15 Manfaat Daun Sambiloto Untuk Wajah, Kesehatan, dan Kecantikan

Advertisment

XASXUS.com - Dari sekian banyak tanaman herbal, siapa sih yang tidak mengenal daun sambiloto? Daun yang satu ini memang sudah terkenal akan manfaat dan khasiatnya. Hal ini dikarenakan tanaman yang masuk ke dalam famili Acanthaceae ini mempunyai kandungan andrographolide.

Sebagaimana yang diketahui jika kandungan andrographolide pada daun sambiloto mempunyai banyak khasiat dan manfaat yang sangat baik bagi tubuh, mulai dari sebagai anti inflamasi, anti oksidan, anti diabetes, dan juga anti aterosklerosis.

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja, daun sambiloto ternyata juga mempunyai khasiat dan manfaat yang sangat baik bagi kecantikan, terutama untuk kulit. Nah apa sajakah khasiat dan manfaat daun sambiloto secara keseluruhan? Di bawah ini adalah 15 manfaat daun sambiloto untuk wajah, kesehatan, dan kecantikan.

Daftar Isi

1. Manfaat daun sambiloto untuk demam atau panas

Manfaat daun sambiloto untuk demam atau panas

Manfaat daun sambiloto yang ke-1 adalah menurunkan demam atau panas. Saat tubuh mengalami demam pastinya diantara kita langsung mengonsumsi obat. Namun tunggu dulu, mengonsumsi ramuan daun sambiloto dengan disertai minum air putih yang banyak ternyata sangat ampuh menurunkan demam pada tubuh.

Untuk cara membuatnya sendiri cukup mudah, yaitu hanya perlu menumbuk 1 genggam daun sambiloto segar dan kemudian tambahkan air secukupnya atau kira-kira 1/2 gelas. Selanjutnya saring ramuan tersebut, lalu minum hingga habis.

Tidak hanya bisa dijadikan sebagai minuman penurun demam, daun sambiloto juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk mengompres. Untuk caranya, cukup mengambil hasil tumbukan daun sambiloto segar tadi lalu letakan dibagian dahi sebagai kompres.

12 Manfaat Buah Zuriat Arab Untuk Kesehatan dan Program Hamil

2. Manfaat daun sambiloto untuk flu

Manfaat daun sambiloto untuk flu

Manfaat daun sambiloto yang ke-2 adalah sebagai obat flu. Selain bermanfaat sebagai penurun deman, ramuan daun sambiloto ternyata juga sangat ampuh untuk mengatasi flu. Kelebihan dari ramuan herbal atau tradisional ini adalah aman dan tidak mengandung efek samping apapun seperti obat kimia.

Untuk cara membuatnya sendiri cukup menyiapkan bubuk daun sambiloto kering sekitar 1 gram dan air panas. Selanjutnya seduh bubuk daun sambiloto dengan air panas ke dalam cangkir. Jika sudah, minum ramuan herbal daun sambiloto ini dan konsumsi setidaknya 3-4 kali dalam sehari.

9 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Mengolahnya

3. Manfaat daun sambiloto untuk batuk rejan

Manfaat daun sambiloto untuk batuk rejan

Manfaat daun sambiloto yang ke-3 adalah mengobati batuk rejan. Secara umum, batuk rejan adalah batuk yang disebabkan oleh bakteri di paru-paru atau di saluran pernapasan. Batuk yang satu ini termasuk batuk yang mudah menular karena disebabkan oleh infeksi bakteri.

Ciri-ciri dari batuk rejan ini adalah batuk yang berlangsung secara terus menerus dan keras dengan disertai tarikan napas panjang melalui mulut. Bahkan batuk rejan ini tidak jarang pula dapat menyerang seseorang sampai tiga bulan lamanya.

Untuk cara membuat ramuannya sendiri sangatlah mudah, cukup menyiapkan daun sambiloto segar sebanyak 5-7 lembar dan air panas. Selanjutnya seduh daun sambiloto dengan 1/2 gelas air panas. Agar rasanya manis, bisa juga memberikan madu dan aduk hingga rata. Setelah dingin, minum ramuan herbal satu ini setidaknya 3 kali dalam sehari.

