23 Makanan, Minuman, dan Buah Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Advertisment

XASXUS.com - Saat masa kehamilan, memberikan nutrisi terbaik untuk janin merupakan hal terpenting bagi ibu hamil. Seperti yang diketahui jika apa yang dikonsumsi ibu hamil akan berdampak pada perkembangan janin. Oleh sebab itu ibu hamil dituntut untuk memperhatikan makanan maupun minuman yang dikonsumsi.

Namun tahukah kamu ternyata ada makanan, minuman, dan buah-buahan yang dilarang untuk ibu hamil. Nah berikut ini adalah 23 makanan, minuman, dan buah-buahan yang dilarang untuk ibu hamil.

Daftar Isi

Buah-buahan yang dilarang untuk ibu hamil

Secara umum, buah-buahan memang sangat diajurkan bagi ibu hamil dikarenakan mempunyai beberapa kandungan yang sangat baik bagi tubuh dan perkembangan janin. Namun tahukah kamu jika ada beberapa buah-buahan yang sangat dilarang untuk ibu hamil. Apa sajakah? berikut 9 buah-buahan yang dilarang untuk ibu hamil.

1. Buah pepaya

Buah yang dilarang untuk ibu hamil - Buah pepaya

Buah yang dilarang untuk ibu hamil yang ke-1 adalah buah pepaya. Apakah kamu seorang ibu hamil yang ingin makan buah pepaya? jika iya, ada baiknya mulai menghindari buah yang satu ini, terutama dengan buah pepaya yang masih mentah dan belum matang. Meskipun buah pepaya sudah tidak diragukan lagi akan manfaatnya bagi tubuh, kandungan senyawa di dalamnya ternyata cukup berbahaya bagi kehamilan.

Bahkan efek samping dari mengonsumsi buah pepaya bagi ibu hamil bisa menyebabkan timbulnya kontraksi kehamilan dan terjadinya pelunakan pada jalan lahir, sehingga bisa memicu terjadinya kelahiran prematur pada janin, dan yang paling berbahayanya lagi adalah dapat menyebabkan keguguran.

11 Ciri-Ciri Wanita Mandul Secara Fisik Sebelum Menikah dan Setelah Menikah

2. Buah nanas

Buah yang dilarang untuk ibu hamil - Buah nanas

Buah yang dilarang untuk ibu hamil yang ke-2 adalah buah nanas. Mungkin kamu pernah mendengar sebuah pernyataan bahwa buah nanas sangat dilarang untuk ibu hamil. Pernyataan tersebut sebenarnya mempunyai alasan tertentu dan bukan mengada-ngada. Seperti yang diketahui jika buah nanas mempunyai beberapa kandungan yang bisa dibilang cukup berbahaya bagi ibu hamil, salah satunya adalah kandungan bromelain.

Bahkan efek samping dari kandungan buah nanas tersebut dapat membuat leher rahim menjadi lunak dan terjadi pembukaan yang bisa menyebabkan kelahiran belum cukup usia atau prematur. Selain itu, efek samping dari mengomsumsi buah nanas bagi ibu hami dapat memicu terjadinya keguguran. Oleh sebab itu, ibu hamil yang ingin mengonsumsi buah nanas sebaiknya hindari terlebih dahulu.

10 Fakta Mengapa Janin Aktif Bergerak Sebelah Kanan

3. Buah anggur

Buah yang dilarang untuk ibu hamil - Buah anggur

Buah yang dilarang untuk ibu hamil yang ke-3 adalah buah anggur. Selain beberapa buah diatas, buah anggur ternyata juga termasuk buah-buahan yang dilarang untuk ibu hamil. Meskipun demikian, boleh tidaknya untuk ibu hamil masih dalam perdebatan.

Seperti yang diketahui jika buah anggur dalam perawatannya menggunakan berbagai macam bahan kimia. Nah kandungan bahan kimia inilah yang nantinya dikhawatirkan dapat meracuni ibu hamil dan janin di dalam kandungannya. Oleh sebab itulah, ada baiknya ibu hamil sementara waktu untuk tidak mengonsumsi buah anggur.

16 Obat Batuk Alami Untuk Ibu Hamil Yang Aman Untuk Semua Usia Kehamilan

4. Buah durian

Buah yang dilarang untuk ibu hamil - Buah durian

Buah yang dilarang untuk ibu hamil yang ke-4 adalah buah durian. Siapa sih yang tidak suka dengan buah durian? Buah yang terkenal akan aromanya yang sangat menggoda ini memang banyak disukai. Namun tahukah kamu jika ibu hamil sangat dilarang untuk mengonsumsi buah yang satu ini.

