12 Manfaat dan Efek Samping Folavit Untuk Ibu Hamil dan Bayi

XASXUS.com - Apakah kamu pernah mendengar bahwa folavit baik untuk ibu hamil? Jika iya, maka hal tersebut memang benar adanya. Sebagaimana yang diketahui jika asam folat pada suplemen folavit memang sangat dibutuhkan bagi ibu hamil maupun bayi yang ada di dalam kandungannya.

Manfaatnya yang begitu baik untuk ibu hamil, membuat banyak dari para dokter yang kemudian menganjurkan para ibu hamil untuk mengonsumsi folavit secara rutin dan teratur. Tidak hanya asam folat dalam bentuk suplemen, asam folat yang berasal dari makanan seperti sayur dan buah-buahan juga sangat dianjurkan bagi ibu hamil.

Nah berbicara mengenai manfaat folavit bagi ibu hamil dan bayi, berikut ini adalah 12 manfaat dan efek samping mengonsumsi folavit bagi kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungan, diantaranya.

1. Manfaat folavit untuk sel darah merah

Manfaat folavit untuk sel darah merah

Manfaat folavit yang ke-1 adalah menunjang produksi sel darah merah dalam tubuh. Seperti yang diketahui jika sel darah merah mempunyai peranan vital bagi tubuh, mulai dari mengedarkan oksigen ke seluruh sel dan jaringan tubuh, serta membantu proses pertukaran gas oksigen dan karbon dioksida saat bernapas.

Nah untuk membentuk sel darah merah tersebut, tubuh umumnya membutuhkan cyanocobalamin (vitamin B12), zat besi, dan asupan asam folat. Oleh sebab itu, dengan mengonsumsi suplemen folavit secara tidak langsung sudah memenuhi produksi sel darah merah dalam tubuh.

9 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Mengolahnya

2. Manfaat folavit untuk bayi di dalam rahim

Manfaat folavit untuk bayi di dalam rahim

Manfaat folavit yang ke-2 adalah mencegah bayi lahir cacat. Nah bagi ibu hamil yang tidak ingin janin di dalam kandungannya lahir dalam kondisi cacat, maka sebaiknya mengonsumsi suplemen folavit. Hal ini dikarenakan asam folat sudah terbukti secara ilmiah dapat mengurangi kemungkinan bayi lahir dengan cacat bawaan (termasuk juga bibir sumbing).

Bahkan menurut penelitian, ibu hamil yang mengonsumsi asupan asam folat secara teratur dan rutin berisiko meminimalisir kelahiran bayi cacat. Hal tersebut berbanding terbalik dengan ibu hamil yang tidak mendapat cukup asupan asam folat, yaitu beresiko 3 kali lebih besar.

20 Khasiat dan Manfaat Tomat Untuk Wajah Beserta Cara Pemakaiannya

3. Manfaat folavit untuk wanita hamil

Manfaat folavit untuk wanita hamil

Manfaat folavit yang ke-3 adalah sangat baik untuk wanita hamil. Tidak hanya bagus buat janin di dalam kandungan, asam folat ternyata juga sangat baik bagi kesehatan ibu hamil. Bahkan ibu hamil sangat dianjurkan sekali untuk memenuhi kebutuhan asam folat setidaknya hingga 400 mcg-600 mcg yang bisa di dapatkan pada folavit.

5 Manfaat Ikan Lele Dan Efek Sampingnya Untuk Kesehatan

4. Manfaat folavit untuk anemia

Manfaat folavit untuk anemia

Manfaat folavit yang ke-4 adalah mengatasi gejala anemia pada ibu hamil. Tahukah, saat masa kehamilan ibu hamil biasanya rawan sekali terkena anemia. Secara umum, anemia sendiri adalah kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin guna menyebarkan oksigen ke seluruh organ tubuh.

Nah bagi kamu yang sedang hamil dan sedang mengalami gejala anemia, maka sebaiknya mengatasinya dengan mengonsumsi suplemen Folavit. Sebagaimana yang diketahui jika kandungan asam folat pada Folavit berguna untuk pembentukan sel darah merah.

Selain itu, ibu hamil juga dituntut untuk mengonsumsi zat besi. Sebab keduanya sangat penting untuk membentuk sel darah merah yang berguna untuk mengatasi gejala anemia.

10 Manfaat Puasa Senin Kamis Untuk Spritual, Kecantikan, dan Kesehatan Bagi Pria dan Wanita

5. Manfaat folavit untuk jantung bayi

Manfaat folavit untuk jantung bayi

Manfaat folavit yang ke-5 adalah menghindari kelainan jantung pada bayi. Seperti yang telah dijelaskan pada point nomer 2, dimana menurut penelitian asam folat pada Folavit berperan sangat penting bagi pertumbuhan janin dan mengurangi kemungkinan bayi lahir dengan cacat bawaan.

Selain mengurangi cacat bawaan secara fisik, asam folat juga menghindarkannya janin dari kelainan jantung bawaan. Meskipun kondisi ini jarang terjadi, namun untuk meminimalisir cacat bawaan tersebut, sebaiknya mengonsumsi suplemen Folavit namun tentunya juga diimbangi dengan asupan nutrisi bergizi.

