10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 38 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

XASXUS.com - Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 38 minggu atau sekitar 266 hari menandakan bahwa calon ibu tengah memasuki masa trisemester terakhir dari 3 trisemester masa kehamilan yang akan dilewati. Pada tahap ini umumnya banyak hal positif yang akan terjadi, terutama pada perkembangan janin. Selain itu, ibu hamil 38 minggu juga akan mengalami banyak perubahan dan cenderung merasakan gugup sekaligus bahagia dikarenakan tengah memasuki minggu terakhir masa kehamilan dan pastinya akan segera mendapatkan buah hati.

Berbicara mengenai kehamilan 38 minggu, tahukah kamu apa saja perubahan positif yang akan terjadi pada ibu hamil dan janin usia 38 minggu? Nah berikut ini adalah 10 fakta menarik tentang perkembangan kehamilan pada usia 38 minggu dan janin 38 minggu yang harus diketahui oleh ibu hamil.

Daftar Isi

1. Ukuran janin 38 minggu sepanjang tangkai daun bawang

Fakta 1 - Ukuran janin 38 minggu sepanjang tangkai daun bawang

Fakta kehamilan 38 minggu yang ke-1 adalah ukuran janin sudah sepanjang tangkai daun bawang. Sama seperti minggu-minggu sebelumnya, dimana pada tahap ini janin 38 minggu sudah berkembang dengan sangat pesat, terutama dalam hal ukuran dan berat tubuhnya. Jika pada minggu sebelumnya janin sudah berukuran panjang sekitar 50 cm dan beratnya sekitar 3 kg, namun tahukah kamu berapa ukuran dan berat janin pada usia 38 minggu?

Secara umum, janin 38 minggu sudah berukuran panjang sekitar 60 cm dari ujung kaki hingga kepala dan beratnya sekitar 3,2 kg. Meskipun demikian, ukuran janin 38 minggu tersebut umumnya berbeda-beda satu sama lain dan tergantung dari berbagai faktor, salah satunya adalah kandungan gizi yang diserap oleh janin.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 35 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

2. Otak janin 38 minggu sudah terkoneksi sempurna

Fakta 2 - Otak janin 38 minggu sudah terkoneksi sempurna

Fakta kehamilan 38 minggu yang ke-2 adalah otak janin sudah terkoneksi sempurna. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 38 minggu, otak janin di dalam rahim ternyata sudah terkoneksi sempurna. Itu artinya, janin di dalam rahim sudah dapat mengatur kerja organ-organnya sendiri. Bahkan apabila terjadi kelahiran pada minggu ini, bayi sudah dapat hidup dengan baik diluar tubuh ibunya.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 36 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

3. Pigmen mata janin 38 minggu masih dapat berubah

Fakta 3 - Pigmen mata janin 38 minggu masih dapat berubah

Fakta kehamilan 38 minggu yang ke-3 adalah pigmen mata janin masih dapat berubah. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 38 minggu, iris mata janin di dalam kandungan ternyata sudah terbentuk dan memberikan warna pada mata janin. Pada fase ini, warna dasar iris mata janin pada umumnya masih berwarna biru dan akan berubah seperti warna iris orang tuanya setelah ia lahir nanti. Hal tersebut disebabkan oleh iris mata janin yang masih kekurangan pigmen sehingga masih bisa berubah warna.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 37 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

4. Paru-paru janin 38 minggu menghasilkan lebih banyak surfaktan

Fakta 4 - Paru-paru janin 38 minggu menghasilkan lebih banyak surfaktan

Fakta kehamilan 38 minggu yang ke-4 adalah paru-paru janin menghasilkan lebih banyak surfaktan. Pada fase ini, organ paru-paru pada janin umumnya sudah terbentuk dengan sempurna. Namun tahukah kamu jika pada usia ke-38 minggu ini paru-paru janin cenderung lebih banyak menghasilkan surfaktan atau suatu zat yang digunakan untuk mencegah paru-paru saling menempel di dalam rongga dada. Zat surfaktan tersebut nantinya akan membantu janin bernafas saat ia baru dilahirkan nanti.

15 Tanda-Tanda Mau Melahirkan Anak Sudah Dekat

5. Ibu hamil 38 minggu cenderung susah tidur

Fakta 5 - Ibu hamil 38 minggu cenderung susah tidur

Fakta kehamilan 38 minggu yang ke-5 adalah ibu hamil cenderung susah tidur. Tidak hanya janin yang mengalami banyak perubahan, ibu hamil 38 minggu juga akan mengalami banyak perubahan, terutama dalam hal tidurnya. Pada fase ini, ibu hamil 38 minggu cenderung mengalami susah tidur di malam hari yang disebabkan oleh berbagai macam faktor, mulai dari gerakan janin yang semakin aktif, berat janin yang semakin berat, sampai perasaan cemas sang ibu mengingat dirinya bisa melahirkan kapan saja. Untuk mengatasinya, ibu hamil 38 minggu bisa meminta kepada seseorang untuk memijat tubuhnya sebelum tidur.

