16 Obat Batuk Alami Untuk Ibu Hamil Yang Aman Untuk Semua Usia Kehamilan - XASXUS.com

16 Obat Batuk Alami Untuk Ibu Hamil Yang Aman Untuk Semua Usia Kehamilan

A+
A
A-
Sponsored Ad
Sponsored Ad
Sponsored Ad
16 Obat Batuk Alami Untuk Ibu Hamil Yang Aman Untuk Semua Usia Kehamilan
16 Obat Batuk Alami Untuk Ibu Hamil Yang Aman Untuk Semua Usia Kehamilan

XASXUS.com - Batuk memang dapat menyerang siapa saja, tidak terkecuali pada ibu hamil. Kondisi ini umumnya sangat mengganggu, sehingga banyak dari ibu hamil yang kemudian ingin mengobatinya dengan obat-obatan. Namun tahukah kamu jika obat-obatan yang ada dipasarann sebenarnya tidak aman untuk ibu hamil dan dapat memberikan efek samping kurang baik bagi janin. Namun jangan khawatir, sebab ada beberapa obat batuk alami untuk ibu hamil yang dapat ibu hamil coba, diantaranya.
Daftar Isi

1. Bawang putih

Obat batuk alami untuk ibu hamil - Bawang putih
Obat batuk alami untuk ibu hamil - Bawang putih

Obat batuk alami untuk ibu hamil yang ke-1 adalah bawang putih. Sebagaimana yang diketahui jika bawang putih mempunyai senyawa aktif allicin yang berguna untuk membunuh berbagai organisme penyebab penyakit. Menurut penelitian, bawang putih sebenarnya tidak dapat menyembuhkan batuk itu sendiri, namun mengonsumsi bawang putih mentah justru dapat meredakan gejala penyakit tersebut.

Nah bagi kamu yang sedang hamil dan merasakan batuk, cobalah mengonsumsi bawang putih mentah setiap kali makan. Agar bau pada bawang putih tidak menyengat, kamu bisa mengakalinya dengan mengoleskan bawang putih dengan madu. Bahkan dengan mencampurkan bawang putih dengan madu dapat mempercepat penyembuhan batuk dikarenakan madu mengandung antimikroba, antibakteri, dan antiseptik yang berguna di dalam mempercepat pemulihan batuk saat hamil.

2. Bawang merah

Obat batuk alami untuk ibu hamil - Bawang merah
Obat batuk alami untuk ibu hamil - Bawang merah

Obat batuk alami untuk ibu hamil yang ke-2 adalah bawang merah. Selain mengonsumsi bawang putih, mengonsumsi bawang merah ternyata juga dapat meredakan batuk saat hamil. Sebagaimana yang diketahui jika bawang merah mempunyai kandungan vitamin, antioksidan, dan mineral yang berguna melindungi saluran udara untuk melawan efek berbahaya dari radikal bebas.

Bahkan penggunaan bawang merah juga dapat menghilangkan virus dan bakteri saat batuk dikarenakan memiliki ekspektoran yang sangat kuat. Nah bagi ibu hamil yang merasakan batuk dengan disertai gejala lain seperti sakit tenggorokan, hidung tersumbat, dan lain sebagainya, cobalah mengonsumsi bawang merah. Untuk caranya, kamu bisa mencampurkan bawang merah ke dalam menu makanan atau bisa juga menjadikannya jus dengan mencampurkan madu.

3. Cuka apel

Obat batuk alami untuk ibu hamil - Cuka apel
Obat batuk alami untuk ibu hamil - Cuka apel

Obat batuk alami untuk ibu hamil yang ke-3 adalah cuka apel. Obat batuk alami yang satu ini bisa dibilang sangat direkomendasikan oleh beberapa dokter dikarenakan mengandung asam asetat bersifat antimikroba yang dapat membunuh patogen penyebab infeksi bakteri atau virus batuk. Untuk caranya, kamu bisa mencampurkan 2 sendok cuka apel ke dalam segelas air lalu meminumnya setidaknya 2 kali dalam sehari.

4. Jeruk nipis

Obat batuk alami untuk ibu hamil - Jeruk nipis
Obat batuk alami untuk ibu hamil - Jeruk nipis

Obat batuk alami untuk ibu hamil yang ke-4 adalah jeruk nipis. Sebagaimana yang diketahui jika jeruk nipis mengandung minyak atsiri dan berbagai zat alami yang dapat melemaskan otot-otot di saluran pernapasan, sehingga penggunaannya dapat meredakan batuk sekaligus juga mengatasi suara serak akibat tenggorokan gatal.

