11 Warna Mata Orang di Seluruh Dunia - Asia, Eropa, Afrika, Amerika, dan Australia

Sponsored Ad
Sponsored Ad
Sponsored Ad

XASXUS.com - Bagi sebagai orang, mata merupakan salah satu hal yang paling menarik bagi manusia sekaligus juga sebagai organ paling penting dan sensitif. Bebicara mengenai mata, setiap manusia pastinya mempunyai warnanya tersendiri.

Misalnya saja warna mata orang Indonesia yang lebih berwarna hitam dan cokelat, sedangkan di Eropa sendiri lebih berwarna warni. Namun tahukah kamu apa saja warna mata orang di dunia? Nah berikut ini 11 warna mata orang di seluruh dunia, seperti di Asia, Eropa, Afrika, Amerika, dan Australia.
Daftar Isi

1. Warna mata hitam

Warna mata orang di seluruh dunia - Warna mata hitam

Warna mata orang di seluruh dunia yang ke-1 adalah warna hitam. Jenis warna mata yang satu ini umumnya tidaklah benar-benar berwarna hitam, melainkan lebih ke warna cokelat yang sangat gelap yang apabila dilihat secara sekilas tampak seperti berwarna hitam. Berdasarkan dari buku Evolution of the Eye, di dunia hanya ada sekitar 1% orang yang terlahir dengan mata murni berwarna hitam, dimana sebagian besarnya berasal dari kawasan Asia.

2. Warna mata cokelat

Warna mata orang di seluruh dunia - Warna mata cokelat

Warna mata orang di seluruh dunia yang ke-2 adalah warna cokelat. Berbeda dengan warna mata hitam yang hanya ada sekitar 1% diseluruh dunia, warna mata cokelat justru merupakan warna mata yang sangat umum dimiliki oleh manusia dan banyak dimiliki orang diseluruh dunia, yaitu mencapai 79% diseluruh dunia dan banyak dimiliki oleh orang dikawasan Asia Barat, Asia Tenggara, Asia Timur, Amerika, dan Afrika.

Secara umum, warna cokelat pada mata ditentukan oleh pigmentasi, sehingga dapat memunculkan 2 warna, yaitu cokelat muda dan cokelat tua. Seseorang yang mempunyai warna mata cokelat tua umumnya banyak dialami oleh orang dikawasan Afrika, Asia Tenggara, dan Asia Timur. Sementara sebaliknya, yaitu warna cokelat muda banyak dialami oleh orang dikawasan Asia Barat, Amerika, dan Eropa.

3. Warna mata amber

Warna mata orang di seluruh dunia - Warna mata amber

Warna mata orang di seluruh dunia yang ke-3 adalah warna amber. Selain warna hitam dan cokelat, sekitar 5% manusia di dunia juga ada yang mempunyai warna mata amber atau berwarna kuning seperti halnya warna pada hewan, seperti burung, anjing, dan ikan. Warna mata amber ini umumnya terjadi disebabkan oleh adanya pigmen kuning yang dikenal sebagai lipochrome yang banyak dimiliki oleh orang dikawasan benua Asia dan Amerika bagian selatan, terutama di Brazil.

4. Warna mata biru

Warna mata orang di seluruh dunia - Warna mata biru

Warna mata orang di seluruh dunia yang ke-4 adalah warna biru. Selain warna hitam, cokelat, dan amber, sekitar 8-10% manusia di dunia juga ada yang mempunyai warna biru. Warna mata biru ini umumnya terjadi disebabkan oleh tingkat melanin yang rendah di lapisan depan iris dan bukan berasal dari pigmentasi biru di mata.

Meskipun demikian, menurut penelitian dari University of Copenhagen pada tahun 2008, warna mata biru tersebut disebabkan oleh mutasi genetik yang terjadi sekitar 10.000 tahun yang lalu sehingga menyebabkan mata biru dan gen yang mencegah produksi melanin di mata bisa ditularkan secara genetik.

Di dunia sendiri, warna biru pada mata cenderung banyak dimiliki oleh orang di kawasan Eropa, terutama di negara Finlandia yang menyumbang sekitar 89% orang dengan warna biru, sehingga membuat negara Finlandia sebagai penyumbang manusia dengan warna mata biru terbesar di dunia.

5. Warna mata biru keabu-abuan

Warna mata orang di seluruh dunia - Warna mata biru keabu-abuan

Warna mata orang di seluruh dunia yang ke-5 adalah warna biru keabu-abuan. Secara umum, warna mata biru keabu-abuan mempunyai kualitas yang sama dengan seseorang yang mempunyai bola mata berwarna biru. Bahkan untuk penyebabnya sendiri juga sama, yaitu disebabkan oleh tingkat melanin yang rendah di lapisan depan iris. Jenis warna mata yang satu ini bisa dibilang satu yang paling jarang di dunia dan hanya dimiliki oleh orang-orang di Eropa bagian timur.

