Hamil Tapi Haid? Inilah 10 Fakta Tentang Hamil Tapi Haid atau Menstruasi

Advertisment

XASXUS.com - Bagaimana mungkin seorang wanita sedang hamil tapi mengalami haid atau menstruasi? mungkin itulah pertanyaan yang sering diajukan oleh beberapa wanita yang mengalami haid atau menstruasi meskipun sudah dinyatakan positif hamil. Seperti yang diketahui jika berhentinya proses menstruasi merupakan salah satu pertanda bahwa wanita tengah hamil.

Namun faktanya, masih banyak wanita yang mengaku mendapatkan haid atau menstruasi meskipun dirinya sedang menjalani masa kehamilan, terutama di awal kehamilan. Nah bagi kamu yang penasaran mengapa hal tersebut bisa terjadi, berikut ini 10 fakta tentang hamil tapi haid atau mestruasi yang wajid diketahui.

Daftar Isi

1. Dari 10 wanita, 2 diantaranya mengalami haid tapi hamil

Fakta hamil tapi haid - Dari 10 wanita, 2 diantaranya mengalami haid tapi hamil

Fakta hamil tapi haid yang ke-1 adalah wajar, sebab 2 dari 10 wanita akan mengalami haid tapi hamil. Mungkin sebagian dari kita akan bertanya-tanya, mengapa bisa kondisi sedang hamil namun tetap mengalami menstruasi. Secara umum, mengalami haid tapi hamil bisa dikategorikan wajar dan normal mengingat 2 dari 10 wanita yang sedang hamil pernah mengalami haid atau menstruasi selama masa mengandung.

Meskipun demikian, ibu hamil harus tetap waspada, sebab haid saat hamil bisa saja pertanda bahaya. Oleh sebab itu, saat mengalami haid ketika hamil cobalah untuk berkonsultasi dengan dolter kandungan.

18 Ciri Ciri Hamil 1 Minggu Setelah Berhubungan

2. Normal jika terjadi di awal masa kehamilan

Fakta hamil tapi haid - Normal jika terjadi di awal masa kehamilan

Fakta hamil tapi haid yang ke-2 adalah normal jika terjadi di awal masa kehamilan. Apakah kamu mengalami haid saat hamil muda? Jika iya, jangan khawatir, sebab hal tersebut wajar dan normal ketika di awal masa kehamilan. Secara umum, darah yang keluar saat hamil muda bukanlah darah haid atau menstruasi, melainkan darah yang menyerupai haid.

Bahkan jika dilihat dari segi warna darahnya, terdapat beberapa perbedaan. Darah yang keluar pada awal masa kehamilan umumnya lebih berwarna kecokelatan dan lebih kental jika dibandingkan dengan darah haid atau menstruasi. Selain itu, rentang waktu haid pada masa kehamilan cenderung tidak berlangsung lama dan hanya sebentar.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 5 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

3. Adanya proses implantasi atau menempelnya janin ke leher rahim

Fakta hamil tapi haid - Adanya proses implantasi atau menempelnya janin ke leher rahim

Fakta hamil tapi haid yang ke-3 adalah adanya proses implantasi atau menempelnya janin ke leher rahim. Tahukah kamu, jika proses implantasi atau menempelnya janin ke leher rahim pada ibu hamil ternyata dapat menyebabkan pendarahan.

Nah pendarahan inilah yang kerap disebut haid oleh para ibu hamil, sehingga cenderung merasa khawatir akan keselamatan janin di dalam kandungannya. Proses ini sendiri biasanya hanya akan terjadi saat usia kehamilan memasuki 10-14 hari setelah pembuahan.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 6 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

4. Rontoknya leher rahim pada ibu hamil

Fakta hamil tapi haid - Rontoknya leher rahim pada ibu hamil

Fakta hamil tapi haid yang ke-4 adalah rontoknya leher rahim pada ibu hamil. Masih berkaitan dengan point sebelumnya, seperti yang diketahui jika proses penempelan embrio janin memang kerap kali melukai rahim pada ibu hamil, sehingga memaksa rahim merontokan dinding yang keluar dalam bentuk darah.

Nah kondisi inilah yang terkandang membuat ibu hamil menganggap darah yang keluar adalah darah haid atau mestruasi. Padahal ada beberapa perbedaan antara darah haid dengan darah disebabkan oleh rontoknya leher rahim.

