12 Manfaat Buah Zuriat Arab Untuk Kesehatan dan Program Hamil

Advertisment

XASXUS.com - Buah zuriat atau yang disebut juga dengan doum ini merupakan buah-buahan asli dari hulu Mesir yang sangat populer dikalangan para jamaah haji. Jika dilihat secara sekilas, bagian luar dari buah zuriat ini memang hampir mirip seperti buah kelapa.

Namun tahukah kamu, jika buah zuriat ini mempunyai banyak manfaat, terutama untuk kesehatan dan juga untuk yang ingin program kehamilan atau promil. Nah apa sajakah itu? berikut 12 manfaat zuriat yang harus kamu ketahui.

Daftar Isi

1. Manfaat buah zuriat untuk menstruasi pada wanita

Manfaat buah zuriat untuk menstruasi pada wanita

Manfaat buah zuriat yang ke-1 adalah melancarkan menstruasi atau haid. Secara umum, menstruasi atau haid adalah suatu kondisi luruhnya dinding rahim yang disertai dengan perdarahan atau keluarnya darah. Kondisi ini umumnya hanya akan berlangsung selama 3 sampai 7 hari lamanya.

Menstruasi atau haid pada wanita normalnya terjadi sebanyak 11 sampai 13 kali dalam satu tahun atau setiap 28 sampai 36 hari. Selain itu, setiap wanita juga mempunyai siklus menstruasi yang berbeda-beda satu sama lainnya, ada yang siklus menstruasinya panjang, namun ada juga yang pendek.

Menstruasi atau haid dikatakan tidak teratur atau tidak lancar jika siklus menstruasinya hanya terjadi kurang dari 21 hari atau sebaliknya, yaitu lebih dari 35 hari. Tidak hanya rentang siklus, volume darah setiap wanita pun juga berbeda-beda, ada yang sedikit, namun ada juga yang banyak. Kondisi ini bisa dibilang salah satu bentuk menstruasi haid tidak lancar.

Sebenarnya ada beberapa penyebab mengapa menstruasi pada wanita tidak lancar, mulai dari monopouse, kehamilan, menggunakan alat kontrasepsi seperti IUD (spiral) atau pil KB, pola hidup, perubahan berat badan secara drastis, dan lain sebagainya. Untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya ada beberapa cara, seperti mulai merubah pola hidup, mengganti alat kontrasepsi, melakukan pengobatan tiroid, dan lain sebagainya.

Namun tahukah kamu, jika buah dari Arab bernama zuriat ini juga sangat ampuh untuk mengatasi menstruasi atau haid tidak lancar. Hanya mengonsumsi rebusan buah zuriat kamu sudah mendapatkan manfaatnya. Nah jika kamu mengalami menstruasi atau haid tidak lancar, buah zuriat dapat membantu melancarkan peredaran darah ketika datang bulan tiba.

20 Khasiat dan Manfaat Tomat Untuk Wajah Beserta Cara Pemakaiannya

2. Manfaat buah zuriat untuk osteoporosis

Manfaat buah zuriat untuk osteoporosis

Manfaat buah zuriat yang ke-2 adalah mencegah osteoporosis. Secara umum, osteoporosis adalah suatu kondisi dimana tulang pada tubuh mengalami penipisan dan hilangnya massa tulang berkelanjutan yang kemudian membuat tulang menjadi rentan rapuh, keropos, bahkan sampai mudah patah.

Berbeda dengan penyakit pada umumnya yang menunjukan gejala, osteoporosis justru sering tidak terdeteksi dan tidak diketahui. Kondisi ini biasanya mulai diketahui saat tubuh mulai mengalami nyeri leher, nyeri punggung bawah, postur bungkuk, sampai patah tulang.

Penyebab utama terjadinya osteoporosis biasanya adalah kekurangan kalsium. Nah bagi kamu yang ingin terhidar dari penyakit osteoporosis, buah zuriat ini dapat membantu mencegah osteoporosis dikarenakan mengandung kalsium yang sangat tinggi. Bahkan bagi kamu yang mempunyai masalah dengan tulang, buah zuriat sangat direkomendasikan.

