15 Manfaat Daun Binahong Untuk Wajah, Kesehatan, Kecantikan, dan Efek Sampingnya

Advertisment

XASXUS.com - Tahukah kamu tentang daun binahong? Daun binahong sendiri merupakan salah satu tanaman herbal yang sejak lama dipakai oleh orang Korea dan Jepang untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tanaman herbal ini sangat mudah dijumpai, baik itu dataran rendah maupun di daerah pegunungan.

Meskipun daun dari tanaman yang satu ini mempunyai bentuk yang sangat unik (berbentuk cinta) dan dianggap sebagai hama dikarenakan hidupnya yang menumpang dengan tanaman lain, ternyata tanaman yang satu ini mempunyai banyak sekali manfaat. Nah apa sajakah manfaat daun binahong? berikut ini adalah 15 manfaat daun binahong untu kesehatan, kecantikan, beserta efek sampingnya.

Daftar Isi

1. Manfaat daun binahong untuk penderita diabetes

Manfaat daun binahong untuk penderita diabetes

Manfaat daun binahong yang ke-1 adalah bagus untuk penderita diabetes. Mengapa demikian? sebab daun binahong mengandung senyawa yang bisa membantu meningkatkan kepekaan hormon insulin. Nah bagi kamu yang mempunyai diabetes, maka sebaiknya mengonsumsi daun binahong supaya gula darah tetap dalam keadaan stabil dan reskio penyakit lain akibat diabetes bisa sedikit berkurang.

13 Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan dan Cara Mengolahnya

2. Manfaat daun binahong untuk luka operasi

Manfaat daun binahong untuk luka operasi

Manfaat daun binahong yang ke-2 adalah mempercepat penyembuhan luka. Tidak hanya menstabilkan gula darah, daun binahong juga dapat mempercepat penyembuhan luka, baik itu pada luka kecil maupun luka jahitan sehabis operasi. Sebagaimana yang diketahui jika luka setelah operasi cenderung membutuhkan waktu yang lebih lama, apalagi jika kondisi tubuh pasca operasi tidak stabil.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Sebab daun binahong mengandung senyawa antioksidan. Seperti yang diketahui jika antioksidan mempunyai berbagai macam manfaat yang sangat baik bagi tubuh, salah satunya adalah berperan penting di dalam regenerasi sel baru dan membuat jaringan luka lebih cepat menyatu dan sembuh.

9 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh Dan Cara Mengolahnya

3. Manfaat daun binahong untuk wajah

Manfaat daun binahong untuk wajah

Manfaat daun binahong yang ke-3 adalah mengobati jerawat. Bagi wanita maupun pria, jerawat diwajah merupakan suatu hal yang sangat menjengkelkan dikarenakan dapat merusak penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Secara umum, jerawat yang timbul di wajah disebabkan oleh aktivitas bakteri dalam jaringan kulit wajah yang tidak dibersihkan secara sempurna.

Nah bagi kamu yang mempunyai masalah dengan jerawat, tidak ada salahnya untuk mengobatinya dengan daun binahong. Untuk caranya sendiri, cukup menumbuk beberapa lembar daun binahong dan oleskan ke wajah atau bagian yang berjerawat. Setelah itu, diamkan hasil olesan sampai benar-benar mengering lalu bilas dengan air hingga bersih.

Mengapa daun binahong dapat mengobati jerawat diwajah? Sebab daun binahong mempunyai sifat antibakteri. Nah antibakteri inilah yang berguna untuk mengobati jerawat meradang yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

16 Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan dan Kecantikan

4. Manfaat daun binahong untuk maag

Manfaat daun binahong untuk maag

Manfaat daun binahong yang ke-4 adalah membantu mengobati maag. Apakah kamu sedang menderita maag atau asam lambung? Jika iya, cobalah mengatasinya dengan mengonsumsi daun binahong. Secara umum, maag timbul diakibatkan oleh kebiasaan menunda makan, sehingga membuat produksi asam lambung meningkat dan melukai jaringan disekitarnya.

Lantas mengapa daun binahong bisa mengobati maag? Hal ini dikarenakan daun binahong mempunyai sifat antioksidan dan anti bakteri yang sangat baik sekali di dalam membantu mempercepat penyembuhan di lambung. Untuk cara penggunannya sendiri, cukup merebus daun binahong sampai airnya menyusut menjadi setengahnya dan minumlah secara rutin.