Seperti yang diketahui jika daging pada buah durian mempunyai beberapa kandungan yang sangat berbahaya bagi kehamilan, seperti mengandung asam arachidonat dan alkohol, sehingga dapat memicu terjadinya kontraksi pada rahim dan menyebabkan kelahiran prematur. Oleh sebab itulah, ibu hamil sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi buah durian selama masa kehamilan.

24 Tanda dan Ciri-Ciri Hamil Anak Laki-Laki Yang Akurat dan Pasti

5. Buah nangka

Buah yang dilarang untuk ibu hamil - Buah nangka

Buah yang dilarang untuk ibu hamil yang ke-5 adalah buah nangka. Sama seperti buah durian, buah yang juga mempunyai duri kecil ini juga harus dihindari selama masa kehamilan. Seperti yang diketahui jika buah nangka dapat menimbulkan rasa panas di perut setelah dikonsumsi, sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut ibu hamil. Oleh sebab itu, untuk sementara waktu ibu hamil sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi buah nangka.

Inilah 6 Tanda Tanda Melahirkan Pembukaan 1

6. Buah melon

Buah yang dilarang untuk ibu hamil - Buah melon

Buah yang dilarang untuk ibu hamil yang ke-6 adalah buah melon. Selain beberapa buah diatas, buah melon ternyata juga sangat dilarang untuk ibu hamil, terutama jenis melon merah atau cantaluope. Seperti yang diketahui jika kulit luar pada buah melon merah rentan sekali tercemar bakteri, khususnya bakteri salmonella.

Bahkan jika mengonsumsi buah melon saat masa kehamilan membuat ibu hamil terancam terkena virus TORCH, yaitu sebuah virus yang bisa memicu terjadinya kelahiran prematur dan juga cacat pada janin. Oleh sebab itu, saat masa kehamilan ibu hamil sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi buah melon.

20 Tanda dan Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan Yang Akurat dan Pasti

7. Buah mangga matang

Buah yang dilarang untuk ibu hamil - Buah mangga matang

Buah yang dilarang untuk ibu hamil yang ke-7 adalah buah mangga matang. Secara umum, buah mangga sangat baik bagi ibu hamil. Namun hal tersebut tidak berlaku saat kehamilan sudah memasuki trisemester akhir dari 3 trisemester yang akan dilalui.

Hal tersebut dikarenakan mangga matang mempunyai kandungan gula yang sangat tinggi, sehingga bisa menimbulkan beberapa masalah lainnya, salah satunya adalah meningkatnya resiko diabetes pada janin dan membuat berat janin menjadi besar sehingga akan sulit dilahir secara normal.

Hamil Tapi Haid? Inilah 10 Fakta Tentang Hamil Tapi Haid atau Menstruasi

8. Jus buah segar

Buah yang dilarang untuk ibu hamil - Jus buah segar

Buah yang dilarang untuk ibu hamil yang ke-8 adalah jus buah segar. Minum jus memang sangat menyegarkan, apalagi jika diminum saat cuaca sedang panas. Namun tahukah kamu jika buah yang digunakan tersebut masih dalam keadaan segar dikhawatirkan masih ada beberapa bakteri yang berdampak buruk pada ibu hamil, seperti bakteri E. Coli dan Salmonela yang dapat memicu terjadinya kecacatan pada janin dan juga kelahiran prematur.

Oleh sebab itu, ibu hamil sangat diajurkan untuk tidak mengonsumsi jus buah yang masih segar. Namun untuk mengatasinya, ibu hamil bisa membeli jus kemasan, sebab jus seperti ini biasanya sudah melalui proses pasteurisasi dan aman untuk ibu hamil.

30 Makanan, Minuman, dan Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil

9. Buah yang tidak dicuci

Buah yang dilarang untuk ibu hamil - Buah yang tidak dicuci

Buah yang dilarang untuk ibu hamil yang ke-9 adalah buah yang tidak dicuci. Selain buah yang masih sangat segar, buah yang tidak dicuci juga sangat dilarang untuk ibu hamil. Seperti yang diketahui jika buah yang tidak dicuci terlebih dahulu kemungkinan besar masih terdapat bakteri yang dikhawatirkan dapat membahayakan janin di dalam kandungan. Oleh sebab itulah, dalam mengonsumsi buah-buahan sebaiknya dicuci terlebih dahulu sehingga tidak menimbulkan berbagai macam resiko.

10 Fakta Hamil Diluar Nikah Yang Harus Kamu Ketahui dan Apa Yang Harus Dilakukan

Minuman yang dilarang untuk ibu hamil

Tidak hanya buah-buahan, ada juga beberapa minuman yang sangat dilarang untuk ibu hamil. Nah berikut ini adalah 3 minuman yang dilarang untuk ibu hamil dan penjelasannya.

1. Susu segar

Minuman yang dilarang untuk ibu hamil - Susu segar

Minuman yang dilarang untuk ibu hamil yang ke-1 adalah susu segar. Apakah kamu seorang ibu hamil yang ingin minum susu segar atau yang baru diperah dari sapi? Jika iya, sebaiknya mulai menghindari minuman yang satu ini.

