10 Cara Alami Menghilangkan Suara Serak Akibat Batuk, Radang Tenggorokan, dan Lainnya

Advertisment

XASXUS.com - Apakah kamu sedang mengalami suara serak? Jika iya, tentu hal ini sangat menyebalkan bukan. Bahkan tidak jarang pula membuat kita bertanya-tanya tentang bagaimana cara menghilangkan suara serak dengan cepat. Secara umum, suara serak diakibatkan oleh beberapa faktor, mulai dari diakibatkan bantuk kering, radang tenggorokan, flu, alergi, iritasi saluran pernapasan, panas dalam, kurang minum, kurang istirahat, terinfeksi bakteri dari debu udara yang kotor, dan beberapa penyakit yang berhubungan dengan tenggorokan.

Bagi kamu yang ingin menghilangkan suara serak, ternyata ada lho bahan alami untuk menghilangkan suara serak. Selain mudah ditemukan, cara pembuatan ramuannya pun sangatlah mudah. Nah berikut ini adalah 10 tips cara menghilangkan suara serak atau hilang secara alami beserta langkah-langkah cara pembuatannya.

Daftar Isi

1. Cara menghilangkan suara serak dengan jahe

Cara menghilangkan suara serak dengan jahe

Cara menghilangkan suara serak yang ke-1 adalah dengan minum air rebusan jahe. Selain kerap digunakan sebagai rempah-rempah dalam masakan, jahe sejak dahulu memang sudah terkenal akan manfaatnya sebagai bahan obat-obatan. Salah satu manfaat jahe yang paling dikenal adalah dapat menghangatkan tubuh dikarenakan mengandung senyawa keton yang bernama zingeron. Nah senyawa keton inilah yang kemudian menyebabkan rasa pedas yang dominan.

Namun tahukah kamu, jahe ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan suara serak atau hilang. Untuk caranya cukup mudah, yaitu hanya perlu menyiapkan 2 gelas air dan 3 ruas jari jahe. Selanjutnya geprek jahe tersebut, lalu rebus dengan air yang telah disiapkan sebelumnya dan biarkan hingga airnya larut dan tersisa menjadi 1 gelas.

Jika sudah, saring hasil rebusan jahe tadi dan diamkan sampai suhunya menjadi hangat. Setelah itu, beri madu secukupnya supaya rasanya lebih nikmat dan minum hingga habis. Lakukan cara menghilangkan suara serak dan hilang ini secara rutin setidaknya 3 kali dalam sehari sampai suara kembali normal.

2. Cara menghilangkan suara serak dengan madu

Cara menghilangkan suara serak dengan madu

Cara menghilangkan suara serak yang ke-2 adalah dengan mengkonsumsi madu. Sama seperti jahe, madu juga sudah dikenal sejak dahulu akan manfaatnya dalam bidang kecantikan dan kesehatan, salah satunya adalah dapat menghilangkan suara serak atau hilang. Sebagaimana yang diketahui jika madu mempunyai kandungan antioksidan yang berguna di dalam menangkal radikal bebas penyebab peradangan.

Oleh sebab itu, penggunaan madu tidak hanya dapat menghilangkan suara serak saja, melainkan juga dapat mencegah suara menjadi serak dan kering. Untuk caranya, cukup mengonsumsi 1 sendok makan madu setidaknya 3 kali dalam sehari, lalu minum air hangat. Lakukan cara ini secara rutin supaya suara kembali menjadi normal. Namun untuk mencegah suara menjadi serak dan kering, cukup mengonsumsi 1 sendok makan madu saja dalam sehari.

3. Cara menghilangkan suara serak dengan jeruk nipis

Cara menghilangkan suara serak dengan jeruk nipis

Cara menghilangkan suara serak yang ke-3 adalah minum perasan air jeruk nipis. Selain kerap digunakan sebagai bahan penyedap rasa pada masakan dan diolah menjadi minuman yang menyegarkan, jeruk nipis juga kerap digunakan sebagai salah satu bahan obat-obatan dikarenakan mengandung asam sitrat dan vitamin C yang sangat tinggi.

