15 Fakta Menarik Tentang Wanita Jawa Yang Belum Banyak Diketahui

Advertisment

XASXUS.com - Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang terdiri dari berbagai macam suku, mulai dari suku Sunda, Bali, Jawa, Bungis, Dayak, dan lain sebagainya. Namun pada artikel kali ini kita akan membahas suku dengan jumlahnya yang sangat banyak, yaitu suku Jawa.

Nah berbicara mengenai suku Jawa, tentunya tidak lepas dari wanita Jawa. Tahukah kamu ternyata ada beberapa fakta menarik tentang wanita Jawa yang belum banyak diketahui orang. Apa sajakah itu? nah dibawah ini adalah 15 fakta menarik tentang wanita Jawa yang perlu kamu ketahui.

Daftar Isi

1. Anggun

Fakta menarik tentang wanita Jawa - Anggun

Fakta wanita Jawa yang ke-1 adalah anggun. Tahukah kamu jika gerak-gerik wanita Jawa kebanyakan anggun dan mempesona. Bahkan dalam kesehariannya saja kebanyakan wanita Jawa lebih sopan dalam bertingkah laku. Hal tersebut sebenarnya wajar saja, sebab wanita Jawa sudah dididik berdasarkan tata karma dan adat istiadat Jawa sedari kecil yang lebih mengedepankan sopan santun, terutama saat sedang berbicara dengan orang tua atau dengan orang yang lebih tua.

2. Cantik dari dalam

Fakta menarik tentang wanita Jawa - Cantik dari dalam

Fakta wanita Jawa yang ke-2 adalah cantik dari dalam. Mengapa wanita Jawa sering disebut ayu atau yang dalam bahasa Indonesia artinya cantik? Hal tersebut wajar saja, sebab kebanyakan wanita Jawa memang terlahir cantik dari dalam, sehingga membuatnya betah berlama-lama didekatnya dan enak untuk dipandang. Berbeda dengan beberapa suku lainnya, wanita Jawa justru kebanyakan mempunyai kulit sawo matang, sehingga membuatnya tampak lebih manis.

3. Penyabar

Fakta menarik tentang wanita Jawa - Penyabar

Fakta wanita Jawa yang ke-3 adalah penyabar. Selain anggun dan cantik dari dalam, kebanyakan wanita Jawa juga merupakan pribadi penyabar dan tidak banyak menuntut untuk mendapatkan berbagai hal. Bahkan wanita Jawa kebanyakan mempunyai sifat hati terbuka dan menerima berbagai hal dengan lapang dada. Meskipun wanita Jawa mempunyai sifat penyabar, namun jangan pernah membuat wanita Jawa marah. Bagaimanapun juga wanita Jawa adalah seorang wanita yang patut dihargai perasaannya.

4. Penurut

Fakta menarik tentang wanita Jawa - Penurut

Fakta wanita Jawa yang ke-4 adalah penurut. Selain mempunyai sifat yang penyabar, kebanyakan wanita Jawa juga mempunyai pribadi yang penurut. Hal tersebut sebenarnya wajar saja, sebab kebanyakan wanita Jawa sejak kecil sudah terbiasa dengan nilai-nilai kesopanan dan budi luhur dari adat istiadat Jawa.

Bahkan wanita Jawa dalam kesehariannya lebih tidak suka membantah dan penurut. Jadi apapun yang diperintah oleh orang tua atau pasangannya, maka mereka akan menurutinya selama perintah tersebut baik. Jadi bisa dibilang, wanita Jawa adalah sosok calon istri idaman sekali.

5. Telaten sekaligus cekatan

Fakta menarik tentang wanita Jawa - Telaten sekaligus cekatan

Fakta wanita Jawa yang ke-5 adalah telaten sekaligus cekatan. Apakah kamu pernah mendengar istilah dalam bahasa Jawa "alon-alon waton kelakon" atau yang dalam bahasa Indonesia artinya biar pelan asal terlaksana? Jika pernah mendengar, sebenarnya istilah tersebut menggambarkan orang Jawa, termasuk wanita Jawa.

Sebagaimana yang diketahui jika wanita Jawa memang terkenal telaten dalam mengerjakan segala sesuatu. Bahkan dalam mengerjakannya, wanita Jawa cenderung tidak terburu-buru dalam bertindak dan lebih mengedepankan kehati-hatian. Meskipun demikian, namun wanita Jawa tetap gesit atau cekatan dalam mengerjakanan sesuatu. Nah perpaduan antara cekatan dan telaten inilah yang banyak menjadi bagian dari sifat wanita Jawa.

