10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 35 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

Advertisment

XASXUS.com - Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 35 minggu atau sekitar 245 hari menandakan bahwa calon ibu tengah memasuki masa trisemester terakhir dari 3 trisemester masa kehamilan yang akan dilewati. Pada tahap ini umumnya banyak hal positif yang akan terjadi, terutama pada perkembangan janin.

Namun tahukah kamu apa saja perubahan positif yang akan terjadi pada ibu hamil dan janin usia 35 minggu? Nah berikut ini adalah 10 fakta menarik tentang perkembangan kehamilan pada usia 35 minggu dan janin 35 minggu yang harus diketahui oleh ibu hamil.

Daftar Isi

1. Panjang dan berat janin 35 minggu semakin berkembang

Fakta 1 - Panjang dan berat janin 35 minggu semakin berkembang

Fakta kehamilan 35 minggu yang ke-1 adalah panjang dan berat janin semakin berkembang. Sama seperti minggu-minggu sebelumnya, dimana pada tahap ini janin 35 minggu sudah berkembang dengan pesat, terutama dalam hal ukuran dan berat tubuhnya. Jika pada minggu sebelumnya janin sudah berukuran panjang sekitar 44-45 cm dan beratnya sekitar 2,2 kg. Namun tahukah kamu berapa ukuran dan berat janin pada usia 35 minggu?

Secara umum, janin 35 minggu sudah berukuran panjang sekitar 45 cm dari ujung kaki hingga kepala dan beratnya sekitar 2,4-2,5 kg. Meskipun demikian, ukuran janin 35 minggu tersebut umumnya berbeda-beda satu sama lain dan tergantung dari berbagai faktor, salah satunya adalah kandungan gizi yang diserap oleh janin. Namun jangan khawatir jika selama ini kesehatan dan perkembangan janin maupun sang ibu sedang baik.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 34 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

2. Pergerakan janin 35 minggu dapat terlihat

Fakta 2 - Pergerakan janin 35 minggu dapat terlihat

Fakta kehamilan 35 minggu yang ke-2 adalah pergerakan janin dapat terlihat. Selain ukuran dan beratnya yang semakin berkembang, pergerakan janin 35 minggu pun juga mengalami perubahan dan cenderung lebih aktif di dalam perut. Gerakan pada fase ini umumnya lebih didominasi oleh gerakan tendangan. Bahkan ibu hamil 35 minggu akan merasakan 10 gerakan akrif bayi setiap 2 jamnya. Sungguh menakjubkan bukan?

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 36 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

3. Kuku janin 35 minggu sudah terbentuk

Fakta 3 - Kuku janin 35 minggu sudah terbentuk

Fakta kehamilan 35 minggu yang ke-3 adalah kuku janin sudah terbentuk. Tidak hanya ukuran dan gerakannya yang semakin berkembang, tangan janin 35 minggu juga mengalami perubahan, terutama pada bagian kukunya yang sudah terbentuk. Dalam beberapa kasus, bayi yang lahir umumnya mempunyai kuku tipis dan panjang. Namun tahukah kamu jika bayi baru lahir juga ada yang mempunyai kuku kuat. Meskipun demikian, jangan khawatir, sebab pada usia 35 minggu kuku janin cenderung masih lentur, sehingga tidak akan berbahaya.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 37 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

4. Ginjal dan hati janin 35 minggu sudah berfungsi

Fakta 4 - Ginjal dan hati janin 35 minggu sudah berfungsi

Fakta kehamilan 35 minggu yang ke-4 adalah ginjal dan hati janin sudah berfungsi. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 35 minggu, organ tubuh janin sudah mulai berfungsi dan bekerja. Misalnya saja pada organ ginjal yang sudah dapat menyaring darah. Kemudian organ hati yang sudah mulai berfungsi mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 38 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

5. Berat plasenta sudah mencapai 500 gram

Fakta 5 - Berat plasenta sudah mencapai 500 gram

Fakta kehamilan 35 minggu yang ke-5 adalah berat plasenta sudah mencapai 500 gram. Secara umum, plasenta atau ari-ari merupakan organ yang dibentuk jaringan pembuluh darah yang berguna untuk memberi nutrisi pada janin dan berfungsi untuk melindungi janin dari infeksi sekaligus sebagai sarana pertukaran gas melalui asupan darah ibu. Pada fase ini, plasenta janin 35 minggu sudah semakin tebal dan kuat jika dibandingkan dengan fase sebelumnya, yaitu sudah mencapai 500 gram. Itu artinya, berat plasenta kurang lebih seperenam dari total berat janin saat ini.