6. Warna mata hijau

Warna mata orang di seluruh dunia - Warna mata hijau

Warna mata orang di seluruh dunia yang ke-6 adalah warna hijau. Jenis warna mata yang satu ini hanya ada sekitar 2% di dunia dan umumnya banyak dimiliki oleh orang Eropa bagian barat, utara, dan tengah. Menurut penelitiannya, warna hijau tersebut disebabkan oleh tingkat melanin yang rendah dan adanya lipokrom pigmen kekuningan dan warna biru yang disebabkan oleh hamburan cahaya Rayleigh yang dipantulkan, sehigga menghasilkan warna hijau pada mata.

7. Warna mata abu-abu

Warna mata orang di seluruh dunia - Warna mata abu-abu

Warna mata orang di seluruh dunia yang ke-7 adalah warna abu-abu. Jenis warna mata yang satu ini isa dibilang salah satu yang paling jarang dimiliki oleh orang di seluruh dunia dan hanya dimiliki sebagian besar orang di Amerika Serikat, Eropa utara dan timur.

Jika dilihat secara sekilas, warna mata abu-abu ini mirip dengan warna mata biru. Untuk penyebabnya sendiri, sama dengan penyebab warna mata biru, yaitu disebabkan oleh kurangnya melanin di selaput mata (iris) dan rendahnya protein yang dimiliki stroma.

8. Warna mata hazel

Warna mata orang di seluruh dunia - Warna mata hazel

Warna mata orang di seluruh dunia yang ke-8 adalah warna hazel. Jika dilihat secara sekilas, warna mata hazel ini memang terlihat hampir sama seperti warna amber atau cokelat. Namun jika dilihat secara teliti, jenis warna mata yang satu ini terdiri dari iris berwarna cokelat muda dan hijau keemasan serta termasuk salah satu warna mata yang sangat jarang dimiliki di dunia.

Sebagaimana yang diketahui jika warna mata hazel ini hanya ada sekitar 5% di seluruh dunia dan lebih banyak dimiliki orang-orang dikawasan Eropa dan Amerika Serikat. Bahkan tidak jarang pula warna mata hazel ini dimiliki oleh orang-orang dikawasan Asia, Afrika, dan Timur Tengah.

9. Warna mata spektrum

Warna mata orang di seluruh dunia - Warna mata spektrum

Warna mata orang di seluruh dunia yang ke-9 adalah warna spektrum. Warna mata yang satu ini bisa dibilang termasuk ke dalam warna mata yang jarang dimiliki. Jika dilihat secara sekilas, warna mata spektrum ini memang hampir mirip dengan warna biru dan hijau, namun dilihat secara teliti warna mata spektrum ini terdiri dari campuran warna mata biru-hijau, biru-abu-abu, biru-amber, dan bahkan biru-hijau keabu-abuan.

10. Warna mata ungu

Warna mata orang di seluruh dunia - Warna mata ungu

Warna mata orang di seluruh dunia yang ke-10 adalah warna ungu. Jenis warna mata yang satu ini tergolong langka dan hanya dimiliki kurang dari 1% diseluruh dunia serta hanya dimiliki oleh orang albino, yaitu kondisi genetik dimana seseorang kekurangan melanin yang dibutuhkan dalam proses pigmentasi. Seseorang yang mengalami kondisi ini umumnya mempunyai sedikit atau bahkan tidak ada melanin yang diproduksi sehingga warna mata berwarna biru terang dan tampak seperti berwarna ungu.

11. Warna mata heterochromia

Warna mata orang di seluruh dunia - Warna mata heterochromia

Warna mata orang di seluruh dunia yang ke-11 adalah warna heterochromia. Sama seperti warna mata ungu, jenis warna mata heterochromia juga termasuk ke dalam kategori langka dikarenakan menunjukkan dua warna mata yang berbeda. Di dunia sendiri, setidaknya ada 3 jenis kondisi heterochromia, heterochromia lengkap, heterochromia sektoral atau heterochromia parsial, dan heterochromia sentral.

Heterochromia lengkap sendiri merupakan kondisi dimana seseorang mempunyai mata yang sama sekali berbeda. Sedangkan heterochromia sektoral atau heterochromia parsial adalah kondisi dimana satu bagian dari iris berbeda dari yang lain. Sementara heterochromia sentral adalah kondisi dimana seseorang memiliki dua warna berbeda di iris yang sama.
Loading...
Sponsored Ad
Halaman :