10 Cara KB Alami Agar Tidak Hamil Yang Perlu Kamu Ketahui


10 Cara KB Alami Agar Tidak Hamil Yang Perlu Kamu Ketahui

XASXUS.com - Dalam perkembangan saat ini, ada banyak sekali KB yang biasa digunakan untuk mencegah terjadinya kehamilan, mulai dari mengonsumsi pil KB, melakukan KB suntik, KB spiral, dan lain sebagainya. Namun bagi kamu yang tidak ingin tubuhnya dimasukan benda asing dikarenakan takut dengan efek sampingnya, cobalah menggunakan KB alami.

Lantas apa sajakah cara KB alami yang efektif? simak 10 cara KB alami yang dapat kamu coba untuk mengontrol atau mencegah kehamilan.

Daftar Isi

1. Cara KB alami dengan metode symptom thermal

Cara KB alami dengan metode symptom thermal

Cara KB alami yang ke-1 adalah dengan metode symptom thermal. Metode symptom thermal sendiri adalah metode kombinasi dari beberapa metode KB alami, seperti metode kalender, pengukuran suhu tubuh, dan pengecekan mucus.

Cara KB alami yang satu ini tentunya melibatkan beberapa faktor tambahan, seperti nyeri pada payudara dan kram pada perut. Nah jika pada saat itu wanita merasakan hal tersebut, tentunya pada waktu itu juga tidak diperbolehkan untuk melakukan hubungan seksual guna mencegah terjadinya kehamilan.

2. Cara KB alami dengan metode kalender

Cara KB alami dengan metode kalender

Cara KB alami yang ke-2 adalah dengan metode kalender. Metode KB alami yang satu ini bisa dibilang sangat simpel dikarenakan hanya bergantung pada penghitungan masa subur wanita. Untuk cara perhitungannya sendiri cukup mudah, yaitu hari pertama masa subur atau saat ovulasi tiba adalah 18 hari sebelum hari pertama mentsruasi.

Sedangkan hari terakhir dari masa subur atau akhir dari ovulasi adalah 11 hari sebelum hari terakhir menstruasi. Nah dengan mengetahui rentang masa subur tersebut, tentunya dapat mencegah terjadinya kehamilan dengan cara tidak melakukan hubungan seksual diwaktu masa subur.

3. Cara KB alami dengan metode pemeriksaan mucus

Cara KB alami dengan metode pemeriksaan mucus

Cara KB alami yang ke-3 adalah dengan metode pemeriksaan mucus. Metode untuk mencegah kehamilan yang satu ini hanya memerlukan memeriksa mucus yang ada pada vagina. Apa itu mucus? Mucus sendiri merupakan reaksi dari hormon estrogen yang bentuknya mirip seperti putih telur mentah dengan jumlahnya yang sangat banyak sekali pada bagian organ vagina wanita. Nah jika pada pemeriksaan jumlah mucus sangat banyak, itu artinya jangan melakukan hubungan seksual untuk mencegah terjadinya kehamilan setidaknya selama tiga hari atau lebih.

4. Cara KB alami dengan pendeteksi ovulasi

Cara KB alami dengan pendeteksi ovulasi

Cara KB alami yang ke-4 adalah dengan pendeteksi ovulasi. Tahukah kamu, di zaman yang sudah modern saat ini ternyata sudah ada alat pendeteksi ovulasi dan banyak dijual di toko farmasi. Dengan menggunakan alat ini, tentunya kita sudah bisa mendeteksi hormone yang memfasilitasi proses ovulasi, sehingga penggunaannya dapat digunakan untuk mencegah terjadinya kehamilan dengan cara menghindari hubungan seksual sampai setelah sel telur dilepaskan.

5. Cara KB alami dengan kondom

Cara KB alami dengan kondom

Cara KB alami yang ke-5 adalah dengan menggunakan kondom. Metode KB alami yang satu ini bisa dibilang salah satu metode paling ampuh untuk mencegah terjadinya kehamilan dibandingkan dengan KB alami lainnya. Bahkan penggunaan kondom sebagai KB alami sangat aman dikarenakan tidak melibatkan obat atau bahan kimia, itulah mengapa metode ini termasuk ke dalam metode KB alami.

6. Cara KB alami dengan metode menyusui

Cara KB alami dengan metode menyusui

Cara KB alami yang ke-6 adalah dengan metode menyusui. Berbeda dengan metode KB alami yang bisa digunakan kapan saja, cara KB alami dengan metode menyusui ini justru hanya dapat dilakukan oleh wanita yang baru saja melahirkan atau sedang menyusui. Sebagaimana yang diketahui, saat menyusui wanita umumnya sedang di dalam masa subur yang sangat panjang dari pada biasanya, sehingga dapat mencegah terjadinya kehamilan. Meskipun demikian, cara KB alami ini tidak selalu efektif sebab bisa saja wanita mengalami ovulasi dan memasuki masa subur tanpa disadari.

7. Cara KB alami dengan ejakulasi diluar vagina

Cara KB alami dengan ejakulasi diluar vagina

Cara KB alami yang ke-7 adalah dengan ejakulasi diluar vagina. Cara KB alami yang satu ini juga kerap dilakukan untuk mencegah terjadinya kehamilan. Kondisi ini dilakukan supaya sperma pada pria tidak masuk ke dalam, sehingga tidak dapat membuahi sel telur. Meskipun demikian, cara KB alami ini tidak selalu efektif sebab masih bisa mengalami kehamilan yang tidak diharapkan.

8. Cara KB alami dengan tidak melakukan penetrasi

Cara KB alami dengan tidak melakukan penetrasi

Cara KB alami yang ke-8 adalah dengan tidak melakukan penetrasi. Metode KB alami yang satu ini umumnya hampir sama seperti KB dengan ejakulasi diluar vagina, namun yang membedakan metode ini dianjurkan sama sekali tidak melakukan penetrasi. Sebagaimana yang diketahui jika tidak ada penetrasi, tentunya tidak akan ada sperma yang masuk ke dalam vagina yang menyebabkan terjadinya kehamilan. Meskipun cara KB alami ini sangat efektif, namun sangat membutuhkan komitmen yang sangat kuat.

9. Cara KB alami dengan mengukur suhu tubuh

Cara KB alami dengan mengukur suhu tubuh

Cara KB alami yang ke-9 adalah dengan mengukur suhu tubuh. Cara KB alami yang satu ini juga tergolong efektif untuk mencegah terjadinya kehamilan. Untuk caranya, cukup mengukur mengukur suhu basal atau suhu tubuh ketika baru bangun tidur dan sebelum melakukan aktivitas lainnya.

Jika suhu tubuh lebih tinggi dari pada hari-hari sebelumnya, itu menandakan bahwa tubuh sedang masa ovulasi atau sedang dalam masa subur. Sebagaimana yang diketahui jika sebelum masa ovulasi, suhu basal atau suhu tubuh cenderung lebih rendah dari pada sesudah masa ovulasi. Dengan metode ini, tentunya sudah bisa diketahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan hubungan tanpa terjadi kehamian.

10. Cara KB alami dengan kunyit

Cara KB alami dengan kunyit

Cara KB alami yang ke-10 adalah dengan kunyit. Untuk caranya, cukup siapkan 2 batang kunyit yang telah dipanggang selama kurang lebih 2-3 menit, garam sebanyak 1/4 sendok teh, dan segelas air. Selanjutnya tumbuk batang kunyit tersebut hingga halus, kemudian masukan ke dalam segelas air dan beri garam. Aduk hingga rata, lalu peras dan saring. Jika sudah, minum hasil saringan tersebut selama 1 minggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.