10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 37 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

Sponsored Ad
Sponsored Ad
Sponsored Ad

XASXUS.com - Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 37 minggu atau sekitar 9 bulan menandakan bahwa calon ibu tengah memasuki masa trisemester terakhir dari 3 trisemester masa kehamilan yang akan dilewati. Pada tahap ini umumnya banyak hal positif yang akan terjadi, terutama pada perkembangan janin. Selan itu, ibu hamil 37 minggu juga akan mengalami banyak perubahan dan cenderung merasakan gugup sekaligus bahagia.

Berbicara mengenai kehamilan 37 minggu, tahukah kamu apa saja perubahan positif yang akan terjadi pada ibu hamil dan janin usia 37 minggu? Nah berikut ini adalah 10 fakta menarik tentang perkembangan kehamilan pada usia 37 minggu dan janin 37 minggu yang harus diketahui oleh ibu hamil.
Daftar Isi

1. Janin 37 minggu sepanjang tangkai selada

Fakta 1 - Janin 37 minggu sepanjang tangkai selada

Fakta kehamilan 37 minggu yang ke-1 adalah janin sudah sepanjang tangkai selada. Sama seperti minggu-minggu sebelumnya, dimana pada tahap ini janin 37 minggu sudah berkembang dengan sangat pesat, terutama dalam hal ukuran dan berat tubuhnya. Jika pada minggu sebelumnya janin sudah berukuran panjang sekitar 46-47 cm dan beratnya sekitar 2,3-2,5 kg, namun tahukah kamu berapa ukuran dan berat janin pada usia 37 minggu?

Secara umum, janin 37 minggu sudah berukuran panjang sekitar 50 cm dari ujung kaki hingga kepala dan beratnya sekitar 3 kg. Meskipun demikian, ukuran janin 37 minggu tersebut umumnya berbeda-beda satu sama lain dan tergantung dari berbagai faktor, salah satunya adalah kandungan gizi yang diserap oleh janin.

2. Janin 37 minggu akan menendang dengan kuat

Fakta 2 - Janin 37 minggu akan menendang dengan kuat

Fakta kehamilan 37 minggu yang ke-2 adalah janin akan menendang dengan kuat. Pada tahap ini, gerakan janin di dalam rahim sebenarnya sudah mulai berkurang. Hal tersebut pada umumnya disebabkan oleh ukuran rahim yang sudah semakin terbatas dan ukuran janin yang sudah semakin membesar. Meskipun demikian, sekalinya janin 37 minggu bergerak, justru lebih kuat dari pada minggu-minggu sebelumnya dikarenakan organ-organnya sudah terbentuk dengan sempurna dan terkoordinasi dengan baik.

3. Janin 37 minggu sudah dapat mengenali suara ibu dengan baik

Fakta 3 - Janin 37 minggu sudah dapat mengenali suara ibu dengan baik

Fakta kehamilan 37 minggu yang ke-3 adalah janin sudah dapat mengenali suara ibu dengan baik. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 37 minggu, janin di dalam rahim ternyata sudah dapat mengenali suara sang ibu dengan sangat baik dan ia juga tahu bahwa suara tersebut adalah suara ibunya. Bahkan jika sang ibu mengajaknya berbicara, maka tidak jarang sang janin di dalam rahim akan meresponnya.

4. Janin 37 minggu sudah dapat antibodi yang di transfer melalui tali pusar

Fakta 4 - Janin 37 minggu sudah dapat antibodi yang di transfer melalui tali pusar

Fakta kehamilan 37 minggu yang ke-4 adalah janin sudah dapat antibodi yang di transfer melalui tali pusar. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 37 minggu, janin di dalam kandungan ternyata sudah dibekali dengan sistem pertahan tubuh yang cukup kuat atau antibodi yang di transfer melalui tali pusar. Namun jika janin sudah lahir, antibody tersebut akan dilanjutkan melalui pemberian air susu ibu (ASI).

