15 Manfaat Buah Duku dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Advertisment

XASXUS.com - Siapa sih yang tidak suka dengan buah duku? Teksturnya yang kenyal dan rasanya yang manis membuat buah yang satu ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Bahkan tidak jarang pula buah duku dijadikan berbagai olahan yang menarik, mulai dari dijadikan permen, dodol, puding, kue, sampai sari buah duku.

Meksipun buah duku banyak digemari, namun tidak jarang pula diantara kita yang masih bertanya-tanya apa manfaat dan efek samping buah duku. Nah berbicara mengenai buah duku, berikut ini adalah 15 ulasan tentang manfaat dan efek samping buah duku bagi kesehatan dan kecantikan.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat buah duku bagi kesehatan - Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat buah duku yang ke-1 adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Nah bagi kamu yang sedang dalam masa pemulihan dari sakit, cobalah mengonsumsi buah duku ini untuk meningkatkan imunitas tubuh sekaligus juga mempercepat proses penyembuhan.

Hal ini dikarenakan asupan bergizi berupa kandungan vitamin C pada buah duku mempunyai manfaat meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit. Sebagaimana yang diketahui jika vitamin C merupakan antioksidan aktif yang dapat membantu memulihkan kembali fungsi tubuh.

18 Manfaat Jus Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

2. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat buah duku untuk kecantikan - Menjaga kesehatan kulit

Manfaat buah duku yang ke-2 adalah menjaga kesehatan kulit. Tidak hanya mengandung vitamin C, buah duku ternyata juga mengandung vitamin E yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Oleh sebab itu, mengonsumsi buah duku secara berkala dan tidak berlebihan akan membuat kulit menjadi lebih sehat.

Hal tersebut terlihat dari kulit wajah yang mulai nampak halus, lembab, cerah dan terhidar dari penuaan dini. Tidak hanya dagingnya saja, kulit buah duku ternyata juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa gatal-gatal dan jerawat dengan cara menggosokannya ke kulit.

12 Manfaat Buah Zuriat Arab Untuk Kesehatan dan Program Hamil

3. Mengendalikan kolesterol

Manfaat buah duku bagi kesehatan - Mengendalikan kolesterol

Manfaat buah duku yang ke-3 adalah mengendalikan kolesterol. Apakah kamu mempunyai masalah dengan kolestrol tinggi? jika iya, cobalah mengonsumsi buah duku. Sebagaimana yang diketahui jika kandungan vitamin C pada buah duku sangat efektif sekali mengendalikan kolesterol dalam darah.

Dimana kandungan vitamin C di dalamnya dapat mengubah kolesterol menjadi asam empedu. Karena manfaat buah duku yang sangat baik bagi tubuh, sehingga sangat disarankan sekali bagi para penderita kolestrol untuk selalu mengkonsumsi buah duku. Seperti yang kita ketahui jika kolestrol tinggi merupakan penyebab utama seseorang mengalami darah tinggi dan diabetes yang dapat menyebabkan kematian.

9 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Mengolahnya

4. Melancarkan pencernaan

Manfaat buah duku bagi pencernaan - Melancarkan pencernaan

Manfaat buah duku yang ke-4 adalah melancarkan pencernaan. Sama seperti buah-buahan pada umumnya, buah duku juga mempunyai serat yang sangat tinggi, yaitu sekitar 2 gram per 100 gram yang membuatnya sangat cocok untuk orang mempunyai masalah dengan pencernaan.

Bahkan tahukah kamu jika kandungan mineral, kalori, dan zat besi pada buah duku lebih banyak jika dibandingan dengan buah jeruk maupun buah apel. Oleh sebab itu mengonsumsi buah duku tidak hanya melancarkan pencernaan, melainkan juga dapat mencegah terjadinya penyakit kanker.

20 Khasiat dan Manfaat Tomat Untuk Wajah Beserta Cara Pemakaiannya

5. Menjaga kelembaban rambut

Manfaat buah duku untuk kecantikan - Menjaga kelembaban rambut

Manfaat buah duku yang ke-5 adalah menjaga kelembaban rambut. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja, buah duku ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Hal ini dikarenakan nutrisi yang terkandung pada buah duku memang dapat menjaga kelembaban rambut.

