27 Fakta, Penyebab, dan Cara Mengatasi Payudara Besar Sebelah

XASXUS.com - Mungkin sebagian dari kita ada yang bertanya-tanya mengapa ukuran payudara berbeda satu sama lain. Namun satu hal yang harus kamu ketahui, jika hampir semua wanita di seluruh dunia mengalaminya hal tersebut. Lantas bagaimana dalam sisi medis? Berikut 27 fakta, penyebab, dan cara mengatasi payudara besar sebelah yang harus kamu ketahui.

Daftar Isi

Fakta payudara sebelah

Apakah kamu sedang mengalami payudara besar sebelah? Jika iya, berikut ini fakta mengapa payudara besar sebelah yang harus kamu ketahui.

1. Payudara simetris hanya dimiliki sebagian kecil wanita

Fakta payudara besar sebelah yang ke-1 adalah sebagian besar wanita mengalaminya dan hanya sebagian kecil wanita saja yang mempunyai payudara simetris. Bahkan hal tersebut didukung oleh sebuah penelitian di Inggris yang mengungkapkan bahwa sekitar 99% wanita mempunyai bentuk payudara asimetris atau berbeda ukuran antara payudara kiri dengan payudara kanan. Meskipun demikian, perbedaan ukuran payudara yang dialami oleh wanita tidak selalu tampak jelas, ada yang tidak terlalu menonjol, namun ada juga yang terlihat menonjol.

2. Payudara bagian kiri umumnya lebih besar dari pada payudara kanan

Fakta payudara besar sebelah yang ke-2 adalah payudara kiri lebih besar jika dibandingkan dengan payudara kanan. Tahukah kamu, berdasarkan dari beberapa hasil survey, kebanyakan wanita mengatakan bahwa ukuran payudara kiri cenderung lebih besar jika dibandingkan dengan payudara bagian kanan.

Bahkan menurut ilmuwan dari Turki, payudara sebelah kiri umumnya lebih sensitif dan juga lebih besar dalam memproduksi hormon estrogen jika dibandingkan payudara kanan. Faktor itulah yang kemudian menyebabkan ukuran payudara kiri lebih besar dari pada ukuran payudara kanan.

Selain itu, besarnya ukuran payudara kiri juga bisa dipengaruhi oleh posisi payudara itu sendiri. Seperti yang diketahui jika posisi payudara kiri berdekatan dengan organ jantung, dimana organ jantung memang mempunyai ukuran yang besar sehingga membuat posisi payudara kiri terdorong dan seakan-akan tampak lebih besar jika dibandingkan payudara kanan.

3. Menandakan sedang mengandung janin laki-laki

Fakta payudara besar sebelah yang ke-3 adalah kemungkinan besar sedang mengandung anak laki-laki. Apakah kamu sedang hamil dan mengalami payudara besar sebelah? Jika iya, maka kemungkinan besar kamu sedang mengandung janin berjenis kelamin laki-laki. Meskipun demikian, belum ada bukti secara ilmiah yang mendukung pernyataan ini. Namun sebagian wanita yang mengalami payudara besar sebelah memang mengalami hal tersebut.

Penyebab payudara besar sebelah

Secara umum, ada beberapa faktor penyebab mengapa payudara besar sebelah. Nah berikut ini adalah beberapa penyebab mengapa payudara bisa berbeda ukuran atau besar sebelah.

1. Perkembangan payudara di masa remaja

Penyebab payudara besar sebelah yang ke-1 adalah masih dalam tahap perkembangan dimasa remaja. Seperti yang diketahui, saat wanita memasuki masa pubertas umumnya payudaranya baru mulai tumbuh sehingga tidak jarang ukuran payudara kiri dengan payudara kanannya berbeda.

Meskipun demikian, kondisi ini tergolong normal dan wajar serta akan berubah secara simetris atau sama seiring dengan berjalannya waktu. Namun saat usia 16 tahun atau mendekati akhir masa pubertas kondisi payudara tetap besar sebelah, maka kemungkinan besar payudara memang akan seperti itu sampai dewasa.

