15 Tips Cara Menjadi Suami Yang Baik Menurut Islam


15 Tips Cara Menjadi Suami Yang Baik Menurut Islam

XASXUS.com - Dalam membangun keluarga, menjadikan keluarga yang sakinah, mawadah, dan wa rahmah tentunya menjadi tujuan setiap keluarga, terutama setiap keluarga islam. Namun untuk menggapai tujuan tersebut tentunya tidak mudah,dibutuhkan seorang pemimpin atau suami yang baik agar dapat menggapai tujuan tersebut.

Sedangkan tugas seorang istri adalah membantu suami untuk menggapai tujuan tersebut. Nah berbicara mengenai suami yang baik, apa saja tips dan cara menjadi suami yang baik menurut islam? dibawah ini adalah 15 tips cara menjadi suami yang baik menurut islam yang dapat kamu praktekan.

Daftar Isi

1. Suami yang baik memiliki iman dan takwa

Tips cara menjadi suami yang baik menurut islam - Suami yang baik memiliki iman dan takwa

Tips cara menjadi suami yang baik menurut islam yang ke-1 adalah memiliki iman dan takwa. Mengapa harus memiliki iman dan takwa? sebab suami yang baik dalam islam merupakan suami yang dalam kehidupannya selalu taat kepada sang pencipta, yaitu kepada Allah. Hal ini dikarenakan suami yang selalu taat kepada Allah akan selalu rajin beribadah dan dimudahkan segala urusan pribadinya sekaligus juga urusan keluarganya.

2. Suami yang baik memiliki akhlak mulia

Tips cara menjadi suami yang baik menurut islam - Suami yang baik memiliki akhlak mulia

Tips cara menjadi suami yang baik menurut islam yang ke-2 adalah memiliki akhlak mulia. Mengapa harus memiliki akhlak mulia? sebab suami yang baik menurut islam adalah suami yang selalu dapat menjaga hubungan baik dengan orang lain, terutama kepada Allah. Seorang suami yang mempunyai akhlak mulia sama saja menghindarkan diri perkataan dan perbuatan yang kotor. Bagi istri sendiri, suami yang mempunyai akhlak mulia secara tidak langsung akan selalu berbuat baik dan lembut kepada istrinya.

3. Suami yang baik bisa menjadi pemimpin keluarga

Tips cara menjadi suami yang baik menurut islam - Suami yang baik bisa menjadi pemimpin keluarga

Tips cara menjadi suami yang baik menurut islam yang ke-3 adalah bisa menjadi pemimpin keluarga. Sebagaimana yang diketahui jika suami dalam keluarga ibarat seorang nahkoda yang sedang memimpin perjalanan mengarungi lautan supaya sampai pada tujuannya, yaitu bisa menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, dan wa rahmah.

Hal tersebut wajar saja, sebab menurut islam, kelak nanti suami akan dimintai pertanggungjawabannya sebagai seorang pemimpin keluarga, yaitu apakah dapat membahagiakan istri dan anak-anaknya atau tidak. Oleh sebab itu, dalam berumah tangga suami dituntut untuk dapat membuat keputusan-keputusan yang dapat memperhatikan hak dan kewajiban setiap anggota keluarganya.

4. Suami yang baik memberikan nafkah yang halal

Tips cara menjadi suami yang baik menurut islam - Suami yang baik memberikan nafkah yang halal

Tips cara menjadi suami yang baik menurut islam yang ke-4 adalah memberikan nafkah yang halal. Dalam islam sendiri, memberikan nafkah keluarga merupakan kewajiban dari seorang suami. Namun sebagai suami yang baik, islam telah menjelaskan bahwasannya dalam menafkahi keluarga harus dengan cara-cara yang halal, termasuk seperti memberikan tempat tinggal yang layak, pakaian, dan tentunya makanan. Meskipun demikian, pemberian nafkah haruslah sesuai dengan porsi kebutuhan namun tidak kekurangan dan tidak berlebihan.