20 Khasiat dan Manfaat Tomat Untuk Wajah Beserta Cara Pemakaiannya

4. Manfaat daun sambiloto untuk sakit kepala

Manfaat daun sambiloto untuk sakit kepala

Manfaat daun sambiloto yang ke-4 adalah meredakan sakit kepala. Sakit kepala memang dapat mengganggu aktivitas dikarenakan membuat kita menjadi sulit berkonsentrasi dan berpikir jernih. Bahkan tidak jarang pula sakit kepala membuat kita sulit membuka mata dikarenakan rasa sakitnya yang begitu luar biasa.

Nah bagi kamu yang mengalami hal tersebut, cobalah mengonsumsi ramuan herbal dari daun sambiloto ini. Untuk cara membuatnya sendiri umumnya sama seperti untuk sakit demam, yaitu hanya perlu menumbuk 1 genggam daun sambiloto segar dan kemudian tambahkan air secukupnya atau kira-kira 1/2 gelas. Selanjutnya saring ramuan tersebut, lalu minum hingga habis.

5 Manfaat Ikan Lele Dan Efek Sampingnya Untuk Kesehatan

5. Manfaat daun sambiloto untuk diabetes

Manfaat daun sambiloto untuk diabetes

Manfaat daun sambiloto yang ke-5 adalah mengatasi diabetes. Apakah kamu seorang penderita diabetes? Jika iya, sebaiknya sering-sering mengonsumsi ramuan herbal dari daun sambiloto ini. Untuk cara membuatnya sendiri cukup menyiapkan segenggam daun sambiloto yang telah dicuci bersih dan 3 gelas air.

Selanjutnya rebus daun sambiloto dengan 3 gelas air yang telah disiapkan sampai mendidih dan biarkan airnya menyusut sampai menjadi 2 gelas. Jika sudah, saring hasil rebusan daun sambiloto tersebut dengan menggunakan saringan teh, lalu minum sesudah makan.

10 Manfaat Puasa Senin Kamis Untuk Spritual, Kecantikan, dan Kesehatan Bagi Pria dan Wanita

6. Manfaat daun sambiloto untuk tifus

Manfaat daun sambiloto untuk tifus

Manfaat daun sambiloto yang ke-6 adalah sebagai obat tifus. Penyakit tifus atau yang lebih dikenal dengan sebutan tipes merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya infeksi bakteri bernama Salmonella typhi yang umumnya terjangkit baik itu berasal dari makanan dan minuman yang terkontaminasi.

Seseorang yang terkena penyakit tifus biasanya akan menunjukan beberapa tanda dan gejalanya saat 1-3 minggu setelah terinfeksi. Gejala pada penyakit tifus ini umumnya adalah sakit kepala, sakit perut, diare atau konstipasi, dan demam tinggi.

Nah bagi kamu yang sedang terkena penyakit tipus, tidak ada salahnya untuk mencoba minuman herbal daun sambiloto. Hal ini dikarenakan daun sambiloto dipercaya efektif mengobati penyakit tifus. Untuk cara membuatnya ramuan herbal ini, hanya perlu menyiapkan 10-15 lembar daun sambiloto dan 2 gelas air.

Selanjutnya rebus daun sambiloto dengan 2 gelas air tadi sampai mendidih atau hingga airnya menyusut setengahnya (kira-kira 1 gelas). Jika sudah, maka minumlah ramuan herbal daun sambiloto ini selagi hangat.

13 Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan dan Cara Mengolahnya

7. Manfaat daun sambiloto untuk malaria

Manfaat daun sambiloto untuk malaria

Manfaat daun sambiloto yang ke-7 adalah sebagai anti malaria. Selain tifus, daun sambiloto ternyata juga sangat ampuh menangkal maupun mengobati penyakit infeksi yang disebabkan oleh parasit Plasmodium atau yang disebut juga malaria.

Sebagaimana yang diketahui jika malaria merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kematian dan terbilang sangat berbaya, apalagi penyakit infeksi yang disebabkan oleh parasit Plasmodium vivax dan Plasmodium falciparum.