2. Proses menyusui

Penyebab payudara besar sebelah yang ke-2 adalah proses menyusui bayi. Apakah kamu seorang ibu yang sedang menyusui bayi? Jika iya, maka hal tersebut normal dan wajar. Sebagaimana yang diketahui jika pemicu terjadinya payudara besar sebelah adalah kadar ASI dalam satu payudara berbeda dengan pasangannya.

Bahkan perbedaan ukuran payudara tersebut akan semakin terlihat jika salah satu bagian payudara lebih sering digunakan untuk menyusui. Namun jangan khawatir, sebab hal tersebut akan kembali pulih dengan sendirinya.

3. Faktor kehamilan

Penyebab payudara besar sebelah yang ke-3 adalah faktor kehamilan. Seperti yang diketahui jika kehamilan dapat membuat wanita mengalami banyak ketidakstabilan hormon yang berpengaruh pada beberapa tampilan fisiknya, tidak terkecuali pada ukuran payudara. Kondisi seperti ini umumnya hanya akan terjadi pada trimester awal dan kedua, selanjutnya ukuran payudara akan menyesuaikan ukuran tubuh yang juga ikut membesar.

4. Masa ovulasi

Penyebab payudara besar sebelah yang ke-4 adalah sedang dalam masa ovulasi. Selain beberapa penyebab diatas, masa ovulasi yang dialami oleh wanita ternyata juga dapat menjadi penyebab mengapa payudara besar sebelah. Kondisi ini pada umumnya wajar dan normal asalkan tidak adanya keluhan lain terkait pembesaran payudara, seperti merasakan nyeri, sakit, dan lain sebagainya.

5. Sedang menstruasi

Penyebab payudara besar sebelah yang ke-5 adalah sedang dalam masa haid atau menstruasi. Tidak hanya saat masa ovulasi, saat sedang menstruasi ternyata juga dapat menjadi penyebab mengapa payudara besar sebelah. Sama seperti point sebelumnya, kondisi ini umumnya normal namun disertai dengan kelenjar susu yang mengalami pembengkakan sebagai respon perubahan kadar hormon.

6. Cedera atau cacat fisik

Penyebab payudara besar sebelah yang ke-6 adalah cedera. Sebagian dari kita mungkin ada yang pernah mengalami cidera atau cacat fisik, entah itu diakibatkan oleh kondisi tulang belakang yang abnormal, benturan, atau cedera yang dihasilkan dari tekanan yang keras di area sekitar payudara. Nah jika memang demkian, kemungkinan besar itulah penyebab mengapa payudara besar sebelah. Kondisi seperti ini umumnya permanen dan hanya bisa diatasi dengan cara medis.

7. Kista payudara

Penyebab payudara besar sebelah yang ke-7 adalah terkena penyakit kista. Secara umum, kista adalah tumbuhnya daging secara tidak normal baik itu di dalam lapisan kulit maupun diluar. Penyakit yang satu ini pastinya sangat ditakuti oleh semua wanita dan biasanya harus segera mendapatkan penanganan khusus supaya dapat diangkat dan tidak membahayakan.

8. Infeksi payudara

Penyebab payudara besar sebelah yang ke-8 adalah adanya infeksi pada payudara. Selain kista payudara, infeksi yang terjadi di payudara juga bisa menjadi penyebab payudara besar sebelah. Seperti yang diketahui jika infeksi pada payudara umumnya ditandai dengan ukuran payudara yang membesar, namun juga bisa sebaliknya, yaitu akan membuat ukuran payudara mengecil jika dibandingkan dengan ukuran semula. Itulah mengapa payudara pada wanita yang mengalami infeksi payudara dapat besar sebelah.

9. Tumor payudara

Penyebab payudara besar sebelah yang ke-9 adalah terkena penyakit tumor. Tidak hanya kista payudara dan infeksi payudara, tumor juga bisa menjadi penyebab mengapa ukuran payudara besar sebelah. Seperti yang diketahui jika gejala penyakit tumor payudara umumnya ditandai dengan adanya rasa nyeri pada pembengkakan payudara dan juga benjolan sekitar payudara. Oleh sebab itulah, wanita yang mengalami tumor payudara cenderung akan mengalami payudara besar sebelah.

