15 Contoh Nama Hewan Berkaki Dua Beserta Gambar dan Ciri-Cirinya

XASXUS.com - Apa saja contoh nama hewan berkaki dua? Mungkin itulah pertanyaan yang sering kita tanyakan saat berada di bangku sekolah dasar (SD). Nah berbicara mengenai hewan berkaki dua, berikut ini adalah 15 contoh nama hewan berkaki dua beserta gambar dan ciri-cirinya, diantaranya.

Daftar Isi

1. Bebek

Contoh nama hewan berkaki dua - Bebek

Contoh nama hewan berkaki dua yang ke-1 adalah bebek. Bebek atau yang disebut juga dengan itik merupakan salah satu hewan akuatik yang termasuk ke dalam spesies burung keluarga Anatidae dan banyak ditemukan di perairan air tawar maupun air laut.

Jika dilihat secara sekilas, hewan berkaki dua ini mempunyai ciri-ciri seperti tubuhnya yang berlekuk, lebar, dan leher yang relatif panjang. Selain itu, paruh pada bebek berbentuk lebar dan mengandung lamellae yang berfungsi untuk menyaring makanan.

2. Angsa

Contoh nama hewan berkaki dua - Angsa

Contoh nama hewan berkaki dua yang ke-2 adalah angsa. Sama seperti bebek, angsa juga merupakan salah satu hewan akuatik yang termasuk ke dalam spesies burung keluarga Anatidae namun dengan ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan dengan bebek, sehingga membuatnya termasuk ke dalam salah satu burung air terbesar yang bisa terbang.

Jika dilihat dari segi fisiknya, hewan berkaki dua ini mempunyai ciri-ciri yang hampir sama seperti bebek, namun dengan ukuran yang jauh lebih besar, seperti bentangan sayapnya yang bisa mencapai 3 meter, memiliki kaki dan leher yang lebih besar, memiliki warna bulu yang putih bersih atau campuran warna hitam dan putih, dan lain sebagainya.

3. Ayam

Contoh nama hewan berkaki dua - Ayam

Contoh nama hewan berkaki dua yang ke-3 adalah ayam. Hewan yang satu ini pastinya sudah sangat akrab dengan kita dikarenakan sering dijadikan sebagai hewan peliharaan. Sama seperti bebek dan angsa, ayam juga termasuk ke dalam jenis burung.

Jika dilihat secara sekilas, ayam mempunyai beberapa ciri-ciri, seperti bulunya yang beragam, mempunyai jengger berwarna merah di atas dan di bawah kepala, kedua kakiknya ditumbuhi sisik yang dilengkapi dengan cakar, mempunyai paruh yang runcing, dan sepasang sayap yang tidak dapat digunakan untuk terbang.

4. Penguin

Contoh nama hewan berkaki dua - Penguin

Contoh nama hewan berkaki dua yang ke-4 adalah penguin. Sama seperti bebek dan angsa, penguin juga termasuk hewan akuatiak jenis burung yang tidak dapat terbang dan umumnya banyak ditemukan di belahan Bumi selatan. Jika dilihat secara sekilas, penguin mempunyai beberapa ciri-ciri, seperti mempunyai corak yang sangat khas yaitu hitam di sebelah luar tubuh dan putih di sebelah dalam tubuhnya, mempunyai paruh yang sedikit panjang, kaki berselaput, dan lain sebagainya.

5. Cendrawasih

Contoh nama hewan berkaki dua - Cendrawasih

Contoh nama hewan berkaki dua yang ke-5 adalah cendrawasih. Sama seperti hewan berkaki dua sebelumnya, cendrawasih juga termasuk jenis burung yang banyak ditemukan di Indonesia bagian timur, pulau-pulau selat Torres, Australia timur, dan Papua Nugini.

Jika dilihat secara sekilas, hewan yang tergolong langka ini mempunyai bulu warna-warni yang sangat indah, terutama pada burung cenderawasih jantan. Selain itu hewan yang mempunyai julukan burung surga atau bird of paradise mempunyai beberapa spesies, salah satu yang paling terkenal adalah burung cenderawasih dari anggota genus Paradisaea.

6. Merak

Contoh nama hewan berkaki dua - Merak

Contoh nama hewan berkaki dua yang ke-6 adalah merak. Sama seperti burung cendrawasih, merak juga termasuk jenis burung dari familia ayam hutan (pheasant) yang banyak ditemukan di kawasan Asia, seperti di India, Myanmar, Indonesia, dan lainnya. Jika dilihat secara sekilas, hewan berkaki dua ini mempunyai ciri-ciri seperti mempunyai warna bulu ekor yang sangat indah dan panjang serta ekor burung merak jantan yang dapat dikembangkan untuk menarik perhatian merak betina.

7. Burung Merpati

Contoh nama hewan berkaki dua - Burung Merpati

Contoh nama hewan berkaki dua yang ke-7 adalah burung merpati. Burung merpati atau yang disebut juga burung dara merupakan salah satu hewan berkaki dua yang termasuk ke dalam famili Columbidae. Jika dilihat secara sekilas, burung merpati mempunyai beberapa ciri-ciri, seperti lehernya yang pendek, berbadan gempal, dan paruhnya yang ramping pendek dengan cere berair.

8. Kakatua

Contoh nama hewan berkaki dua - Kakatua

Contoh nama hewan berkaki dua yang ke-8 adalah kakatua. Sama seperti hewan berkaki dua sebelumnya, kakatua juga termasuk ke dalam jenis burung dengan kecerdasan yang cukup bagus, sehingga kerap dipakai dalam acara-acara hiburan, terutama di kebun binatang. Jika dilihat secara sekilas, burung kakatua mempunyai ciri-ciri seperti bulunya yang indah. suaranya yang cukup nyaring, dan jambulnya yang kerap ditegakkan lalu diturunkan.