17 Manfaat Jus Tomat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

3. Manfaat buah zuriat untuk kanker

Manfaat buah zuriat untuk kanker

Manfaat buah zuriat yang ke-3 adalah menangkal kanker. Secara umum, kanker adalah suatu kondisi dimana tubuh mengalami pertumbuhan sel-sel abnormal (tidak normal) yang tidak terkendali, sehingga menyebabkan jaringan normal pada tubuh menjadi rusak.

Kanker bisa dibilang penyakit yang sangat berbahaya dan dapat menyerang siapa pun tanpa pandang bulu, baik itu pada laki-laki, perempuan, lansia, maupun balita. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari kebiasaan buruk, lingkungan yang buruk, sampai riwayat keluarga.

Nah bagi kamu yang tidak ingin terkena penyakit yang satu ini, cobalah untuk mengonsumsi buah zuriat dari Arab ini. Seperti yang diketahui jika buah yang satu ini mengandung antioksidan sangat tinggi yang dapat perkembangan sel kanker dalam tubuh.

21 Khasiat dan Manfaat Lemon Untuk Wajah, Bibir, Mata, Beserta Cara Menggunakannya

4. Manfaat buah zuriat untuk stres

Manfaat buah zuriat untuk stres

Manfaat buah zuriat yang ke-4 adalah mengurangi stres. Secara umum, stres adalah kondisi dimana tubuh mengalami tekanan psikologis dan fisik yang bereaksi saat menghadapi situasi yang dianggapnya berbahaya, entah itu berupa ancaman, tuntutan, atau tekanan lainnya.

Seperti yang diketahui jika seseorang yang sedang dalam kondisi terancam, sistem saraf akan merespon dengan melepaskan aliran hormon stres, sehingga meyebabkan munculnya reaksi tertentu pada tubuh, seperti tekanan darah meningkat, otot tubuh menegang, jantung berdebar dengan cepat, sampai napas jadi lebih cepat.

Nah jika kamu sering mengalami hal tersebut, sebaiknya perbanyak mengonsumsi buah zuriat yang satu ini. Sebagaimana yang diketahui jika buah dari Arab ini mengandung hydroxycinnamates, antioksidan phytochemical, flavonoid, kumarin, dan lignin yang dapat mengurangi stres, terutama pada stres oksidatif atau stress yang disebabkan dari pengaruh radikal bebas.

8 Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya

5. Manfaat buah zuriat untuk tubuh

Manfaat buah zuriat untuk tubuh

Manfaat buah zuriat yang ke-5 adalah meningkat kekebalan tubuh. Secara umum, sistem kekebalan tubuh adalah suatu sistem kompleks (jaringan, sel, dan organ) yang saling bekerja sama untuk melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit sekaligus juga menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Nah bagi kamu yang ingin terhidar dari berbagai macam penyakit, cobalah untuk mengonsumsi buah zuriat dari Arab ini. Sebagaimana yang diketahui jika buah yang satu ini mempunyai kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan berguna untuk melindungi sekaligus juga membunuh kuman-kuman yang membahayakan pada tubuh.

10 Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan dan Kecantikan

6. Manfaat buah zuriat untuk infeksi dan peradangan

Manfaat buah zuriat untuk infeksi dan peradangan

Manfaat buah zuriat yang ke-6 adalah mencegah infeksi dan peradangan. Apakah kamu sedang mengalami infeksi dan peradangan, seperti berjerawat, luka, dan cedera pada tubuh lainnya? Jika iya, maka kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan buah zuriat ini. Seperti yang diketahui jika buah dari Arab ini mengandung vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh saat sedang mengalami peradangan dan infeksi. Bahkan kandungan tersebut dapat mempercepat penyembuhan.