10. Kanker payudara

Penyebab payudara besar sebelah yang ke-10 adalah terkena penyakit kanker. Selain penyakit diatas, kanker payudara juga bisa menjadi penyebab mengapa ukuran payudara besar sebelah. Kondisi ini umumnya dialami secara tiba-tiba. Maksudnya, jika sebelumnya payudara kamu simetris dan tiba-tiba mengalami perubahan ukuran payudara hingga 2 kali lipat, maka hal tersebut bisa jadi menandakan bahwa kamu sedang mengalami gejala kanker payudara. Jika memang demikian, sebaiknya periksakan diri ke dokter spesialis untuk mendapatkan penanganan.

11. Skoliosis

Penyebab payudara besar sebelah yang ke-11 adalah kelainan tulang skoliosis. Secara umum, skoliosis merupakan kondisi melengkungnya tulang belakang ke samping secara tidak normal yang membuat kondisi payudara sebelah terdorong dan seakan-akan tampak lebih besar jika dibandingkan dengan payudara sebelahnya.

12. Kesalahan Penggunaan Bra

Penyebab payudara besar sebelah yang ke-12 adalah kesalahan dalam penggunan bra. Seperti yang diketahui jika bra merupakan alat pelindung yang khusus diciptakan untuk melindungi payudara dari segala macam efek negatif, mulai dari tekanan, benturan, guncangan, dan lain sebagainya. Bahkan penggunaan bra juga dapat memengaruhi bentuk payudara seseorang. Oleh sebab itulah, jika salah dalam penggunaan bra justru berdampak pada kondisi anatomi payudara, sehingga tidak jarang pula dapat menyebabkan payudara besar sebelah.

13. Faktor genetik

Penyebab payudara besar sebelah yang ke-13 adalah faktor genetik. Apakah orang tua kamu juga mengalami payudara besar sebelah? Jika iya, maka kemungkinan besar faktor genetik-lah yang menyebabkan mengapa payudara kamu besar sebelah. Kondisi ini umumnya dialami saat usia telah menginjak 15 tahun ke atas. Sebagaimana diketahui jika pada usia 15 tahun ke atas tergolong masa pertumbuhan dan peralihan genetik.

Cara mengatasi payudara besar sebelah dengan trik sederhana

Cara yang satu ini umumnya bukanlah cara membuat payudara kembali simeteris, melainkan hanya untuk mengusahakan supaya payudara besar sebelah tidak terlalu nampak. Untuk caranya, berikut tips dan cara mengatasi payudara besar sebelah.

1. Mengenakan bra olahraga dan baju yang pas

Cara sederhana mengatasi payudara besar sebelah yang ke-1 adalah mengenakan bra olahraga dan baju yang pas. Cara yang satu ini umumnya dapat membuat payudara menjadi tampak lebih simeteris dan dapat mencegah payudara yang besar tampak menyembul keluar dari bra. Dalam memilihnya, sebaiknya pilih bra olahraga yang pas namun tetap nyaman.

2. Menutupi payudara dengan rambut

Cara sederhana mengatasi payudara besar sebelah yang ke-2 adalah menutupi payudara dengan rambut. Apakah kamu mempunyai rambut yang panjang? Jika iya, maka kamu dapat memanfaatkan rambut tersebut untuk menutupi payudara yang kecil atau sebaliknya. Dengan cara ini, perbedaan ukuran payudara tidak akan terlihat.

3. Menutupi payudara dengan jilbab

Cara sederhana mengatasi payudara besar sebelah yang ke-3 adalah menutupi payudara dengan jilbab. Selain di wajibkan dalam islam, cara yang satu ini juga dapat menutupi payudara yang kecil atau sebaliknya. Dalam memilih jilbab, sebaiknya pilih hijab yang lebih panjang dibagian depan supaya payudara tertutup dengan baik.

4. Terima dan percaya diri

Cara sederhana mengatasi payudara besar sebelah yang ke-4 adalah terima dan percaya diri. Cara yang satu ini mungkin tidak akan mengatasi payudara besar sebelah dari segi fisik, melainkan mengatasi dari segi psikologis. Satu hal yang perlu kamu ketahui, jika tidak ada wanita yang memiliki ukuran kedua payudara sama persis, justru mayoritas mempunyai payudara besar sebelah.