Namun tahukah kamu, jika penggunaan jeruk nipis ini ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan suara serak atau hilang. Untuk caranya sendiri sangatlah mudah, yaitu cukup mencampurkan 1 sendok makan madu dan 1 sendok makan air perasan jeruk nipis ke dalam 1 gelas air hangat, lalu minum setidaknya 2 kali dalam sehari hingga suara kembali menjadi normal.

4. Cara menghilangkan suara serak dengan garam

Cara menghilangkan suara serak dengan garam

Cara menghilangkan suara serak yang ke-4 adalah berkumur-kumur dengan larutan air garam. Bahan yang kerap digunakan sebagai penyedap masakan ini memanglah sudah terkenal akan manfaatnya yang begitu banyak, mulai dari mengawetkan makanan, mencegah penyakit gondok, sampai menghilangkan suara serak atau hilang.

Untuk cara membuatnya sendiri sangatlah mudah, yaitu hanya perlu menyiapkan 1 sendok teh garam dapur dan 1 gelas air hangat. Selanjutnya larutkan garam ke dalam air hingga benar-benar larut. Setelah itu, pakai air larutan garam tersebut untuk berkumur-kumur. Saat berkumur-kumur sebaiknya posisikan kepala tengadah supaya air larutan garam tersebut sedikit masuk ke dalam tenggorokan. Nah agar suara kembali normal, sebaiknya lakukan cara ini setidaknya 3 kali dalam sehari.

5. Cara menghilangkan suara serak dengan uap panas

Cara menghilangkan suara serak dengan uap panas

Cara menghilangkan suara serak yang ke-5 adalah dengan menghirup uap panas. Cara yang satu ini sebenarnya cara kerap dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat. Namun tahukah kamu, jika penggunaan uap panas ternyata juga dapat menghidrasi tenggorokan, sehingga penggunaannya dapat menghilangkan suara serak atau hilang.

Untuk caranya sendiri sebenarnya sangatlah mudah apabila mempunyai alat khusus uap. Namun jika tidak mempunyai, caranya sedikit ribet, yaitu cukup siapkan baskom berisi air panas saja. Selanjutnya tutup kepala dengan handuk, lalu posisikan kepala dekat baskom dan hidup uap dengan maksimal selama kurang lebih 10-15 menit.

6. Cara menghilangkan suara serak dengan kencur

Cara menghilangkan suara serak dengan kencur

Cara menghilangkan suara serak yang ke-6 adalah mengkonsumsi air rebusan kencur. Sama seperti penggunaan jahe, bahan herbal berupa kencur ini ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan suara serak atau hilang dikarenakan mempunyai sifat menghangatkan. Sebagaimana yang diketahui jika kencur mempunyai kandungan alkaloid dan minyak atsiri yang kerap dimanfaatkan sebagai stimulan.

Untuk penggunannya sendiri umumnya sama seperti pembuatan jahe sebagai penghilang suara serak, yaitu cukup merebus 2 ruas jari kencur yang sudah digeprek ke dalam 2 gelas air, lalu tambahkan sedikit garam. Rebus air kencur tersebut hingga mendidih dan airnya menyusut hingga menjadi 1 gelas.

Jika sudah, saring air rebusan kencur tersebut dan diamkan hingga menjadi hangat. Selanjutnya minum air rebusan kencur tersebut setidaknya 2 kali dalam sehari. Minumlah sebanyak setengah gelas, lalu setengah gelasnya lagi untuk di jam ke 2 namun harus dipanaskan terlebih dahulu sebelum meminumnya.

7. Cara menghilangkan suara serak dengan kunyit

Cara menghilangkan suara serak dengan kunyit

Cara menghilangkan suara serak yang ke-7 adalah mengkonsumsi air rebusan kunyit. Selain jahe dan kencur, bahan herbal berupa kunyit ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan suara serak atau hilang. Sebagaimana yang diketahui jika kunyit mempunyai kandungan minyak atsiri dan kurkumin yan dapat mengobati berbagai macam penyakit, termasuk suara serak.

