18 Makanan Musang Agar Cepat Gemuk, Besar, dan Sehat

Sponsored Ad
Sponsored Ad
Sponsored Ad

XASXUS.com - Saat ini, mengadopsi hewan peliharaan merupakan hal yang sudah banyak dilakukan oleh masyarakat kita, seperti mengadopsi anjing, kucing, dan lain sebagainya. Selain hewan tersebut, hewan peliharaan seperti musang ternyata juga sangat digemari oleh sebagian masyarakat dikarenakan mempunyai tubuh dan wajah yang menggemaskan.

Bagi pemula yang ingin memelihara musang, mengetahui makanan yang bagus dan sehat merupakan hal yang paling penting bagi pertumbuhan musang. Nah bagi kamu yang sedang mencari tahu apa saja makanan musang yang sehat, berikut ini 18 makanan musang agar cepat gemuk, besar, dan sehat, diantaranya.
Daftar Isi

1. Pepaya

Makanan musang agar cepat gemuk, besar, dan sehat - Pepaya

Makanan musang yang ke-1 adalah pepaya. Buah yang banyak ditanam di daerah tropis ini bisa dibilang makanan musang yang sehat dikarenakan dapat memenuhi nutrisi yang diperlukan musang. Teksturnya yang cukup lembut dengan rasa yang manis, membuat buah-buahan yang satu ini sangat disukai oleh musang.

Nah agar dapat memenuhi nutrisi yang diperlukan oleh musang, berikan buah pepaya ini setidaknya 2 kali dalam seminggu dengan cara memotong kecil-kecil buah pepaya dan meletakannya ke dalam wadah supaya musang dapat dengan leluasa untuk memakannya.

2. Pisang

Makanan musang agar cepat gemuk, besar, dan sehat - Pisang

Makanan musang yang ke-2 adalah pisang. Sama seperti buah pepaya, pisang juga termasuk buah-buahan yang sangat disukai oleh musang. Selain menyehatkan dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh musang, buah pisang juga mempunyai tekstur yang lembut sehingga mudah dicerna oleh musang. Oleh sebab itu, pisang juga bisa digunakan untuk makanan musang yang masih kecil atau untuk musang umur 2 bulan dikarenakan teksturnya yang lembut.

3. Bubur Bayi

Makanan musang agar cepat gemuk, besar, dan sehat - Bubur bayi

Makanan musang yang ke-3 adalah bubur bayi. Meskipun makanan yang satu ini ditujukan untuk bayi manusia dan bukan untuk musang, namun penggunaannya juga dapat dijadikan sebagai makanan untuk musang kecil atau musang yang sudah dewasa. Sama seperti buah pepaya dan pisang, bubur bayi juga dapat memenuhi nutrisi musang dengan lebih baik lagi dikarenakan mengandung gizi.

Namun dalam memberikan bubur bayi untuk musang janganlah memberikan bubur bayi instan terlalu sering, hal tersebut dikhawatirkan dapat memberikan efek ketagihan pada musang. Oleh sebab itulah, dalam memberikan makan musang, sebaiknya berikan makanan yang seimbang supaya pertumbuhan musang lebih optimal.

4. Nasi

Makanan musang agar cepat gemuk, besar, dan sehat - Nasi

Makanan musang yang ke-4 adalah nasi. Sama hal dengan bubur bayi, musang juga sangat menyukai nasi, apalagi jika dicampur dengan kecap, tentunya akan membuat musang sangat menyukainya. Nah bagi kamu yang ingin pertumbuhan si musang bagus, maka tidak ada salahnya untuk memberikan nasi.

Hal ini dikarenakan kandungan gizi pada nasi mampu membantu pertumbuhan musang menjadi lebih optimal. Dalam memberikan makanan nasi, kamu juga bisa menambahkan ayam supaya si musang lebih lahap. Selain itu, letakan nasi di wadahnya supaya musang dapat dengan leluasa untuk memakannya.

5. Ayam

Makanan musang agar cepat gemuk, besar, dan sehat - Ayam

Makanan musang yang ke-5 adalah ayam. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, musang juga sangat menyukai daging ayam, baik itu daging ayam mentah maupun daging ayam yang sudah dimasak. Sebagaimana yang diketahui jika musang termasuk ke dalam hewan omnivora, yaitu hewan pemakan segalanya.