5. Suami yang baik dapat menjadi teladan bagi istri dan anak-anaknya

Tips cara menjadi suami yang baik menurut islam - Suami yang baik dapat menjadi teladan bagi istri dan anak-anaknya

Tips cara menjadi suami yang baik menurut islam yang ke-5 adalah menjadi teladan bagi istri dan anak-anaknya. Nah selain memberikan nafkah, menjadi teladan yang baik bagi istri dan anak-anaknya juga merupakan kewajiban seorang suami, seperti membagikan ilmu agama, memberikan sifat-sifat baik kepada keluarganya, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, suami yang baik dalam islam juga diharapkan dapat membawa keluarganya kepada kesuksesan, baik itu kesuksesan di dunia maupun di akhirat.

6. Suami yang baik selalu berhusnudzon dan memuliakan istri

Tips cara menjadi suami yang baik menurut islam - Suami yang baik selalu berhusnudzon dan memuliakan istri

Tips cara menjadi suami yang baik menurut islam yang ke-6 adalah berhusnudzon dan memuliakan istri. Husnudzon atau berprasangka baik merupakan sifat yang memang harus dimiliki setiap manusia, baik itu berprasangka baik kepada sesama maupun kepada Allah. Nah sebagai suami yang baik, maka harus mempunyai sifat tersebut. Dengan begitu, secara tidak langsung suami akan selalu memuliakan istrinya.

7. Suami yang baik dapat selalu menjaga penampilan

Tips cara menjadi suami yang baik menurut islam - Suami yang baik dapat selalu menjaga penampilan

Tips cara menjadi suami yang baik menurut islam yang ke-7 adalah selalu menjaga penampilan. Mengapa suami yang baik menurut islam harus selalu menjaga penampilan? sebab Allah menyukai keindahan dan kebersihan adalah sebagian dari iman.

Oleh sebab itu, untuk menjadi suami yang baik harus selalu tampil rapi, bersih, wangi dan tentunya harus memantaskan diri dalam berpakaian sesuai syariat Islam. Dengan begitu, secara tidak langsung juga akan memberikan kenyamanan dalam keluarga, terutama kepada sang istri yang memang pada dasarnya ingin agar suaminya dapat menjaga penampilannya.

8. Suami yang baik tidak mengumbar aib keluarga

Tips cara menjadi suami yang baik menurut islam - Suami yang baik tidak mengumbar aib keluarga

Tips cara menjadi suami yang baik menurut islam yang ke-8 adalah tidak mengumbar aib keluarga. Setiap manusia pastinya mempunyai kelebihan dan kekurangan, begitupun dengan istri dan anggota keluarga lainnya. Namun sebagai suami yang baik menurut islam, tidak mengumbar kekurangan atau aib keluarga merupakan suatu keharusan.

Sebab tahukah kamu jika keluh kesah mengenai hal-hal buruk tentang istri maupun anggota keluarga merupakan pertanda kurang baik bagi keharmonisan keluarga. Selain itu, bukankah sejak awal sudah berkomitmen untuk siap menerimanya dengan segala kelebihan maupun kekurangannya.

9. Suami yang baik selalu menepati janji

Tips cara menjadi suami yang baik menurut islam - Suami yang baik selalu menepati janji

Tips cara menjadi suami yang baik menurut islam yang ke-9 adalah selalu menepati janji. Mengapa suami yang baik menurut islam selalu menepati janji? Sebab dalam islam sendiri memenuhi janji termasuk sifat orang-orang bertakwa sekaligus juga sebagai sebab utama dalam menggapai ketakwaan.

Selain itu, waktu dalam islam sangat berharga, sehingga sebagai manusia harus dapat memanfaatkan 5 perkara sebelum 5 perkara, seperti sehat sebelum sakit, muda sebelum tua, senggang sebelum sibuk, kaya sebelum miskin, dan hidup sebelum mati.

10. Suami yang baik dapat membantu istri melakukan pekerjaan rumah

Tips cara menjadi suami yang baik menurut islam - Suami yang baik dapat membantu istri melakukan pekerjaan rumah

Tips cara menjadi suami yang baik menurut islam yang ke-10 adalah membantu istri melakukan pekerjaan rumah. Meskipun dalam perkembangannya saat ini masih banyak yang beranggapan bahwa bahwa pekerjaan rumah tangga adalah urusan istri, namun tahukah kamu jika menjaga keharmonisan keluarga dibutuhkan kerjasama yang baik antara suami dan istri.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian suami dengan istri. Oleh sebab itu, jika ada kesempatan maka bantulah istri mengerjakan pekerjaan rumah. Dengan begitu, secara tidak langsung sang suami dimata istri sudah menjadi seorang suami yang baik.