Untuk caranya sendiri, cukup memeras setengah potong buah lemon kemudian mencampurkannya dengan air hangat sebanyak 100 ml. Jika sudah, berikan tambahan 2 sendok madu ke dalamnya. Menurut James Steckelberg M.D, dokter dari Mayo Medical School, cara ini dapat meredakan gejala batuk sekaligus juga memicu produksi air liur dan lendir untuk melembapkan tenggorokan. Namun bagi kamu yang mempunyai masalah dengan lambung, sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi jeruk nipis.

5. Lemon

Obat batuk alami untuk ibu hamil - Lemon
Obat batuk alami untuk ibu hamil - Lemon

Obat batuk alami untuk ibu hamil yang ke-5 adalah lemon. Sama seperti jeruk nipis, buah lemon ternyata juga sangat ampuh jika dijadikan sebagai obat batuk alami untuk ibu hamil. Sebagaimana yang diketahui jika lemon mengandung antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas yang masuk ke tubuh.

Untuk cara menggunakannya sendiri, cukup mengonsumsi jus atau campuran air lemon dengan cara mencampur air putih dengan perasan lemon dan 1 sendok makan madu. Sama seperti penggunaan jeruk nipis, bagi kamu yang mempunyai masalah dengan lambung, sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi lemon.

6. Jahe

Obat batuk alami untuk ibu hamil - Jahe
Obat batuk alami untuk ibu hamil - Jahe

Obat batuk alami untuk ibu hamil yang ke-6 adalah jahe. Sebagaimana yang diketahui jika jahe mempunyai sifat antibakteri dan antiradang yang berguna untuk melawan infeksi penyebab batuk. Nah bagi kamu yang sedang hamil dan batuk, cobalah mengatasinya dengan mengonsumsi air jahe secara teratur 3 kali dalam sehari. Selain aman, penggunaan jahe juga sangat ampuh untuk meredakan tenggorokan dan batuk. Untuk caranya sendiri, cukup rebus jahe yang telah dikupas dan dicuci dengan 2 gelas air.

7. Daun kemangi

Obat batuk alami untuk ibu hamil - Daun kemangi
Obat batuk alami untuk ibu hamil - Daun kemangi

Obat batuk alami untuk ibu hamil yang ke-7 adalah daun kemangi. Bahan yang satu ini ternyata tidak hanya kerap dijadikan lalapan, kandungan di dalamnya ternyata mempunyai sifat baik untuk meredakan batuk kering yang tentunya aman bagi ibu hamil. Nah bagi kamu yang sedang hamil dan batuk, cobalah meredakan batuk dengan daun kemangi. Untuk caranya sendiri sangat mudah, cukup merebus 5 lembar daun kemangi ke dalam 500 ml air dan minum air rebusan tersebut secara teratur 2 kali sehari.

8. Daun seledri

Obat batuk alami untuk ibu hamil - Daun seledri
Obat batuk alami untuk ibu hamil - Daun seledri

Obat batuk alami untuk ibu hamil yang ke-8 adalah daun seledri. Sama seperti daun kemangi, daun seledri juga mempunyai sifat baik untuk meredakan batuk kering dan tentunya aman bagi ibu hamil. Untuk cara pembuatannya sendiri sangat mudah, cukup rebus daun seledri bersih dengan 3 gelas air hingga susut lalu campurkan dengan 1 sendok makan madu. Supaya hasil yang di dapatkan dapat meredakan batuk, konsumsi rebusan daun seleri tersebut 2 kali dalam sehari.

9. Daun sirih

Obat batuk alami untuk ibu hamil - Daun sirih
Obat batuk alami untuk ibu hamil - Daun sirih

Obat batuk alami untuk ibu hamil yang ke-9 adalah daun sirih. Selain daun kemangi dan daun selederi, daun sirih juga bisa menjadi alternatif untuk ibu hamil yang ingin mengobati batuk. Selain aman, penggunaan daun sirih juga dapat menyembuhkan radang tenggorokkan sekaligus juga memberikan efek hangat pada tenggorokan dan mulut. Untuk cara penggunannya sendiri cukup mudah, yaitu cukup merebus daun sirih dengan menambahkan beberapa potongan jahe. Minum hasil rebusan tersebut secara teratur supaya batuk cepat mereda dan sembuh.