Tidak hanya daging, organ ayam seperti hati, ceker, dan kepala juga bisa diberikan pada musang. Nah bagi kamu yang ingin si musang mempunyai tubuh gemuk dan menggemaskan, kamu bisa memberikan makanan yang satu ini. Seperti yang diketahui jika kandungan protein yang ada di dalam daging ayam dapat membuat tubuh musang menjadi lebih gemuk dan tentunya menggemaskan.

6. Susu

Makanan musang agar cepat gemuk, besar, dan sehat - Susu

Makanan musang yang ke-6 adalah susu. Bagi kamu yang ingin si musang dapat terpenuhi nutrisi dan tumbuh kembangnya, nah susu ini bisa menjadi pilihannya, terutama digunakan untuk musang umur 0-2 bulan. Meskipun susu baik untuk musang, tidak semua susu baik untuk musang, hanya susu putih non laktosa sajalah yang baik untuk musang guna menghindari si musang terserang penyakit diare. Untuk cara penggunaannya sendiri, beri musang susu setiap 4 jam sekali.

7. Jangkrik

Makanan musang agar cepat gemuk, besar, dan sehat - Jangkrik

Makanan musang yang ke-7 adalah jangkrik. Untuk makanan utamanya sendiri, jangkrik sebenarnya kurang baik untuk musang, namun jika dijadikan sebagai makanan tambahan, jangkrik bisa jadi pilihannya. Seperti yang diketahui jika memberikan jangkrik kepada musang secara berlebihan dapat membuat bulu musang menjadi mudah rontok, menyebabkan musang diare, dan tentunya membuat kotorang musang menjadi lebih amis. Oleh sebab itu, beri makan jangkrik hanya 2 kali dalam seminggu supaya musang tidak mengalami efek negatif tersebut.

8. Telur Rebus

Makanan musang agar cepat gemuk, besar, dan sehat - Telur Rebus

Makanan musang yang ke-8 adalah telur rebus. Tidak hanya daging ayamnya saja yang disukai oleh musang, telur ayam yang telah direbus pun juga sangat disukai oleh musang. Tahukah kamu, dengan memberikan telur ayam rebus dipercaya mampu membantu kesehatan mata, kuku dan juga menjaga kesehatan tulang musang.

Bahkan kandungan protein yang ada di dalam telur ayam juga sangat ramah pada musang dan tidak menyebabkan diare. Untuk cara pemberiannya sendiri, sebaiknya campurkan telur ayam rebus ini dengan nasi dan sebaiknya diselingi dengan makanan lainnya, seperti buah-buahan. Hal ini dilakukan supaya nutrisi musang tetap terjaga dan juga proses pencernaanya bisa lebih baik.

9. Cacing

Makanan musang agar cepat gemuk, besar, dan sehat - Cacing

Makanan musang yang ke-9 adalah cacing. Makanan yang satu ini tidak hanya disukai oleh burung, namun juga disukai oleh musang. Bahkan kandungan protein pada cacing lebih tinggi jika dibandingkan dengan daging ayam, ikan, dan rajungan, sehingga penggunaannya sangat baik untuk musang, terutama untuk musang umur 2-4 bulan. Seperti yang diketahui jika musang berumur 2-4 sangat membutuhkan protein untuk perkembangan tubuhnya.

10. Capung

Makanan musang agar cepat gemuk, besar, dan sehat - Capung

Makanan musang yang ke-10 adalah capung. Sama seperti jangkrik, capung juga bisa digunakan sebagai makanan musang alternatif atau selingan yang dipercaya mampu merangsang musang untuk bergerak lebih lincah sekaligus juga meningkatknya gairahnya. Bahkan kandungan protein pada capung juga dipercaya dapat membantu pertumbuhan otot musang menjadi lebih baik lagi. Untuk cara pemberiannya sendiri, cukup memberikan capung sebanyak 2 kali dalam seminggu dan pastikan tidak setiap hari.

11. Kedelai

Makanan musang agar cepat gemuk, besar, dan sehat - Kedelai

Makanan musang yang ke-11 adalah kedelai. Sama seperti capung, kedelai juga bisa digunakan sebagai makanan musang alternatif atau selingan dikarenakan kandungan serat di dalamnya dapat memperbaiki pencernaan sekaligus juga menambah asupan protein yang diperlukan. Untuk cara penyajiannya sendiri, sebaiknya kukus kedelai terlebih dahulu sampai lunak dan biarkan dingin terlebih dahulu. Selanjutnya berikan makanan berupa kedelai ini maksimal 1 atau 2 kali dalam seminggu.