Nah bagi kamu yang ingin terhidar atau mengobati sakit malaria, cobalah mengonsumsi ramuan herbal daun sambiloto. Untuk cara membuatnya sendiri, cukup menyiapkan 4 gelas air dan segenggam daum sambiloto. Selanjutnya rebus daun sambiloto dengan air hingga mendidih dan menyusut menjadi 2 gelas.

Jika sudah, saring hasil rebusan tersebut dan minum ramuan ini secara teratur 3 kali sehari sebanyak 1/2 gelas. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur sampai kondisi mulai membaik dan sembuh.

8 Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya

8. Manfaat daun sambiloto untuk asam urat

Manfaat daun sambiloto untuk asam urat

Manfaat daun sambiloto yang ke-8 adalah sebagai pencegah dan pereda asam urat. Secara umum, asam urat atau (gout) merupakan kondisi penyakit yang umumnya ditandai dengan adanya pembengkakan yang disertai dengan rasa panas dipersendian, sehingga menimbulkan rasa nyeri yang tidak tertahankan.

Kondisi ini biasanya dapat terjadi di semua bagian tubuh. Akan tetapi bagian tubuh seperti sendi pergelangan kaki, jari tangan, jari kaki dan lutut-lah yang sering terkena penyakit asam urat. Nah bagi kamu yang tidak ingin terkena asam urat atau sedang ingin mengobatinya, maka cobalah mengonsumsi ramuan daun sambiloto ini.

Untuk cara membuatnya sendiri kamu hanya perlu menyiapkan beberapa ruas kunyit, beberapa lembar daun sambiloto dan 1 gelas air. Selanjutnya rebus kedua bahan tersebut dengan 1 gelas air hingga mendidih. Jika sudah, dinginkan terlebih dahulu lalu minum secara teratur.

17 Manfaat Jus Tomat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

9. Manfaat daun sambiloto untuk TB paru

Manfaat daun sambiloto untuk TB paru

Manfaat daun sambiloto yang ke-9 adalah sebagai obat TB paru. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus, dan jamur ini bisa dibilang penyakit yang sangat berbahaya dikarenakan dapat menyebabkan kematian. Bahkan di Indonesia sendiri penyakit TB paru ini merupakan penyakit penyebab kematian ke-3 sesudah penyakit kardiovaskuler dan tuberkolosis

Nah bagi kamu yang sedang terkena TB paru, sebaiknya perbanyaklah mengonsumsi ramuan daun sambiloto. Untuk cara membuatnya sendiri, kamu hanya perlu mengeringkan 9-15 daun sambiloto dan menyiapkan 3 gelas air. Jika daun sambiloto sudah kering, maka rebuslah dengan 3 gelas air tadi hingga mendidih dan tersisa menjadi 1 gelas. Selanjutnya saring dan minum air tersebut minimal 2 kali dalam sehari (1/2 gelas setiap kali minum).

16 Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan dan Kecantikan

10. Manfaat daun sambiloto untuk gigi

Manfaat daun sambiloto untuk gigi

Manfaat daun sambiloto yang ke-10 adalah obat sakit gigi. Apakah kamu sering merasakan sakit gigi? jika iya, maka cobalah mengobatinya dengan ramuan herbal daun sambiloto. Untuk cara membuatnya ramuannya sendiri cukup menyiapkan 9-15 daun sambiloto dan 3 gelas air.

Selanjutnya rebus daun sambiloto dengan 3 gelas air tersebut hingga menyusut dan tersisa menjadi 1 gelas. Jika sudah, saring dan minum hasil rebusan tersebut setidaknya 2 kali dalam sehari.

11 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

11. Manfaat daun sambiloto untuk wajah

Manfaat daun sambiloto untuk wajah

Manfaat daun sambiloto yang ke-11 adalah mempercantik wajah. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, daun sambiloto ternyata juga bermanfaat untuk kecantikan, salah satunya adalah mempercantik kulit wajah. Untuk caranya, kamu hanya perlu menghaluskan beberapa helai daun sambiloto dan menyimpannya ke dalam kain untuk kemudian diletakkan dibagian kulit yang diinginkan (terutama wajah).