10 Fakta Mengapa Janin Aktif Bergerak Sebelah Kanan

6. Ibu hamil 38 minggu akan mengalami kebocoran kolostrum

Fakta 6 - Ibu hamil 38 minggu akan mengalami kebocoran kolostrum

Fakta kehamilan 38 minggu yang ke-6 adalah ibu hamil akan mengalami kebocoran kolostrum. Selain beberapa point perubahan ibu hamil diatas, ibu hamil 38 minggu juga akan mengalami perubahan dibagian payudaranya, dimana pada tahap ini ibu hamil 38 minggu akan mengalami kebocoran kadar kolostrum dibagian payudaranya.

Kolostrum sendiri merupakan cairan berwarna agak kekuningan dan merupakan pertanda bahwa saat ini payudara ibu hamil sudah berisi air susu yang mengandung banyak senyawa immunoglobulin atau komponen kekebalan tubuh yang sangat berguna bagi bayi saat lahir nanti, seperti mengandung sedikit lemak, gula, protein, dan lain sebagainya.

Kebocoran kolostrum yang dialami oleh ibu hamil tersebut biasanya akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada bagian payudaranya. Namun jangan khawatir, sebab ibu hamil 38 minggu bisa mengatasi rasa tidak nyaman tersebut dengan mengenakan nursing pad.

16 Obat Batuk Alami Untuk Ibu Hamil Yang Aman Untuk Semua Usia Kehamilan

7. Gerakan janin 38 minggu sangat terasa dan aktif

Fakta 7 - Gerakan janin 38 minggu sangat terasa dan aktif

Fakta kehamilan 38 minggu yang ke-7 adalah gerakan janin sangat terasa dan aktif. Gerakan janin pada fase ini umumnya tidak terlalu aktif jika dibandingkan dengan minggu-minggu sebelumnya. Namun tahukah kamu, sekalinya janin 38 minggu bergerak atau menendang, justru lebih kuat dan sangat terasa jika dibandingkan dengan minggu-minggu sebelumnya dikarenakan organ-organnya sudah terbentuk hampir sempurna.

Meskipun terasa cukup mengejutkan bagi ibu hamil, hal tersebut justru menandakan bahwa janin di dalam rahim sedang dalam kondisi normal dan sehat. Namun jika sebaliknya, yaitu janin cenderung tidak banyak bergerak atau pasif, sebaiknya ibu hamil segera memeriksakan janin ke dokter supaya mendapatkan penanganan.

24 Tanda dan Ciri-Ciri Hamil Anak Laki-Laki Yang Akurat dan Pasti

8. Janin 38 minggu sudah bisa lahir kapan saja

Fakta 8 - Janin 38 minggu sudah bisa lahir kapan saja

Fakta kehamilan 38 minggu yang ke-8 adalah janin sudah bisa lahir kapan saja. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 38 minggu, janin di dalam rahim ternyata sudah bisa lahir kapan saja. Seperti yang diketahui jika rentang ibu hamil melahirkan adalah antara usia 38-42 minggu. Oleh sebab itu, pada minggu terakhir kehamilan ibu hamil dituntut untuk mempersiapkan diri menjelang kelahiran. Selain itu, cobalah minta kepada keluarga untuk tetap waspada saat menjaganya.

23 Makanan, Minuman, dan Buah Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

9. Detak jantung janin 38 minggu cukup tinggi

Fakta 9 - Detak jantung janin 38 minggu cukup tinggi

Fakta kehamilan 38 minggu yang ke-9 adalah detak jantung janin cukup tinggi. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 38 minggu, detak jantung janin di dalam rahim ternyata sudah cukup tinggi jika diketahui melalui pemeriksaan kandungan rutin maupun penampakan pada USG. Bahkan, detak jantung janin 38 minggu jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan detak jantung sang ibu, yaitu berkisar antara 120-160 denyut jantung per-menitnya.

Inilah 6 Tanda Tanda Melahirkan Pembukaan 1

10. Janin 38 minggu sudah bisa cegukan

Fakta 10 - Janin 38 minggu sudah bisa cegukan

Fakta kehamilan 38 minggu yang ke-10 adalah janin sudah bisa cegukan. Selain beberapa perubahan janin di atas, janin 38 minggu ternyata juga sudah bisa cegukan. Bahkan pada fase ini, janin semakin banyak berlatih bernafas. Selain itu, apabila janin tidak sengaja menghirup cairan amnion atau air ketuban, maka ia akan mengalami cegukan untuk pertama kalinya. Bahkan ibu hamil 38 minggu pun juga bisa merasakan cegukan didalam perutnya.

20 Tanda dan Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan Yang Akurat dan Pasti

1 2 3