Cara mengatasi payudara besar sebelah dengan menggunakan padding

Selain menggunakan cara sederhana diatas, kamu juga bisa memanfaatkan pad atau pengganjal di balik bra. Caranya yang satu ini juga dapat mengatasi payudara besar sebelah supaya tidak nampak. Untuk caranya, berikut tips dan cara mengatasi payudara besar sebelah.

1. Pilih padding yang nyaman

Cara mengatasi payudara besar sebelah dengan padding yang ke-1 adalah memilih padding yang nyaman. Dalam perkembangannya saat ini, ada beberapa jenis padding yang dapat digunakan untuk membuat payudara besar sebelah nampak simetris, mulai dari padding yang terbuat dari silikon, air, kain, busa, sampai gel. Apapun pilihannya, sebaiknya pilih padding yang terasa nyaman. Perhatikan pula berat padding supaya payudara tidak terasa berat sebelah.

2. Pilih bra dengan padding yang dapat dilepas

Cara mengatasi payudara besar sebelah dengan padding yang ke-2 adalah memilih bra dengan padding yang dapat dilepas. Selain mudah dan simpel, kelebihan dari bra yang satu ini juga dapat digunakan untuk menambahkan padding lebih banyak.

Untuk caranya, kamu bisa memasang satu padding pada payudara yang lebih kecil dan kemudian melepas padding pada payudara yang tampak lebih besar. Hal ini dilakukan supaya ukuran kedua payudara simeteris atau sama.

3. Pilih bra dengan lined cup

Cara mengatasi payudara besar sebelah dengan padding yang ke-3 adalah memilih bra dengan lined cup. Apakah kamu mempunyai payudara dengan ukuran yang tidak terlalu jauh? Jika iya, maka cobalah mengatasinya dengan cara ini. Memilih bra dengan lined cup justru dapat membantu mempertahankan bentuk dan ukuran payudara supaya tampak simeteris atau sama.

4. Pesan padding khusus

Cara mengatasi payudara besar sebelah dengan padding yang ke-4 adalah memesan padding khusus. Cara yang satu ini bisa dibilang mahal, namun terbukti efektif di dalam mengatasi payudara besar sebelah. Untuk caranya, kamu bisa memesan sepasang pandding namun dengan ukuran yang berbeda dan disesuaikan dengan ukuran payudara saat ini.

Cara mengatasi payudara besar sebelah secara medis

Jika cara mengatasi payudara besar sebelah belum membuatmu puas, maka kamu bisa menyiasati dengan cara medis, salah satunya adalah dengan pembedahan. Nah berikut ini beberapa cara mengatasi payudara besar secara medis yang dapat kamu coba.

1. Payudara implan

Cara mengatasi payudara besar sebelah secara medis yang ke-1 adalah dengan melakukan implan. Operasi ini umumnya hanya menambahkan kantong silikon ke bagian belakang payudara yang kecil sehingga membuat payudara tampak simetris dengan payudara sebelahnya. Silikon yang digunakan biasanya bisa berupa gel, cairan, atau larutan saline. Jika ingin payudara nampak alami, kamu bisa menggunakan silikon yang berisi cairan. Sedangkan jika ingin payudara nampak lebih padat, maka kamu bisa menggunakan silikon berisi gel.

2. Pembedahan payudara

Cara mengatasi payudara besar sebelah secara medis yang ke-2 adalah dengan melakukan pembedahan. Cara yang satu ini bisa dibilang serius dan sangat menyakitkan. Namun jika kamu sudah yakin, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu keinginan tersebut kepada ahli medis yang profesional dan berpengalaman.

3. Pengurangan lemak

Cara mengatasi payudara besar sebelah secara medis yang ke-3 adalah dengan mengurangi lemak. Cara yang satu ini juga termasuk ke dalam pembedahan atau operasi payudara dengan mengurangi lemak pada bagian payudara yang besar sehingga payudara menjadi sama dengan payudara yang lebih kecil.

1 2 3 4 5