Untuk darah yang disebabkan oleh rontoknya leher rahim biasanya lebih berwarna kecokelatan dan bukanlah darah merah segar seperti darah haid. Selain itu, jumlah darah yang keluar tersebut cenderung tidak berlangsung lama dan hanya sebentar.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 7 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

5. Adanya perubahan hormon pada ibu hamil

Fakta hamil tapi haid - Adanya perubahan hormon pada ibu hamil

Fakta hamil tapi haid yang ke-5 adalah adanya perubahan hormon pada ibu hamil. Tahukah kamu, saat hamil muda, ibu hamil cenderung akan mengalami perubahan hormon pada tubuhnya, mulai dari merasakan kram perut, mengalami proses implantasi, sampai mengalami haid atau pendarahan.

Secara umum, hal tersebut wajar dan normal. Akan tetapi, rasa kram yang dialami oleh ibu hamil akan dianggap normal apabila tidak lebih sakit dari rasa kram ketika menstruasi.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 8 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

6. Kemungkinan mengalami keguguran

Fakta hamil tapi haid - Kemungkinan mengalami keguguran

Fakta hamil tapi haid yang ke-6 adalah kemungkinan mengalami keguguran. Secara umum, hilangnya janin secara spontan atau keguguran juga akan menyebabkan terjadinya pendarahan pada ibu hamil. Nah pendarahan yang diakibatkan oleh keguguran ini juga terlihat seperti sedang haid atau menstruasi.

Oleh sebab itu, banyak dari ibu hamil yang menganggap bahwa dirinya sedang haid meskipun positif hamil. Namun tahukah kamu, jika darah keguguran dan darah haid ternyata berbeda. Darah yang disebabkan keguguran biasanya cenderung berwarna merah segar dan dalam jumlah yang banyak.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 9 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

7. Terjadi kehamilan ektopik atau hamil diluar kandungan

Fakta hamil tapi haid - Terjadi kehamilan ektopik atau hamil diluar kandungan

Fakta hamil tapi haid yang ke-7 adalah terjadi kehamilan ektopik atau hamil diluar kandungan. Maksudnya hamil diluar kandungan disini adalah kehamilan yang berkembang di luar rahim dan biasanya terdapat di dalam tuba falopi. Kehamilan ektopik ini umumnya juga dapat menyebabkan terjadi pendarahan seperti haid namun dalam jumlah yang sedikit.

Meskipun hanya mengeluarkan darah dalam jumlah sedikit, mengalami hamil diluar kandungan dalam kurun waktu yang lama juga akan berdampak pada ibu hamil, sehingga ibu hamil akan merasakan nyeri, kram perut yang hebat, bahkan sampai mengakibatkan perdarahan hebat.

Nah jika saat ini kamu mengalami kehamilan ektopik, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter kandungan supaya segera mendapat penanganan yang tepat. Sebab jika tidak cepat ditangani, dikhawatirkan janin yang berada diluar kandungan dapat menimbulkan infeksi dan kematian.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 10 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

8. Adanya penyakit ektropion serviks

Fakta hamil tapi haid - Adanya penyakit ektropion serviks

Fakta hamil tapi haid yang ke-8 adalah adanya penyakit ektropion serviks. Selain beberapa penyebab diatas, penyakit ektropion serviks juga dapat menimbulkan terjadinya pendarahan yang menyerupai darah haid atau menstruasi.

Secara umum, penyakit ektropion serviks ini adalah kondisi dimana leher rahim mengalami masalah dan terkadang dapat menyebabkan terjadinya pendarahan. Meskipun dianggap tidak berbaya, namun hal tersebut tetap memerlukan penanganan serius, apalagi jika pendarahan yang dialami terjadi diawal masa kehamilan.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 11 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

9. Pertanda awal persalinan

Fakta hamil tapi haid - Pertanda awal persalinan

Fakta hamil tapi haid yang ke-9 adalah pertanda awal persalinan. Secara umum, pendarahan seperti haid atau menstruasi juga bisa terjadi di awal persalinan dan dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu pendarahan plasenta previa dan pendarahan normal.

Pendarahan plasenta previa sendiri biasanya ditandai dengan jumlah darah yang lebih banyak. Sedangkan pendarahan normal biasanya lebih menyerupai darah haid yang disertai dengan keluarnya lendir. Hal ini merupakan tanda yang cukup normal dan wajar ketika terjadi dimasa akhir kehamilan.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 12 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

10. Mengalami hamil anggur

Fakta hamil tapi haid - Mengalami hamil anggur

Fakta hamil tapi haid yang ke-10 adalah mengalami hamil anggur. Secara umum, hamil anggur adalah kehamilan yang gagal dan disebabkan oleh kelainan pada proses perkembangan sel telur setelah dibuahi. Disebut hamil anggur sebab bentuk janin masih seperti gumpalan-gumpalan kecil bergerombol dan menyerupai buah anggur.

Pendarahan yang menyerupai darah haid tersebut umumnya akan terjadi di trisemester awal kehamilan dan berisfat konstan serta memberikan rasa sakit yang teramat sangat.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 13 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

1 2 3