11. Suami yang baik dapat mendidik anak-anaknya dengan baik

Tips cara menjadi suami yang baik menurut islam - Suami yang baik dapat mendidik anak-anaknya dengan baik

Tips cara menjadi suami yang baik menurut islam yang ke-11 adalah mendidik anak-anaknya dengan baik. Hampir sama seperti poin sebelumnya, dalam mendidik anak juga dibutuhkan peran suami. Oleh sebab itu, untuk menjadi suami yang baik artinya juga harus dapat membuat anak-anaknya mencintai ilmu dan mengamalkannya bagi negara, bangsa, serta tentu agamanya. Dengan mendidik anak sesuai ajaran agam islam dan mengajak mereka menjalankan perintah Allah sudah secara tidak langsung menjaga mereka semua dari api neraka.

12. Suami yang baik selalu berkata jujur

Tips cara menjadi suami yang baik menurut islam - Suami yang baik selalu berkata jujur

Tips cara menjadi suami yang baik menurut islam yang ke-12 adalah selalu berkata jujur. Mengapa harus memiliki sifat jujur? sebagaimana yang diketahui jika dalam islam seseorang yang berbohong tidak ada nilainya. Oleh sebab itulah seorang suami yang baik harus mempunyai sifat jujur dan berkata terus terang tanpa menutupi apa pun, terutama terhadap istrinya.

13. Suami yang baik dapat meluangkan waktu untuk istrinya

Tips cara menjadi suami yang baik menurut islam - Suami yang baik dapat meluangkan waktu untuk istrinya

Tips cara menjadi suami yang baik menurut islam yang ke-13 adalah meluangkan waktu untuk istrinya. Meskipun seorang suami kebanyakan sibuk dengan pekerjaannya, namun seorang suami yang baik pastinya akan meluangkan waktu untuk istrinya. Oleh sebab itu, saat memiliki waktu luang cobalah untuk sering memberikan senyuman, mengungkapkan rasa cinta, memeluk istri, mengucapkan terimakasih kepada istri atas semua yang dilakukannya, meluangkan waktu untuk bercanda dan mendengarkan apa yang menjadi permintaan istri.

14. Suami yang baik selalu mendoakan istri dan anak-anaknya

Tips cara menjadi suami yang baik menurut islam - Suami yang baik selalu mendoakan istri dan anak-anaknya

Tips cara menjadi suami yang baik menurut islam yang ke-14 adalah selalu mendoakan istri dan anak-anaknya. Seorang suami yang baik tentunya akan bangun di tengah malam, kemudian beribadah serta mengirimkan doa untuk istri dan anak-anaknya, baik itu berdoa untuk meminta kesehatan fisik, emosional, dan spiritualnya yang diutarakan secara lengkap kepada sang pencipta.

15. Suami yang baik adalah suami yang setia

Tips cara menjadi suami yang baik menurut islam - Suami yang baik adalah suami yang setia

Tips cara menjadi suami yang baik menurut islam yang ke-15 adalah setia. Sebagaimana yang diketahui jika kesetian merupakan kunci dari sebuah perkawinan. Oleh sebab itu, suami yang baik dituntut untuk dapat bertanggung jawab menjaga keutuhan keluarganya dengan cara menjaga perasaan istri, tidak mencari-cari perhatian dari wanita lain, dan yang paling penting adalah tidak selingkuh.

Nah itulah 15 tips bagaimana cara menjadi suami yang baik menurut islam. Semoga dengan tips-tips tersebut dapat membuat kamu menjadi kepala keluarga dan suami yang baik sesuai dengan ajaran agama Islam. Jika dilihat secara sekilas memang terlihat sulit, namun jika dilakukan dengan ikhlas, niscaya kamu dapat mempraktekannya.