15 Manfaat Daun Sambiloto Untuk Wajah, Kesehatan, dan Kecantikan

5. Manfaat daun binahong untuk kanker

Manfaat daun binahong untuk kanker

Manfaat daun binahong yang ke-5 adalah mencegah resiko kanker. Seperti yang diketahui, jika kanker merupakan penyakit yang sangat mematikan. Umumnya kanker yang timbul dalam tubuh manusia disebabkan oleh adanya radikal bebas dan juga makanan yang tidak sehat serta dikonsumsi secara terus-menerus.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jika daun binahong mempunyai sifat antioksidan yang sangat tinggi, yaitu senyawa polifenol yang diketahui sangat baik di dalam membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Nah bagi kamu yang ingin terhidar dari radikal bebas penyebab kanker, sebaiknya rutinlah mengonsumsi daun binahong.

12 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

6. Manfaat daun binahong untuk kolesterol jahat

Manfaat daun binahong untuk kolesterol jahat

Manfaat daun binahong yang ke-6 adalah menurunkan kolesterol jahat. Sebagaimana yang diketahui jika kolesterol dalam darah bisa menyebabkan berbagai macam bahaya bagi tubuh, termasuk mengganggu kinerja organ Jantung. Sebab penumpukan kolesterol yang terjadi di dalam darah bisa menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah dan akibatnya peredaran darah menjadi tidak lancar.

Nah untuk mengatasi hal tersebut, cobalah untuk rutin mengonsumsi daun binahong. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa saponin dalam daun binahong mampu memecah penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah, sehingga aliran darah menjadi lebih lancar dan kinerja dari organ jantung pun menjadi lebih maksimal.

15 Manfaat Kol atau Kubis Bagi Kesehatan Tubuh

7. Manfaat daun binahong untuk penderita stroke

Manfaat daun binahong untuk penderita stroke

Manfaat daun binahong yang ke-7 adalah menurunkan resiko stroke. Tidak hanya organ jantung saja yang terkena dampak akibat penyempitan pada pembuluh darah, organ otak pun juga terkena dampak akibat penyumbatan pada pembuluh darah dan berakibat pada kerusakan otak, seperti mengalami kelumpuhan dan menurunnya fungsi kognitif lainnya.

Nah untuk mengatasi hal tersebut, cobalah untuk rutin mengonsumsi daun binahong. Sebab dengan mengonsumsi daun binahong tersebut dapat melancarkan perdaran darah, mengurangi, dan menyembuhkan stroke. Bahkan sifat antioksidan di dalamnya juga dapat mencegah penurunan fungsi otak.

21 Khasiat dan Manfaat Lemon Untuk Wajah, Bibir, Mata, Beserta Cara Menggunakannya

8. Manfaat daun binahong untuk eksim

Manfaat daun binahong untuk eksim

Manfaat daun binahong yang ke-8 adalah mengobati eksim. Apa itu eksim? Secara umum, dermatitis atopik atau yang dikenal juga dengan eksim adalah penyakit yang menyerang kulit baik itu karena disebabkan oleh bakteri maupun virus. Nah bagi kamu yang menderita eksim, cobalah mengobatinya dengan daun yang satu ini.

Seperti yang telah dijelaskan pada beberapa point sebelumnya jika daun binahong mempunyai sifat antioksidan dan anti bakteri yang berguna untuk mempercepat pertumbuhan jaringn sel baru dan membuat eksim menjadi lebih cepat kering. Untuk caranya penggunannya, bersihkan terlebih dahulu kulit yang luka, kemudian berikan tumbukan daun binahong dan biarkan hingga mengering.

20 Khasiat dan Manfaat Tomat Untuk Wajah Beserta Cara Pemakaiannya

9. Manfaat daun binahong untuk batuk

Manfaat daun binahong untuk batuk

Manfaat daun binahong yang ke-9 adalah meredakan batuk. Batuk sendiri sebenarnya adalah reaksi tubuh yang diakibatkan adanya benda asing yang menghalangi saluran pernapasan. Selain dapat diatasi dengan menggunakan obat-obatan yang banyak dijual apotik, kamu juga bisa mengobati batuk dengan cara alami, yaitu dengan daun binahong.

Untuk cara penggunaannya, rebus terlebih dahulu daun binahong dan minum hasil rebusan tersebut secara rutin. Dalam penggunaannya, sebaiknya jangan mengonsumsi secara bersamaan dengan obat-obatan yang banyak dijual apotik dikarenakan dapat mengurangi efektifitas obat tersebut.

12 Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

10. Manfaat daun binahong untuk tubuh

Manfaat daun binahong untuk tubuh

Manfaat daun binahong yang ke-10 adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Apakah tubuh kamu termasuk rentan terkena penyakit seperti batuk, pilek, dan penyakit kulit? Jika iya, cobalah untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh dengan mengonsumsi daun binahong.

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, jika daun binahong mempunyai kandungan antioksidan yang melimpah dan berperang penting di dalam membantu menjaga kekebalan tubuh. Untuk caranya, cukup merebus daun binahong dan mengonsumsinya setiap hati. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih kebal dari serangan penyakit.

