15 Khasiat dan Manfaat Susu Milo Untuk Kesehatan Tubuh

Advertisment

XASXUS.com - Susu Milo merupakan salah satu susu yang saat ini banyak digemari oleh anak-anak di seluruh dunia dikarenakan rasanya yang nikmat. Susu yang diproduksi oleh Nestle ini memang cocok dinikmati kapan saja, baik itu diminum saat panas ataupun dingin. Berbicara mengenai susu Milo, tahukah kamu apa saja manfaat susu Milo? Nah berikut ini adalah manfaat susu Milo bagi kesehatan yang harus kamu ketahui?

Daftar Isi

1. Kaya protein

Manfaat susu milo untuk kesehatan - Kaya protein

Manfaat susu Milo yang ke-1 adalah kaya akan protein. Tahukah kamu, jika sebagian dari tubuh kita sangat membutuhkan asupan protein yang berguna untuk menunjang fungsinya, seperti pada organ jantung, gigi, rambut, dan lain sebagainya. Selain itu, protein juga berguna untuk membantu melindungi sel-sel di tubuh kita dan merupakan penyumbang asam amino yang baik dalam pola makanmu. Oleh sebab itu, mengonsumsi susu cokelat Milo secara tidak langsung sudah membuat tubuh kamu menjadi lebih kenyang.

20 Merk Susu Penambah Tinggi Badan Terbaik Untuk Anak, Remaja, dan Dewasa

2. Indeks glikemik rendah

Manfaat susu milo untuk kesehatan - Indeks glycemic rendah

Manfaat susu Milo yang ke-2 adalah mempunyai indeks glikemik yang rendah. Apa itu indeks glikemik? Secara umum, indeks glikemik sendiri yaitu suatu ukuran atau skala yang dipakai guna mengindikasikan seberapa cepat karbohidrat yang ada didalam makanan bisa diubah menjadi gula oleh tubuh manusia, dimana skala atau ukuran tersebut yaitu dari 0 hingga 100.

Nah pada susu cokelat Milo sendiri mempunyai indeks glikemik sekitar 55 jika dilarutkan dalam air. Namun uniknya, indeks glikemik pada susu cokelat Milo tersebut akan semakin rendah jika dilarutkan atau dicampurkan ke dalam susu, yaitu sekitar 33. Oleh sebab itu, susu cokelat Milo ini termasuk kedalam kategori aman dan baik asalkan tidak eksesif.

12 Manfaat dan Efek Samping Folavit Untuk Ibu Hamil dan Bayi

3. Mengandung karbohidrat

Manfaat susu milo untuk kesehatan - Mengandung karbohidrat

Manfaat susu Milo yang ke-3 adalah mengandung karbohidrat. Nah apakah kamu sering melakukan aktivitas berat? jika iya, cobalah mengonsumsi susu Milo ini. Sebagaimana yang diketahui jika susu Milo mengandung protomalt (Milo Nutri Up, yaitu varian Milo yang dikhususkan bagi orang dewasa) dan sejenis gandum dalam maltose (komponen utama Milo) yang merupakan kombinasi antara karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana yang berfungsi untuk mengembalikan energi yang hilang dan setelah melakukan aktivitas berat.

10 Vitamin Penambah Nafsu Makan Yang Bagus Untuk Anak dan Dewasa

4. Tinggi kalsium dan vitamin D

Manfaat susu milo untuk kesehatan - Tinggi kalsium dan vitamin D

Manfaat susu Milo yang ke-4 adalah tinggi akan kalsium dan vitamin D. Tahukah kamu, jika vitamin D dan Kalsium merupakan komponen yang sangat dibutuhkan oleh tulang. Maka dari itu, susu Milo sangat baik apabila dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Hal ini dikarenakan susu Milo dapat mencukupi kebutuhan akan kesehatan tulang mereka dan membuat pertumbuan mereka menjadi sangat cepat.

10 Merk Obat Batuk Berdahak dan Kering Yang Bagus, Aman, dan Ampuh

5. Vitamin B

Manfaat susu milo untuk kesehatan - Vitamin B

Manfaat susu Milo yang ke-5 adalah mengandung vitamin B. Tidak hanya vitamin D, susu Milo juga mengandung vitamin B yang berguna untuk menyehatkan saraf tubuh dan juga sel darah. Tidak hanya itu saja, vitamin B juga dapat membantu di dalam membentuk DNA (materi genetik di seluruh sel) sekaligus juga meningkatkan energi dan mencegah tubuh merasa mudah lelah atau lemas yang disebabkan oleh anemia.

Mengapa vitamin B sangat dibutuhkan oleh tubuh? Sebab tubuh kita sendiri tidak memproduksi vitamin B, sehingga kita hanya dapat memperolehnya dari asupan makanan. Maka dari itu, mengonsumsi segelas susu Milo secara tidak langsung tubuh akan mendapatkan vitamin B dan akan memperoleh manfaatnya.