12. Madu

Makanan musang agar cepat gemuk, besar, dan sehat - Madu

Makanan musang yang ke-12 adalah madu. Berbeda dengan beberapa makanan musang sebelumnya, makanan berupa madu ini justru hanya baik untuk musang dewasa saja dan bukan untuk musang kecil, hal ini dikarenakan kandungan di dalamnya dapat menjadi pengganggu pencernaannya.

Untuk cara penyajiannya sendiri, kamu bisa mencampurkan madu dengan air putih yang digunakan sebagai minum musang. Selain dapat menguatkan daya tahan tubuh musang, penggunaan madu untuk musang dewasa juga dapat menjaga stamina hingga menambah nafsu makan.

13. Bekicot

Makanan musang agar cepat gemuk, besar, dan sehat - Bekicot

Makanan musang yang ke-13 adalah bekicot. Makanan berupa bekicot ini bisa dibilang sangat baik untuk musang dikarenakan dapat mempunyai beberapa manfaat, seperti dapat membuat warna bulu musang semakin cerah, menebalkan bulu musang, dan mencegah kerontokan bulu musang.

Sebagaimana yang diketahui jika kandungan asam amino, asam folat, dan protein pada bekicot mampu menyehatkan bulu musang sekaligus juga dapat menaikkan berat badan musang. Oleh sebab itu, jangan terlalu berlebihan dalam memberikan bekicot kepada musang dikarenakan dapat membuat musang menjadi obesitas.

14. Jagung

Makanan musang agar cepat gemuk, besar, dan sehat - Jagung

Makanan musang yang ke-14 adalah jagung. Sama halnya dengan kedelai, jagung manis juga bisa digunakan sebagai makanan musang alternatif atau selingan dikarenakan kandungan serat di dalamnya dapat membantu proses pencernaannya. Bahkan penggunaan jagung manis untuk makanan musang bisa dibilang lebih mudah dicerna oleh musang jika dibandingkan dengan makanan berupa kedelai. Untuk penyajiannya sendiri, cukup serut jagung manis dari bonggolnya dan rebus selama kurang lebih 10-15 menit.

15. Ubi jalar atau ubi ungu

Makanan musang agar cepat gemuk, besar, dan sehat - Ubi jalar atau ubi ungu

Makanan musang yang ke-15 adalah ubi jalar atau ubi ungu. Sama hal dengan beberapa makanan musang lainnya, ubi jalar atau ubi ungu juga mengandung protein nabati dan karbohidrat yang baik yang dapat menjaga sistem pencernaan, menjaga kesehatan kulit musang, dan mengurangi resiko sakit mata pada musang. Makanan yang satu ini bisa dijadikan sebagai makanan alternatif atau selingan dan juga dapat dijadikan sebagai makanan utama. Dalam penyajiannya, sebaiknya rebus ubi jalar terlebih dahulu lalu beri musang.

16. Ubi kayu atau singkong

Makanan musang agar cepat gemuk, besar, dan sehat - Ubi kayu atau singkong

Makanan musang yang ke-16 adalah ubi kayu atau singkong. Selain ubi ungu, ubi kayu atau singkong juga sangat baik untuk musang. Untuk cara penyajiannya sendiri sama seperti ubi ungu, yaitu direbus terlebih dahulu lalu berikan pada musang. Pastikan jangan memberikan singkong mentah ya, sebab dapat berbahaya untuk kesehatan musang.

17. Mentimun

Makanan musang agar cepat gemuk, besar, dan sehat - Mentimun

Makanan musang yang ke-17 adalah mentimun. Makanan yang satu ini sebenarnya tidak dapat digunakan sebagai makanan utama musang, melainkan hanya dapat dijadikan sebagai makanan alternatif atau selingan yang baik untuk musang, terutama untuk musang yang sedang mengalami masalah pencernaan.

18. Suplemen kalsium

Makanan musang agar cepat gemuk, besar, dan sehat - Suplemen kalsium

Makanan musang yang ke-18 adalah suplemen kalsium. Makanan yang satu ini sangat cocok untuk musang bayi dikarenakan dapat mencegah terjadinya kepicangan atau kelumpuhan pada musang. Meskipun makanan ini baik untuk musang, sebaiknya jangan terlalu sering memberikannya dikarenakan dapat menyebabkan pencernaan musang bermasalah dan diare, namun cukup memberikannya sekali dalam seminggu.
Loading...
Sponsored Ad
Halaman :