Jika hal tersebut dilakukan, tentunya bisa membahayakan bagi kesehatan ibu hamil dan janin dikarenakan masih ada bakteri yang terkandung di dalamnya. Namun jangan khawatir, sebab ibu hamil bisa mengonsumsi susu yang sudah melalui proses pemasakah terlebih dahulu dikarenakan bakteri yang ada di dalamnya sudah menghilang.

12 Manfaat dan Efek Samping Folavit Untuk Ibu Hamil dan Bayi

2. Minuman berkafein

Minuman yang dilarang untuk ibu hamil - Minuman berkafein

Minuman yang dilarang untuk ibu hamil yang ke-2 adalah minuman berkafein. Selain dilarang minum susu segar, ibu hamil juga sangat dilarang mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, coklat, soda, dan lain sebagainya. Namun jika takaran kafeinnya kurang dari 200 gram perhari, tentunya hal tersebut masih diperbolehkan.

12 Merk Susu Untuk Ibu Hamil Yang Bagus (1 Bulan - 9 Bulan)

3. Minuman beralkohol

Minuman yang dilarang untuk ibu hamil - Minuman beralkohol

Minuman yang dilarang untuk ibu hamil yang ke-3 adalah minuman beralkohol. Ibu hamil pastinya sudah mengetahui larangan yang satu ini. Seperti yang diketahui jika minuman beralkohol bisa memberikan dampak negatif pada janin, mulai dari kelahiran prematur, berat lahir rendah, keguguran, bahkan sampai mengalami kondisi cacat. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari minuman yang satu ini demi kesehatan janin di dalam kandungan.

10 Cara KB Alami Agar Tidak Hamil Yang Perlu Kamu Ketahui

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil

Selain minuman, ada juga beberapa makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Makanan tersebut umumnya disebabkan oleh bakteri yang dapat membahayakan janin maupun ibu hamil. Nah berikut ini adalah 11 makanan yang dilarang untuk ibu hamil dan penjelasannya.

1. Kecambah

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil - Kecambah

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil yang ke-1 adalah kecambah. Sebenarnya kecambah tidak sepenuhnya dilarang untuk ibu hamil asalkan dimasak terlebih dahulu dan bukanlah dimakan segar tanpa melalui proses pemasakan.

Seperti yang diketahui jika kecambah segar masih mengandung bakteri Salmonela dan E. Coli yang dapat membahayakan janin, seperti terjadinya kecacatan pada janin atau mengalami kelahiran prematur.

Oleh sebab itu, pastikan kecambah sudah dalam keadaan bersih dan melalui proses pemasakan supaya bakteri tersebut mati. Kecambah yang dimaksud disini adalah seperti semanggi, alfalfa, kacang hijau, dan segala jenis kecambah mentah lainnya.

18 Ciri Ciri Hamil 1 Minggu Setelah Berhubungan

2. Keju lembut

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil - Keju lembut

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil yang ke-2 adalah keju lembut. Tidak hanya kecambah, keju lembut ternyata juga sangat dilarang untuk ibu hamil dikarenakan mengandung bakteri penyebab infeksi yang disebut listeria. Oleh sebab itu, ibu hamil disarankan untuk menghindari mengonsumsi berbagai macam jenis keju, seperti keju biru Denmark, camembert, keju susu kambing, roquefort, gorgonzola, dan lain sebagainya.

Namun jangan khawatir, sebab ibu hamil bisa mensiasatinya dengan keju keras dikarenakan telah melalui mematikan organisme merugikan atau yang disebut proses pasteurisasi. Selain itu, mengonsumsi cheddar dan keju parmesan juga dapat menjadi pilihan ibu hamil ketika sedang ingin keju.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 5 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

3. Daging dan ikan

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil - Daging dan ikan

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil yang ke-3 adalah daging dan ikan. Sama seperti kecambah, daging dan ikan sebenarnya tidak sepenuhnya dilarang untuk ibu hamil asalkan sudah dimasak dengan matang sempurna. Meskipun demikian, ibu hamil patut waspada dengan daging yang masih berwarna merah setelah dimasak, bisa jadi daging tersebut mengandung toxoplasma dan bakteri yang dapat mengakibatkan infeksi.

Selain itu, ibu hamil juga patut waspada dengan olahan daging seperti sosis atau olahan daging lainnya. Bisa jadi di dalam olahan daging tersebut ada bakteri Listeria yang dapat membahayakan ibu hamil. Namun jangan khawatir, jika memang ingin sekali mengonsumsi olahan daging tersebut, ada baiknya dipanaskan terlebih dahulu dengan api kecil, sehingga ikan dan daging aman untuk dikonsumsi.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 6 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

4. Sushi mentah

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil - Sushi mentah

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil yang ke-4 adalah sushi mentah. Hampir sama seperti point sebelumnya, seperti yang diketahui jika sushi biasanya disajikan dengan bahan mentah yang tidak melalui proses khusus atau tidak dibekukan.