13 Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan dan Cara Mengolahnya

6. Manfaat folavit untuk kecerdasan bayi

Manfaat folavit untuk kecerdasan bayi

Manfaat folavit yang ke-6 adalah mengoptimalkan kecerdasan bayi. Siapa sih yang tidak ingin mempunyai anak cerdas dan memiliki otak yang cemerlang? Setiap orang tua pastinya menginginkan hal tersebut.

Nah agar perkembangan otak bayi saat masih di dalam kandungan tumbuh secara optimal, maka ibu hamil sangat dianjurkan untuk mencukupi asam folat yang bisa didapatkan dari folavit. Selain itu, agar perkembangan otak janin semakin optimal, maka padukan asam folat dengan nutrisi kesehatan lainnya.

15 Manfaat Daun Sambiloto Untuk Wajah, Kesehatan, dan Kecantikan

7. Manfaat folavit untuk menstruasi

Manfaat folavit untuk menstruasi

Manfaat folavit yang ke-7 adalah meringankan sakit akibat menstruasi. Seperti yang telah dijelaskan pada beberapa point sebelumnya jika asam folat yang terdapat pada folavit bermanfaat di dalam menunjang produksi sel darah merah, termasuk pada sel darah wanita yang banyak berkurang saat sedang mengalami menstruasi.

Oleh sebab itu, bagi kamu yang ingin tetap prima dan terhindar dari kelelahan saat menstruasi, maka sebaiknya mengonsumsi suplemen folavit.

17 Manfaat Jus Tomat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

8. Manfaat folavit untuk otak

Manfaat folavit untuk otak

Manfaat folavit yang ke-8 adalah memberi nutrisi otak. Folavit ternyata tidak hanya bermanfaat bagi ibu hamil dan bayi, melainkan juga bermanfaat bagi seseorang yang mengalami depresi maupun gangguan pola pikir lainnya.

Hal ini dikarenakan asam folat pada folvit dapat mengoptimalkan sekaligus juga memaksimalkan kerja otak, sehingga penggunannya juga sangat cocok untuk orang yang sudah lansia atau jompo yang cenderung mulai pikun dan mengalami penyusutan daya ingat otak.

Nah bagi kamu yang sudah mulai mengalami penurunan kinerja otak, maka sebaiknya mengonsumsi suplemen folavit guna menghindari keluhan yang tidak diinginkan.

16 Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan dan Kecantikan

9. Manfaat folavit untuk rambut

Manfaat folavit untuk rambut

Manfaat folavit yang ke-9 adalah baik untuk menumbuhkan rambut. Apakah kamu mengalami kerontokan rambut atau mengalami kebotakan? Jika iya, cobalah mengonsumsi suplemen folavit. Hal ini dikarenakan asam folat pada folavit mampu menumbuhkan rambut pada wanita dan mengatasi kebotakan pada pria sekaligus membantu mengurangi kerontokan rambut.

Asam folat sendiri sebenarnya tidaknya hanya berasal dari suplemen folavit, melainkan juga bisa di dapat di berbagai macam makanan, mulai dari buah-buahan, sayuran, sereal, dan lain sebagainya.

11 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Efek samping folavit bagi tubuh

Meskipun asam folat dari suplemen folavit mempunyai berbagai macam manfaat yang sangat baik bagi tubuh, namun tahukah kamu jika folavit ternyata juga dapat menimbulkan efek samping bagi tubuh. Meskipun demikian, efek samping folavit umumnya tidak membahayakan bagi tubuh. Nah apa sajakah efek samping tersebut? berikut ini ulasan efek samping folavit bagi tubuh.

1. Alergi

Efek samping folavit bagi tubuh - Alergi

Tanda-tanda efek samping alergi ringan:
  • Kulit gatal
  • Biduran

Tanda-tanda efek samping alergi berat:
  • Muntah
  • Mual
  • Syok
  • Tekanan darah rendah
  • Ruam kemerahan di kulit
  • Sesak napas

18 Manfaat Timun Untuk Wajah, Bibir, dan Mata Beserta Cara Menggunakannya

2. Efek samping untuk saluran pencernaan

Efek samping untuk saluran pencernaan

Tanda-tanda efek samping folavit untuk pencernaan:
  • Perasaan mual
  • Kembung
  • Sakit pada abdomen

21 Khasiat dan Manfaat Lemon Untuk Wajah, Bibir, Mata, Beserta Cara Menggunakannya

3. Efek samping untuk sistem saraf pusat

Efek samping untuk sistem saraf pusat

Tanda-tanda efek samping folavit untuk sistem saraf pusat:
  • Insomnia
  • Masalah konsentrasi
  • Tak dapat mengendalikan emosi
  • Gangguan kecemasan
  • Depresi
  • Bingung
  • Gangguan nalar

Umumnya tidak semua orang akan mengalami efek samping dari penggunaan folavit ini. Namun bagi kamu yang khawatir akan efek samping tersebut, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

11 Manfaat dan Efek Samping Cream HN Untuk Wajah

1 2 3 4 5 6