6. Sederhana

Fakta menarik tentang wanita Jawa - Sederhana

Fakta wanita Jawa yang ke-6 adalah sederhana. Nah jika kamu sedang berjalan-jalan ke daerah Jawa, coba deh perhatikan para wanita Jawa dalam kesehariannya. Mereka pada umumnya tidak menjalani hidup dengan serampangan dan banyak bergaya, dimana mereka cenderung lebih sederhana, tidak macam-macam, dan lebih menerima segala sesuatu dengan apa adanya.

7. Rajin dan tekun

Fakta menarik tentang wanita Jawa - Rajin dan tekun

Fakta wanita Jawa yang ke-7 adalah rajin dan tekun. Tahukah kamu, jika dalam menjalani hidup wanita Jawa mempunyai karakter rajin dan tekun. Bahkan kebiasaan tersebut mereka terapkan diberbagai elemen kehidupan mereka, mulai dari duduk dibangku sekolah, kuliah, sampai di lingkungan pekerjaan.

Tidak sampai disitu saja, hal tersebut juga mereka terapkan sampai berumah tangga. Hal tersebut terlihat dari kebiasan mereka yang rajin membersihkan rumah, memasak, dan melakukan pekerjaan rumah lainnya. Oleh sebab itu, wanita Jawa bisa bertahan dimanapun, termasuk di ibukota yang terkenal keras dan kejam.

8. Bertutur kata lembut

Fakta menarik tentang wanita Jawa - Bertutur kata lembut

Fakta wanita Jawa yang ke-8 adalah bertutur kata lembut. Fakta yang satu ini mungkin sudah banyak yang mengetahuinya. Sebagaimana yang diketahui jika wanita Jawa memang cenderung bertutur kata yang lembut, halus, dan tentunya sopan. Hal tersebut pada umumnya terlihat dari tingkatan bahasa Jawa yang mempunyai beberapa tingkatan dan digunakan berbeda-beda tergantung siapa lawan bicaranya.

Semakin terhormat kedudukannya atau semakin tua usia lawan bicaranya, maka wanita Jawa akan menggunakan tingkatan bahasa yang lebih tinggi pula, misalnya saja ketika sedang berbicara dengan para tetua, suami, atau mereka yang mempunyai status sosial lebih tinggi.

9. Pengalah

Fakta menarik tentang wanita Jawa - Pengalah

Fakta wanita Jawa yang ke-9 adalah pengalah. Nah jika kamu sedang mencari pendamping hidup yang suka mengalah, maka wanita Jawa pilihannya. Sebagaimana yang diketahui jika wanita Jawa mempunyai sifat sungkan, sehingga dalam kehidupannya wanita Jawa cenderung menerima orang lain lebih lapang dada.

Mereka pada umumnya tidak suka berdebat panjang yang tidak mempunyai manfaat dan cenderung memilih diam. Hal tersebut di lakukan dikarenakan wanita Jawa tidak egois akan kepentingannya sendiri dan lebih memilih menghormati serta mengalah demi kepentingan bersama.

10. Menjunjung tinggi adat istiadat

Fakta menarik tentang wanita Jawa - Menjunjung tinggi adat istiadat

Fakta wanita Jawa yang ke-10 adalah menjunjung tinggi adat istiadat. Meskipun zaman sudah semakin modern, namun kebanyakan wanita Jawa masih menjunjung tinggi nilai-nilai adat istiadat dan kebudayaan mereka. Hal tersebut sebenarnya wajar saja, sebab sejak kecil wanita Jawa sudah terbiasa dengan ajaran nilai-nilai adat istiadat Jawa.

Adat Jawa yang sangat berhubungan lurus sesama manusia, terutama antara pria dan wanita serta anak dan orangtua, membuat karakter lebih sungkan pada wanita Jawa semakin terbentuk, sehingga dalam kehidupannya wanita Jawa selalu menjaga tindak-tanduknya.

11. Table manner yang baik

Fakta menarik tentang wanita Jawa - Table manner yang baik

Fakta wanita Jawa yang ke-11 adalah table manner yang baik. Sebagaimana yang diketahui jika sejak kecil para wanita Jawa memang sudah diatur sifat dan tindak-tanduknya, sehingga saat mereka dewasa karakter tersebut akan terus melekat dan terus memegang teguh kepada tata karma.