10. Garam laut

Obat batuk alami untuk ibu hamil - Garam laut
Obat batuk alami untuk ibu hamil - Garam laut

Obat batuk alami untuk ibu hamil yang ke-10 adalah garam. Jika beberapa bahan diatas susah ditemukan, garam laut yang biasa ada di dapur juga dapat meredakan tenggorokan yang sakit dan iritasi. Bahkan penggunaan garam laut juga dapat mengurangi rasa gatal disaluran napas sekaligus membantu mengeluarkan lendir yang berada di belakang tenggorokan. Untuk caranya, cukup melarutkan 1 sendok teh garam dengan 1 gelas air hangat. Selanjutnya pakai air larutan garam tersebut untuk berkumur-kumur secara teratur.

11. Kunyit

Obat batuk alami untuk ibu hamil - Kunyit
Obat batuk alami untuk ibu hamil - Kunyit

Obat batuk alami untuk ibu hamil yang ke-11 adalah kunyit. Selain bahan alami diatas, kunyit juga dapat membantu untuk mengobati batuk. Bahkan penggunaannya juga dapat mengobati flu, sakit tenggorokan, dan mengatasi gangguan pencernaan. Untuk caranya sendiri, cukup menyiapkan sepotong kunyit kecil, segelas susu hangat, dan madu. Jika sudah, hancurkan potongan kunyit kecil tersebut, kemudian masukan ke dalam segelas susu hangat, lalu beri madu dan aduk hingga tercampur.

12. Minyak kelapa

Obat batuk alami untuk ibu hamil - Minyak kelapa
Obat batuk alami untuk ibu hamil - Minyak kelapa

Obat batuk alami untuk ibu hamil yang ke-12 adalah minyak kelapa. Sebagaimana yang diketahui jika minyak kelapa memiliki sifat antioksidan, antiviral, antibakteri, dan antijamur yang dipercaya dapat meredakan batuk. Untuk caranya sendiri, cukup mencampurkan minyak kelapa dan madu lalu meminumnya secara rutin supaya batuk dapat cepat mereda dan sembuh.

13. Madu

Obat batuk alami untuk ibu hamil - Madu
Obat batuk alami untuk ibu hamil - Madu

Obat batuk alami untuk ibu hamil yang ke-13 adalah madu. Sebagaimana yang diketahui jika madu memang terkenal akan manfaatnya yang sangat banyak, salah satunya dapat mengobati batuk pada ibu hamil dikarenakan madu bersifat antiseptik, antimikroba, dan antibakteri yang bisa melawan infeksi. Untuk caranya sendiri, cukup mengonsumsi 1 sendok teh madu sebanyak 3 kali dalam sehari atau bisa juga mencampurkan madu tersebut dengan teh hangat.

14. Sup ayam

Obat batuk alami untuk ibu hamil - Sup ayam
Obat batuk alami untuk ibu hamil - Sup ayam

Obat batuk alami untuk ibu hamil yang ke-14 adalah sup ayam. Selain enak dikonsumsi, sup ayam ternyata juga sangat ampuh untuk mengobati batuk. Bahkan mengonsumsi sup ayam juga dapat mengencerkan dahak yang mengental. Untuk cara pembuatannya sendiri, cukup merebus kaldu tulang dalam panci, lalu tambahkan potongan ayam, peterseli, jamur, seledri, wortel, bawang, dan garam laut untuk penambah cita rasa.

15. Air putih

Obat batuk alami untuk ibu hamil - Air putih
Obat batuk alami untuk ibu hamil - Air putih

Obat batuk alami untuk ibu hamil yang ke-15 adalah air putih. Seperti yang diketahui, saat mengalami batuk, sel-sel dalam tubuh yang terdiri dari air sudah bekerja dengan keras melawan kuman yang membuat tubuh mengalami batuk, sehingga jumlah cairan pada tubuh cenderung berkurang.

Nah agar sel-sel tersebut dapat terus bekerja melawan kuman penyebab batuk, memium air sebanyak mungkin secara tidak langsung dapat mengobati batuk, terutama untuk ibu hamil. Supaya batuk cepat sembuh dan mereda, hindari mengonsumsi soda dan kopi, sebab banyak mengandung pemanis buatan.

16. Mandi atau berendam di air hangat

Obat batuk alami untuk ibu hamil - Mandi atau berendam di air hangat
Obat batuk alami untuk ibu hamil - Mandi atau berendam di air hangat

Obat batuk alami untuk ibu hamil yang ke-16 adalah mandi atau berendam di air hangat. Mungkin kamu tidak percaya dengan cara mengobati batuk yang satu ini, namun tahukah kamu jika air hangat saat berenda bisa mengendurkan sekresi pada hidung dan mengurangi batuk berdahak. Bahkan berendam di air hangat juga dapat mengobati asma atau batuk yang diakibatkan oleh alergi.
Loading...
Sponsored Ad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar