15 Manfaat Buah Semangka dan Bahaya Semangka Bagi Kesehatan Tubuh

Advertisment

XASXUS.com - Siapa sih yang tidak suka dengan buah semangka? Teksturnya yang renyah dan rasanya yang manis memang paling nikmat disantap ketika cuaca sedang panas. Selain nikmat dan menyegarkan, buah semangka juga mempunyai berbagai macam manfaat dengan kandungan yang dimilikinya.

Sebagaimana yang diketahui jika buah semangka mengandung magnesium, kalium, karbohidrat, vitamin termasuk vitamin A dan C, serta antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh. Nah berbicara mengenai manfaat buah semangka, apa saja manfaat buah semangka bagi kesehatan dan kecantikan? dibawah ini 15 manfaat buah semangka beserta bahaya semangka bagi kesehatan tubuh.

1. Menjaga kelembapan kulit

Manfaat buah semangka untuk kesehatan - Menjaga kelembapan kulit

Manfaat buah semangka yang ke-1 adalah menjaga kelembapan kulit. Nah bagi kamu yang mempunyai masalah kulit seperti kulit bersisik dan kering, mengonsumsi buah semangka bisa menjadi solusi untuk membantu mengatasinya. Seperti yang diketahui jika kandungan kadar air pada buah semangka sangatlah melimpah, sehingga dengan mengonsumsi buah semangka secara tidak langsung sudah memberi kelembapan ekstra pada kulit.

Selain dikonsumsi secara langsung, buah semangka juga bisa dijadikan sebagai masker alami. Bahkan penggunaan masker alami pada kulit dapat memaksimalkan kelembapan kulit. Oleh sebab itu, agar hasil yang di dapatkan lebih maksimal dan sesuai yang diinginkan, maka pakailah masker buah semangka secara rutin dua kali dalam seminggu.

18 Manfaat Jus Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

2. Anti penuaan dini

Manfaat buah semangka untuk kesehatan - Anti penuaan dini

Manfaat buah semangka yang ke-2 adalah anti penuaan dini. Tahukah kamu jika kandungan pada buah semangka ternyata dapat menangkal radikal bebas dari paparan lingkungan yang menyerang kulit, seperti paparan dari asap kendaraan, polusi lingkungan, sampai paparan sinar UV matahari.

Sebagaimana yang diketahui jika paparan lingkungan tersebut dapat menimbulkan berbagai masalah pada kulit, mulai dari timbulnya jerawat, flek hitam, penuaan dini, sampai garis-garis halus. Nah bagi kamu yang ingin terhidar dari berbagai masalah pada kulit, maka buah semangka bisa menjadi solusinya.

Hal tersebut dikarenakan buah semangka mengandung nutrisi kompleks, seperti mengandung vitamin A, C, potassium, likopen, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, kandungan antioksidan pada buah semangka juga dapat membantu tubuh untuk melepaskan timbunan radikal bebas, sehingga penggunannya sendiri akan membuat kulit menjadi lebih sehat dan cerah.

12 Manfaat Buah Zuriat Arab Untuk Kesehatan dan Program Hamil

3. Menangkal kanker

Manfaat buah semangka untuk kesehatan - Menangkal kanker

Manfaat buah semangka yang ke-3 adalah menangkal kanker. Sebagaimana yang diketahui jika kanker merupakan penyakit paling mematikan dan berbahaya. Nah agar terhindar dari penyakit kanker, maka buah semangka bisa menjadi solusinya dikarenakan mengandung vitamin C dan lycopene.

Hal ini dikarenakan kedua kandungan pada buah semangka tersebut sangat berperan penting di dalam melindungi tubuh dari serangan berbagai macam radikal bebas penyebab timbulnya penyakit kanker. Tidak hanya itu saja, bahkan kandungan antioksidan yang sangat tinggi pada buah semangka juga bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan penyakit ganas lainnya.

9 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Mengolahnya

4. Memelihara kesehatan ginjal

Manfaat buah semangka untuk kesehatan - Memelihara kesehatan ginjal

Manfaat buah semangka yang ke-4 adalah memelihara kesehatan ginjal. Sebagaimana yang diketahui jika organ ginjal sangat berperan penting bagi kesehatan tubuh, mulai dari menyaring darah, memantau dan mengendalikan keseimbangan air dalam tubuh, menyaring dan membuang limbah, mengatur sel darah merah, mengatur tekanan darah dan tingkat garam dalam darah, mengatur keseimbangan asam-basa (pH) darah, menghasilkan bentuk aktif dari vitamin D, serta menjaga konsentrasi mineral dan elektrolit.

Karena pentingnya organ ginjal bagi kesehatan tubuh, maka memelihara kesehatan ginjal adalah suatu hal yang harus dilakukan, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi buah semangka. Seperti yang diketahui jika buah semangka mengandung vitamin kompleks dan kalium yang sangat dibutuhkan tubuh, terutama dalam membantu fungsi kerja ginjal, mulai dari membantu melancarkan proses ekskresi, membersihkan zat-zat racun yang mengendap di ginjal, membuat proses pembuangan racun dan zat sisa makanan dalam tubuh berjalan dengan lebih maksimal, serta mengurangi kadar asam urat yang bisa memicu terbentuknya batu ginjal.

20 Khasiat dan Manfaat Tomat Untuk Wajah Beserta Cara Pemakaiannya

5. Memelihara kesehatan tulang

Manfaat buah semangka untuk kesehatan - Memelihara kesehatan tulang

Manfaat buah semangka yang ke-5 adalah memelihara kesehatan tulang. Nah bagi kamu yang mempunyai masalah tulang, mengonsumsi buah semangka bisa menjadi solusinya. Hal ini dikarenakan buah semangka mengandung senyawa likopen yang berguna untuk memelihara fungsi kerja tulang. Bahkan kandungan kalsium pada buah semangka juga berguna untuk membentuk kepadatan tulang, sehingga secara tidak langsung akan menghindarkan tubuh dari penyakit osteoporosis.

17 Manfaat Jus Tomat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

6. Memelihara kesehatan jantung

Manfaat buah semangka untuk kesehatan - Memelihara kesehatan jantung

Manfaat buah semangka yang ke-6 adalah memelihara kesehatan jantung. Tidak hanya bermanfaat memelihara kesehatan tulang, kandungan likopen pada buah semangka ternyata juga berguna untuk memelihara kesehatan jantung, mulai dari menurukan risiko penyakit jantung, melindungi sel jantung dari kerusakan, dan lain sebagainya.

21 Khasiat dan Manfaat Lemon Untuk Wajah, Bibir, Mata, Beserta Cara Menggunakannya

7. Menghidrasi tubuh

Manfaat buah semangka untuk kesehatan - Menghidrasi tubuh

Manfaat buah semangka yang ke-7 adalah menghidrasi tubuh. Sebagaimana yang diketahui jika 92% buah semangka adalah air dan elektrolit yang bermanfaat untuk menghidrasi tubuh. Oleh sebab itu, mengonsumsi buah semangka secara tidak langsung sudah membuat tubuh terhindar dari dehidrasi.

8 Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya

8. Memelihara kesehatan rambut

Manfaat buah semangka untuk kesehatan - Memelihara kesehatan rambut

Manfaat buah semangka yang ke-8 adalah memelihara kesehatan rambut. Siapa sih yang tidak ingin mempunyai rambut sehat dan terhidar dari berbagai masalah? Salah satu caranya adalah dengan menggunakan buah semangka. Sebagaimana yang diketahui jika kandungan vitamin A pada buah semangka bermanfaat bagi kesehatan rambut dan kulit, seperti membantu menjaga kulit dan batang rambut tetap sehat, membantu mendorong pertumbuhan sel kolagen dan elastin yang sehat, dan lain sebagainya.

10 Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan dan Kecantikan

9. Mengatasi nyeri otot

Manfaat buah semangka untuk kesehatan - Mengatasi nyeri otot

Manfaat buah semangka yang ke-9 adalah mengatasi nyeri otot. Apakah kamu sering mengalami nyeri otot? jika iya, maka kamu bisa mengatasinya dengan buah semangka. Menurut beberapa studi, mengonsumsi jus semangka bisa menenangkan otot setelah berolahraga. Bahkan mengonsumsi jus semangka 1 jam sebelum berolahraga dapat membuat seseorang kebal dari risiko nyeri otot sekaligus juga membuat denyut jantung stabil.

10 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh

10. Bantu turunkan tekanan darah

Manfaat buah semangka untuk kesehatan - Bantu turunkan tekanan darah

Manfaat buah semangka yang ke-10 adalah bantu turunkan tekanan darah. Apakah kamu mempunyai masalah dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi? Jika iya, cobalah untuk mengonsumsi buah semangka dengan kulitnya. Sebagaimana yang diketahui jika kandungan citrulline pada kulit buah semangka dapat menstabilkan tekanan darah. Untuk cara penggunannya sendiri cukup mudah, yaitu cukup membekukan irisan buah semangka beserta kulitnya sebelum dikonsumsi.