12 Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

7. Manfaat buah zuriat untuk sistem pencernaan

Manfaat buah zuriat untuk sistem pencernaan

Manfaat buah zuriat yang ke-7 adalah memperlancar sistem pencernaan. Apakah kamu sedang mengalami masalah pada sistem pencernaan, baik itu masalah sembelit atau lainnya? Jika iya, buah zuriat ini juga bisa mengatasi masalah tersebut. Sebagaimana yang diketahui jika buah dari Arah ini kaya akan serat dan mineral yang berguna untuk memperlancar sistem pencernaan, terutama untuk melancarkan pembuangan sampah tak berguna dalam usus.

15 Manfaat Buah Duku dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan dan Kecantikan

8. Manfaat buah zuriat untuk dehidrasi

Manfaat buah zuriat untuk dehidrasi

Manfaat buah zuriat yang ke-8 adalah mengatasi dehidrasi. Tahukah kamu, jika buah zuriat ternyata dapat diolah menjadi berbagai macam cara, salah satunya diolah menjadi minuman yang dapat menghilangkan rasa dahaga. Bahkan dengan mengonsumsi buah zuriat, tidak hanya dapat mengatasi dehidrasi, namun juga mendapatkan nutrisi yang terkandung pada buah zuriat.

15 Manfaat Buah Semangka dan Bahaya Semangka Bagi Kesehatan Tubuh

9. Manfaat buah zuriat untuk alergi

Manfaat buah zuriat untuk alergi

Manfaat buah zuriat yang ke-9 adalah menghindari alergi. Secara umum, alergi adalah kondisi dimana reaksi dari sistem imun terhadap zat yang biasanya tidak berbahaya. Ada beberapa jenis alergi pada manusia, mulai dari alergi yang serius dan reaksinya dapat mengancam jiwa, alergi lingkungan, alergi makanan, dan lain sebagainya.

Nah jika kamu mudah terkena alergi, cobalah mengatasinya dengan menggunakan buah zuriat. Seperti yang diketahui jika buah dari Arab ini dapat berperan sebagai zat anti alergi yang ampuh dikarenakan mengandung flavonoid dan hydroxycinnamates.

15 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

10. Manfaat buah zuriat untuk kesuburan pria dan wanita

Manfaat buah zuriat untuk kesuburan pria dan wanita

Manfaat buah zuriat yang ke-10 adalah meningkatkan kesuburan. Apa itu kesuburan? Secara umum, kesuburan adalah tolak ukur bagi seorang pria dan wanita untuk dapat mempunyai anak. Nah bagi kamu yang sedang menjalankan program hamil atau promil, cobalah mengonsumsi buah zuriat. Sebagaimana yang diketahui jika buah dari Arab ini dipercaya mampu membantu meningkatkan kesuburan, seperti membantu mensuburkan sel sperma dan ovum dalam rahim, memperkuat dinding rahim, dan lain sebagainya.

12 Manfaat dan Efek Samping Folavit Untuk Ibu Hamil dan Bayi

11. Manfaat buah zuriat untuk penuaan dini

Manfaat buah zuriat untuk penuaan dini

Manfaat buah zuriat yang ke-11 adalah awet muda. Apakah kamu mempunyai masalah kerutan dan garis-garis halus pada wajah namun masih berusia sekitar 20 tahunan? Jika iya, itu berarti tanda-tanda dari penuaan dini. Nah untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya mengonsumsi buah zuriat secara rutin. Sebagaimana yang diketahui jika buah dari Arab ini mengandung zat antioksidan yang dapat memperlambat proses penuaan dini, sehingga tampak lebih awet muda.

18 Manfaat Jus Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

12. Manfaat buah zuriat untuk hipertensi

Manfaat buah zuriat untuk hipertensi

Manfaat buah zuriat yang ke-12 adalah mengatasi hipertensi. Hipertensi atau yang disebut juga dengan tekanan darah tinggi memang kerap dialami sebagian dari orang Indonesia. Meskipun terlihat sepele, namun penyakit yang satu ini sangat berbahaya, sebab penyakit ini dapat meningkatkan kerja jantung lebih keras yang berpotensi meningkatkan resiko stroke dan serangan jantung bahkan kematian. Namun dengan mengonsumsi buah zuriat secara rutin dapat menurunkan tekanan darah dan mengontrol tekanan darah tinggi.

9 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Mengolahnya

1 2 3 4