14 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah dan Kanan Atas

Advertisment

XASXUS.com - Apa yang menyebabkan sakit perut sebelah kanan? mungkin itulah pertanyaan yang sering ada dibenak kita saat mengalami sakit perut sebelah kanan, baik itu disebelah kanan atas maupun sebelah kanan bawah. Meskipun terdengar sepele, namun tahukah kamu jika sakit perut sebelah kanan bisa jadi merupakan pertanda bahwa sedang ada penyakit tertentu.

Nah apa sajakah penyebab sakit perut sebelah kanan, berikut ini 14 penyebab sakit perut sebelah kanan bawah dan kanan atas.

Daftar Isi

1. Apendisitis atau radang usus buntu

Penyebab sakit perut sebelah kanan yang ke-1 adalah apendisitis atau radang usus buntu. Apakah kamu mengalami rasa sakit perut sebelah kanan bawah? Jika iya, maka kemungkinan besar kamu mengalami radang usus buntu. Sebagaimana yang diketahui jika radang usus buntu dapat mengakibatkan usus buntu membengkak dan membuat penderita merasakan nyeri dibagian perut sebelah kanan.

Kondisi ini umumnya diawali rasa nyeri dibagian perut sekitar pusar yang menuju ke perut sebelah kanan bawah dan akan semakin memburuk jika bergerak atau terjadi penekanan. Selain itu, radang usus buntu juga disertai oleh beberapa gejala lain, mulai dari merasakan demam, mual, muntah, kehilangan nafsu makan, dan lain sebagainya. Nah jika kamu mengalami sakit perut sebelah kanan bawah dengan disertai oleh beberapa gejala diatas, maka sebaiknya periksakan diri ke dokter supaya cepat mendapat penanganan.

2. Kolik bilier

Penyebab sakit perut sebelah kanan yang ke-2 adalah mengalami kolik bilier. Apakah kamu mengalami rasa sakit perut sebelah kanan atas secara tiba-tiba? Jika iya, maka kemungkinan besar kamu mengalami kolik bilier atau sumbatan pada saluran empedu oleh batu empedu.

Kondisi ini biasanya akan mengakibatkan rasa nyeri namun hanya berlangsung selama beberapa menit sampai satu jam sesudah mengonsumsi makan-makanan tertentu, terutama makanan dengan kadar lemak yang tinggi. Bahkan rasa nyeri yang dirasakan juga bisa berlangsung terus-menerus dan akan meningkat intensitasnya layaknya gelombang.

Selain itu, kondisi ini umumnya juga disertai dengan beberapa gejala lain, seperti kekuningan di sekitar area putih mata, merasa panas dingin atau menggigil, dan demam. Kondisi ini bisa jadi disebabkan oleh kolesistitis yang akan sangat serius jika tidak segera diobati.

3. Janin bergerak ke sebelah kanan

Penyebab sakit perut sebelah kanan yang ke-3 adalah janin bergerak ke sebelah kanan. Apakah kamu sedang hamil dan mengalami sakit perut sebelah kanan? Jika iya, maka kemungkinan besar janin yang ada di dalam rahim sedang bergerak ke sebelah kanan.

Kondisi ini umumnya hanya akan terjadi saat usia kehamilan sudah cukup matang, yaitu sekitar diatas 6 bulan. Seperti yang diketahui jika janin yang sudah berumur diatas 6 bulang cenderung akan melakukan beberapa gerakan yang membuat sang ibu merasakan sakit perut sebelah kanan.

4. Menstruasi

Penyebab sakit perut sebelah kanan yang ke-4 adalah mengalami menstruasi. Dalam beberapa kasus, menstruasi yang dialami oleh wanita juga bisa menjadi penyebab sakit perut sebelah kanan. Bahkan sakit perut sebelah kanan saat menstruasi akan terasa sangat luar biasa, baik itu sebelum maupun saat menginjak maksimum hari ketiga menstruasi.

5. Kehamilan ektopik atau kehamilan di luar rahim

Penyebab sakit perut sebelah kanan yang ke-5 adalah mengalami kehamilan ektopik atau kehamilan di luar rahim. Secara umum, kehamilan ektopik adalah kehamilan yang berkembang di luar rahim dan biasanya terletak di dalam tuba falopi atau saluran telur.

Nah jika kamu mengalami sakit perut sebelah kanan, maka kemungkinan besar kehamilan yang terjadi terletak di dalam tuba falopi bagian kanan. Kondisi ini biasanya disertai dengan gejala telat mens dan hasil tes pack (+) atau hamil namun dengan kondisi mudah lemah dan pucat.

6. Mengalami radang dibagian bawah tubuh

Penyebab sakit perut sebelah kanan yang ke-6 adalah mengalami radang dibagian bawah tubuh. Kondisi ini umumnya bisa terjadi pada siapa saja, baik itu laki-laki, perempuan, tua, muda, maupun anak-anak. Meskipun demikian, kondisi ini lebih lebih sering menyerang wanita ketimbang pria. Nah jika kamu merasakan sakit perut sebelah kanan dan seolah-olah ingin buang air besar terus, maka kemungkinan besar kamu mengalami radang dibagian bawah tubuh.

7. Gangguan organ ginjal

Penyebab sakit perut sebelah kanan yang ke-7 adalah mengalami gangguan organ ginjal. Apakah kamu mempunyai batu ginjal? jika iya, maka itulah penyebab mengapa sakit perut sebelah kanan. Secara umum, kondisi ini mirip dengan rasa sakit perut sebelah kanan yang disebabkan oleh kolik bilier, yaitu merasakan rasa nyeri secara mendadak dan terjadi di sisi kanan perut atau pinggang.