Untuk caranya penggunannya sendiri cukup mudah, kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau mengolahnya menjadi masker dan olesan untuk rambut. Jika kamu ingin melembabkan rambut dengan cara memakai olesan, jangan lupa untuk memberikan pijatan lebut.

Tidak hanya melembabkan rambut, penggunaan buah duku untuk rambut ternyata juga dapat mencegah kerotokan yang terjadi pada rambut. Hal ini dikarenakan kandungan protein dan nutrisi di dalamnya memang sangat baik untuk kesehatan rambut, sehingga akan membuat rambut menjadi lebih indah.

5 Manfaat Ikan Lele Dan Efek Sampingnya Untuk Kesehatan

6. Sebagai sumber antioksidan

Manfaat buah duku bagi kesehatan - Sebagai sumber antioksidan

Manfaat buah duku yang ke-6 adalah sebagai sumber antioksidan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika buah duku mengandung banyak vitamin C. Nah vitamin C pada buah duku inilah yang berperan sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk menghindari tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Kerusakan diakibatkan oleh radikal bebas tersebut umumnya disebabkan oleh proses pencernaan yang mengubah makanan menjadi energi di dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, antioksidan pada buah duku juga berperan penting dalam menghindarkan tubuh dari berbagai kerusakan yang disebabkan oleh polusi maupun zat beracun.

10 Manfaat Puasa Senin Kamis Untuk Spritual, Kecantikan, dan Kesehatan Bagi Pria dan Wanita

7. Mencegah penuaan dini

Manfaat buah duku untuk kecantikan - Mencegah penuaan dini

Manfaat buah duku yang ke-7 adalah mencegah penuaan dini. Secara umum, penuaan dini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah radikal bebas. Seperti yang dijelaskan pada point sebelumnya, dimana vitamin C yang berperan sebagai antioksidan pada buah duku berguna untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas.

Oleh sebab itu, mengonsumsi buah duku secara berkala dan tidak berlebihan dapat membuat wajah terhindar dari penuaan dini. Bahkan kandungan vitamin C pada buah duku juga dapat melindungi karbohidrat, protein, asam nukleat, dan lipid dari kerusakan yang disebabkan oleh polusi atau racun dan radikal bebas.

13 Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan dan Cara Mengolahnya

8. Menguatkan gigi

Manfaat buah duku untuk gigi - Menguatkan gigi

Manfaat buah duku yang ke-8 adalah menguatkan gigi. Tahukah kamu, jika buah duku ternyata mempunyai kandungan fosfor yang sangat dibutuhkan oleh tulang, termasuk gigi. Maka dari itu, mengonsumsi buah duku secara tidak langsung akan membuat gigi menjadi lebih sehat dan kuat.

15 Manfaat Daun Sambiloto Untuk Wajah, Kesehatan, dan Kecantikan

9. Menjaga kesehatan gusi

Manfaat buah duku untuk gusi - Menjaga kesehatan gusi

Manfaat buah duku yang ke-9 adalah menjaga kesehatan gusi. Tidak hanya bermanfaat untuk gigi saja, kandungan pada buah duku ternyata juga berguna untuk kesehatan gusi. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang cukup tinggi di dalamnya berkhasiat menjaga kesehatan gusi.

17 Manfaat Jus Tomat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

10. Menurunkan berat badan

Manfaat buah duku untuk diet - Menurunkan berat badan

Manfaat buah duku yang ke-10 adalah menurunkan berat badan. Apakah kamu sedang menjalani program diet? Jika iya, maka tidak ada salahnya untuk memasukan buah yang satu ini. Sebagaimana yang diketahui jika kandungan pada buah duku bisa membantu tubuh mendapatkan carnitine, dimana carnitine akan mengarahkan molekul lemak ke jaringan pembakaran lemak.

Hal ini dikarenakan jika terjadi kekurangan molekul lemak, maka tubuh akan merasakan kurang energi dan mudah lelah, sehingga molekul lemak ini sangat diperhatikan untuk siapapun yang sedang menjalani program diet atau menurunkan berat badan. Oleh sebab itu, jika carnitine dalam tubuh berkurang, maka otomatis terjadi penimbunan lemak.