15 Tanda-Tanda Mau Melahirkan Anak Sudah Dekat

6. Bagian pusar ibu hamil 35 minggu lebih menonjol

Fakta 6 - Bagian pusar ibu hamil 35 minggu lebih menonjol

Fakta kehamilan 35 minggu yang ke-6 adalah bagian pusar ibu hamil lebih menonjol. Tidak hanya janin yang mengalami perubahan, ibu hamil 35 minggu pun juga akan mengalami banyak perubahan, terutama pada bagian pusarnya yang tampak lebih menonjol keluar. Secara umum, hal tersebut wajar dan normal sehingga ibu hamil tidak perlu minder akan hal tersebut.

Selain itu, ibu hamil 35 minggu juga akan melihat garis-garis pada kulit perut atau yang disebut dengan strechmark. Sebenarnya stretchmark yang dialami oleh ibu hamil tersebut tidak hanya terjadi pada minggu ke-35 saja, sebagian ibu hamil juga ada yang mengalami stretchmark di minggu-minggu sebelumnya, namun ada juga yang mengalaminya pada minggu ke-35.

24 Tanda dan Ciri-Ciri Hamil Anak Laki-Laki Yang Akurat dan Pasti

7. Dokter biasanya menyarankan ibu hamil 35 minggu untuk mengecek bakteri dan imunisasi

Fakta 7 - Dokter biasanya menyarankan ibu hamil 35 minggu untuk mengecek bakteri dan imunisasi

Fakta kehamilan 35 minggu yang ke-7 adalah dokter biasanya menyarankan ibu hamil untuk mengecek bakteri dan imunisasi. Secara umum, dokter akan menyarankan ibu hamil melakukan pemeriksaan secara rutin setiap minggunya untuk memantau perkembangan janin, termasuk pada usia kehamilan 35 minggu.

Hal ini dilakukan supaya dokter bisa memberikan imunisasi dan pengecekan kesehatan lanjutan dari bakteri terhadap ibu supaya dapat mencegah bayi lahir dengan gangguan kesehatan lanjutan saat lahir. Selain itu, cobalah memanfaatkan waktu ini untuk berdiskusi mengenai metode persalinan yang terbaik kepada dokter.

23 Makanan, Minuman, dan Buah Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

8. Ibu hamil 35 minggu akan mengalami insomnia

Fakta 8 - Ibu hamil 35 minggu akan mengalami insomnia

Fakta kehamilan 35 minggu yang ke-8 adalah ibu hamil akan mengalami insomnia. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 35 minggu, ibu hamil cenderung mengalami insomnia atau susah tidur. Hal ini umumnya disebabkan oleh beberapa faktor, mulai tidak nyaman tidur miring, janin bergerak sangat aktif, dan lain sebagainya. Namun jangan khawatir, sebab ibu hamil 35 minggu bisa mengatasinya dengan cara beristirahat secara maksimal disiang hari dan tidak melakukan terlalu banyak aktivitas yang menguras tenaga.

Inilah 6 Tanda Tanda Melahirkan Pembukaan 1

9. Pencernaan dan pernapasan ibu hamil 35 minggu mulai terganggu

Fakta 9 - Pencernaan dan pernapasan ibu hamil 35 minggu mulai terganggu

Fakta kehamilan 35 minggu yang ke-9 adalah pencernaan dan pernapasan ibu hamil mulai terganggu. Tidak hanya akan mengalami insomnia, ibu hamil 35 minggu juga akan mengalami masalah pada pencernaan dan pernapasan. Hal tersebut pada umumnya disebabkan oleh semakin bertambahnya ukuran janin yang kemudian memenuhi rongga perut ibu hamil, mulai dari bagian rusuk sampai bagian bawah perut. Meskipun terasa sedikit menyiksa, sebaiknya ibu hamil jangan mengurangi asupan makan dikarenakan janin masih sangat membutuhkan nutrisi yang sesuai setiap harinya.

20 Tanda dan Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan Yang Akurat dan Pasti

10. Kolostrum ibu hamil 35 minggu mulai diproduksi

Fakta 10 - olostrum ibu hamil 35 minggu mulai diproduksi

Fakta kehamilan 35 minggu yang ke-10 adalah kolostrum ibu hamil mulai diproduksi. Selain beberapa point perubahan diatas, ibu hamil 35 minggu juga akan mengalami perubahan dibagian payudaranya, dimana pada tahap ini kadar kolostrum pada payudara cenderung semakin banyak dan mengeluarkan cairan yang berwarna agak kekuningan, sehingga ibu hamil 35 minggu akan merasa tidak nyaman dengan payudaranya. Namun jangan khawatir, sebab ibu hamil 35 minggu bisa mengatasi rasa tidak nyaman tersebut dengan mengenakan nursing pad.

30 Makanan, Minuman, dan Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil

1 2 3