9. Burung Hantu

Contoh nama hewan berkaki dua - Burung Hantu

Contoh nama hewan berkaki dua yang ke-9 adalah burung hantu. Secara umum, burung hantu merupakan salah satu hewan berkaki dua yang termasuk ke dalam anggota ordo Strigiformes. Berbeda dengan hewan sebelumnya yang cenderung tidak agresif dan buas, hewan burung hantu ini justru termasuk golongan burung buas (karnivora atau pemakan daging) dan merupakan hewan malam (nokturnal).

Jika dilihat secara sekilas, hewan berkaki dua ini mempunyai ciri-ciri seperti matanya besar dan menghadap ke depan, paruhnya yang bengkok dan tajam, susunan bulu di kepalanya yang membentuk lingkaran wajah, wajahnya yang menyeramkan dan terkadang mengesankan, serta lehernya yang sangat lentur sehingga wajahnya bisa berputar hingga 180 derajat ke belakang.

10. Burung Gagak

Contoh nama hewan berkaki dua - Burung Gagak

Contoh nama hewan berkaki dua yang ke-10 adalah burung gagak. Secara umum, burung gagak merupakan salah satu hewan berkaki dua yang termasuk ke dalam anggota burung pengicau (Passeriformes) dan masih termasuk ke dalam marga Corvus, suku Corvidae yang banyak ditemukan di seluruh benua dan kepulauan, kecuali di Amerika Selatan.

Jika dilihat secara sekilas, burung gagak mempunyai beberapa ciri-ciri, seperti ukurannya yang relatif besar dan bulunya yang dominan berwarna hitam. Berbeda dengan hewan sebelumnya, hewan berkaki dua ini mempunyai tingkat kecerdasan paling tinggi, hal tersebut terlihat dari perilakunya yang kerap mencuri berbagai alat bantu manusia dan dapat belajar sekaligus bisa memecahkan permasalahan dengan cara memanfaatkan sumber daya yang ada di sekitarnya.

11. Burung Pelikan

Contoh nama hewan berkaki dua - Burung Pelikan

Contoh nama hewan berkaki dua yang ke-11 adalah burung pelikan. Secara umum, burung pelikan merupakan salah satu hewan berkaki dua yang termasuk ke dalam keluarga burung Pelecanidae dan banyak ditemukan di wilayah hangat di semua benua kecuali Antartika.

Jika dilihat secara sekilas, burung pelikan mempunyai beberapa ciri-ciri, seperti paruhnya yang sangat panjang, memiliki kantung di bawah paruhnya, kakinya yang pendek, dan ukurannya badannya yang besar, terutama pada jenis burung pelikan dalmasia.

12. Burung Unta

Contoh nama hewan berkaki dua - Burung Unta

Contoh nama hewan berkaki dua yang ke-12 adalah burung unta. Secara umum, burung unta merupakan salah satu hewan berkaki dua yang termasuk ke dalam burung terbesar di dunia dan banyak ditemukan di negara-negara padang pasir, seperti di sabana, bagian gurun Afrika di utara dan selatan zona hutan khatulistiwa.

Jika dilihat secara sekilas, burung unta mempunyai beberapa ciri-ciri, seperti sayap dan tubuh yang diselubungi oleh bulu, paruhnya tidak bergigi dan lancip, leher dan kaki yang panjang, serta larinya yang sangat cepat, yaitu bisa mencapai kecepatan 70 km per jam sehingga membuatnya sebagai burung terbesar sekaligus juga tercepat di antara burung lainnya.

13. Burung Kolibri

Contoh nama hewan berkaki dua - Burung Kolibri

Contoh nama hewan berkaki dua yang ke-13 adalah burung kolibri. Berbeda dengan burung unta, burung kolibri justru termasuk ke dalam burung terkecil di dunia yang banyak ditemukan di Amerika Utara dan Amerika Selatan. Jika dilihat secara sekilas, hewan berkaki dua ini mempunyai beberapa ciri-ciri, seperti ukurannya yang kecil, berwarna cerah, dan warna yang dapat memantulkan atau memencarkan sinar warna-warni.

14. Lovebirds

Contoh nama hewan berkaki dua - Lovebirds

Contoh nama hewan berkaki dua yang ke-14 adalah lovebirds. Burung cinta atau yang dikenal juga dengan nama burung lovebird merupakan salah satu hewan berkaki dua yang banyak ditemukan di Afrika, Madagaskar, dan alam bebas lainnya. Jika dilihat secara sekilas, hewan berkaki dua ini mempunyai beberapa ciri-ciri, seperti ukurannya yang kecil, mempunyai berbagai macam warna, berekor pendek dan berparuh besar.

15. Burung Albatross

Contoh nama hewan berkaki dua - Burung Albatross

Contoh nama hewan berkaki dua yang ke-15 adalah burung albatross. Secara umum, burung albatross merupakan salah satu hewan berkaki dua yang banyak ditemukan secara luas di Samudra Antartika dan Pasifik Utara namun tidak di Atlantik Utara.

Jika dilihat secara sekilas, hewan berkaki dua ini mempunyai beberapa ciri-ciri, seperti mempunyai panjang sayap yang paling besar melebihi burung lainnya, mempunyai bulu dengan variasi warna gelap pada sayap atas dan belakang, serta bagian bawahnya yang berwarna putih menyerupai camar.

Nah itulah 15 contoh nama hewan berkaki dua. Sebenarnya masih banyak lagi contoh hewan berkaki dua yang semuanya adalah jenis burung, seperti ayam kalkun, burung jalak, burung falcon, burung gereja, burung beo, burung pelatuk, burung kenari, dan masih banyak lagi.

1 2 3 4 5