16 Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan dan Kecantikan

11. Mengatasi demam

Manfaat buah duku untuk kesehatan - Mengatasi demam

Manfaat buah duku yang ke-11 adalah mengatasi demam. Apakah kamu sedang demam? jika iya, cobalah mengonsumsi ramuan dari buah duku. Untuk cara membuatnya, kamu cukup menumbuk biji dari buah duku hingga halus dan mencampurkannya dengan air. Jika sudah, minum hasil campuran tersebut setidaknya sehari 1 kali.

11 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Efek samping buah duku bagi tubuh

Meskipun buah duku mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan tubuh, namun tahukah kamu jika mengonsumsi buah duku secara berlebihan justru memberikan efek samping yang tidak baik bagi tubuh dan beberapa penderita penyakit lainnya. Nah apa sajakah efek samping buah duku bagi tubuh? berikut ini ulasannya.

1. Meningkatkan level trigliserida

Efek samping buah duku bagi kesehatan - Meningkatkan level trigliserida

Efek samping buah duku yang ke-1 adalah meningkatkan level trigliserida. Menurut U.S. Department of Agricultural, idealnya mengonsumsi buah-buahan adalah dua cangkir perhari, termasuk juga dengan buah duku. Hal ini dikarenakan seseorang yang mengonsumsi buah-buahan secara berlebihan justru berdampak buruk bagi tubuh, yaitu meningkatnya triglyceride.

Apa itu triglyceride? Secara umum, triglyceride merupakan senyawa kimia yang mempunyai potensi menyebabkan penyakit jantung. Seperti yang kita ketahui jika penyakit jantung merupakan penyakit yang tidak bisa dianggap enteng dan bisa berdampak kematian.

18 Manfaat Timun Untuk Wajah, Bibir, dan Mata Beserta Cara Menggunakannya

2. Berbahaya untuk penderita kanker

Efek samping buah duku bagi kesehatan - Berbahaya untuk penderita kanker

Efek samping buah duku yang ke-2 adalah berbahaya untuk penderita kanker. Sebagaimana yang diketahui jika penderita kanker sangat diajurkan untuk tidak mengonsumsi buah-buahan yang mengandung alkhohol, seperti buah duku, namgka, lengkeng, anggur, durian, dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan buah-buahan yang mengandung alkhohol justru dapat memicu kembalinya sel kanker.

12 Manfaat dan Efek Samping Folavit Untuk Ibu Hamil dan Bayi

3. Menyebabkan maag

Efek samping buah duku bagi kesehatan - Menyebabkan maag

Efek samping buah duku yang ke-3 adalah menyebabkan maag. Apakah kamu mempunyai riwayat penyakit maag? Jika iya, maka buah duku sangat diajurkan untuk tidak konsumsi. Hal ini dikarenakan buah duku mempunyai getah yang jusru dapat membuat lambung menjadi melilit.

Selain itu, buah duku juga termasuk buah-buahan yang sukar dicerna oleh lambung. Maka dari itu, jika kamu ingin mengonsumsi buah duku, sebaiknya jangan berlebihan agar penyakit maag tidak kambuh.

21 Khasiat dan Manfaat Lemon Untuk Wajah, Bibir, Mata, Beserta Cara Menggunakannya

4. Berbahaya bagi penderita diabetes

Efek samping buah duku bagi kesehatan - Berbahaya bagi penderita diabetes

Efek samping buah duku yang ke-4 adalah berbahaya bagi penderita diabetes. Seperti yang diketahui jika buah duku mengandung fruktosa yang cukup tinggi, dimana jenis hidrat arang ini akan diproses di dalam hati menjadi gula darah dan lemak, sehingga sangat diajurkan untuk tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Penderita diabetes juga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air da serat, seperti buah pepaya, belimbing, kedondong, bengkoang, jambu, jeruk, dan lain sebagainya.

11 Manfaat dan Efek Samping Cream HN Untuk Wajah

1 2 3 4 5 6 7