5. Jari-jari janin 37 minggu mulai berfungsi

Fakta 5 - Jari-jari janin 37 minggu mulai berfungsi

Fakta kehamilan 37 minggu yang ke-5 adalah jari-jari janin mulai berfungsi. Selain beberapa point perubahan janin di atas, janin 37 minggu juga mengalami perubahan dibagian tangan dan kakinya, terutama pada bagian jari-jarinya. Pada fase ini, jari-jari janin di dalam rahim sudah berfungsi dengan optimal dan sudah dapat bergerak dengan sempurna. Bahkan janin 37 minggu juga sudah bisa menyentuh wajah ataupun kakinya sendiri.

6. Rahim ibu hamil 37 minggu hampir penuh sesak dalam USG

Fakta 6 - Rahim ibu hamil 37 minggu hampir penuh sesak dalam USG

Fakta kehamilan 37 minggu yang ke-6 adalah rahim ibu hamil hampir penuh sesak dalam USG. Tidak hanya janin yang mengalami banyak perubahan, ibu hamil 37 minggu juga mengalami perubahan, salah satunya perubahan rahimnya yang hampir penuh sesak dalam USG dikarenakan ukuran janin yang sudah semakin membesar. Selain itu, cairan amnion atau ketuban pada fase ini juga sudah mulai berkurang, sehingga tidak ada salahnya untuk mengecek ulang kondisi janin ke dokter sebelum melakukan persalinan.

7. Janin 37 minggu sudah dapat bernafas dengan baik

Fakta 7 - Janin 37 minggu sudah dapat bernafas dengan baik

Fakta kehamilan 37 minggu yang ke-7 adalah janin sudah dapat bernafas dengan baik. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 37 minggu, janin di dalam kandungan ternyata sudah dapat bernafas dengan baik dikarenakan organ paru-parunya sudah terbentuk dan berfungsi secara sempurna. Bahkan jika pada fase ini terjadi kelahiran, maka bayi yang lahir tersebut sudah dapat bernapas dan tidak memerlukan alat bantu pernafasan lagi.

8. Posisi janin 37 minggu sudah menghadap ke bawah

Fakta 8 - Posisi janin 37 minggu sudah menghadap ke bawah

Fakta kehamilan 37 minggu yang ke-8 adalah posisi janin sudah menghadap ke bawah. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki minggu terakhir, janin di dalam kandungan akan berubah posisi menghadap ke bawah. Perubahan posisi tersebut umumnya di mulai sejak pada minggu ke-36 dan akan semakin dekat dengan lubang persalinan atau vagina ibunya pada minggu ini.

Oleh sebab itu, pada fase ini ibu hamil cenderung akan merasakan nyeri dibagian panggul dikarenakan tekanan pada syaraf panggul. Meskipun demikian, masuknya kepala janin ke lubang panggul memberikan dampak positif pada paru-paru sang ibu, sehingga ibu hamil akan memperoleh banyak ruang dalam bernafas.

9. Janin 37 minggu (laki-laki) cenderung membuat ibu hamil makan lebih banyak

Fakta 9 - Janin 37 minggu (laki-laki) cenderung membuat ibu hamil makan lebih banyak

Fakta kehamilan 37 minggu yang ke-9 adalah janin laki-laki cenderung membuat ibu hamil makan lebih banyak. Mungkin kamu tidak mempercayai fakta yang cukup mencengangkan satu, akan tetapi hal tersebut memanglah terjadi. Bahkan para ahli berpendapat jika janin laki-laki cenderung mempunyai berat badan yang lebih dan membutuhkan energi yang lebih besar juga jika dibandingkan dengan janin perempuan.

10. Ibu hamil 37 minggu disarangkan melakukan pijatan

Fakta 10 - Ibu hamil 37 minggu disarangkan melakukan pijatan

Fakta kehamilan 37 minggu yang ke-10 adalah ibu hamil disarangkan melakukan pijatan. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki minggu terakhir, ibu hamil 37 minggu sangat disarankan untuk sering memijat bagian pinggul dan sekitar vagina. Hal ini dilakukan untuk memperlancar peredaran darah sekaligus juga untuk membantu di dalam melancarkan proses kelahiran. Selain itu, ibu hamil 37 minggu juga bisa melakukan latihan pernafasan dengan yoga ringan yang berguna bagi ibu hamil yang akan segera melahirkan.
Loading...
Sponsored Ad
Halaman :