12 Cara Mengetahui Jenis Warna Kulit Wajah Kita (Undertone)

XASXUS.com - Setiap manusia, baik itu perempuan maupun laki-laki pastinya mempunyai berbagai macam jenis dan warna kulit. Namun tahukah kamu, sebagian besar dari kita tidak mengetahui apa jenis dan warna kulit kita. Nah bagi kamu yang sedang mencari cara mengetahui jenis warna kulit wajah, berikut ini adalah 12 cara mengetahui jenis warna kulit asli kita dengan beberapa cara dan media.

Daftar Isi

1. Cara mengetahui jenis warna kulit dengan urat nadi

Cara mengetahui jenis warna kulit dengan urat nadi

Cara mengetahui jenis warna kulit yang ke-1 adalah dengan melihat urat nadi. Cara mengetahui jenis dan warna kulit yang satu ini bisa dibilang cara yang paling sering digunakan dikarenakan mudah, yaitu hanya cukup memeriksa urat nadi pada salah satu dari kedua tangan kita.

Jika warna urat nadi berwarna hijau, itu menandakan bahwa jenis dan warna kulit asli kamu termasuk warna hangat, termasuk warna sawo matang atau warna cokelat diatasnya. Sedangkan jika warna nadi berwarna biru, itu menandakan bahwa jenis dan warna kulit asli kamu termasuk warna terang atau dingin. Sementara jika warna urat nadi susah dibedakan, itu menandakan bahwa jenis dan warna kulit asli kamu berwarna netral.

2. Cara mengetahui jenis warna kulit dengan kertas putih

Cara mengetahui jenis warna kulit dengan kertas putih

Cara mengetahui jenis warna kulit yang ke-2 adalah membandingkan warna wajah dengan kertas putih di cermin. Cara yang satu ini bisa dibilang cukup ribet namun juga bisa digunakan sebagai cara mengetahui jenis warna kulit wajah. Untuk cara mengetahuinya, cukup mengambil kertas HVS putih polos lalu berdiri didepan cermin dengan wajah menghadap ke cermin dan dekatkan kertas ke sebelah pipi kiri atau kanan.

Cobalah perhatikan, jika kertas kemudian berubah menjadi warna agak kekuningan, itu menandakan bahwa kulit asli kamu adalah sawo matang. Namun jika keras HVS tersebut berubah warna menjadi warna pink atau merah muda, itu menandakan bahwa warna kulit asli kamu adala warna putih atau terang.

3. Cara mengetahui jenis warna kulit dengan rambut

Cara mengetahui jenis warna kulit dengan rambut

Cara mengetahui jenis warna kulit yang ke-3 adalah membandingkan warna kulit dengan warna rambut. Nah bagi kamu yang mempunyai rambut panjang mungkin cara ini sangatlah mudah, namun bagi kamu yang mempunyai rambut pendek, kamu bisa menggunakan cermin untuk membandingkan warna kulit dengan warna rambut.

Jika kulit kamu cocok dengan warna rambut yang gelap atau tampak pucat dengan warna rambut yang terang, itu menandakan bahwa kulit kamu berjenis terang. Begitupun sebaliknya, yaitu kulit tampak pucat jika dibandingkan dengan warna rambut gelap atau tampak fresh jika dibandingkan dengan warna rambut terang, itu menandakan bahwa jenis warna kulit adalah sawo matang atau gelap.

4. Cara mengetahui jenis warna kulit dengan bagian belakang telinga

Cara mengetahui jenis warna kulit dengan bagian belakang telinga

Cara mengetahui jenis warna kulit yang ke-4 adalah dengan melihat bagian belakang telinga. Cara yang satu ini bisa dibilang cukup ribet dikarenakan membutuhkan bantuan dari seseorang untuk melihat tone kulit di bagian belakang telinga dan bergantung pada pengelihatan seseorang tersebut.

Nah jika warna kulit bagian belakang kamu berwarna merah muda, itu menandakan bahwa jenis kulit asli kamu adalah berwarna terang. Namun jika sebaliknya, yaitu warna kulit bagian belakang kamu berwarna kekuningan, itu menandakan bahwa jenis kulit asli kamu adalah gelap atau hangat, termasuk kulit sawo matang.

5. Cara mengetahui jenis warna kulit dengan perhiasan

Cara mengetahui jenis warna kulit dengan perhiasan

Cara mengetahui jenis warna kulit yang ke-5 adalah dengan mencoba perhiasan. Bagi wanita, perhiasan merupakan barang yang tidak dapat dipisahkan. Nah bagi kamu yang ingin mengetahui jenis warna kulit asli, maka kamu bisa memanfaatkan barang yang satu ini, yaitu perhiasan berupa emas dan perak.

Nah jika saat kamu menggunakan perhisaan emas tampak lebih bersinar, itu menandakan bahwa jenis warna kulit asli kamu adalah berwarna lebih gelap atau sawo matang. Namun jika sebaliknya, yaitu saat menggunakan perhisaan perak tampak lebih baik atau cocok, itu menandakan bahwa jenis kulit kamu adalah berwarna terang atau pucat.

6. Cara mengetahui jenis warna kulit dengan pakaian

Cara mengetahui jenis warna kulit dengan pakaian

Cara mengetahui jenis warna kulit yang ke-6 adalah mencocokan warna kulit dengan warna pakaian. Cara yang satu ini bisa dibilang cara yang paling mudah untuk mengetahui jenis warna kulit asli kita. Nah jika saat kamu menggunakan pakaian mencolok seperti warna merah marun atau oranye terang dan terasa lebih baik, itu menandakan bahwa jenis kulit asli kamu berwarna sawo matang atau lebih gelap.