Hal tersebut terlihat dari beberapa kebiasaannya, seperti menggunakan sendok dan piring saat makan dengan berhati-hati supaya tidak menimbulkan suara berisik yang dapat mengganggu orang-orang di sekitarnya, makan tidak boleh mengecap dengan keras atau berbunyi dikarenakan tidak sopan, dan lain sebagainya.

12. Ramah

Fakta menarik tentang wanita Jawa - Ramah

Fakta wanita Jawa yang ke-12 adalah ramah. Nah jika kamu mempunyai teman wanita Jawa, maka biasanya dia mempunyai sifat yang satu ini. Seperti yang diketahui jika kebanyakan wanita Jawa merupakan orang yang pandai bergaul kepada siapa saja dan selalu ramah kepada orang lain.

Hal tersebut terlihat dari kebiasaan mereka yang selalu menyapa dengan senyum lebar apabila sedang berpapasan dengan orang lain. Bahkan tidak jarang pula mereka akan menanyakan kabar meskipun itu hanya basa-basi, sehingga tidak jarang pula orang yang diajak berkomunikasi dengannya merasa senang dan nyaman dikarenakan diperlakukan dengan baik dan ramah.

13. Pandai mengambil hati mertua

Fakta menarik tentang wanita Jawa - Pandai mengambil hati mertua

Fakta wanita Jawa yang ke-13 adalah pandai mengambil hati mertua. Nah jika kamu sedang mencari pendamping hidup yang dapat mengambil hati mertua, maka wanita Jawa bisa menjadi pilihannya. Karena kepandaiannya dalam mengambil hati mertua, sehingga tidak jarang pula wanita Jawa digadang-gadang sebagai calon menantu idaman.

Sebagaimana yang diketahui jika kebanyakan perceraian dalam rumah tangga disebabkan oleh mertua dan menantu yang susah akur, apalagi jika dalam kehidupannya masih tinggal di rumah yang sama. Lantas mengapa wanita Jawa pandai mengambil hati mertua? seperti yang diketahui jika wanita Jawa kebanyakan mempunyai sifat sopan, ramah, penurut, telaten dan rajin, sehingga membuat mertua cenderung cepat merasa senang kepadanya.

14. Pandai mengatur uang

Fakta menarik tentang wanita Jawa - Pandai mengatur uang

Fakta wanita Jawa yang ke-14 adalah pandai mengatur uang. Nah fakta yang satu ini mungkin masih jarang diketahui. Namun tahukah kamu jika kebanyakan wanita Jawa merupakan wanita yang pandai mengatur uang lho. Sebagaimana yang diketahui jika wanita Jawa merupakan pribadi yang tidak macam-macam dan tidak banyak menginginkan sesuatu.

Mereka pada umumnya lebih menginginkan barang yang dibutuhkan dan bukan hanya sekedar keinginan sementara. Hal ini dilakukan supaya lebih bisa berhemat dan menyimpannya untuk kebutuhan yang lebih penting lainnya, entah itu untuk biaya pernikahan atau untuk melanjutkan pendidikannya.

15. Mitos tentang pernikahan Jawa dan Sunda

Fakta menarik tentang wanita Jawa - Mitos tentang pernikahan Jawa dan Sunda

Fakta wanita Jawa yang ke-15 adalah tentang penikahan suku Jawa dan Sunda. Apakah kamu pernah mendengar sebuah mitos tentang larangan pernikahan suku Jawa dan Sunda? Jika pernah, sebenarnya hal tersebut muncul berdasarkan perang Bubat antara Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Padjajaran. Dalam sejarahnya, Kerajaan Padjajaran (Sunda) merasa dihina dan ditipu oleh Kerajaan Majapahit (Jawa) setelah menyerahkan puteri mereka kepada raja Hayam Wuruk.

Nah jadi tentang larangan menikah antara suku Jawa dan Sunda hanyalah sebuah sejarah dan mitos belaka, sebab dalam pernikahan tidak tergantung dari suku mana pasangan kamu, akan tetapi lebih kepada upaya untuk selalu bersama-sama berjuang mengatasi berbagai masalah yang menerpa dalam kehidupan berumah tangga.

Nah itulah 15 fakta tentang wanita Jawa. Secara garis besar wanita Jawa memang mempunyai karakter sopan, santun, ramah, dan baik hati. Namun satu hal yang perlu kamu ketahui, jika wanita Jawa diperkotaan umumnya sudah tergerus oleh kepribadian yang tidak menyenangkan jika dibandingkan dengan wanita Jawa yang tinggal dipedesaan.

1 2 3 4 5