10 Manfaat dan Bahaya Susu Beruang (Bear Brand) Untuk Kesehatan Tubuh

6. Zat besi

Manfaat susu milo untuk kesehatan - Zat besi

Manfaat susu Milo yang ke-6 adalah mengandung zat besi. Selain mengandung kalsium, vitamin D, dan vitamin B, susu Milo ternyata juga mengandung zat besi yang sangat baik bagi tubuh. Seperti yang diketahui jika zat besi sendiri adalah salah satu nutrisi yang vital bagi tubuh dan berguna untuk meningkatkan produksi sel darah merah.

Sebagaimana yang diketahui jika sel darah merah berperan penting di dalam menyalurkan oksigen dan protein ke seluruh tubuh, sehingga membuat organ seperti jantung dan otak tetap dalam keadaan normal dikarenakan tetap mendapatkan oksigen. Umumnya, zat besi sendiri bisa didapatkan melalui daging merah dan sayur-sayuran, namun kamu juga bisa mendapatkannya pada susu Milo itu sendiri.

10 Manfaat Minum Yakult Buat Kesehatan Tubuh Dan Pencernaan

7. Vitamin C

Manfaat susu milo untuk kesehatan - Vitamin C

Manfaat susu Milo yang ke-7 adalah mengandung vitamin C. Tidak hanya zat besi saja yang berperan penting bagi tubuh, vitamin C juga merupakan komponen yang sangat penting bagi tubuh. Hal ini dikarenakan vitamin C berperan penting di dalam menangkal bahaya radikal bebas yang menyerang tubuh akibat dari radiasi atau paparan sinar matahari.

Tidak hanya baik bagi kulit saja, vitamin C pada susu Milo juga sangat baik untuk meningkatkan sistem pertahanan tubuh. Oleh sebab itu mengonsumsi susu Milo secara teratur dan setiap hari bisa menjaga kekebalan tubuh serta membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit.

11 Manfaat Air Zam-Zam Untuk Kesehatan dan Kecantikan

8. Mengandung serat

Manfaat susu milo untuk kesehatan - Mengandung serat

Manfaat susu Milo yang ke-8 adalah mengandung serat. Seperti yang telah dijelaskan pada beberapa point sebelumnya, dimana susu Milo terdiri dari gula atau sukrosa dan gandum yang mengandung gluten. Kedua komponen inilah yang mengandung serat dan bermanfaat supaya metabolisme tubuh dapat berjalan dengan baik. Lepas dari hal tersebut, mengonsumsi susu cokelat Milo dapat membuat tubuh kamu menjadi lebih kenyang.

18 Manfaat Jus Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

9. Lemak jenuh

Manfaat susu milo untuk kesehatan - Lemak jenuh

Manfaat susu Milo yang ke-9 adalah menngandung lemak jenuh yang rendah. Meskipun susu Milo mengandung lemak jenuh, namun tahukah kamu jika kadar lemak jenuh pada susu Milo tersebut akan semakin berkurang apabila mencampurkannya dengan susu tanpa lemak. Meskipun lemak jenuh termasuk lemak jahat, bukan berarti lemak tersebut sepenuhnya jahat bagi tubuh. Hal ini dikarenakan tubuh tetap membutuhkan lemak jenuh dikarenakan berguna untuk sistem imun (kekebalan tubuh).

11 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

10. Lebih baik ketimbang minuman manis lainnya

Manfaat susu milo untuk kesehatan - Lebih baik ketimbang minuman manis lainnya

Manfaat susu Milo yang ke-10 adalah lebih baik ketimbang minuman manis lainnya. Mengapa demikian? hal ini dikarenakan minuman yang telah dijual dipasaran sudah mengandung gula yang tentunya jika konsumsi secara berlebihan tidak baik bagi kesehatan tubuh. Itulah mengapa, susu Milo lebih baik ketimbang minuman manis lainnya, seperti minuman ringan atau kemasan bahkan minuman bersoda.

Satu hal yang perlu diketahui adalah jika jus kemasan umumnya lebih banyak mengandung gula dan air ketimbang sari buahnya itu sendiri. Jadi alangkah baiknya untuk berpikir dua kali sebelum mengonsumsinya. Itulah mengapa susu Milo merupakan pilihan terbaik untuk melengkapi keperluan nutrisi tubuhmu.

17 Manfaat Jus Tomat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

11. Memulihkan kondisi tubuh

Manfaat susu milo untuk kesehatan - Memulihkan kondisi tubuh

Manfaat susu Milo yang ke-11 adalah memulihkan kondisi tubuh. Tahukah kamu, jika susu Milo ternyata mempunyai fungsi yang sama seperti protein shake yang banyak dipakai oleh para binaragawan untuk membentuk tubuh. Bahkan susu Milo mempunyai fungsi yang lebih baik, dimana susu Milo mempunyai kalori yang jauh lebih rendah dan protein yang lebih rendah dari protein shakes.