18 Manfaat Timun Untuk Wajah, Bibir, dan Mata Beserta Cara Menggunakannya

12. Manfaat daun sambiloto untuk radang tenggorokan

Manfaat daun sambiloto untuk radang tenggorokan

Manfaat daun sambiloto yang ke-12 adalah meringankan hingga meredakan radang tenggorokan. Secara umum, radang tenggorokan disebabkan oleh virus dan bakteri yang menimbulkan rasa sakit serta tidak nyaman di tenggorokan, seperti sakit saat menelan, panas dalam, dan lain sebagainya.

Nah bagi kamu yang saat ini sedang mengalami radang tenggorokan, maka cobalah mengatasinya dengan mengonsumsi ramuan herbal dari daun sambiloto. Untuk cara pembuatannya sendiri cukup menyiapkan 1 gram daun sambiloto yang sudah dalam bentuk bubuk. Selanjutnya seduh bubuk daun sambiloto tersebut dengan air panas. Biarkan air tersebut dingin terlebih dahulu lalu minumlah secara rutin 3-4 kali dalam sehari.

12 Manfaat dan Efek Samping Folavit Untuk Ibu Hamil dan Bayi

13. Manfaat daun sambiloto untuk flek hitam

Manfaat daun sambiloto untuk flek hitam

Manfaat daun sambiloto yang ke-13 adalah flek hitam di wajah. Selain dapat menghaluskan wajah, daun sambiloto ternyata juga sangat ampuh menghilangkan flek hitam di wajah. Bahkan penggunaan daun sambiloto untuk wajah terbilang sangat aman dan tidak menimbulkan efek samping apapun.

Untuk cara pembuatan ramuannya sendiri sama seperti point nomer 11, yaitu hanya perlu menghaluskan beberapa helai daun sambiloto dan menyimpannya ke dalam kain untuk kemudian diletakkan dibagian kulit yang diinginkan (terutama wajah).

21 Khasiat dan Manfaat Lemon Untuk Wajah, Bibir, Mata, Beserta Cara Menggunakannya

14. Manfaat daun sambiloto untuk jerawat

Manfaat daun sambiloto untuk jerawat

Manfaat daun sambiloto yang ke-14 adalah anti jerawat. Tidak hanya dapat menghaluskan dan menghilangkan flek hitam di wajah, daun sambiloto ternyata juga sangat ampuh mencegah sekaligus juga mengusir pertumbuhan bakteri penyebab jerawat di wajah.

Untuk caranya sendiri kamu bisa menjadikan daun sambiloto sebagai obat dalam maupun obat luar. Untuk obat dalam, kamu hanya perlu meminum rebusan daun sambiloto. Sedangkan untuk obat luar, kamu hanya perlu menghaluskan beberapa daun sambiloto yang sebelumnya telah dicuci bersih sampai berbentuk ekstrak. Selanjutnya olehkan ekstrak daun sambiloto ke wajah.

11 Manfaat dan Efek Samping Cream HN Untuk Wajah

15. Manfaat daun sambiloto untuk keputihan

Manfaat daun sambiloto untuk keputihan

Manfaat daun sambiloto yang ke-15 adalah mengatasi keputihan. Apakah kamu sering mengalami keputihan? Jika iya, maka atasi keputihan tersebut dengan menggunakan daun sambiloto. Untuk caranya, siapkan 30 gram daun sambiloto kering dan daun sirih. Selanjutnya rebus daun tersebut ke dalam 3 gelas air sampai mendidih.

Jika sudah, dinginkan air rebusan tersebut dan pakailah untuk membersihkan area kewanitaan 2 kali dalam sehari untuk menjaga kesehatannya sekaligus juga menghindari keputihan berlebih.

Nah itulah 15 manfaat daun sambiloto untuk wajah, kecantikan, dan kesehatan yang dapat kamu terapkan di rumah. Selamat mencoba.

15 Manfaat Kol atau Kubis Bagi Kesehatan Tubuh

1 2 3 4 5 6 7