka dan air hangat

Cara membersihkan kaca aquarium dengan cuka dan air hangat

Cara membersihkan kaca aquarium yang ke-6 adalah menggunakan cuka dan air hangat. Tidak hanya sitrun, bahan dapur seperti cuka pun ternyata juga dapat digunakan untuk membersihkan kaca aquarium. Untuk cara sendiri cukup siapkan lap halus, cuka, dan air hangat. Selanjutnya campurkan air hangat dengan sedikit cuka, lalu gunakan untuk membersihkan kaca aquarium dengan menggunakan lap halus.

7. Cara membersihkan kaca aquarium dengan sabun cuci piring

Cara membersihkan kaca aquarium dengan sabun cuci piring

Cara membersihkan kaca aquarium yang ke-7 adalah menggunakan sabun cuci piring. Selain beberapa cara diatas, sabun cuci piring ternyata juga bisa digunakan untuk membersihkan kaca aquarium. Untuk caranya sendiri sama seperti cara membersihkan kaca aquarium sebelumnya, yaitu cukup menyiapkan alat pembersih seperti sikat atau spons, sabun cuci piring, handuk lembut atau tisu, dan air hangat.

Siram kaca aquarium dengan air besih, kemudian lumuri kaca aquarium dengan sabun cuci piring. Ratakan sabun cuci piring tersebut dengan spons atau sikat gigi dan diamkan selama beberapa menit. Jika dirasa sudah cukup, sikat lagi kaca aquarium dengan spons atau sikat gigi lalu siram dengan air hangat supaya benar-benar bersih. Pastikan kaca aquarium benar-benar bersih dan terbebas dari residu sabun cuci piring. Hal ini dilakukan supaya kesehatan ikan tetap terjaga dengan baik.

8. Cara membersihkan kaca aquarium dengan ikan pembersih

Cara membersihkan kaca aquarium dengan ikan pembersih

Cara membersihkan kaca aquarium yang ke-8 adalah menggunakan ikan pembersih. Nah bagi kamu yang ingin aquarium selalu bersih dari berbagai kotoran, cobalah masukan ikan pembersih seperti ikan sapu-sapu ke dalam aquarium. Dengan begitu, maka satu lingkup aquarium tersebut akan bersih dikarenakan sifat ikan sapu-sapu yang sangat menyukai makanan seperti lumut dan alga yang terkadang suka menempel di dinding kaca aquarium. Meskipun begitu, sebaiknya tetap lakukan pembersihan dan pengurasan air secara berskala supaya kesehatan air di aquarium tetap terjaga.

9. Cara membersihkan kaca aquarium dengan alat pembersih kaca

Cara membersihkan kaca aquarium dengan alat pembersih kaca

Cara membersihkan kaca aquarium yang ke-9 adalah menggunakan alat pembersih kaca. Berbeda dengan cara sebelumnya, cara yang satu ini jelas mengandalkan alat canggih khusus pembersih kaca. Memang jauh lebih ampuh dan efektif, namun akan lebih efektif lagi apabila menggunakan bahan cairan pembersih juga. Alat yang satu ini sangat cocok sekali untuk menghilangkan noda-noda yang ringan atau mencegah supaya kaca aquarium tetap bersih.

10. Cara membersihkan kaca aquarium dengan jeruk nipis

Cara membersihkan kaca aquarium dengan jeruk nipis

Cara membersihkan kaca aquarium yang ke-10 adalah menggunakan jeruk nipis. Nah jika dirumah kamu terdapat jeruk nipis, ternyata kamu juga bisa lho memanfaatkannya sebagai bahan utama untuk membersihkan kaca aquarium. Hal ini dikarenakan jeruk nipis mempunyai kadungan asam yang sangat baik, sehingga penggunaannya dapat membersihkan noda kerak.

Untuk caranya sendiri umumnya sama seperti beberapa cara membersihkan kaca aquarium sebelumnya, yaitu hanya perlu menyiapkan alat pembersih seperti sikat atau spons, handuk lembut atau tisu, air bersih, jeruk nipis (belah menjadi 2 bagian), dan bubuk soda kue. Jika sudah, bilas terlebih dahulu aquarium, lalu gosok-gosok secara perlahan dengan menggunakan spons atau sikat agar noda kerak sedikit terangkat.

Selanjutnya, ditaburi bagian yang berkerak dengan jeruk nipis dan tambahan bubuk soda kue, lalu diamkan hingga beberapa menit. Jika dirasa sudah cukup, bilas kaca aquarium dengan air hingga bersih.