Karena disajikan langsung dengan bahan mentah, membuat sushi kemungkinan besar masih mempunyai parasit di dalam tubuhnya yang dapat mengakibatkan munculnya suatu penyakit. Oleh sebab itu, ibu hamil sangat dianjurkan untuk tidak mengonsumsi sushi mentah.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 7 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

5. Adonan mentah

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil - Adonan mentah

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil yang ke-5 adalah adonan mentah. Ketika sedang membuat sesuatu masakan, kebanyakan dari kita pastinya akan mencicipi adonan terlebih dahulu untuk memastikan bahwa rasanya enak. Nah jika kebiasaan ini sering dilakukan saat hamil, ada baiknya mulai menghilangkan kebiasaan ini, apalagi jika adonan tersebut menggunakan bahan telur.

Hal ini dilakukan supaya bakteri salmonella pada adonan mentah tidak masuk ke dalam tubuh ibu hamil. Seperti yang diketahui jika bakteri salmonella dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti terancam terkena virus TORCH, yaitu sebuah virus yang bisa memicu terjadinya kelahiran prematur dan juga cacat pada janin.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 8 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

6. Saus caesar salad

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil - Saus caesar salad

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil yang ke-6 adalah saus caesar salad. Dalam membuat salad, pastinya tidak lengkap jika tidak menggunakan mayonnaise atau saus caesar salad. Meskipun terasa enak, ternyata saus caesar salad sangat dilarang untuk ibu hamil apabila mencoba membuatnya sendiri.

Untuk mengatasinya, ibu hamil bisa memlih saus yang telah melalui proses pematangan terlebih dahulu, atau bisa juga dengan mengganti saus lainnya yang tidak mengandung telur di dalamnya.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 9 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

7. Ikan tinggi merkuri

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil - Ikan tinggi merkuri

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil yang ke-7 adalah ikan tinggi merkuri. Selain ikan mentah atau sushi, ikan dengan tinggi merkuri juga sangat dilarang untuk ibu hamil, seperti ikan king mackerel, tile-fish, swordfish,sampai ikan ibu. Namun jangan khawatir, sebab masih banyak ikan yang tidak tinggi merkuri, seperti ikan tuna, salmon, cod dan lain sebagainya. Yang paling penting disini adalah pastikan ikan diolah sampai matang dan bukan ikan mentah.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 10 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

8. Sayur segar

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil - Sayur segar

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil yang ke-8 adalah sayur segar. Memakan sayur sebenarnya tidak sepenuhnya dilarang untuk ibu hamil asalkan dimasak terlebih dahulu dan bukanlah dimakan segar atau mentah-mentah tanpa melalui proses pemasakan. Pastikan juga sayur sudah dibersihkan terlebih dahulu supaya bakteri hilang.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 11 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

9. Kerang mentah

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil - Kerang mentah

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil yang ke-9 adalah kerang mentah. Sama seperti sayur, memakan kerang sebenarnya tidak sepenuhnya dilarang untuk ibu hamil asalkan sudah dimasak dengan baik dan bukanlah kerang mentah. Seperti yang diketahui jika mengonsumsi kerang mentah membuat ibu hamil mudah terkena virus, bakteri, racun, dan hal buruk lainnya. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari dahulu mengonsumsi kerang saat masa kehamilan.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 12 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

10. Makanan simpanan

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil - Makanan simpanan

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil yang ke-10 adalah makanan simpanan. Maksudnya disini adalah makanan yang dibiarkan di udara terbuka. Nah jika kamu mengetahui ada makanan yang dibiarkan di udara terbuka selama 2 jam, sebaiknya jangan memakannya.

Sebab makanan yang sudah dibiarkan selama dua jam di udara terbuka umumnya telah terkontaminasi berbagai bakteri yang merugikan. Oleh sebab itu, setelah memasak taruhlah makanan ke tempat tertutup atau simpan saja di dalam kulkas.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 13 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

11. Telur mentah

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil - Telur mentah

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil yang ke-11 adalah telur mentah. Selain beberapa makanan diatas, telur mentah juga termasuk makanan yang dilarang untuk ibu hamil dikarenakan adanya bakteri salmonella yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti terancam terkena virus TORCH, yaitu sebuah virus yang bisa memicu terjadinya kelahiran prematur dan juga cacat pada janin.

Tidak hanya telur mentah utuh, olahan telur mentah lainnya juga sangat dilarang untuk ibu hamil, seperti saus, mayonnaise, dan lain sebagainya.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 14 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

1 2 3 4 5 6 7 8