Selain itu, kondisi ini juga akan disertai oleh beberapa gejala lain, mulai dari merasakan mual, muntah, dan kram. Untuk rasa nyerinya sendiri biasanya tergantung dari besar kecilnya batu ginjal. Jika batu masih berukuran kecil, maka rasa nyeri yang dirasakan tidak begitu sakit dan masih bisa keluar dari tubuh tanpa penanganan khusus. Namun jika sebaliknya, yaitu batu sudah berukuran besar atau lebih dari 7 mm, maka mengatasinya dengan cara prosedur pembedahan supaya tidak semakin memburuk.

8. Kista ovarium kanan

Penyebab sakit perut sebelah kanan yang ke-8 adalah kista ovarium kanan. Secara umum, wanita mempunyai dua ovarium, yaitu ovarium kanan dan ovarium kiri. Namun jika kamu merasakan sakit perut sebelah kanan, maka kemungkinan besar kamu terkena kista ovarium kanan.

Meskipun kebanyakan kista tidak menimbulkan gejala apapun, namun hal tersebut berbeda dengan kista ovarium yang cenderung membuat perut merasa tidak nyaman saat kista ovarium membesar. Bahkan kista yang berukuran besar atau pecah dapat mengakibatkan gejala serius sehingga perlu ditangani melalui operasi.

9. Konstipasi atau sembelit sebelah kanan

Penyebab sakit perut sebelah kanan yang ke-9 adalah konstipasi atau sembelit sebelah kanan. Secara umum, sembelit bukan hanya disebabkan oleh feses yang keras atau sulit keluar, namun juga bisa sebabkan jarang buang air besar.

Normalnya, buang air besar bagi orang dewasa adalah sebanyak 3 kali atau lebih perminggu dan akan menimbulkan rasa nyeri di bagian perut kanan apabila mengalami konstipasi atau sembelit. Bahkan jika kondisi ini semakin buruk, maka bisa juga mengalami pembengkakan pada perut dan kadang muntah. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi makan makanan berserat atau memperbanyak minum air putih.

10. Penyakit hernia hiatus

Penyebab sakit perut sebelah kanan yang ke-10 adalah penyakit hernia hiatus. Meskipun penyakit ini banyak dialami oleh anak-anak, namun tidak menutup kemungkinan bahwa orang dewasa juga dapat terkena penyakit ini. Secara umum, penyakit hernia dibagi menjadi beberapa jenis, namun diantara beberapa jenis penyakit hernia, maka hernia hiatus-lah penyebab yang mungkin. Hernia hiatus sendiri adalah penyakit yang menyebabkan usus penderita turun. Oleh sebab itu, jika usus bagian kanan turun, maka dapat menyebabkan sakit perut sebelah kanan.

11. Kanker lambung

Penyebab sakit perut sebelah kanan yang ke-11 adalah kanker lambung. Kondisi ini umumnya disertai dengan beberapa gejala. Pada tahap awal, sakit perut sebelah kanan akan disertai dengan beberapa gejala lainnya, seperti kembung dan sering bersendawa, nyeri pada tulang dada, cepat kenyang saat makan, mual, muntah, sulit menelan makanan, dan lain sebagainya.

Sedangkan pada tahap yang lebih parah, sakit perut sebelah kanan akan disertai dengan beberapa gejala lainnya, seperti muntah darah, anemia, sakit kuning, hilang nafsu makan, tinja berwarna hitam atau terdapat darah pada tinja, tubuh terasa lelah, dan penurunan berat badan. Nah jika kamu mengalami beberapa gejala tersebut, maka kemungkinan besar kamu mengalami kanker lambung dan sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

12. Salpingitis kanan

Penyebab sakit perut sebelah kanan yang ke-12 adalah salpingitis kanan atau radang tuba falopi sebelah kanan. Secara umum, tuba fallopi adalah saluran yang menghubungkan antara rahim dengan kandung telur atau ovarium.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh adanya infeksi, terutama infeksi menular seksual (Gonore dan Chlamydia) yang disertai dengan demam. Nah jika kamu mengalami sakit perut sebelah kanan dengan disertai demam, bisa jadi kamu mengalami penyakit salpingitis kanan.

13. Obstruksi usus (usus tersumbat)

Penyebab sakit perut sebelah kanan yang ke-13 adalah obstruksi usus atau usus tersumbat. Secara umum, obstruksi usus tidak hanya terjadi disebelah kanan perut, melainkan juga bisa terjadi disebelah kiri, atas, atau bawah perut.

Kondisi ini biasanya disertai dengan beberapa gejala lainnya, seperti kram perut yang hilang timbul, perut kembung, sembelit atau diare, perut bengkak, hilangnya nafsu makan, mual dan muntah. Nah jika kamu mengalami hal tersebut, kemungkinan besar kamu mengalami obstruksi usus atau penyumbatan usus, entah itu pada usus halus maupun usus besar.

14. Penyakit lain

Penyebab sakit perut sebelah kanan yang ke-14 adalah adanya penyakit lain. Sebenarnya masih ada beberapa penyebab lainnya mengapa sakit perut sebelah kanan bisa terjadi. Namun jika kamu mengalami sakit perut sebelah kanan dengan disertai beberapa gejala lain, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter supaya cepat mengetahui penyakit atau masalah yang sedang di derita, sehingga jika ada penyakit yang berbahaya bisa segera mendapat penanganan.

1 2 3 4