6 Khasiat dan Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan Tubuh

11. Manfaat daun binahong untuk asam urat

Manfaat daun binahong untuk asam urat

Manfaat daun binahong yang ke-11 adalah mengobati asam urat. Secara umum, asam urat disebabkan oleh banyaknya zat purin di dalam tubuh yang tidak bisa dikeluarkan dikarenakan kinerja organ ginjal yang menurun. Lantas mengapa daun binahong bisa mengobati asam urat? Sebab sifat antioksidan pada daun binahong sudah terbukti ampuh meningkatkan kinerja ginjal dan membuatnya mampu menyaring zat purin berbahaya yang biasanya masuk bersama dengan makanan. Bahkan penggunaan daun binahong juga dapat mengurangi peradangan akibat penumbukan kristal asam urat.

12 Manfaat Buah Zuriat Arab Untuk Kesehatan dan Program Hamil

12. Manfaat daun binahong untuk racun ditubuh

Manfaat daun binahong untuk racun ditubuh

Manfaat daun binahong yang ke-12 adalah mengobati keracunan. Tahukah kamu, jika daun binahong mengandung asam oleanolik yang bersifat antioksidan dan anti toksin yang berguna untuk meringankan efek racun yang masuk ke dalam tubuh. Oleh sebab itu, daun yang satu ini kerap digunakan untuk keracunan ringan, baik itu keracunan dari makanan dan lain sebagainya. Bahkan daun binahong juga kerap dimanfaatkan sebagai pertolongan pertama saat terkena racun dari hewan berbisa seperti ular.

5 Manfaat Ikan Lele Dan Efek Sampingnya Untuk Kesehatan

13. Manfaat daun binahong untuk luka bakar

Manfaat daun binahong untuk luka bakar

Manfaat daun binahong yang ke-13 adalah mempercepat penyembuhan luka bakar. Selain dapat mempercepat penyembuhan luka pasca operasi, penggunaan daun binahong ternyata juga bisa untuk membantu penyembuhan luka bakar. Hal ini dikarenakan daun binahong memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu mempercepat regenerasi sel yang rusak sekaligus juga menggantinya dengan sel baru.

15 Manfaat Buah Duku dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan dan Kecantikan

14. Manfaat daun binahong untuk pencernaan

Manfaat daun binahong untuk pencernaan

Manfaat daun binahong yang ke-14 adalah meredakan diare. Umumnya orang yang terkena diare disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah keracunan makanan yang terkontaminasi oleh bakteri. Lantas mengapa daun binahong dapat meredakan diare? Sebab daun binahong juga mempunyai sifat antibakteri yang bisa meredakan diare sekaligus juga menjaga kesehatan usus. Bahkan mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga mempercepat penyembuhan.

10 Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan dan Kecantikan

15. Manfaat daun binahong untuk nafsu makan

Manfaat daun binahong untuk nafsu makan

Manfaat daun binahong yang ke-15 adalah meningkatkan nafsu makan. Tahukah kamu, jika seseorang yang cenderung susah makan atau sedang dalam keadaan tidak nafsu makan cenderung rentan mengalami gizi buruk atau malnutrisi. Sebagaimana yang diketahui jika makanan bisa memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Nah bagi kamu yang mengalami hal tersebut, sebaiknya tingkatkan nafsu makan dengan mengonsumsi daun binahong. Bahkan penggunaan daun yang satu ini juga dapat mengurangi rasa mual yang bisa menurunkan selera makan.

10 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Efek Samping Mengonsumsi Daun Binahong

Meskipun daun binahong ini mempunyai banyak manfaat, namun tahukah kamu jika ternyata daun yang satu ini mempunyai efek samping yang tidak boleh diabaikan. Nah apa sajakah efek samping daun binahong ini? berikut ini penjelasannya.

  • Dapat menyebabkan insomnia, gelisah, pusing, dan muntah, dan jantung berdebar apabila dikonsumsi bersamaan dengan kopi, teh, dan kacang kola. Hal ini dikarenakan daun binahong mengandung efedrin, maka dari itu sangat dianjurkan untuk tidak mengonsumsi bersamaan dengan minuman dan makanan tersebut.
  • Bagi kamu yang mempunyai masalah angina, sebaiknya janganlah mengonsumsi daun binahong. Hal tersebut dikarenakan dapat memperburuk kondisi tubuh.
  • Tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Sebab daun yang satu ini tidak aman untuk keduanya.

Nah itulah 15 manfaat daun binahong sekaligus juga efek sampingnya bagi tubuh. Satu hal yang perlu diingat, yaitu konsumsi daun binahong sewajarnya saja dan tetap dalam batas normal. Jika berlebihan, maka daun binahong justru akan memberikan efek samping bagi tubuh.

1 2 3 4 5 6