Segelas susu Milo saja sudah mempunyai sekitar 100 kalori dan itupun sudah lebih dari cukup guna memulihkan tubuh setelah aktivitas dalam berolahraga. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan tubuh hanya memerlukan sekitar 20 gram protein saja untuk memulihkan otot setelah berolahraga.

15 Manfaat Es Batu Untuk Wajah Beserta Cara Menggunakannya

12. Ada varian untuk orang dewasa

Manfaat susu milo untuk kesehatan - Ada varian untuk orang dewasa

Manfaat susu Milo yang ke-12 adalah mempunyai varian yang lebih tinggi manfaatnya (khusus orang dewasa). Meskipun susu Milo lebih dikenal untuk anak-anak, namun tahukah kamu jika susu Milo juga mempunyai varian untuk orang dewasa bernama Milo Nutri Up. Kelebihan dari Milo Nutri Up ini adalah isi dan manfaatnya yang lebih tinggi dari susu Milo biasanya.

Tidak hanya isi dan manfaatnya, rasa dari susu Milo Nutri Up jauh lebih nikmat serta tersedia dalam format 3 in 1 yang berisi Milo, susu, dan gula. Bahkan susu Milo Nutri Up mengandung kalsium, protein, dan makronutrisi lebih banyak ketimbang Milo biasa. Hal ini dikarenakan target konsumen pada varian susu Milo ini memang membutuhkan nutrisi yang lebih banyak.

8 Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya

13. Mengandung theobromine

Manfaat susu milo untuk kesehatan - Mengandung theobromine

Manfaat susu Milo yang ke-13 adalah mengandung theobromine. Apa itu theobromine? Secara umum, theobromine merupakan komponen pada susu Milo yang mirip dengan kafein. Bahkan efek yang ditimbulkan juga sama seperti kafein, yaitu akan membuat ketergantungan ringan jika dikonsumsi secara berlebihan setiap hari.

Meskipun hal tersebut terlihat buruk, namun hal tersebut bukan berarti buruk sepenuhnya. Hal ini dikarenakan susu Milo mempunyai banyak manfaatnya dan apabila dikonsumsi secara teratur tubuh juga akan mendapatkan manfaatnya bukan?. Namun satu hal yang perlu diperhatikan, yaitu jangan mengonsumsinya sewajarnya saja dan tidak berlebihan. Sebab hal yang berlebihan memang kurang baik.

9 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Mengolahnya

14. Nutrisi pelengkap, bukan pengganti

Manfaat susu milo untuk kesehatan - Nutrisi pelengkap, bukan pengganti

Manfaat susu Milo yang ke-14 adalah nutrisinya sebagai pelengkap dan bukan sebagai pengganti. Tahukah kamu, jika nutrisi yang baik itu adalah nutrisi yang di dapatkan dari makanan. Pada susu Milo sendiri, nutrisi di dalamnya memang diformulasikan sebagai tambahan atau pelengkap dan tidak diformulasikan untuk menggantikan mikronutrisi atau bahkan makanan.

Kamu bisa berkonsultasi pada ahli gizi soal asupan nutrisi yang tepat bagi tubuh kamu. Hal ini dikarenakan kebutuhan akan nutrisi setiap orang berbeda-beda dan tergantung pada jenis kelamin, usia, serta kondisi fisik. Oleh sebab itu, mengonsumsi susu Milo sebagai pendamping saat sarapan bukanlah hal yang buruk. Meskipun begitu, jangan hanya sarapan dengan susu Milo setiap hari ya.

15 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

15. 4.5 Bintang dari health star rating

Manfaat susu milo untuk kesehatan - 4.5 Bintang dari health star rating

Manfaat susu Milo yang ke-15 adalah mempunyai 4.5 Bintang dari health star rating. Tahukah kamu apa itu health star rating? Health Star Rating atau HSR merupakan sistem inisiatif pemerintah di Australia yang khusus memberikan nilai nutrisi disetiap makanan kemasan dan di desain untuk memberikan informasi pada konsumen, serta mempermudah konsumen untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan membandingkan produk-produk yang ada di pasaran.

Dari 5 bintang, susu Milo mendapatkan 4.5 bintang. Itu artinya, nilai pada susu Milo termasuk tinggi dan dinilai sehat untuk tubuh. Jadi bisa dibilang, produk susu Milo memang menyehatkan, tetapi dengan catatan harus dikonsumsi dengan susu tanpa lemak (skim milk) seperti yang telah dijelaskan pada beberapa point sebelumnya.

15 Manfaat Buah Duku dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan dan Kecantikan

1 2 3 4 5