Namun jika kamu menggunakan pakaian seperti warna merah muda, biru, hitam, atau hijau dan terasa lebih baik, itu menandakan bahwa jenis kulit asli kamu berwarna netral. Sedangkan jika kamu menggunakan warna pakaian apapun kecuali warna hitam atau warna-warna lembut lainnya dan terasa lebih baik, itu menandakan bahwa jenis kulit asli kamu berwarna terang atau pucat.

7. Cara mengetahui jenis warna kulit dengan produk kecantikan

Cara mengetahui jenis warna kulit dengan produk kecantikan

Cara mengetahui jenis warna kulit yang ke-7 adalah dengan melihat dari produk kecantikan yang sering dipakai. Nah cara yang satu ini bisa dibilang berbicara banyak mengenai diri seseorang, termasuk untuk mengetahui jenis warna kulit asli kita dengan hanya melihat produk-produk kecantikannya yang didominasinya.

Misalnya produk kecantikan kamu di dominasi minyak atau parfum beraroma sebagai ganti sunblock, itu menandakan bahwa jenis kulit kamu adalah sawo matang. Namun jika produk kecantikan kamu di dominasi oleh sunblock ber-SPF tinggi, itu menandakan bahwa jenis kulit asli kamu berwarna terang atau pucat supaya kulitnya tidak mudah terbakar.

8. Cara mengetahui jenis warna kulit dengan cahaya matahari

Cara mengetahui jenis warna kulit dengan cahaya matahari

Cara mengetahui jenis warna kulit yang ke-8 adalah dengan mengekspos cahaya matahari. Berbeda dengan cara sebelumnya yang mudah dan aman, cara yang satu ini bisa dibilang cara ekstrem untuk mengetahui jenis warna kulit asli kita. Untuk caranya, pastikan terlebih dahulu kulit tidak sedang menggunakan sunblock, makeup, lotion, atau sejenisnya dan panas sinar matahari berintensitas terangnya sedang ke rendah.

Nah jika dalam melakukan cara ini kulit kemudian timbul bintik-bintik merah, itu menandakan bahwa jenis kulit asli kamu berwarna terang atau pucat. Namun saat melakukan cara ini kulit tidak timbul bintik-bintik merah, itu menandakan bahwa jenis kulit asli kamu adalah sawo matang atau lebih gelap.

9. Cara mengetahui jenis warna kulit dengan area tersembunyi kulit

Cara mengetahui jenis warna kulit dengan area tersembunyi kulit

Cara mengetahui jenis warna kulit yang ke-9 adalah dengan melihat area tersembunyi kulit, seperti di ketiak, lutut, dan lainnya. Nah jika kulit kamu tidak melalui proses semacam bleaching atau semacamnya, umumnya kulit asli kamu tidak berbeda jauh dengan warna kulit diarea tersembunyi. Namun jika sebaliknya, yaitu warna kulit diarea tersembunyi kamu berwarna belang atau berbeda, bisa dipastikan bahwa jenis warna kulit asli kamu juga berbeda.

10. Cara mengetahui jenis warna kulit dengan tabel jenis warna kulit

Cara mengetahui jenis warna kulit dengan tabel jenis warna kulit

Cara mengetahui jenis warna kulit yang ke-10 adalah mencocokan kulit dengan tabel jenis warna kulit. Cara yang satu ini bisa dibilang cara yang paling mudah diantara cara mengetahui jenis warna kulit lainnya dikarenakan hanya membutuhkan tabel jenis warna kulit yang sudah banyak beredar di media online. Bahkan dengan tabel ini kamu bisa tahu apa saja nama jenis kulit kita, seperti bernama tan, medium tan, tannish yellow, dan lain sebagainya.

11. Cara mengetahui jenis warna kulit dengan warna bola mata

Cara mengetahui jenis warna kulit dengan warna bola mata

Cara mengetahui jenis warna kulit yang ke-11 adalah dengan melihat warna bola mata. Nah jika bola mata kamu berwarna cokelat terang, hijau, biru, dan hazel dengan bintik keemasan, itu menandakan bahwa jenis kulit kamu berwarna hangat. Namun jika bola mata kamu berwarna biru pekat, hitam, cokelat tua, abu-abu pekat, dan hazel keabuan atau dengan bintik kebiruan, itu menandakan bahwa jenis kulit kamu berwarna dingin.

12. Cara mengetahui jenis warna kulit dengan kutek

Cara mengetahui jenis warna kulit dengan kutek

Cara mengetahui jenis warna kulit yang ke-12 adalah dengan tes kutek berwarna hijau dan biru. Untuk caranya, kamu bisa menggunakan kutek berwara biru pada satu kuku tangan dan kutek hijau pada kuku tangan yang lainnya, lalu posisikan tangan mengepal atau seperti menggenggam.

Cobalah perhatikan, jika kedua warna tersebut tidak cocok dengan kulit kamu, itu menandakan bahwa jenis kulit kamu termasuk netral. Sedangkan jika warna biru dirasa lebih cocok, itu artinya kulit kamu berwarna dingin. Sedangkan sebaliknya, yaitu warna hijau yang lebih cocok, itu artinya jenis kulit kamu berwarna hangat.

1 2 3 4