Untuk cara pembuatannya umumnya sama seperti cara pembuatan jahe dan kencur untuk penghilang suara serak, yaitu cukup merebus 2 ruas jari kunyit dengan 2 gelas air dalam api kecil. Tunggu hingga suhunya menjadi hangat, lalu saring dan minum. Dalam minum ramuan ini sebaiknya setengah gelas saja, dan setengah gelasnya lagi bisa disimpan serta dihangatkan kembali sebelum diminum pada jam kedua. Lakukan cara ini secara rutin sampai suara kembali normal.

8. Cara menghilangkan suara serak dengan akar manis

Cara menghilangkan suara serak dengan akar manis

Cara menghilangkan suara serak yang ke-8 adalah meminum air rebusan akar manis. Tanaman sejenis polong-polongan ini selain kerap dijadikan sebagai aneka minuman dan pemanis pada permen ternyata juga kerap digunakan sebagai bahan obat-obatan, salah satunya adalah untuk menghilangkan suara yang serak atau hilang.

Untuk cara pembuatannya sendiri, cukup siapkan 2-3 batang akar manis, 1 sendok makan bubuk akar manis, dan 500 ml air di dalam panci bersih. Selanjutnya, masukan batang akar manis dan bubuk akar manis ke dalam panci, lalu rebus dengan api kecil selama kurang lebih 15-20 menit lamanya. Jika sudah, saring hasil rebusan tersebut dan biarkan suhunya menjadi hangat. Setelah itu, minum hasil rebusan tadi setidaknya 2 kali dalam sehari sampai suara serak hilang.

Selain dengan cara direbus, kamu juga bisa mengunyah langsung sepotong akar manis selama kurang lebih 5-15 menit, tapi jangan ditelan, cukup menghisap-hisap sarinya saja. Lakukan cara ini setidaknya 2 kali dalam sehari supaya suara kembali normal.

9. Cara menghilangkan suara serak dengan daun mint

Cara menghilangkan suara serak dengan daun mint

Cara menghilangkan suara serak yang ke-9 adalah menyeduh daun mint. Sebagaimana yang diketahui jika daun mint mempunyai kandungan zat anti mikroba yang berguna di dalam memperlambat pertumbuhan beberapa jenis bakteri dan jamur. Itulah mengapa, daun mint kerap digunakan sebagai bahan campuran dari aromaterapi, balsam, pasta gigi, sampai bahan dasar produk obat-obatan, seperti halnya untuk menghilangkan suara serak atau hilang.

Untuk cara membuatnya, cukup menyiapkan beberapa daun mint dan segelas berisi air panas. Selanjutnya seduh daun mint ke dalam gelas, dan minum setidaknya 2 kali dalam sehari hingga suara menjadi normal kembali. Dalam mengosumsi ramuan ini, sebaiknya jangan memberi tambahan seperti kopi, teh, ataupun susu.

10. Cara menghilangkan suara serak dengan air hangat

Cara menghilangkan suara serak dengan air hangat

Cara menghilangkan suara serak yang ke-10 adalah dengan perbanyak minum air hangat. Dalam kehidupan sehari-hari, kita biasanya dituntut untuk mengonsumsi air putih setidaknya 8-10 gelas perhari. Hal tersebut sebenarnya tergantung dari aktivitas sehari-hari, misalnya saja sering berolahraga, maka tentunya harus lebih banyak minum air putih untuk mengganti cairan yang hilang dan mencegah terjadinya dehidrasi.

Begitupun saat mengalami suara serak, mengonsumsi air hangat lebih dianjurkan ketimbang mengonsumsi air dingin atau air es. Selain menghindari minuman dingin, menghindari makanan pedas juga sangat dianjurkan. Hal ini dilakukan supaya tenggorokan tidak menjadi lebih parah dan suara pun bisa kembali normal.

Nah itulah 10 tips cara menghilangkan suara serak dengan bahan alami yang dapat dilakukan dirumah. Agar suara serak kembali normal dan cepat sembuh, sebaiknya perhatikan pola makan. Sebab pola makan yang salah justru dapat memperparah suara kamu, sehingga proses penyembuhannya akan berjalan lebih lama.

1 2 3 4 5