12 Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Bahaya mengkonsumsi buah semangka berlebihan

Meskipun buah semangka mempunyai banyak manfaat untuk kulit, kesehatan, dan kecantikan, namun tahukah jika mengonsumsi buah semangka secara berlebihan mempunyai efek samping yang tidak baik bagi tubuh. Apa sajakah efek samping semangka untuk tubuh? berikut 5 bahaya buah semangka untuk tubuh.

1. Hiperkalemia

Bahaya mengonsumsi buah semangka berlebihan - Hiperkalemia

Bahaya buah semangka yang ke-1 adalah hiperkalemia. Secara umum, hiperkalemia adalah suatu kondisi dimana jumlah kalium dalam darah sangat tinggi yang dapat menyebabkan terganggunya aktivitas listrik di dalam jantung yang ditandai dengan melambatnya detak jantung dan bahkan jantung dapat berhenti berdetak serta menyebabkan kematian.

Lantas mengapa mengonsumsi buah semangka secara berlebihan dapat mengalami hiperkalemia? Sebagaimana yang diketahui jika buah semangka sangat kaya akan potassium atau kalium yang apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu sebuah kondisi yang disebut hiperkalemia. Oleh sebab itu, agar terhindar dari hiperkalemia dan tetap mendapatkan manfaatnya, sebaiknya konsumsi buah semangka sewajarnya saja dan tidak berlebihan.

15 Manfaat Kentang Untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah

2. Gastrointestinal

Bahaya mengonsumsi buah semangka berlebihan - Gastrointestinal

Bahaya buah semangka yang ke-2 adalah gastrointestinal. Meskipun kandungan likopen pada buah semangka dibutuhkan oleh tubuh, namun tahukah kamu jika mengonsumsi buah semangka secara berlebihan justru dapat memicu timbulnya gastrointestinal dan mengganggu sistem pencernaan, seperti tubuh mengalami mual, kembung, diare, muntah, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, agar terhindar dari gastrointestinal dan tetap mendapatkan manfaatnya, sebaiknya konsumsi buah semangka sewajarnya saja dan tidak berlebihan.

15 Manfaat Buah Duku dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan dan Kecantikan

3. Pemicu penyakit diabetes

Bahaya mengonsumsi buah semangka berlebihan - Pemicu penyakit diabetes

Bahaya buah semangka yang ke-3 adalah pemicu penyakit diabetes. Seperti yang diketahui jika buah semangka mengandung glikemik yang cukup tinggi, sehingga apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan kadar insulin dalam pankreas terurai serta kadar gula darah menurun dan timbul penyakit diabetes. Tidak hanya itu saja, buah semangka juga mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, sehingga apabila dikonsumsi secara berlebihan juga dapat berbahaya bagi kadar gula darah.

21 Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan Tubuh Kita

4. Terganggunya stabilitas nutrisi tubuh

Bahaya mengonsumsi buah semangka berlebihan - Terganggunya stabilitas nutrisi tubuh

Bahaya buah semangka yang ke-4 adalah terganggunya stabilitas nutrisi tubuh. Meskipun buah semangka mengandung vitamin kompleks dan antioksidan yang berguna bagi tubuh, seperti membersihkan zat-zat sisa dan racun dalam tubuh, namun tahukah kamu jika mengonsumsi buah semangka secara berlebihan justru dapat memberikan efek buruk bagi tubuh dikarenakan nutrisi-nutrisi penting yang terkandung di dalam tubuh juga ikut terbuang dan dibersihkan.

14 Manfaat Masker Putih Telur Beserta 5 Cara Membuat Maskernya

5. Darah rendah (hipotensi)

Bahaya mengonsumsi buah semangka berlebihan - Darah rendah (hipotensi)

Bahaya buah semangka yang ke-5 adalah darah rendah (hipotensi). Seperti yang diketahui sebelumnya jika salah satu manfaat buah semangka adalah membantu turunkan tekanan darah. Namun tahukah kamu jika manfaat tersebut akan menjadi berbahaya bagi tubuh apabila mengonsumsi buah semangka secara berlebihan, dimana justru akan membuat tekanan darah menjadi rendah atau hipotensi.

9 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh Dan Cara Mengolahnya

1 2 3 4 5